Pengumuman Registrasi Stan Tahun 2016
KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEUANGAN
JL. PURNAWARMAN NO. 99 KEBAYORAN BARU JAKARTA SELATAN 12110
TELEPON (021) 7394666, 7244873 FAKSIMILE (021) 7244912 WEBSITE WWW.BPPK.KEMENKEU.GO.ID
PENGUMUMAN
NOMOR PENG - /PP/2016
TENTANG
PENERIMAAN MAHASISWA BARU
PROGRAM STUDI DIPLOMA I DAN DIPLOMA III
POLITEKNIK KEUANGAN NEGARA STAN TAHUN 2016
Kementerian Keuangan Republik Indonesia akan mendapatkan putra putri Warga Negara Indonesia untuk mengikuti pendidikan pada Politeknik Keuangan Negara STAN dengan pilihan kegiatan studi sebagai berikut:
1. Program Studi Diploma I Kebendaharaan Negara;
2. Program Studi Diploma I Kepabeanan dan Cukai;
3. Program Studi Diploma I Pajak;
4. Program Studi Diploma III Akuntansi;
5. Program Studi Diploma III Kebendaharaan Negara;
6. Program Studi Diploma III Kepabeanan dan Cukai;
7. Program Studi Diploma III Manajemen Aset;
8. Program Studi Diploma III Pajak; dan
9. Program Studi Diploma III Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai.
A. SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN
1. Lulusan (tahun 2015 dansebelumnya) ataucalonlulusan (tahun 2016) semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat.
2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi pendaftar:
a. Untuk lulusan tahun 2015dansebelumnya, mempunyai nilai rata-rata ujian tulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau
b. Untuk calonlulusan tahun 2016, mempunyai nilai rata-rata rapor untuk komponenPengetahuanpada5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII ) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau 2,80 dengan skala 4,00, denganketentuanpadasaatpendaftaranulang yang bersangkutantelahdinyatakan lulus danmemilikinilai rata-rata ujiantulispada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.
4. Berbadan sehat dan bebas dari napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya).
5. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
6. Khusus Program Studi Kepabeanan dan Cukai ditambahkan syaratsebagai berikut:
a. Jenis kelamin dan tinggi badan:
1) Program Studi Diploma I:
- Laki-laki tinggi tubuh minimal 165 cm;
- Perempuan tinggi tubuh minimal 155 cm;
2) Program Studi Diploma III:
- Berjenis kelamin pria dengan tinggi tubuh minimal 165 cm;
b. Tidakcacatbadan;
c. Tidak buta warna;dan
d. Untuk pengguna kacamata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dan/atau silindris sanggup diberikan toleransi maksimal hingga ukuran 2 dioptri.
7. Menyetor biaya registrasi Ujian Saringan Masuk (USM) sebesar Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) dan biaya yang dikeluarkan akhir transaksi pembayaran tersebut ditanggung oleh pendaftar.
B. TATA CARA PENDAFTARAN
a. Registrasimelalui portal Kementerian PAN-RB;
b. Pengisian formulir pendaftaran online (e-registration);
c. Penyetoran biaya pendaftaran; dan
d. Verifikasi berkas dan pengambilan Bukti Peserta Ujian (BPU).
2. Pengisian formulir registrasi online (e-registration) melalui situs http://www.usm.stan.ac.id, pada tanggal 21 Maret s.d. 3 April 2016.
3. Calon peserta yang telah melaksanakan pengisian formulir pendaftaran online(e-registration) akan mendapatkan instruksi MVA (Mandiri Virtual Account).
4. Calon peserta melaksanakan pembayaran dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Periode pembayaran ialah 21 Maret s.d. 4 April 2016;
b. Pembayaran dilakukan melalui Bank Mandiri, dengan cara setoran tunai, ATM,
m-banking, atau internet banking(perhatikan tata cara pembayaran pada http://www.usm.stan.ac.id) dengan memakai MVA;
m-banking, atau internet banking(perhatikan tata cara pembayaran pada http://www.usm.stan.ac.id) dengan memakai MVA;
c. Sebelum melaksanakan pembayaran, calon peserta harus memastikan dirinya telah memenuhi seluruh persyaratan sebagaimana tercantum dalam butir A, dan uang yang telah disetor tidak sanggup diminta kembali dengan alasan apa pun;
d. Calon peserta yang telah melaksanakan pengisian formulir pendaftaran online(e-registration) dan telah melaksanakan pembayaran di bank pada periode penyetoran, berhak mengikuti verifikasi berkas dan pengambilan BPU.
5. Pengumuman kegiatan verifikasi berkas dan pengambilan BPU bagi calon peserta ujian sanggup dilihat melalui situs http://www.kemenkeu.go.id,http://www.bppk.kemenkeu.go.id, dan http://www.stan.ac.id pada tanggal 6 April 2016.
6. Calon peserta melaksanakan verifikasi berkas dan pengambilan BPU di lokasi dan kegiatan yang telah ditentukan, dengan ketentuan:
a. Calon peserta tiba sendiri/tidak sanggup diwakilkan;
b. Menyerahkan hasil cetak Bukti Pendaftaran Online (BPO);
c. Menunjukkan ijazah orisinil (untuk lulusan sebelum tahun 2016) atau rapor orisinil (untuk calon lulusan tahun 2016);
d. Untuk calon lulusan tahun 2016 menyerahkan satu set fotokopi raporlima semester selama menempuh Sekolah Menengah Atas atau sederajat (kelas X, XI, dan semester gasalpada kelas XII) yang telah dilegalisasioleh Kepala Sekolah/pejabat yang berwenang,atau untuklulusan sebelum tahun 2016 menyerahkan fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah/pejabat yang berwenang;
e. Menyerahkan bukti pembayaran dari bank ;
f. Menyerahkan pas foto studio berwarna terbaru ukuran 4 x 6 cm (berlatar belakang merah dan mengenakan kemeja putih) sebanyak 3 lembar;
g. Menunjukkan bukti diri orisinil berfoto (Rapor/Ijazah/KTP/SIM/Paspor/SKCK) yang masih berlaku;
h. Calon peserta tidak sanggup mengajukan perubahan lokasi verifikasi berkas, pengambilan BPU, dan pelaksanaan ujian.
7. Pendaftar yang tidak memenuhi ketentuan butir 1 s.d. 6 di atas tidak akan dilayani dan dianggap gugur.
8. Tempat verifikasi berkas dan pengambilan BPU sesuai dengan pilihan lokasi Tes Tertulis sebagai berikut:
No. | Lokasi Tes Tertulis | Alamat Verifikasi Berkas dan Pengambilan BPU |
1 | Jakarta | Kampus Politeknik Keuangan Negara STAN |
Jl. Bintaro Utama Sektor V, Tangerang Selatan | ||
2 | Banda Aceh | Kanwil I DJKN Nangroe Aceh Darusalam |
Gedung Keuangan Negara (GKN) Gedung C Lt. 2 | ||
Jl. Teuku Chik Di Tiro, Banda Aceh | ||
3 | Medan | Balai Diklat Keuangan (BDK) Medan |
Jl. Ekawarni No. 30, Medan Johor | ||
4 | Padang | Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Barat |
Jl. Khatib Sulaiman No. 3, Lolong Belanti, Padang | ||
5 | Pekanbaru | Balai Diklat Keuangan (BDK) Pekanbaru |
Jl. Pepaya No. 77, Pekanbaru | ||
6 | Batam | Kantor PelayananPajak (KPP) PratamaBatam |
Jl. KudaLaut No. 1, BatuAmpar, Batam | ||
7 | Jambi | Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jambi |
Jl. Mayjen M. Yoesoef Singadikane No 45, Jambi | ||
8 | Bengkulu | Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bengkulu |
Jl. Adam Malik (d/h Jl. P. Natadireja 271) Km. 8, Bengkulu | ||
9 | Palembang | Balai Diklat Keuangan (BDK) Palembang |
Jl. Suka Bangun II Kec. Sukarami, Palembang | ||
10 | Bandar Lampung | Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung |
Jl. Pangeran Emir M. Noer No 5A, Bandar Lampung | ||
11 | Cimahi | Balai Diklat Keuangan (BDK) Cimahi |
Jl. Gado Bangkong No. 111, Cimahi | ||
12 | Semarang | KanwilDitjenPerbendaharaanProvinsiJawa Tengah |
GedungKeuangan Negara (GKN) Semarang I Lt. 3 | ||
Jl. Pemuda No. 2, Semarang | ||
13 | Yogyakarta | Balai Diklat Keuangan (BDK) Yogyakarta |
Jl. Solo Km.11, Kalasan, Sleman, Yogyakarta | ||
14 | Surabaya | Kanwil DJP Jawa Timur II |
Gedung Keuangan Negara (GKN) Surabaya I | ||
Jl. Indrapura No.5, Surabaya | ||
15 | Malang | Balai Diklat Keuangan (BDK) Malang |
Jl. Jend. A. Yani Utara no. 200, Malang | ||
16 | Denpasar | Balai Diklat Keuangan (BDK) Denpasar |
Gedung Keuangan Negara (GKN) | ||
Jl. Dr. Kusumaatmadja No. 19 Renon, Denpasar | ||
17 | Mataram | Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTB |
Jl. Majapahit No. 10, Mataram | ||
18 | Kupang | Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTT |
Gedung Keuangan Negara (GKN) Lantai 3 | ||
Jl. Franseda, Kupang | ||
19 | Pontianak | Balai Diklat Keuangan (BDK) Pontianak |
Jl. Ahmad Yani IIKec. Sungai Raya, Kab. Kubu Raya | ||
20 | Banjarmasin | Kanwil DJP Kalimantan Selatan dan Tengah |
Jl. Lambung Mangkurat No.21 Banjarmasin | ||
21 | Balikpapan | Balai Diklat Keuangan (BDK) Balikpapan |
Jl. MT Haryono Dalam RT 84 No. 39A, Balikpapan | ||
22 | Manado | Balai Diklat Keuangan (BDK) Manado |
Jl. Mapanget Km. 0,5 Paniki Dua, Manado | ||
23 | Palu | Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tengah |
Jl. Tanjung Dako No.15, Palu | ||
24 | Makassar | Balai Diklat Keuangan (BDK) Makassar |
Gedung Keuangan Negara (GKN) | ||
Jl. Urip Sumoharjo Km. 4, Makassar | ||
25 | Ambon | Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku |
Jl. Pitu Ina No 7, Karang Panjang, Ambon | ||
26 | Sorong | Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sorong |
Jl. Jend. Sudirman 26 Sorong | ||
27 | Jayapura | Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua |
Aula Gedung Menara Indoprima Lt. VII | ||
Jl. Pasifik Permai Ruko Dok II Jayapura |
9. Panduan registrasi secara lengkap sanggup dilihat pada situs http://www.kemenkeu.go.id,http://www.bppk.kemenkeu.go.id, dan http://www.stan.ac.id.
C. PELAKSANAAN UJIAN
1. Ujian terdiri atas:
a. Tes Tertulis (Tes Potensi Akademik dan Tes Bahasa Inggris) tanggal 15 Mei 2016 di lokasi sebagai berikut:
1. Jakarta | 10. Bandar Lampung | 19. Pontianak |
2. Banda Aceh | 11. Cimahi | 20. Banjarmasin |
3. Medan | 12. Semarang | 21. Balikpapan |
4. Padang | 13. Yogyakarta | 22. Manado |
5. Pekanbaru | 14. Surabaya | 23. Palu |
6. Batam | 15. Malang | 24. Makassar |
7. Jambi | 16. Denpasar | 25. Ambon |
8. Bengkulu | 17. Mataram | 26. Sorong |
9. Palembang | 18. Kupang | 27. Jayapura |
. Tes Kesehatan dan Kebugaran tanggal 30 Mei s.d. 4 Juni 2016 di lokasi sebagai berikut:
1. Jakarta | 5. Cimahi | 9. Malang |
2. Medan | 6. Semarang | 10. Denpasar |
3. Pekanbaru | 7. Yogyakarta | 11. Makassar |
4. Palembang | 8. Surabaya |
c. Tes Kemampuan Dasar tanggal20 s.d. 24Juni 2016di lokasi sebagai berikut:
1. Jakarta | 5. Cimahi | 9. Malang |
2. Medan | 6. Semarang | 10. Denpasar |
3. Pekanbaru | 7. Yogyakarta | 11. Makassar |
4. Palembang | 8. Surabaya |
2. Ujian memakai sistem gugur pada setiap tahapan ujian.
3. Tes Tertulis dilaksanakan secara serentak di seluruh lokasi ujian mulai
jam 08:00 WIB/09:00 WITA/10:00 WIT.
jam 08:00 WIB/09:00 WITA/10:00 WIT.
4. Pada ketika ujian peserta harus membawa:
a. Bukti Peserta Ujian (BPU);
b. Identitas diri orisinil berfoto (Rapor/Ijazah/KTP/SIM/Paspor/SKCK)yang masih berlaku(identitas diri sesuai pada ketika verifikasi berkas);
c. Pensil 2B, penghapus, ballpoint, dan perlengkapan ujian lain yang diperlukan.
5. Peserta ujian yang tidak hadir dan/atau tidak bisa menempuh ujian dengan alasan apapun pada waktu, hari, tanggal, dan tempat yang telah ditentukan dinyatakan gugur.
D. PENGUMUMAN HASIL UJIAN
1. Hasil ujian akan diumumkan sebagai berikut:
a. Tes Tertulis tanggal 25 Mei 2016;
b. Tes Kesehatan dan Kebugaran tanggal 15 Juni 2016;
c. Tes Kompetensi Dasar tanggal 29 Juni 2016;
2. Pengumuman hasil tes sanggup dilihat pada situs http://www.kemenkeu.go.id, http://www.bppk.kemenkeu.go.id, dan http://www.stan.ac.id.
E. PENDIDIKAN
1. Pendidikan untuk Program Studi Diploma Idan Diploma III akan dimulai pada tanggal 5 September 2016.
2. Lama pendidikan untuk Program Studi Diploma I ialah dua semester. Mahasiswa yang tidak memenuhi syarat kelulusan pada tiap selesai semester akan dikeluarkan dari pendidikan.
3. Lama pendidikan untuk Program Studi Diploma III ialah enam semester. Mahasiswa yang tidak memenuhi syarat kelulusan pada tiap selesai semester akan dikeluarkan dari pendidikan.
4. Pendidikan Program Studi Diploma I dan Diploma IIIdiselenggarakan di Kampus Politeknik Keuangan Negara STAN, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, dan/atau Balai Diklat Keuangan di seluruh Indonesia.
5. Mahasiswa tidak dipungut biaya kuliah selama mengikuti pendidikan.
6. Lulusan Program Studi Diploma I dan Diploma III sanggup diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Keuangan atau instansi pemerintah lainya baik di sentra maupun di tempat sesuai dengan gugusan yang tersedia pada tahun yang bersangkutan.
F. LAIN-LAIN
1. Semua biaya (transaksi bank, transportasi, pemondokan, dan lain-lain) yang dikeluarkan dalam rangka mendaftarkan diri dan mengikuti ujian menjadi tanggungan peserta.
2. Dalam proses penerimaan mahasiswa ini, tidak diadakan surat-menyurat dan tidak ada keringanan dalam bentuk apa pun.
3. Kelulusan peserta ialah prestasi peserta sendiri. Jika ada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dengan dengan motif apa pun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan dan diluar tanggung jawab panitia.
4. Panitia penerimaan mahasiswa gres berwenang untuk mengalokasikan peserta yang dinyatakan lulus ke kegiatan studi yang tersedia.
5. Keputusan panitia penerimaan mahasiswa gres tidak sanggup diganggu gugat.
6. Apabila peserta ujian memperlihatkan keterangan atau data yang tidak benar, dan dikemudian hari diketahui, baik pada setiap tahapan tes/ujian, maupun sesudah menjadi mahasiswa, Kementerian Keuangan berhak membatalkan kelulusan Ujian Saringan Masuk (USM) dan/atau mengeluarkan yang bersangkutan dari pendidikan.
7. Apabila terdapat warta yang dianggap kurang terang atau terdapat duduk kasus yang terkait dengan proses pendaftaran, calon peserta sanggup menghubungi Panitia Pelaksana Pusat Ujian Saringan Masuk (USM) Politeknik Keuangan Negara STAN melalui e-mail: usm@stan.ac.id.
Dikeluarkan di Jakarta
Pada tanggal Maret 2016
KEPALA BADAN
SELAKU KETUA PANITIA PENGARAH,
SUMIYATI
NIP 19610706 198203 2 001
Penting !!
- Memutuskan untuk menentukan gugusan ini berarti tidak bisa menentukan gugusan lainnya.