Download Buku Panduan Lomba Budaya Mutu Sd Tahun 2019

Download Buku Panduan Lomba Budaya Mutu  Download Buku Panduan Lomba Budaya Mutu SD Tahun 2019

Download Buku Panduan Lomba Budaya Mutu (LBM) Jenjang Pendidikan SD (SD) Tahun 2019






Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan menunjukkan mengenai Buku Panduan Lomba Budaya Mutu (LBM) Jenjang Pendidikan SD (SD) Tahun 2019

Lomba Budaya Mutu di SD dilakukan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai upaya training mutu SD untuk menghasilkan sekolah bermutu tinggi.

Lomba difokuskan pada evaluasi mutu pendidikan secara keseluruhan, yang mencakup:
  1. Manajemen Berbasis Sekolah
  2. Pembelajaran
  3. Ekstrakurikuler
  4. Perpustakaan, dan
  5. UKS (Usaha Kesehatan Sekolah).

Budaya mutu sekolah merupakan faktor penting dalam membentuk siswa menjadi insan yang mempunyai perilaku optimis, berani, terampil, ulet, disiplin, berfikir kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif.

Sekolah yang mempunyai keunggulan budaya mutu sanggup dilihat dari beberapa variabel ibarat manajemen sekolah, proses pembelajaran, aktivitas ekstrakurikuler, kinerja perpustakaan, dan perjuangan kesehatan sekolah, yang bermuara pada capaian prestasi sekolah.

Kegiatan Lomba Budaya Mutu (LBM) SD ini dimaksudkan untuk menunjukkan apresiasi dan motivasi para pelaku pendidikan dalam membangun mutu sekolah. Agar pelaksanaan LBM sanggup mencapai hasil yang lebih optimal, maka perlu mendapat pemberian dari pemerintah tempat dan pemangku pendidikan.

Persyaratan umum Lomba Budaya Mutu SD 2019

  1. Mengikuti proses seleksi dan ditetapkan dengan Surat Keputusan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
  2. Sekolah yang diusulkan harus mendaftar secara daring (online)
  3. Mengirim dokumen portofolio wacana budaya mutu di sekolahnya
  4. Setiap Kabupaten/Kota mengirimkan 3 sekolah dengan rincian kategori (1 SDR, 1 SDN, dan 1 SDS), dan khusus bagi Kabupaten yang mempunyai wilayah 3T ditambah 1 SDN wilayah 3T

Tanggal penting Lomba Budaya Mutu SD 2019

  1. Seleksi awal, sekolah mengisi format isian secara daring (online) bit.ly/registrasi_daring_lbm_2019 Batas 31 Mei 2019 (1.664 SD sasaran)
  2. Pengiriman dokumen portofolio Batas 31 Juli 2019 (stempel pos)
  3. Penilaian Tahap 1 – Penilaian Dokumen Portofolio Lomba Budaya Mutu (7 Agustus 2019)
  4. Penilaian Tahap 2 – Visitasi Lapangan Minggu ketiga Agustus 2019 (150 SD)
  5. Penilaian Tahap 3 – Grand Final Presentasi & Wawancara Oktober 2019 di Tangerang (120 SD)

Tujuan umum Lomba Budaya Mutu di SD (SD) ini yaitu untuk mewujudkan SD yang mempunyai budaya mutu dalam menunjukkan layanan prima dan menjadi benchmark (patok duga) bagi sekolah lain di sekitarnya serta jadi contoh bagi training para pemangku kepentingan.

sedangkan Tujuan khusus Lomba Budaya Mutu di SD (SD) ini adalah
  1. Mendapatkan SD yang berbudaya mutu dengan keunggulannya masing-masing sebagai model yang baik (good practices) bagi sekolah lain;
  2. Menghimpun banyak sekali pengalaman inspiratif dari sekolah dasar yang mempunyai budaya mutu dan lingkungan yang bermutu;
  3. Mendokumentasikan dan menyosialisasikan pengalaman inspiratif pengembangan budaya mutu Manajemen Berbasis Sekolah, Pembelajaran, aktivitas Ekstrakurikuler, Perpustakaan Sekolah, dan Usaha Kesehatan Sekolah kepada SD di seluruh Indonesia.
  4. Memotivasi para pemangku kepentingan, baik di satuan pendidikan sekolah dasar maupun Pemerintah Daerah, untuk mewujudkan sekolah dasar yang mempunyai budaya mutu dalam menunjukkan layanan prima kepada penerima didik.

Sasaran aktivitas Lomba Budaya Mutu di SD (SD) sebanyak 1.664 SD yang diusulkan oleh masing-masing kabupaten/kota dengan kategori dan sasaran ibarat pada Tabel berikut ini.
No Kategori Jumlah Keterangan
1 SDN Rujukan 514 SD Rujukan seluruh Indonesia
2 SD Negeri 514 Surat tawaran (atau SK) Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota sebagai penerima LBM
3 SD Swasta (diutamakan bagi SD Swasta Rujukan) 514 Surat tawaran (atau SK) Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota sebagai penerima LBM
4 SD Wilayah 3T (Negeri) 122 Surat tawaran (atau SK) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sebagai penerima LBM
Jumlah Sasaran 1.664 Hasil Seleksi secara Berjenjang
Catatan : Bagi Kabupaten/Kota yang tidak mempunyai SDS Rujukan sanggup mengikutsertakan Sekolah Swasta terbaik lainnya.

Hasil Lomba Budaya Mutu SD 2019

1 Hasil Jangka Pendek
  • Terpilihnya SD yang mempunyai budaya mutu dengan segala keunggulannya masing-masing,
  • Terdokumentasikan dan tersosialisasikan budaya mutu ke SD di seluruh Indonesia.
2 Hasil Jangka Panjang
  • Memotivasi para pemangku kepentingan, baik di satuan pendidikan SD maupun Pemerintah Daerah, dalam training budaya mutu SD dan layanan prima kepada penerima didik,
  • Mengembangkan SD yang mempunyai budaya mutu dan sanggup dijadikan model dalam training layanan prima SD baik di setiap provinsi maupun kabupaten/kota.

Kriteria Peserta Lomba Budaya Mutu SD 2019

  1. Sekolah Dasar yang telah ditetapkan sebagai SD Rujukan di setiap kabupaten/kota di seluruh Indonesia.
  2. Sekolah Dasar Negeri yang diusulkan/ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sebagai penerima Lomba Budaya Mutu.
  3. Sekolah Dasar Swasta baik referensi maupun non referensi yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sebagai penerima Lomba Budaya Mutu.
  4. Sekolah Dasar Wilayah 3T yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sebagai penerima Lomba Budaya Mutu.
  5. Memiliki potensi budaya mutu manajemen berbasis sekolah, pembelajaran, ekstrakurikuler, perpustakaan, dan UKS.
  6. Sekolah ramah anak yang tidak terlibat aktivitas kekerasan (tawuran pelajar), narkoba, perundungan atau sejenisnya.
  7. Sekolah bisa menyusun portofolio wacana budaya mutu yang dikembangkan.
  8. Sekolah belum pernah menjadi juara LBM baik Juara Menyeluruh (whole school), Juara I, II, dan III untuk semua komponen (MBS, Pembelajaran, Ekstrakurikuler, Perpustakaan Sekolah, dan UKS).
  9. Mengisi seleksi manajemen secara daring (online) di (bit.ly/registrasi_daring_lbm_2019).
  10. Sekolah yang setiap kelasnya mempunyai jumlah siswa maksimal 28 anak dan minimal 20 anak terutama untuk kelas rendah (kelas 1, 2, dan 3) dan tidak double shift, khusus sekolah di wilayah 3T ketentuan ini tidak berlaku.
  11. Sekolah Dasar yang dinyatakan lolos seleksi manajemen online (daring) akan diminta untuk mengirim Portofolio ke panitia.




Download Panduan Lomba Budaya Mutu SD 2019
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan biar mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran gosip Mengenai Buku Panduan Lomba Budaya Mutu (LBM) Jenjang Pendidikan SD (SD) Tahun 2019 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel