Download Buku Latihan Soal-Soal Tku Untuk Cpns (Gratis)

 Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan mengenai  Download Buku Latihan Soal-Soal TKU Untuk CPNS (Gratis)





Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan mengenai Buku Latihan Soal-Soal TKU untuk CPNS

Soal CPNS : Latihan Soal-Soal TKU untuk CPNS Pegawai negeri sipil (CPNS) yaitu pegawai yang telah memenuhi syarat yang ditentukan, diangkat oleh pejabat yang berwenang dan diserahi kiprah dalam suatu jabatan negeri, atau diserahi kiprah negara lainnya, dan digaji menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Definisi peraturan gres PNS dan PPPK (P3K)

Seiring berjalannya waktu, Undang Undang Nomor 8 Tahun 1974 jo Undang Undang Nomor 43 Tahun 1999 diperbarui oleh pemerintah dengan menerbitkan Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 wacana Aparatur Sipil Negara. Sehingga Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian dianggap tidak lagi menjadi bab dari pegawai negeri. Adapun pada UU ASN, definisi pegawai negeri dalam konteks pemerintahan Indonesia diganti dengan Aparatur Sipil Negara, sementara pegawai negeri sipil (PNS) menjadi salah satu jenis pekerjaan Aparatur Sipil Negara selain PPPK/P3K.

Sebelum memulai pembahasan mengenai Tes Kemampuan Umum (TKU), ada beberapa hal yang harus menjadi pegangan kita ketika bersiap diri dalam menghadapi ujian TKU. Pegangan ini kita ringkas menjadi "ACT".

A-nya yaitu Analisis Diri
Cermati diri Anda, gali dan pahami apa sebetulnya yang menjadi kekuatan diri Anda? Aktivitas apa yang Anda senangi? Anda mulai merasa tidak nyaman kalau berada dalam kondisi menyerupai apa? Sebaliknya kondisi nyaman yang Anda rasakan itu menyerupai apa? Dari beberapa pertanyaan semacam ini, akan mulai tergambar bahwa Anda mempunyai minat dalam hal apa saja, Anda menyenangi pekerjaan menyerupai apa, dan Anda akan bisa meraih prestasi terbaik kalau Anda berada dalam kondisi menyerupai apa.

Agar lebih meyakinkan diri Anda, dalam menganalisis gunakanlah metode SWOT (Strenght, Wekneess, Opportunity, Threat). Uraikan secara detail apa yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan Anda selama ini. Berkonsentrasilah dalam melaksanakan ini lantaran akan menjadi pijakan Anda dalam melangkah ke depan. Ingat, sedikit saja Anda lengah menganalisis, maka semakin usang semakin menjauhlah Anda dari apa yang menjadi harapan dan harapan Anda.

C-nya yaitu Cara Pandang
Ubahlah cara pandang Anda yang selama ini memakai kacamata kuda, selalu berpikir "thinking in the box". Sering kali banyak permasalahan hidup tidak terpecahkan bukan lantaran Anda terbelakang atau tidak teliti, tetapi lantaran Anda berkutat di permasalahan yang terjadi, bukan pada solusinya. Jangan terjebak pada hal-hal kecil dan mengabaikan hal-hal yang lebih penting. Gunakanlah "helicopter in the view ". Lihat sejenak setiap permasalahan dari sudut yang berbeda, lantaran solusi menjadi tampak lebih gampang dalam pandangan kita.

T-nya yaitu Tangkap Peluang
Banyak di antara kita menyia-nyiakan peluang yang ada sehingga peluang itu lenyap lantaran terlalu banyak pertimbangan atau bahkan tidak yakin dengan apa yang akan dilakukannya. Ini yaitu ciri orang yang tidak percaya diri. Jika Anda saja tidak memercayai diri sendiri, bagaimana mungkin orang lain akan memercayai Anda.

Jadi, jangan sekali-kali penyesalan tiba sehabis peluang itu berlalu. Hindari penyesalan dengan keyakinan diri untuk tidak terlalu banyak mempertimbangkan sesuatu, tetapi jalanilah apa yang ada di depan mata. Jangan terbuai oleh angan-angan kesempurnaan yang jauh dari realitas diri. Anda hanya berarti kalau kekuatan khusus yang Anda miliki diterapkan di tempat Anda bekerja.

Setelah Anda memahami konsep "ACT" ini, maka beraksilah. Tak ada waktu lagi bagi Anda untuk terbuai dengan hal-hal yang tidak berguna. Bagi Anda yang mempunyai keinginan bekerja di tempat yang dicita­ citakan , maka teruslah pelajari hal-hal yang berkaitan dengan instansi tersebut, terutama persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk menjadi pegawai di sana.

Buku yang Anda pegang ketika ini yaitu salah satu pembuka jalan bagi Anda untuk diterima bekerja di instansi yang diinginkan. Buku Soal-Soal TKU Untuk CPNS ini membahas mengenai Tes Kemampuan Umum (TKU). TKU yaitu bentuk soal yang biasanya diberikan kepada calon pegawai di perusahaan besar, BUMN, Bank, dan PNS. Dalam buku ini dipaparkan bentuk-bentuk soal yang biasanya keluar di proses penerimaan pegawai, terdiri atas:
  1. Bahasa Indonesia. Soal-soal mencakup penggabungan kalimat dalam paragraf, penggunaan abjad kapital, mengambil rumusan tema dari suatu topik, penulisan kata-kata baku serta penggunaan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  2. Bahasa Inggris. Soal-soal mencakup pencarian antonim/sinonim dalam kalimat, mencari ide/topik dalam kalimat.
  3. Pancasila. Soal-soal mencakup rumusan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 (kapan, oleh siapa, korelasi Pancasila dan proklamasi terhadap pembukaan UUD), PPKI, dan BPUPKI.
  4. Tata Negara. Soal-soal mencakup konsep negara, fungsi-fungsi, peran, posisi, dan korelasi antar forum pemerintah, antar instansi pemerintah, dan lembaga-lembaga dunia.
  5. Kebijakan Pemerintah. Soal-soal mencakup kebijakan-kebijakan pemerintah mengenai otonomi kawasan dan pengetahuan umum menyangkut pemerintahan Republik Indonesia.

Menghadapi TKU, dibutuhkan persiapan yang matang dan terpadu. Tidak hanya kasus teknis saja yang harus diperhatikan, kasus yang bersifat nonteknis biasanya justru sangat berperan pada ketika tes berlangsung. Masalah nonteknis tersebut di antaranya yaitu motivasi, ketelitian, kecemasan, ketenangan, dan sebagainya.

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu pahami dan berlatihlah dengan jenis-jenis soal yang akan Anda hadapi nanti. Buku ini bisa Anda manfaatkan sebagai ajang latihan yang baik, dikarenakan telah disusun secara terstruktur dan sistematis sesuai dengan referensi dan bentuk soal yang biasanya muncul di soal-soal TKU pada tahun-tahun sebelumnya. Berdasarkan pengamatan, referensi serta bentuk soal-soal TKU mempunyai ruang lingkup yang sama dari tahun ke tahun.

Persiapan Fisik dan Mental
Mengikuti tes, tidak hanya bermodalkan intelektual dan pemahaman terhadap bahan yang tinggi, tetapi harus memerhatikan aspek fisik dan mental. Percuma saja seseorang punya daya intelektual bagus, tetapi mental dan fisik ketika menghadapi tes tidak dalam kondisi bagus, hal itu akan sangat memengaruhi proses menjalani tes itu sendiri.

Jika fisik Anda sakit, akan memengaruhi Anda ketika mengerjakan soal meskipun secara bahan Anda sudah siap. Begitu juga dengan aspek mental. Jika mental Anda sudah turun ketika menghadapi tes, contohnya panik lantaran banyaknya saingan, tidak percaya diri dengan persiapan Anda, kemungkinan Anda tidak akan bisa menuntaskan tes itu secara baik dan sempurna. Oleh lantaran itu, jaga dan perhatikan selalu kondisi fisik dan mental Anda, upayakan selalu berada ditingkat aman. Pada kesempatan ini akan diberikan banyak sekali trik dan tip untuk mempersiapkan kedua aspek tersebut.

01. Persiapan Fisik
Untuk persiapan fisik ini ada beberapa hal yang harus Anda lakukan dan persiapkan, yaitu sebagai berikut.
  • lstirahat yang cukup. Jika kurang tidur, kondisi fisik sudah pasti
    lemah dan Anda bisa mengantuk selama tes sehingga ,tidak bisa konsentrasi dalam menuntaskan tes dengan baik.
  • Usahakan jangan minum obat sebelum tes, apalagi obat yang
    mempunyai imbas mengantuk lantaran hal itu bisa berakibat fatal bagi Anda ketika mengerjakan soal tes.
  • Pagi hari menjelang tes, usahakan supaya tetap santai dan jangan membebani pikiran dengan tes yang akan dilalui nanti. Anggap saja tes ini yaitu bab dari hidup Anda. Jadi, mengapa harus dijadikan beban pikiran? Lebih baik tetap fokus pada ujian tersebut dan optimis akan kemampuan diri Anda.
  • Sebelum Anda berangkat ke tem pat tes. sebaiknya sarapan terlebih dahulu alasannya yaitu hal ini akan sangat besar lengan berkuasa bagi kelancaran Anda pada ketika menghadapi tes nanti. Apalagi kalau harus menghadapi tes wawancara. Dalam kondisi lapar atau perut kosong, akan memengaruhi konsentrasi Anda dan niscaya akan mengganggu kelancaran dalam menjawab soal-soal tes.

02. Persiapan Mental
Dalam suatu tes,mentalsangat penting.Artinya, duduk kasus mental yaitu bab yang tidak bisa diabaikan begitu saja. JikaAnda sudah mengatasi duduk kasus mental ini, itu berarti Anda sudah menapaki 50°/o kesuksesan dalam menghadapi tes tersebut. Akan tetapi, kalau menta l Anda sudah jatuh dan rasa minder menguasai pikiran Anda, maka sanggup dipastikan Anda akan gagal dalam tes tersebut. Jangankan bisa konsentrasi pada soal-soaltes, untuk menghadapi ujian !tu saja sudah tidak fokus.
Oleh lantaran itu, apa pun modal Anda, bagaimanapun persiapannya, Anda harus tetap percaya diri dan mempersiapkan mental yang positif dan cantik dalam menghadapi tes. Jika Anda sudah punya mental menyerupai ini, maka separuh kesuksesan akan Anda genggam. Akan tetapi,

kalau Anda gagal dalam tes nanti, itu tidak akan menciptakan Anda menjadi frustasi dan kecewa berat. Anda akan menganggap bahwa hal ini yaitu proses. Mungkin kegagalan pada tes kali ini yaitu jalan menuju keberhasilan yang akan lebih besar nanti.
Jadi, pada ketika akan menghadapi tes nanti, Anda harus menana mkan beberapa hal berikut ini.
  • Tenangkan diri Anda dengan mengambil napas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan. Caba buat diri Anda senyaman mungkin ketika berada dalam ruangan tes. Anda bisa melaksanakan smafi talk dengan seseorang yang ada di erat Anda, cara ini bisa menciptakan Anda semakin nyaman dengan lingkungan sekitar yang gres Anda kenal tersebut.
  • Yakinlah akan kemampuan Anda yang selama ini latihan mengerjakan soal sehingga bisa percaya diri dalam menjawab soal­soal yang diberikan.
  • Fokuskan pikiran dan berdoa memohon pinjaman kepada Tuhan sehingga secara mental Anda akan selalu hening dan siap menghadapi tes tersebut.
  • Kerjakanlah setiap soal semampu dan seoptimal mungkin. Jika tidak sanggup menjawab semua soal lantaran waktu habis, tidak perlu berkecil hati ataupun kecewa. Tetaplah bersemangat supaya tidak mengganggu tugas-tugas yang lain.
  • Pada ketika mengerjakan soal ujian, berusahalah untuk tetap hening hingga waktu yang ditentukan selesai. Jika Anda tidak tenang, maka bisa dipastikan konsentrasi Anda akan buyar. Cobalah untuk tidak terpancing dalam situasi dan kondisi sekitar Anda. Misalnya, kalau Anda menemukan teman tes berisik atau mungkin sudah akhir mengerjakan bahan tes yang diberikan, jangan ter­pengaruh. Karena biasanya, hal itu sering dilakukan untuk meng­ganggu peserta tes yang lain. Jika Anda tidak terpengaruh, itu berarti Anda sudah kuat mental menghadapi ujian tersebut.

Tip dan Trik Menghadapi Soal CPNS

  1. Sediakan waktu untuk menjawab semua pertanyaan. Aturlah jam Anda sehingga tersisihkan waktu kurang lebih 5 menit untuk menjawab soal yang belum dikerjakan, atau untuk mengusut kembali jawaban.
  2. Kerjakan soal yang gampang terlebih dahulu. Menggunakan waktu dengan baik yaitu belakang layar dari peserta ujian yang baik.
  3. Agar bisa mengatur waktu dengan mengerjakan soal yang gampang terlebih dahulu, maka Anda harus melaksanakan hal ini: pertama-tama lihat dulu semua soal. Jawablah soal-soal yang kita yakin bisa menjawabnya dan abaikan dahulu soal-soal yang sulit. Kemudian, mulai lagi dari awal, dan jawablah bab soal yang sulit tersebut. Anda bisa memakai teknik ini untuk tes-tes selanjutnya lantaran mungkin sebelumnya belum mengetahuinya dan kini Anda sudah tahu bagaimana cara mengatasinya.
  4. Yakinkan bahwa Anda telah menjawab di tempat yang tepat. Jika Anda pernah terlewatkan satu tanggapan sehingga harus menghapus 20 atau bahkan semua tanggapan lain di bawahnya lantaran harus memperbaikinya, maka santai saja, dan hapus semua tanggapan yang salah dengan tenang.

Download Buku Latihan Soal-Soal TKU untuk CPNS

Menjadi pegawai negeri sipil (PNS) merupakan idaman hampir kebanyakan orang. Hal ini dibuktikan dengan tingginya Jumlah peserta tes CPNS setiap tahunnya. Tes CPNS bukan untung-untungan, tetapi perlu dipersiapkan dengan baik.

Walaupun pada kenyataannya untuk lulus tes CPNS sangat sulit lantaran banyaknya persaingan, tapi ada seni administrasi khusus supaya Anda sanggup lulus tes CPNS. Berikut ini link download Soal CPNS: Latihan Soal-Soal TKU untuk CPNS.




Download Buku Latihan Soal-Soal TKU untuk CPNS
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan supaya mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran informasi Mengenai Buku Latihan Soal-Soal TKU untuk CPNS ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel