Soal Uas Plh Lingkungan Hidup Smp Kelas 7 Kurikulum 2013
Contoh Soal UAS SMP/MTs Kelas 7 Mata Pelajaran PLH Lingkungan Hidup Kurikulum 2013 Tahun 2019
Ulangan Akhir Semester ialah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi penerima didik di tamat semester. Cakupan ulangan mencakup seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.
Pada artikel kali ini kami bertujuan untuk menjadi sarana mencar ilmu bagi para siswa yang duduk di dingklik SMP/MTs yang sebentar lagi akan menghadapi Ulangan Akhir Semester (UAS). Berikut ini isi Soal UAS PLH Lingkungan Hidup SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013
1. Bumi tidak dianggap hanya sebagai alat dan objek bagi manusia, hal ini merupakan teori ....
a. Etika lingkungan
b. Etika bumi
c. Ekosentrisme
d. Biosentris
2. Bentuk kasih sayang terhadap alam ialah ....
a. Bertanggung jawab terhadap alam
b. Tidak melaksanakan tindakan yang merugikan dan mengancam alam
c. Memegang teguh prinsip-prinsip moral terhadap alam
d. Mencintai dan peduli terhadap alam dan segala isinya
3. Teori watak lingkungan yang berpusat pada keselarasan alam dikemukakan oleh ....
a. Paul Taylor
b. Aldo Leopold
c. Arne Naes
d. Harun Yahya
4. Salah satu cara bersikap dalam menjaga alam dan lingkungan menurut teori lingkungan yang
berpusat pada kehidupan ialah dengan ....
a. Mengubah dan mengelola lingkungan sesuai kebutuhan
b. Menjaga bumi dengan baik
c. Mencintai dan peduli pada lingkungan
d. Menghormati dan menghargai alam
5. Manfaat dari lingkungan yang higienis ialah ….
a. Menghasilkan sumber dana
b. Menjaga kesehatan manusia
c. Mempelajari lingkungan
d. Mencemarkan lingkungan
6. Jika lingkungan kita terasa indah, nyaman dan bebas dari polusi maka akan menunjukkan ....
a. Ketenangan dan pujian terhadap diri sendiri
b. Ketenangan dan semangat untuk melaksanakan aktivitas
c. Kebahagiaan dan semangat mencari jati diri
d. Kebahagiaan dan keamanan diri
7. Kita sanggup membuat lingkungan yang sehat dengan cara ....
a. Membersihan jalan masuk got/parit
b. Membersihkan lapangan
c. Penanaman seribu pohon
d. Melakukan pencemaran lingkungan
8. Bahaya yang timbul dari lingkungan yang tidak higienis ialah ....
a. Lingkungan menjadi indah
b. Tidak nyaman dipandang
c. Merusak keindahan lingkungan
d. Banyaknya basil dan bibit penyakit
9. Sebagai anggota masyarakat yang cinta lingkungan harus menunjukkan pola yang baik, antara lain ....
a. Membuang sampah ke sungai
b. Membuang sampah pada tempatnya
c. Minum sambil berjalan
d. Mendirikan bangunan di sembarang tempat
10. Kebersihan dan keindahan harus dimulai dari ....
a. Keluarga
b. Lingkungan sekitar
c. Diri sendiri
d. Setelah ada peraturan
11. Yang bertanggung jawab dalam kebersihan lingkungan sekolah ialah ....
a. Guru
b. Petugas kebersihan
c. Semua warga sekolah
d. Siswa
12. Penghijauan di sekolah dilakukan dengan penanaman tumbuhan di areal sekolah dengan tujuan ....
a. Suasana aman
b. Hobby bercocok tanam
c. Agar tidak kotor
d. Memberikan kenyamanan dan keindahan
13. Kebersihan di toilet sekolah menjadi tanggung jawab siswa untuk membiasakannya maka diberikan kiprah piket kepada ....
a. Kelas
b. Guru
c. Pesuruh
d. Siswa
14. Ungkapan atas nikmat sumber daya alam yang diberikan oleh Allah SWT disebut ....
a. Tawakal
b. Sabar
c. Tawadhu
d. Syukur
15. Allah akan menambahkan nikmatNya bagi orangorang yang bersyukur tetapi bagi orang yang ingkar akan diberikan ....
a. Rezeki
b. Nikmat
c. Azab
d. Bencana
16. Cara mensyukuri nikmat sumber daya alam yang telah diberikan Allah SWT ialah dengan ....
a. Memanfaatkan alam dengan sepuasnya
b. Menjaga dan melestarikannya
c. Melakukan pencemaran
d. Melakukan perburuan liar
17. Menjaga bumi biar tetap higienis dan hijau ialah tanggung jawab kita sebagai ....
a. Khalifah
b. Warga negara
c. Pribadi
d. Anggota masyarakat
18. Jika insan merusak lingkungan berarti ....
a. Membuat kesalahan
b. Membuat kehancuran untuk semua makhluk
c. Menjaga kelangsungan makhluk
d. Mencintai lingkungan
19. Kewajiban menjaga kebersihan lingkungan menjadi tanggung jawab ....
a. Keluarga
b. Warga masyarakat
c. Ketua rt
d. Ketua rw
20. Cara yang sempurna membiasakan kebersihan lingkungan dengan ....
a. Kerja bakti/aksi bersih
b. Penyuluhan
c. Himbauan
d. Penugasan
21. Contoh kegiatan membiasakan memelihara lingkungan ialah ....
a. Gotong royong
b. Kerjasama
c. Kerja kelompok
d. Program Jum’at higienis (JumSih)
22. Membiasakan memelihara kebersihan di rumah
dengan cara ....
a. Mengamati orang tua
b. Menyuruh pembantu
c. Membantu orang tua
d. Menyuruh tukang kebun
23. Membersihkan kamar pribadi sebaiknya dilakukan oleh ....
a. Pembantu
b. Diri sendiri
c. Ibu
d. Kakak
24. Semua yang berasal dari alam yang berkhasiat untuk kehidupan insan disebut....
a. sumber daya alam
b. sumber daya alam nabati
c. sumber daya manusia
d. sumber daya alam hayati
25. Sumber daya alam terbagi menjadi ....
a. Abiotik dan biotik
b. Nabati dan hewani
c. Abiotik dan nabati
d. Biotik dan hewani
26. Dibawah ini yang termasuk SDA abiotik ialah ....
a. Air
b. Udara
c. Logam
d. Tanah
27. Contoh sumber daya alam yang sanggup diperbaharui ialah ....
a. Tumbuhan, binatang dan perkebunan
b. Nikel, mangan dan tanah
c. Bauksit, tembaga dan air
d. Pasir besi, timah dan sinar matahari
28. Contoh sumber daya alam biotik ialah ....
a. Perak
b. Emas
c. Minyak bumi
d. Tumbuhan
29. Hasil pertambangan merupakan sumber daya alam ....
a. Nabati
b. Hewani
c. Abiotik
d. Biotik
30. Dampak dari penggunaan SDA yang berkelebihan ialah ….
a. Melestarikan lingkungan
b. Melindungi lingkungan
c. Merusak alam
d. Merusak sarana dan prasarana
31. Contoh sumber daya fauna yang dipakai sebagai obat-obatan ialah ....
a. Kunyit
b. Kambing
c. Bunga mawar
d. Ikan
32. Berikut manfaat sumber daya hutan, kecuali ....
a. Menyimpan air tanah
b. Suplai oksigen
c. Tempat hidup banyak sekali hewan
d. Penghasil kerikil bara
33. Berdasarkan fungsinya, kerikil bara merupakan sumber daya alam ....
a. Penghasil energi
b. Kenyamanan
c. Penghasil pangan
d. Tak terbarukan
34. Tumbuhan mempunyai kemampuan untuk menghasilkan oksigen dan masakan melalui proses fotosintesis. Oleh alasannya ialah itu, flora dalam suatu rantai masakan merupakan ....
a. Produsen
b. Konsumen
c. Dekomposer
d. Parasit
35. Daun merupakan salah satu pola sampah ....
a. Organik
b. Non organik
c. Biotik
d. Abiotik
36. Sedangkan botol minuman yang kita buang merupakan jenis sampah ....
a. Organik
b. Non organik
c. Biotik
d. Abiotik
37. Membawa botol minuman dari rumah yang bisa di isi ulang merupakan salah satu tindakan mengurangi sampah ....
a. Organik
b. Non organik
c. Biotik
d. Abiotik
38. Jika sampah organik di kubur dalam tanah maka sanggup berkhasiat sebagai ....
a. Penimbunan sampah
b. Penyubur tanah
c. Perusak tanah
d. Daur ulang tanah
39. Sedangkan bila sampah non organik yang dikubur dalam tanah maka yang terjadi ialah ...
a. Akan cepat mengalami perubahan bentuk
b. Akan mengalami perubahan warna
c. Akan tetap utuh dan butuh waktu yang usang untuk berubah
d. Akan berubah bentuk, warna dan terurai dengan cepat dengan tanah
40. Berikut ini hal-hal yang sanggup dilakukan dalam mempergunakan sumber daya alam dengan ekonomis dan bijaksana, kecuali ....
a. Menghemat energi
b. Mencari sumber energi alternatif
c. Tidak memakai barang yang memerlukan energi yang banyak
d. Menggunakan alat elektronik setiap waktu
Download Soal UAS PLH Lingkungan Hidup Kelas 7 Kurikulum 2013
Untuk Soal UAS PLH Lingkungan Hidup SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013. Soal UAS bisa anda gunaka sebagai tumpuan dalam mencar ilmu untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi UAS Tahun Pelajaran 2019/2020.Ingat Soal ini hanya untuk latihan saja, Ada atau tidaknya dalam ujian yang sebenarnya, kami tidak bisa bertanggung jawab
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan biar mendapat file yang lengkap dan utuh.
Semoga sebaran gosip Mengenai Soal UAS PLH Lingkungan Hidup SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!