Download Soal + Tanggapan Pas 1 Matematika Kelas 8 Smp/Mts Kurikulum 2013

 Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan mengenai  Download Soal + Jawaban PAS 1 Matematika Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013

Contoh Soal PAS SMP/MTs Kelas 8 Mata Pelajaran Matematika Semester 1 Kurikulum 2013 Tahun 2019






Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan mengenai Soal PAS Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013

Ulangan Akhir Semester ialah acara yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi akseptor didik di final semester.

Cakupan ulangan mencakup seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.

Pada artikel kali ini kami bertujuan untuk menjadi sarana berguru bagi para siswa yang duduk di dingklik SMP/MTs yang sebentar lagi akan menghadapi Ulangan Akhir Semester (PAS).

Latihan Soal PAS Matematika Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013

Berikut ini isi Soal PAS Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013

1. Diketahui contoh bilangan 17, 14, 11, 8,… . Suku ke-7 dari contoh bilangan tersebut adalah….
A. 2
B. 1
C. -1
D. -2

2. Tiga suku berikutnya dari contoh 2, 3, 5, 8, ... ialah ….
A. 13, 20, 34
B. 12, 17, 23
C. 11, 14, 17
D. 9, 11, 15

3. Perhatikan barisan bilangan berikut.
(i) 1, 2, 3, 5, 8, 13, …
(ii) 1, 3, 6, 10, 15, …
(iii) 1, 6, 15, 20, 15, 6, …
(iv) 2, 3, 5, 7, 11, …

Barisan bilangan yang merupakan barisan Fibonanci ialah …
A. (i)
B. (ii)
C. (iii)
D. (iv)

4. Huruf yang hilang dari contoh berikut : A, K, C, ..., E, O, G ialah ….
A. D
B. L
C. M
D. N

5. Perhatikan contoh bilangan berikut.
(2, 6) , (3, 10) , (5, 18)
Pernyataan yang sempurna untuk mendapat bilangan kedua dari bilangan pertama pada contoh tersebut adalah….
A. ditambah 4
B. Dikalikan 3
C. dikalikan 2 kemudian ditambah 3
D. dikalikan 4 kemudian dikurangi 2

6. Perhatikan gambar contoh berrikut!
Banyaknya bulat pada contoh ke - 6 adalah....
A. 48
B. 42
C. 40
D. 36

7. Seutas tali dipotong menjadi lima bab sehingga panjang masing-masing bab membentuk contoh barisan bilangan. Jika panjang tali terpendek 10 cm, tali yang di tengah 20 cm dan tali terpanjang 30 cm, maka panjang mula-mula ialah ....
A. 70 cm
B. 80 cm
C. 90 cm
D. 100 cm

8. Berdasarkan gambar diatas, jarak titik (2, 5) terhadap sumbu-X adalah….
A. 2 satuan
B. 3 satuan
C. 5 satuan
D. 7 satuan

9. Diketahui titik P(-5, 8), titik P berada pada kuadran ....
A. I
B. II
C. III
D. IV

10. Diketahui titik K(7, a) dan titik K berjarak 7 satuan dari sumbu-Y dan berjarak 6 satuan dari sumbu-X serta berada di bawah sumbu-X, maka nilai a adalah….
A. – 7
B. – 6
C. 6
D. 7

11. Diketahui titik A(4,2), B(4, 7), dan C(-1,7). Jika ketiga titik dihubungkan akan membentuk ....
A. Segitiga sama sisi
B. Segitiga siku-siku
C. Segitiga sama kaki
D. Segitiga siku-siku sama kaki

12. Diketahuititik P(3, 1), Q(3,7), R(9,7), dan titik S. Jika keempat titik tersebut dihubungkan akan membentuk persegi, maka koordinat titik S adalah….
A. (9, 1)
B. (7, 1)
C. (1, 9)
D. (1, 7)

13. Diketahui garis ltegak lurus terhadap sumbu-X dan berjarak 2 satuan dari sumbu-Y, titik A berjarak 6 satuan dari garisldan berjarak 4 satuan dari sumbu-X serta berada di kuadran III, maka koordinat titik A adalah….
A. (- 8, - 4)
B. (- 6, - 4)
C. (- 2, - 4)
D. (- 4, - 2)

14. Diketahui himpunan G = {1, 2, 3, 5} dan H = {2, 3, 4, 6, 8, 10} bila ditentukan himpunan pasangan berurutan {(1, 2), (2, 4), (3, 6), (4, 8), (5, 10)}, maka korelasi dari himpunan G ke himpunan H ialah ....
A. kuadrat dari
B. dua kali dari
C. setengah dari
D. kurang dari

15. Diketahui himpunan pasangan berurutan sebagai berikut:
(i) {(7, m), (8, m), (9, m), (10, m)}
(ii) {(1, p), (2, q), (1, r), (2, s)}
(iii) {(1, x), (2, x), (3, x), (4, x)}
(iv) {(1, t), (2, u), (1, v), (2, w)}

Himpunan pasangan berurutan yang merupakan pemetaan(fungsi) ialah ....
A. (i) dan (ii)
B. (i) dan (iii)
C. (ii) dan (iii)
D. (iii) dan (iv)

16. Diketahui fungsi f(x) = 2 – 3x, bila x = {-2, -1, 0, 1, 2}. Maka kawasan alhasil adalah….
A. {8, 5, 2, -1, -4}
B. {-4, 1, 2, 5, 6}
C. {8, 5, 2, 1, -4}
D. {-4, -1, 2, 5, 6}

17. Diketahui fungsi f(x) = – 1 – x. Nilai f(–2) ialah ....
A. - 3
B. - 1
C. 1
D. 3

18. Diketahui fungsi f(x) = 6x – 7. Jika f(k) = 23, maka nilai k ialah ....
A. 2
B. 3
C. 4
D. 5

19. Diketahui rumus fungsi f(x) = 5x + 3. Jikaf(p) = -7 dan f(3) = q, maka nilai p + q adalah….
A. - 32
B. - 14
C. 11
D. 16

20. Fungsi f ditentukan olehf(x) = ax + b. Jikaf(-3) = -15 dan f(3) = 9, maka nilai f(-2)+ f(2) adalah….
A. – 6
B. – 4
C. 4
D. 6

21. Diketahui himpunan P = {a, b, c, d, e} dan Q = {1, 2, 3, 4, 5}. Banyak korespondensi satu-satu yang mungkin dari P ke Q adalah….
A. 25
B. 32
C. 120
D. 3125

22. Grafik persamaan garis dari 3x + 2y = 12 ialah ….
A.
B.
C.
D.

23. Gradien dari persamaan garis 4x + y – 12 = 0 adalah….
A. 4
B. – 1/4
C. – 3
D. -4

24. Gradien garis yang melalui titik-titik A (3, 5) dan B (6, 14) ialah ....
A. 4
B. 3
C. – 3
D. – 4

25. Gradien garis yang tegak lurus dengan garis h : 3x – 6y – 18 = 0 adalah….
A. 2
B. 1
C. -1/2
D. – 2

26. Persamaan garis yang melalui titik (-2, 1) dan (3, 5) ialah ....
A. 4x – 5y + 13 = 0
B. –4x – 5y – 13 = 0
C. 4x – 5y – 13 = 0
D. 4x + 5y – 13 = 0

27. Persamaan garis yang melalui titik (2, 5) dan bergradien 3 ialah ....
A. y = 3x – 11
B. y = 3x + 1
C. y = 3x – 1
D. y = 3x + 11

28. Persamaan garis yang melalui titik (5,– 6) dan tegak lurus dengan garis 3y – x + 12 = 0 ialah ....
A. y +3x = 9
B. y +3x = – 9
C. y – 3x = 9
D. y – 3x = –9

29. Jika p dan q merupakan anggota bilangan Cacah, maka himpunan penyelesaian dari p + 2q = 6 ialah ....
A. {(0, 6), (1, 5), (2, 4), (3, 3)}
B. {(0, 3), (1, 4), (2, 2), (6, 0)}
C. {(6, 0), (5, 1), (4, 2), (3, 3)}
D. {(0, 3), (2, 2), (4, 1), (6, 0)}

30. Jika a dan b merupakan penyelesaian dari persamaan -3x + 2y = 8 dan 2x – y = - 10, maka nilai a – 2b ialah ....
A. 16
B. 32
C. 40
D. 48

31. Diketahui sistem persamaan linear 3x + 4y = 17 dan 4x – 2y = 8. Nilai dari 2x + 3y ialah ....
A. 8
B. 10
C. 12
D. 13

32. Selesaian dari sistem persamaan x – 3y = 5 dan 3x + 2y = 4 ialah ....
A. (2, -1)
B. (-2, 1)
C. (-2, -1)
D. (2, 1)

33. Keliling kebun berbentuk persegipanjang ialah 72 m. Jika selisih panjang dan lebar 4 m, maka luas kebun tersebut adalah....
A. 144 m2
B. 160 m2
C. 288 m2
D. 320 m2

34. Lenita membeli 1 kg daging sapi dan 2 kg ayam potong dengan harga Rp 164.000,00. Pipit membeli 3 kg ayan potong dan 2 kg daging sapi dengan harga Rp 296.000,00. Jika harga 1 kg daging sapi dinyatakan dengan x dan harga 1 kg ayam potong dinyatakan dengan y, sistem persamaan linear dua variabel yang berkaitan dengan pernyataan di atas ialah ....
A. x + 2y = 164.000 dan 3x + 2y = 296.000
B. x + 2y = 164.000 dan 2x + 3y = 296.000
C. 2x – y = 164.000 dan 3x – 2y = 296.000
D 2x – y = 164.000 dan 2x – 3y = 296.000

35. Naya dan Era membeli sabun A dan sabun B di toko yang sama. Naya membeli 4 sabun Adan 2 sabun B harus membayar Rp 34.000,00. Sedangkan Era membeli 3 sabun A dan 1 sabun B seharga Rp 23.000,00. Apabila Dewi membeli 5 sabun A dan 3 sabun B, ia harus membayar sebesar ....
A. Rp 11.000,00
B. Rp 43.000,00
C. Rp 45.000,00
D. Rp 57.000,00

II. Esay
36. Untuk sebuah pertunjukan Apriliyanti sebagai panitia akan menyusun kursi dengan contoh tertentu. Banyak kursi pada baris pertama ialah 20 kursi, baris kedua 23 kursi dan seterusnya sehingga banyak kursi baris berikutnya selalu bertambah 3 kursi. Berapa jumlah kursi yang dibutuhkan Apriliyanti untuk mengisi pada baris terakhir bila dalam gedung pertunjukan hanya memuat 10 baris kursi?
37. Gambarlah titik P(2, 1) , Q(6, 1), R(6, -3), dan S(2, -3) pada bidang koordinat Kartesius,
kemudianhubungkan titik-titik tersebut, bangkit apakah yang terbentuk?
38. Fungsi f didefinisikan dengan rumus f(x) = 5 - 3x dan kawasan asalnya adalah{-2, -1, 0, 1, 2, 3}. Buatlah tabel dan grafik dari fungsi tersebut!
39. Tentukan persamaan garis yang melalui titik (7, 2) dan sejajar dengan garis yang melalui titik (2, 4 ) dan titik (3, 9)!
40. Di final bulan Nopember sebuah toko memperlihatkan harga promo untuk pembelian buku dan pensil. Ghina membeli sebuah buku dan sebuah pensil harus membayar Rp 8.000,00. Sedangkan Siska membeli 2 buah buku dan 3 buah pensil harus membayar Rp 19.000,00.
a. Misalkan harga buku = x rupiah, harga pensil = y rupiah, nyatakanlah kalimat di atas dalam bentuk persamaan dengan variabel x dan y!
b. Selesaikanlah sistem persamaan tersebut!
c. Berapa uang kembalian yang Tita terima, bila ia membeli 10 buku dan 10 pensil dengan memakai lembaran uang Rp 100.000,00?

Download Soal PAS Matematika Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013

Untuk Soal PAS Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013. Soal PAS dapat anda gunaka sebagai acuan dalam berguru untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi PAS Tahun Pelajaran 2019/2020.

Ingat Soal ini hanya untuk latihan saja, Ada atau tidaknya dalam ujian yang sebenarnya, kami tidak dapat bertanggung jawab



Download Soal PAS Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 Tahun 2019 New..!!
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan semoga mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran gosip Mengenai Soal PAS Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel