Makalah Pencemaran Dan Perubahan Lingkungan

Makalah Pencemaran dan Perubahan Lingkungan Makalah Pencemaran dan Perubahan Lingkungan

Download Makalah Biologi Tentang Pencemaran dan Perubahan Lingkungan






Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan mengenai Makalah Biologi Tentang Pencemaran dan Perubahan Lingkungan

Makalah ialah karya tulis yang memuat anutan perihal suatu problem atau topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif. Makalah tersebut ditulis untuk disajikan dalam lembaga ilmiah atau tugas-tugas terstruktur.

Makalah merupakan salah satu jenis karangan yang mempunyai ciri atau sifat ilmiah yaitu: objektif, tidak memihak, menurut fakta, sistematis, dan logis.Nah kesudahannya kita mengerti akan pengertian makalah.

Jenis-Jenis Makalah

Berikut ini jenis-jenis makalah yang sanggup anda simak di bahwa ini:
  • Jenis makalah deduktif
  • Makalah dedukatif merupakan makalah yang tulisannya didasarkan pada kajian teoretis (pustaka yang relevan dengan problem yang dibahas)
  • Jenis makalah induktif
  • Makalah induktif merupakan makalah yang disusun menurut data empiris, diperoleh dari lapangan yang relevan dengan problem yang dibahas.
  • Jenis makalah campuran
  • Makalah gabungan merupakan makalah yang penulisannya didasarkan pada kajian teoretis digabung data empiris yang relevan dengan problem yang dibahas.

Susunan Makalah

Secara umum, struktur makalah terdiri dari :
  1. Cover / Bagian Sampul Makalah.
  2. Kata Pengantar
  3. Daftar Isi
  4. BAB I Pendahuluan : Latar Belakang, Rumusan Masalah, Maksud dan Tujuan
  5. BAB II Pembahasan
  6. BAB III Penutup
  7. Daftar Pustaka
  8. Lampiran

Isi Makalah Pencemaran dan Perubahan Lingkungan


PENDAHULUAN

Lingkungan hidup atau lebih singkatnya lingkungan ialah suatu ruang yang ditempati suatu makhluk hidup bersama dengan benda hidup dan tak hidup yang hidup di dalamnya dan saling berinteraksi atara satu sama lain.

Manusia hidup di bumi tidak sendirian, melainkan bersama makhluk lain, yaitu tumbuhan, binatang dan zasad renik. Makhluk hidup yang lain itu bukanlah sekedar mitra hidup yang hidup bersama secara netral dan pasif terhadap insan melainkan hidup insan terkait dekat pada mereka. Tumbuhan, hewan, dan jasad renik sanggup hidup tanpa manusia. Tetapi insan tidak sanggup hidup tanpa tumbuhan, binatang dan jasad renik. Karena itu tumbuhan, binatang dan jasad renik harus kita jaga kelangsungan hidupnya demi kelangsungan hidup kita sendiri.

PENCEMARAN DAN PERUBAHAN LINGKUNGAN

A. Keseimbangan Lingkungan
Di dalam suatu ekosistem atau lingkungan yang seimbang terdapat suatu dinamika yang disebut rantai makanan, jaring-jaring makanan, dan piramida ekologi, menyerupai yang sudah kita ketahui. Setiap makhluk hidup yang terlibat dalam suatu jaring kuliner mempunyai fungsi dan peranan tertentu. Mereka sanggup berperan sebagai produser, konsumer, dan pengurai yang menempati tingkat tropiknya masing – masing.

B. Gangguan Keseimbangan Lingkungan
Gangguan keseimbangan lingkungan kebanyakan disebabkan oleh kegiatan manusia. Misalnya, pembabatan hutan, pembukaan hutan unutk pmukiman atau pertanian, dan pemburuan liar. Semua insiden tersebut sanggup menimbulkan terjadinya perubahan lingkungan.

C. Polusi
Polusi ialah masuk atau dimasukkannya materi – materi berupa makhluk hidup beserta materi yang dihasilkan makhluk hidup, materi kimia, debu, sedimen, panas, bunyi atau radiasi ke dalam lingkungan sehingga kualitas lingkungan tersebut menurun hingga ke tingkat tertentu.

D. Efek Rumah Kaca
Dalam sinar matahari tersimpan energi. pada waktu sinar matahari mengenai permukaan tanah, permukaan tanah itu menjadi panas. Energi sinar matahari itu sebagaian telah menjelma panas. Panas itu di pancarkan kembali ke atmosfer sebagai gelombang panas, yaitu sinar infra merah. Di dalam atmosfer terdapat berjenis molekul gas yang sanggup menyerap glombang infra merah.

E. Hujan Asam
Hujan asam terutama disebabkan oleh adanya oksida belerang dan oksida nitrogen di atmosfer. Senyawa yang berbentuk gas tersebut beraksi dengan air di udara menghasilkan asam yang jatuh ke bumi bersama dengan hujan dan salju. Sumber utama dari oksida tersebut ialah pembakaran materi bakar fosil yang berasal dari pabrik dan kendaraan bermotor. Hujan asam merupakan suatu produk sampingan yang akan dibayar mahal oleh insan sebagai akhir adanya revolusi industri yang dimulai semenjak kala ke 19 dan sudah menjadi problem yang meluas semenjak dua dekade yang lalu.

KESIMPULAN
Manusia hidup dalam lingkungan, begitu juga makhluk hidup yang lain. Lingkungan yang sehat akan menjadikan insan dan makhluk yang lainnya juga sehat. Akan tetapi, kalau seandainya lingkungan sudah terkotori maka insan dan makhluk yang lainnya akan menghadapi gangguan dalam melakukan aktivitas. Oleh lantaran itu insan harus menjaga lingkungan hidup supaya sanggup melangsungkan kehidupan selanjutnya. Perkembangan dan kemajuan tekhnologi telah menjadikan pencemaran hampir di seluruh dunia. Hal ini tidak sanggup ditahan. Akan tetapi insan sanggup meminimalisasi pencemaran yang diakibatkan oleh perkembangan jaman dan kemajuan teknologi, terutama Chemical, material.





Download Makalah Pencemaran dan Perubahan Lingkungan
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan supaya mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran informasi Mengenai Makalah Pencemaran dan Perubahan Lingkungan ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel