Download Buku Full Taktik Lolos Tes Cpns 5 Departemen (Gratis)

 Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan mengenai  Download Buku Full Strategi Lolos Tes CPNS 5 Departemen (Gratis)





Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan mengenai Buku Full Strategi Lolos Tes CPNS 5 Departemen

Pegawai negeri sipil (CPNS) yaitu pegawai yang telah memenuhi syarat yang ditentukan, diangkat oleh pejabat yang berwenang dan diserahi kiprah dalam suatu jabatan negeri, atau diserahi kiprah negara lainnya, dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Definisi peraturan gres PNS dan PPPK (P3K)

Seiring berjalannya waktu, Undang Undang Nomor 8 Tahun 1974 jo Undang Undang Nomor 43 Tahun 1999 diperbarui oleh pemerintah dengan menerbitkan Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 wacana Aparatur Sipil Negara. Sehingga Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian dianggap tidak lagi menjadi pecahan dari pegawai negeri. Adapun pada UU ASN, definisi pegawai negeri dalam konteks pemerintahan Indonesia diganti dengan Aparatur Sipil Negara, sementara pegawai negeri sipil (PNS) menjadi salah satu jenis pekerjaan Aparatur Sipil Negara selain PPPK/P3K.

Strategi Lolos Tes CPNS

Menjadi pegawai negeri sipil (PNS) merupakan idaman hampir kebanyakan orang. Hal ini dibuktikan dengan tingginya Jumlah akseptor tes CPNS setiap tahunnya. Tes CPNS bukan untung-untungan, tetapi perlu dipersiapkan dengan baik. Walaupun pada kenyataannya untuk lulus tes CPNS sangat sulit alasannya yaitu banyaknya persaingan, tapi ada taktik khusus biar Anda sanggup lulus tes CPNS. Berikut merupaKan strategi-strategi lulus tes CPNS, antara lain:
  1. Ikutilah tes CPNS sebanyak mungkin. Sebab, dengan mengikuti lebih banyak tes CPNS, Anda lebih terlatih untuk menghadapi tes CPNS. Dengan begitu, peluang Anda untuk lulus pun semakin besar.
  2. Jangan gampang menyerah. Sebab, kalau hanya satu kali mengikuti tes, kita tidak akan tahu kalau untuk tes berikutnya kita berhasil. Banyak yang lulus ketika mencoba beberapa kali tes.
  3. Utamakan tes CPNS yang memperlihatkan peluang diterima (kuota) lebih besar. Biasanya, akseptor tes CPNS untuk menjadi pegawai di Pemkab/Pemkot/Pemprov umumnya lebih banyak dibandingkan dengan akseptor tes CPNS di instansi lain atau di bawah departemen lain.
  4. Banyak berlatih soal-soal tes CPNS, contohnya melalui buku ini. Dengan banyak berlatih, Anda akan terbiasa menghadapi soal-soal tes CPNS dan jangan berguru dengan SKS (sistem kebut semalam).
  5. Lengkapilah semua informasl wacana instansi pemerintahan yang Anda lamar. Jangan hingga Anda tidak lulus karena terlambat mendaftar atau belum melengkapi persyaratan yang diminta.
  6. Lakukan survei lokasi sehari sebelum tes diadakan. Hal ini biar Anda tidak terlambat untuk hingga ke lokasi tes dan sebaiknya Anda tiba satu jam lebih awal dari jadwal tes yang sudah ditentukan.
  7. Membawa semua perlengkapantes, menyerupai pulpen, pensi, penghapus, dan lainnya yang mendukung Anda untuk mengerjakan tes.
  8. Persiapan fisik dan mental Anda, antara lain istirahat yang cukup dan jangan lupa makan sebelum tes biar Anda fresh ketika menjalani tes CPNS.
  9. Perhatikan petunjuk soal, menyerupai cara menjawab, waktu mengerjakan soal, dan lain-lain. Hal ini bertujuan biar Anda sanggup mengatur waktu dalam menjawab soal. Bahkan jikalau Anda telah selesai tetapi waktu masih tersedia, periksa kembali tanggapan Anda.
  10. Poin terakhlr dan yang terpenting yaitu doa. Sebab, seberapa pun kuatnya Anda berusaha, apabila tanpa doa, sulit sekali Anda untuk mengeksekusi cita-cita Anda menjadi PNS terkabul. Jadi, berdoalah dengan sungguh-sungguh biar Anda bisa diterima menjadi PNS. Amin.

Jenis-jenis Tes CPNS dan Strategi Menyelesaikannya

01. Psikotes
Suatu perusahaan mengharuskan para calon pegawainya untuk mengikuti psikotes yang bertujuan untuk mendapat pegawai yang sesuai dengan standar dan kriteria yang diinginkan. Cara yang gampang biar Anda bisa melewati psikotes yaitu dengan rajin berlatih. Jika Anda terbiasa menghadapi soal-soal psikotes maka dengan sendirinya akan menemukan pola pola atau denah tes yang dijalani.

Berikut inijenis-jenis tes yang termasuk psikotes, antara lain:
  • Tes Kemampuan Verbal Tes kemampuan verbal, yaitu tes kemampuan dalam memahami bahasa, baik secara verbal maupun tulisan. Tes ini antara lain, tes sinonim, antonim, analogi.
  • Tes Kemampuan Numerik Tes kemampuan numerik, yaitu tes ketelitian, ketepatan, dan kecepatan dalam berhitung. Tes ini antara lain tes deret angka, matematika, tes berhitung angka cepat.
  • Tes Kemampuan Spasial Tes kemampuan spasial, yaitu tes kemampuan menggambarkan, melukiskan, dan membayangkan sebuah gambar atau objek. Tes yang diujikan, yaitu tes gambar.
  • Tes Kemampuan Reasoning Tes kemampuan reasoning, yaitu tes kemampuan seseorang dalam memecahkan suatu masalah.
  • Tes Mengingat (Memori) Tes mengingat, yaitu kemampuan daya ingat dan kreativitas berpikir pada ketika menuntaskan suatu masalah.

02. Tes Kemampuan Umum (TKU)
Tes kemampuan umum (TKU) dipakai untuk mengukur potensi seseorang dalam melaksanakan pekerjaan tertentu sesuai standar minimal. Salah satu tes yang biasa diberikan kepada calon pegawai negeri sipil (CPNS) yaitu TKU. TKU berisi soa-soal yang memuat pengetahuan umum, menyerupai Bahasa Indonesia, Bahasa inggris, Kebijakan Pemerintah, Falsafah dan ideologi Negara, Tata Negara, Sejarah, dan Pengetahuan Umum.

Biasanya TKU disepelekan sehingga tidak jarang TKU inilah yang menjadi watu sandungan untuk lolos ke seleksi berikutnya. Untuk itu, dalam menjawab soal-soal TKU diharapkan pengetahuan yang luas, antara lain dengan banyak membaca dan ulet berlatih soal-soal TKU.

Apabila wawasan pengetahuan umum Anda sedikit, coba kuasai pada pecahan soal-soal tata negara. Sebab, soal-soal tata negara tidak berubah-ubah dan masih mempunyai banyak referensi. Misalnya, soal wacana siapa yang mengetik naskah proklamasi kemerdekaan? Pastilah jawabannya dari dulu hingga sekarang selalu sama, yakni Sayuti Melik.

03. Tes Kemampuan Bidang (TKB) Lima Departemen
Biasanya tes hari pertama yaitu TKU, kemudian hari kedua yaitu Tes Kemampuan Bidang (TKB). Yang dibahas di buku ini yaitu TKB Lima Departemen, yaitu:
  • Departemen Agama
  • Departemen Pendidikan Nasional
  • Departemen Kesehatan
  • Departemen Keuangan
  • Departemen Luar Negeri

Mengenai TKB, biasanya soal-soalnya sangat bervariasi, tergantung departemen dan posisi yang ingin Anda lamar. Apabila Anda melamar di Departemen Agama sudah tentu soal-soal akan seputar pengetahuan agama Islam. Begitu pun dengan posisi lainnya. Strategi untuk menuntaskan TKB yaitu pahami bidang yang Anda lamar, referensi jikalau Anda melamar di departemen Agama maka pahami mengenai pengetahuan agama Islam, menyerupai sejarah peradaban Islam, kepercayaan akhlaq, Al'Quran, Al-Hadits, dan lain-lain.

04. Tes Wawancara CPNS
Setelah Anda lulus Psikotes, TKU, dan TKB, langkah selanjutnya yaitu tes wawancara. Berikut ini beberapa taktik jitu biar Anda sanggup lulus tes wawancara CPNS, antara lain:
  • Cari semua gosip mengenai departemen dan bidang yang Anda lamar, referensi Departemen Keuangan. Anda harus mengerti mengenai ekonomi mikro, makro, sumber pendapatan negara, pertumbuhan ekonomi di Indonesia, dan lain-lain.
  • Setelah Anda mengumpulkan gosip tersebut (di samping pengetahuan dasar sesuai bidang Anda), siapkan fisik dan mental yang baik, serta siapkan pakaian yang rapi biar terlihat sopan.
  • Usahakan hadir 30 menit sebelum wawancara dimulai. Hal ini dimaksudkan untuk menenangkan diri Anda biar lebih rileks.
  • Pada ketika masuk ke ruang wawancara, masuklah dengan sopan dan jabatlah tangan pewawancara dengan yakin sebagai tanda Anda siap untuk diwawancarai.
  • Kemudian, biasanya pewawancara mempersilakan Anda memperkenalkan diri. Cobalah dengan bahasa Indonesia terlebih dahulu, kecuali jikalau diminta memakai bahasa inggris. Jangan pernah untuk 'pamer' di depan pewawancara jikalau kemampuan bahasa inggris Anda pas-pasan.
  • Jawablah setiap pertanyaan pewawancara dengan terperinci dan menyakinkan, dan tidak bertele­tele. Apabila anda ditanya dengan pertanyaan opsi oke atau tidak setuju, jawab dengan benar dan berikan alasannya.
  • Diakhir wawancara biasanya pewawancara mengakhiri dengan bertanya "Apakah ada pertanyaan yang ingin Anda tanyakan terkait dengan perusahaan kami?". Jangan Anda menjawab "Tidak ada Pak?". Jangan terlihat Anda ingin segera mengakhiri wawancara alasannya yaitu tegang atau gugup. Oleh alasannya yaitu itu, sebelum wawancara siapkan dua atau tiga pertanyaan yang akan Anda tanyakan ketika wawancara.

Kemudian, pertanyaan yang biasa ditanyakan pewawancara, yaitu:
  • Pengalaman kerja Anda sebelumnya.
  • Kelebihan dan kekurangan diri Anda.
  • Mengapa Anda mau menJadi PNS yang gajinya kecil.
  • Apa cita-cita Anda sesudah masuk ke sini.
  • Pertanyaan teknis, yaitu tergantung kemampuan atau jurusan yang Anda pilih. Misalkan, Anda
    sarjana Matematika maka akan ditanya wacana aljabar, integral, atau metode pengajaran.

Strategi Mengerjakan Soal Tes CPNS

Untuk mengerjakan soal tes CPNS juga memerlukan taktik biar sanggup me-manage waktu sehingga sanggup mengerjakan semua soal sesuai waktu yang diberikan. Berikut ini merupakan taktik mengerjakan soal tes CPNS, antara lain:
  1. Jawablah soal yang berdasarkan Anda kemungkinan benarnya 80 hingga 100%. Bila dalam 1 soal ada 2 tanggapan yang ragu-ragu (50:50 kemungkinan benarnya), beri tanda dengan pensil dan tinggalkan. Cara ini juga berlaku bila Anda mewaspadai sebuah jawaban. Untuk soal yang sama sekali tidak Anda ketahui secara pasti, sebaiknya tinggalkan. Langkah yang Anda harus lakukan yaitu menjawab semua soal sesuai dengan metode diatas, baca soal dengan perlahan. Baca berurutan mulai dari soal pertama hingga selesai.
  2. Selanjutnya kembali ke soal yang ditandai dengan pensil. Disini Anda mewaspadai 2 tanggapan atau sebuah soal yang bernilai 50:50 kemungkinan benarnya. Nah, Anda boleh menebak salah satu dari 2 tanggapan ini. Sebab, mungkin benar mungkin salah. Anda harus cepat mengambil keputusan alasannya yaitu sisa waktu yang sangat pendek.
  3. Langkah terakhir yaitu soal yang sama sekali tidak Anda ketahui. Soal ini yaitu soal untung­ untungan. Ini terakhir kali dikerjakan bila sisa waktu tinggal 3-5 menit? Cara melakukannya dengan melihat komposisi tanggapan yang telah Anda isi sebelumnya. Cobalah lihat mana yang paling banyak. Misalnya, yang paling banyak diisi yaitu pilihan A, jadi isi atau hitamkanlah tanggapan dari soal yang tidak Anda ketahui itu dengan pilihan A semua? Misalnya, ada sisa 20 soal yang Anda tidak ketahui maka 20 soal itu diisi A semua. Pastikan tidak ada tanggapan yang kosong. Setelah itu, periksa kembali apakah nama dan nomor akseptor telah benar. Hapuslah gejala yang Anda buat di lembar soal.

Download Buku Soal Full Strategi Lolos Tes CPNS 5 Departemen

Menjadi pegawai negeri sipil (PNS) merupakan idaman hampir kebanyakan orang. Hal ini dibuktikan dengan tingginya Jumlah akseptor tes CPNS setiap tahunnya. Tes CPNS bukan untung-untungan, tetapi perlu dipersiapkan dengan baik. Walaupun pada kenyataannya untuk lulus tes CPNS sangat sulit alasannya yaitu banyaknya persaingan, tapi ada taktik khusus biar Anda sanggup lulus tes CPNS. Berikut ini link download Soal Ujian CPNS: Full Strategi Lolos Tes CPNS 5 Departemen.




Download Buku Full Strategi Lolos Tes CPNS 5 Departemen
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan biar mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran gosip Mengenai Buku Full Strategi Lolos Tes CPNS 5 Departemen ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel