Alur Registrasi Sbmptn 2014

Para alumni SMA, beberapa hari ini yaitu detik-detik yang menegangkan untuk kalian. Puncaknya yaitu hari ini. Hal ini disebabkan lantaran tanggal 27 Mei 2014 pukul 0.00 (kurang dari 20 jam lagi!)  akan diumumkan hasil SNMPTN.

Bagi yang diterima , selamat! Semoga ini menjadi awal yang baik untuk kalian. Gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya, mulai bersiap diri untuk melengkapi berkas dan persyaratan manajemen yang diminta universitas untuk daftar ulang.

Bagi yang belum diterima SNMPTN, jangan berkecil hati dan murung berlarut-larut. Pada hari itu juga, mulai menyiapkan diri mendaftar SBMPTN. Bagaimana caranya?  Kali ini, Ibu akan share cara mendaftar SBMPTN 2014 . Tata cara registrasi ini Ibu baca dari link resmi SBMPTN, yaitu http://www.sbmptn.or.id

Apa saja yang harus kalian lakukan bila ingin mendaftar SBMPTN?

A. Mendapatkan PIN dan KAP

1. buka laman http://pendaftaran.sbmptn.or.id/   , bacalah semua petunjuk
2. Klik link yang disediakan bagi yang belum mempunyai PIN dan KAP
3. Masukkan rangkaian abjad (captcha) yang muncul di layar pada kotak yang disediakan
4. Klik tombol DAFTAR
5. Lakukan pengisian biodata dengan lengkap
    (biodata yang harus diisikan : Nama, Alamat, Provinsi, Kabupaten, Kode Pos, No telepon, Provinsi daerah lahir, kabupaten daerah lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, kewarganegaraan, jumlah adik dan kakak, nama ayah ibu, pendidikan ayah ibu, pekerjaan ayah ibu, penghasilan orang tua,  ketunaan (kalau ada))
6. Klik SIMPAN
7. Lakukan konfirmasi biodata, caranya:
 
  1. Periksa satu per satu biodata yang telah diisi dengan teliti
  2. Tekan/Klik tombol “Kembali” untuk memperbaiki isian biodata yang salah
  3. Klik bulatan ”Setuju” jikalau anda sudah yakin semua data yang diisi sudah benar, kemudian Tekan/Klik tombol ”Berikut” untuk menayangkan KAP dan PIN serta mencetak KAP, PIN, dan Biodata anda
  4. Klik/Tekan tombol ”Keluar” untuk membatalkan pengisian biodata
8. Upload pas photo
  1. Unggah/upload pasfoto berwarna Anda yang terbaru dengan ketentuan ibarat yang tertera pada persyaratan pendaftaran, dengan format JPEG atau PNG, ukuran maksimal 100 kb. (dianjurkan resolusi image foto sebesar 400 x 600pixels).
  2. Aturlah posisi pasfoto Anda sehingga sanggup tampak proporsional dan jelas.
  3. Tekan/klik tombol ”Simpan”
9.Isi halaman data pendidikan
  1. Pilih daerah SMTA asal, pilih kabupaten/kota SMTA asal , jikalau Anda menentukan kabupaten/kota lain-lain isikan pada kolom yang tersedia.
  2. Pilih Nama SMTA asal Anda, jikalau menentukan SMTA lain-lain isikan pada kolom yang tersedia.
  3. Pilih jurusan SMTA Anda (IPA, IPS, Bahasa, dsb).
  4. Pilih Tahun masuk dan kelas masuk ke SMTA pada kolom yang tersedia.
  5. Isikan tahun lulus/Ijazah SMTA Anda.
  6. Tekan/Klik tombol ”Berikut”.
10. Isi PILIHAN PROGRAM STUDI dan TEMPAT MENGIKUTI UJIAN
  1. Pilih Panitia Lokal daerah Anda mengikuti ujian. Apabila Panitia Lokal yang dipilih mempunyai Sub Panlok maka pilih juga Sub Panlok daerah anda akan mengikuti ujian.
  2. Pilih Perguruan Tinggi yang Anda tuju pada Pilihan 1, kemudian Pilih Program Studi yang diminati. Jika Anda menentukan Program Studi dengan Ujian Keterampilan pilih Perguruan Tinggi Negeri penyelenggara Ujian Keterampilan pada kotak ”Ujian Keterampilan”.
  3. Jika Anda menentukan hanya satu Program Studi, lanjutkan ke langkah abjad  ”h”.
  4. Pilih Perguruan Tinggi yang Anda tuju pada Pilihan 2, kemudian Pilih Program Studi yang diminati. Jika Anda menentukan Program Studi dengan Ujian Keterampilan pilih Perguruan Tinggi Negeri penyelenggara Ujian Keterampilan pada kotak ”Ujian Keterampilan”.
  5. Pilih Perguruan Tinggi yang Anda tuju pada Pilihan 3, kemudian Pilih Program Studi yang diminati. Jika Anda menentukan Program Studi dengan Ujian Keterampilan pilih Perguruan Tinggi Negeri penyelenggara Ujian Keterampilan pada kotak ”Ujian Keterampilan”.
  6. Jika Anda mengikuti kelompok ujian Campuran maka pilihan aktivitas studi harus merupakan adonan dari aktivitas studi jenis Saintek dan aktivitas studi jenis Soshum yang diminati. Jika Anda menentukan Program Studi dengan Ujian Keterampilan pilih Perguruan Tinggi Negeri penyelenggara Ujian Keterampilan pada kotak ”Ujian Keterampilan”.
    Catatan: Urutan Pilihan menunjukkan prioritas.
  7. Jika pilihan aktivitas studi lebih dari satu, maka salah satu pilihan harus aktivitas studi dari Perguruan Tinggi Negeri yang ada dalam wilayah registrasi peserta. Jika pilihan aktivitas studi hanya satu, maka boleh menentukan aktivitas studi dari Perguruan Tinggi Negeri di sembarang wilayah registrasi peserta.
  8. Tekan/Klik tombol ”Berikut”.
Catatan:
  • Setiap calon pendaftar sanggup menentukan sembarang aktivitas studi yang diminati (tidak tergantung pada jurusan SMA/MA/SMK/MAK yang bersangkutan)
11. PETUNJUK KONFIRMASI DATA BORANG (DATA PENDIDIKAN DAN PILIHAN PROGRAM STUDI)
  1. Pastikan semua data yang Anda isikan yaitu benar.
  2. Klik bulatan ”Saya Setuju” jikalau Anda sudah yakin bahwa semua data yang diisikan sudah benar.
  3. Tekan/klik tombol ”Berikut” untuk menampilkan Slip Pembayaran (tidak berlaku untuk calon pendaftar bagi pelamar Bidikmisi)

12. PETUNJUK CETAK SLIP PEMBAYARAN
  1. Tekan/Klik tombol ”Cetak” untuk mencetak slip pembayaran. Slip pembayaran ini berisi Kode Pembayaran yang harus dipakai pada dikala melaksanakan pembayaran biaya ujian SBMPTN 2014
  2. Tekan/Klik tombol ”Keluar” untuk keluar dari halalam ini  


Calon peserta SBMPTN 2014 sanggup membayar biaya untuk mengikuti ujian SBMPTN melalui counter teller di seluruh cabang Bank Mandiri dengan meyerahkan slip pembayaran ujian SBMPTN yang diperoleh sehabis melaksanakan registrasi di lamanhttp://pendaftaran. sbmptn.or.id. Contoh slip pembayaran di atas.  Setelah melaksanakan pembayaran, jangan lupa untuk meminta bukti cetak pembayaran kepada petugas teller. 

Atau kalian sanggup membayar via ATM Mandiri atau ATM bersama, caranya :
1. PEMBAYARAN VIA ATM MANDIRI
a. Masukkan PIN ATM  kemudian pilih sajian BAYAR:
b. Pada sajian BAYAR/BELI, pilih sajian PENDIDIKAN:
c. Masukkan instruksi institusi SBMPTN 2014 : 10000
d. Masukkan instruksi pembayaran yang tercetak pada slip pembayaran ujian SBMPTN yang diperoleh sehabis melaksanakan registrasi di laman http://pendaftaran.sbmptn.or.id
e. Pilih item pembayaran SBMPTN 2014, ketik nomor urut yang ada disamping kiri. Jika sudah benar, pilih YA:

f. Menu Konfirmasi Pembayaran

--> Cek kembali detil pembayaran (terutama KAP)

--> Bila sudah benar, pilih tombol YA

Pastikan muncul goresan pena transaksi sukses pada layar, dan keluar struk ATM sebagai bukti sah pembayaran.

2. PEMBAYARAN VIA ATM BERSAMA/ ATM BANK LAIN
a. Masukkan kartu ATM dan PIN kartu ATM.
b. Pilih sajian TRANSFER LINK/ATM BERSAMA/PRIMA :
c. Masukkan  instruksi bank dan instruksi pembayaran SBMPTN 2014.
Kode bank diisi dengan : 008
Contoh : bila instruksi pembayaran yang tercetak : 1000052584558749, maka yang kalian harus tulis yaitu : 0081000052584558749

d. Abaikan layar usul nomor rujukan transfer, dan pribadi ke layar berikutnya, yaitu masukkan nominal pembayaran.
e. Periksa kembali layar konfirmasi pembayaran kemudian tekan YA


13. PETUNJUK CETAK KARTU TANDA PESERTA
  1. Cetaklah Kartu Tanda Bukti Pendaftaran memakai printer dengan resolusi minimal 300 dpi. Simpan file Kartu Tanda Bukti Pendaftaran jikalau diperlukan.
  2. Isilah alamat daerah tinggal dan nomor telepon Anda ketika mengikuti ujian pada Kartu Tanda Bukti Pendaftaran yang telah dicetak.
  3. Bubuhkan tanda tangan Anda pada Kartu Tanda Tanda Peserta dalam kotak PERNYATAAN yang tersedia  


Selesai sudah kalian melaksanakan registrasi SBMPTN. Kalian tidak perlu repot-repot ke UNILA atau Perguruan Tinggi Negeri terdekat. Pendaftaran sanggup dilakukan di Bukit kemuning. Bila ada hal-hal yang perlu ditanyakan, bida hubungi Ibu. Selamat mendaftar, supaya berhasil dalam SBMPTN. Persiapkan diri untuk tes SBMPTN-nya.


BAGAIMANA DENGAN PESERTA BIDIK MISI? Inilah alur yang harus kalian lewati dalam Pendaftaran SBMPTN :

PROGRAM BIDIKMISI


  1. Calon peserta peserta Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari mekanisme registrasi aktivitas Bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.dikti.go.id.
     
  2. Calon peserta peserta Bidikmisi terlebih dahulu harus mendaftar ke laman http://bidikmisi.dikti.go.id.
     
  3. Calon peserta peserta Bidikmisi yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memperoleh Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Indentification Number (PIN) untuk mendaftar SBMPTN melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.or.id, tanpa harus membayar biaya ujian.
     
  4. Calon peserta peserta Bidikmisi yang dinyatakan tidak diterimamelalui SNMPTN dan berkeinginan untuk mendaftar SBMPTN, maka yang bersangkutan harus mendaftar di http://pendaftaran.sbmptn.or.id menggunakan pasangan KAP dan PIN yang diperoleh dari Bidikmisi Ditjen Dikti untuk mencetak Kartu Tanda Peserta SBMPTN tanpa harus membayar biaya untuk mengikuti ujian SBMPTN (gratis).
     
  5. Calon peserta peserta Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus melalui SNMPTN dan berkeinginan untuk mendaftar SBMPTN, maka yang bersangkutan harus mendaftar di http://pendaftaran. sbmptn.or.id memakai pasangan KAP dan PIN yang diperoleh dari Bidikmisi Ditjen Dikti, tetapi yang bersangkutan diharuskan melaksanakan pembayaran biaya untuk mengikuti ujian SBMPTN (menggunakan Slip Pembayaran yang diperoleh dalam registrasi SBMPTN)  sebelum sanggup mencetak Kartu Tanda Peserta
Catatan:
  • Khusus untuk calon peserta Bidikmisi yang tercatat sebagai peserta SNMPTN 2014, registrasi SBMPTN 2014 gres sanggup dilakukan sehabis pengumuman kelulusan SNMPTN 2014 pada tanggal 27 Mei 2014 pukul 08:00 WIB


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel