Download Soal Uts/Pts 1 Kelas 9 Smp/Mts Mapel Bahasa Indonesia Tahun 2019

Contoh Soal dan Kunci Jawaban Perguruan Tinggi Swasta Jenjang Sekolah Menengah Pertama Kelas  Download Soal UTS/PTS 1 Kelas 9 SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia Tahun 2019

Contoh Soal dan Kunci Jawaban Perguruan Tinggi Swasta Jenjang Sekolah Menengah Pertama Kelas 9 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Semester 1 (Ganjil) Kurikulum 2013 Revisi Terbaru






Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan mengatakan info untuk adek-adek semua yang duduk di dingklik sekolah pertama (SMP) yang siap menghadapi ulangan PTS. Kali ini Mas Nazmi ingin membuatkan infirmasi mengenai Contoh Soal UTS/PTS 1 Kelas 9 SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia Tahun 2019

Contoh Soal UTS/PTS yang kami bagikan ini sudah dalam unsur HOTS, PPK, Literasi dan 4C dari revisi selesai kurikulum 2013.

Pada artikel kali ini kami bertujuan untuk menjadi sarana mencar ilmu bagi para siswa yang duduk di dingklik Sekolah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) yang sebentar lagi akan menghadapi Ulangan / Penilaian Tengah Semester (PTS).

Latihan Soal UTS/PTS Kelas 9 SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia Semester 1

Berikut ini Soal UTS/PTS 1 Kelas 9 SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia Tahun 2019

Bacaan teks berikut untuk menjawab soal nomor 1, 2, 3, dan 4.

Pengalaman ini bekerjsama tidak perlu terjadi sebab sanggup diatasi, tetapi insiden ini terjadi begitu saja. Saat itu saya bertemu dengan seorang kenalan gres yang berdasarkan saya sangat baik. Dia memperlihatkan betapa baiknya dirinya dengan selalu membantu kesulitan saya selama latihan.
Kami bertemu untuk pertama kali dikala registrasi calon penerima pidato tingkat nasional. Banyak hal yang kami alami bersama. Dia banyak membantu saya memecahkan kesulitan-kesulitan. Saya yaitu orang yang sangat pelupa sehingga tidak jarang saya meninggalkan kiprah yang seharusnya dilakukan. Saya juga sulit menghafal nama orang. Namun, sobat gres saya ini selalu membantu. Kehadirannya sangat membantu saya. Kami pun sangat dekat.

Beberapa usang sesudah kami bersama, tiba-tiba saya menemukan kejanggalan yang ada pada diri sobat saya. Ternyata dia suka membuang daftar yang berisi agenda-agenda yang harus saya lakukan. Selama ini memang saya menciptakan daftar untuk mengatasi sifat saya yang pelupa. Saya juga sering menceritakan bagaimana diri saya yang pelupa. Setelah dia tahu semua wacana saya, dia berusaha untuk memusuhi saya secara diam-diam.

Saya yang bersifat terbuka dengan orang lain mendapat pelajaran berharga bahwa berhati-hati dan tidak gampang percaya pada orang lain memang perlu. Akibat yang saya terima memang fatal. Namun,

1. Kelemahan yang dimiliki penulis kisah yaitu ….
A. bersikap ceroboh
B. kurang perhatian pada orang lain
C. pelupa dan gampang percaya kepada orang lain
D. menganggap setiap duduk kasus dengan sepele

2. Peristiwa kurang menyenangkan yang dialami penulis kisah yaitu ….
A. dikhianati sobat yang dipercaya
B. dirugikan dalam keuangan
C. ditipu dalam suatu urusan
D. disombongi temannya

3. Berdasarkan struktur teks eksemplum, paragraf ketiga teks di atas merupakan serpihan ….
A. orientasi
B. interpretasi
C. insiden
D. koda

4. Nilai atau pelajaran yang terdapat dalam kisah tersebut yaitu ….
A. kita harus memperbanyak teman
B. kita harus berhati-hati dan waspada dengan perilaku orang lain
C. kita harus membantu sobat yang membutuhkan bantuan
D. tabiat orang harus kita kenali dengan baik

5. Pernyataan yang sempurna wacana teks eksemplum yaitu ….
A. merupakan teks kisah yang mengisahkan seorang tokoh atau pelaku
B. merupakan teks yang mengisahkan kehidupan dengan tokoh-tokoh hewan
C. merupakan teks yang mengisahkan imajinasi penulis dengan berpusat pada tokoh
D. merupakan teks yang menguraikan beberapa kisah aktual dalam kehidupan untuk keperluan informasi

6. Struktur yang berisi pesan moral dalam teks eksemplum terdapat pada serpihan ….
A. kesimpulan
B. penyelesaian
C. interpretasi
D. amanat

7. Struktur yang terdapat dalam teks eksemplum yaitu ….
A. orientasi, defenisi umum, dan definisi khusus
B. orientasi , kalimat topik, dan deskripsi
C. orientasi, insiden, dan interpretasi
D. orientasi, insiden, dan kesimpulan

8. Perhatikan kalimat acak berikut!
1. Saya pun menuruti permintaannya, meskipun pada dikala itu saya belum memiliki SIM.
2. Ketika akan berangkat, abang menyuruh saya untuk duduk di depan sebab dia mengantuk.
3. Kakak saya berpesan, “Jika nanti ada operasi zebra, kau berhenti saja. Jangan panik.”
4. Kemudian kami hingga di perbatasan kota. Tidak ada operasi juga di sana.
5. Satu jam menempuh perjalanan rasanya aman-aman saja, tidak ada operasi apapun.
Urutan kalimat yang benar supaya membentuk paragraf yang logis dalam teks eksemplum yaitu ….
A. 2 – 3 – 4 – 1 – 5
B. 2 – 1 – 4 – 3 – 5
C. 2 – 1 – 3 – 5 – 4
D. 2 – 1 – 5 – 3 – 4

9. Bacalah kutipan teks eksemplum berikut!
Kami mengalami luka-luka dan dibawa ke salah satu rumah warga. Ketika ada seorang polisi yang akan mendekati kami, abang saya berpesan, “Jika nanti ditanya polisi, siapa yang mengemudi, bilang saja Kakak. Kakak tadi jatuh sebab mengantuk.” Saya hanya mengangguk mendengar seruan Kakak saya. [ . . . ]

Kalimat yang sempurna untuk melengkapi paragraf di atas yaitu …
A. Sepeninggal polisi tersebut, si pemilik rumah keluar dan mengobati luka kami kami.
B. Beruntung polisi tidak meragukan kalau saya yang mengendarai sepeda motor tersebut.
C. Tuhan masih mengatakan kami keselamatan walaupun kami mengalami banyak luka.
D. Benar saja, polisi tersebut menanyakan hal serupa dan meminta abang saya untuk memperlihatkan SIM beserta STNK-nya.

Perhatikan kutipan dua teks berikut untuk menjawab soal nomor 10, 12, dan 13!
Teks 1
Siang itu, saya pulang dari sekolah dengan wajah lesu. Nilai matematika yang saya dapatkan hari itu sangat memalukan. Seperti biasa, ibuku selalu menanyakan wacana nilai yang didapatkan anaknya setiap pulang sekolah. Sambil mengeluarkan buku dari dalam tas sekolahku, ibuku bertanya, “Hari ini kau sanggup nilai berapa, Nak?” Aku hanya termangu dan sulit untuk berkata-kata, hingga ibuku mengulangi pertanyaanya. Dengan wajah takut saya pun menjawab pertanyaan ibu dengan terbata-bata dan bunyi lirih. “Matematika aku, mendapat nilai dua, Bu.” Mendengar jawabanku ibu pun marah. Dilemparkan buku matematika itu sempurna di depanku. Kemudian dia menasihati aku.

Teks 2.
Hari Kamis pagi, Nenek Lusy mencium dan memberi ucapan selamat ulang tahun untuk Rose. Namun, Nenek Lucy tidak membawa apa-apa kecuali sweater hasil rajutannya. Rose heran sekali. Saat Rose ke sekolah, Nenek Lucy pergi ke seorang teknisi.

10. Berdasarkan dua teks di atas, pernyataan di bawah ini yang paling benar yaitu ….
Teks 1 Teks 2
A. insiden dari teks eksemplum komplikasi dari teks cerpen
B. orientasi dari teks eksemplum resolusi dari teks cerpen
C. komplikasi dari teks cerpen resolusi dari teks eksemplum
D. orientasi dari teks cerpen komplikasi dari teks eksemplum

11. Sesuai kutipan teks 1, kalimat yang memakai kata keterangan cara yaitu …
A. Mendengar jawabanku ibu pun marah.
B. Dilemparkan buku matematika itu sempurna di depanku.
C. “Hari ini kau sanggup nilai berapa, Nak?”
D. Siang itu, dengan wajah lesu saya pulang dari sekolah.

12. Bukti bahwa ibu sayang pada kutipan teks 1 yaitu …
A. Ibu melemparkan buku matematika di depanku.
B. Ibu menanyakan hasil ulangan matematika.
C. Ibu mengeluarkan buku dari dalam tasku.
D. Ibu menasihati aku.

13. Kalimat berikut yang memakai keterangan waktu yaitu …
A. Dengan wajah takut saya pun menjawab pertanyaan ibu dengan terbata-bata dan bunyi lirih.
B. Namun, Nenek Lucy tidak membawa apa-apa kecuali sweater hasil rajutannya.
C. Dilemparkan buku matematika itu sempurna di depanku.
D. Hari Kamis pagi, Nenek Lusy mencium dan memberi ucapan selamat ulang tahun untuk Rose.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 14, 15, dan 16!
Pada suatu hari, saya dan tema-temanku sedang berjalan-jalan di kampungku. Kami melihat sebuah pohon jambu yang sedang berbuah. Pohon jambu itu berada di halaman rumah Pak Ucok. Pak Ucok dikenal sebagai orang yang galak. Namun, kata temanku, dikala itu Pak Ucok sedang tidak ada di rumah.

Melihat keadaan sepi, saya memperlihatkan diri memanjat pohon jambu itu. Sementara itu, teman-temanku tetap berada di bawah. Satu, dua, tiga, empat buah jambu kujatuhkan dan ditangkap oleh teman-temanku.

Tiba-tiba, pintu rumah Pak Ucok terbuka. Muncullah Pak Ucok dengan sebuah tongkat kanannya. Ia pun menuju ke arah kami. Teman-temanku eksklusif mengambil langkah seribu. Tinggallah saya di atas pohon. Setelah turun, saya dimarahi habis-habisan oleh Pak Ucok. Meskipun dia tidak memukulku dengan tongkatnya, saya sangat takut hingga menangis.
[ . . . ]

Aku berjalan pulang sambil menangis. Dari kejauhan, temaan-temanku menungguku. Mereka justru menertawakanku.

14. Insiden yang terjadi dalam teks di atas yaitu ….
A. jatuh dari pohon jambu
B. mencuri dan tertangkap lembap pemiliknya
C. diejek teman-teman
D. memanjat pohon jambu yang lebat buahnya

15. Bagian interpretasi yang sempurna untuk melengkapi teks tersebut yaitu ….
A. Aku sadar bahwa tindakanku itu sama dengan mencuri. Aku tidak meminta izin lebih dahulu kepada pemilik pohon. Itulah kesalahanku. Mencuri sama dengan merampas hak orang lain. Aku tidak ingin mengulangi perbuatan itu lagi. Aku juga tidak ingin orang lain mencuri barang-barang milikkku.
B. Kami pun berlari sekuat tenaga. Sementara itu, Pak Ucok mengejar kami. Ia mengacung-acungkan tongkat kayunya. Peristiwa itu menjadi tontonan warga sekitar. Warga tampak heran bahkan. Ada juga yang bersorak-sorak
C. Ia menyadari bahwa tindakannya melewati batas. Ia harus meminta maaf kepada Pak Ucok. Ia juga harus mengganti barang-barang yang telah diambilnya. Untunglah Pak Ucok orang yang baik. Ia tidak tega membawa permasalahan itu ke polisi.
D. Setelah hingga di rumah, saya mengadukan insiden itu kepada orang tuaku. Orang tuaku justru memarahiku. Padahal, saya ingin orang tuaku membelaku.

16. Kalimat dengan konjungsi antarkalimat terdapat pada kalimat ….
A. paragraf kedua kalimat kedua
B. paragraf kedua kalimat ketiga
C. paragraf pertama kalimat pertama
D. paragraf ketiga kalimat pertama

17. “Saya menciptakan lukisan alam ini khusus buat kamu, Bambang!” ujar Paman.
Jenis kata keterangan yang dipakai dalam kalimat di atas adalah…
A. kata keterangan tempat
B. kata keterangan waktu
C. keterangan tujuan
D. keterangan cara

18. Di bawah ini yang merupakan kalimat beragam setara yaitu …
A. Ia seorang perawat ataukah ia seorang dokter?
B. Ia seorang perawat yang baik hati kepada pasiennya.
C. Ia seorang perawat sewaktu saya tinggal di sini.
D. Ia seorang perawat, kalau ia bekerja di rumah sakit.

19. Kalimat beragam bertingkat relasi syarat terdapat pada kalimat …
A. Kami mencar ilmu dengan sungguh-sungguh supaya nilai ujian kami memuaskan.
B. Kami akan mencar ilmu lebih serius lagi kalau ujian sudah di depan mata.
C. Kami berangkat ke sekolah lebih cepat dari biasanya sebab mendapat kiprah piket kelas.
D. Kami mencar ilmu sungguh-sungguh sesudah diberi motivasi oleh guru kami.

20. Dita menyesal sebab dia menyadari bahwa menciptakan sarang burung itu lebih baik memakai jerami supaya kokoh.
Kalimat di atas merupakan jenis kalimat …..
A. tunggal
B. beragam bertingkat
C. beragam setara
D. inti

21. Perhatikan kalimat berikut!
Mereka melakukan acara rutin yang selalu sering dilaksanakan setiap tahun.
Bagian yang mengakibatkan tidak efektif pada kalimat di atas yaitu ….
A. mereka, selalu
B. selalu, sering
C. sering, setiap tahun
D. selalu, setiap tahun

22. Di bawah ini kalimat yang paling sempurna yaitu …
A. Ibu guru kami akan berangkat keJambi.
B. Nanti malam kami akan mencar ilmu kelompok kerumah Ita.
C. Ima gres tiba dari Sekolah semenjak siang tadi.
D. Setiap Sabtu kami mengikuti acara di sekolah.

23. Jarak antara kami dan spanduk yang berlatar hijau itu lima meter. (menangkap makna)
Kata hubung intra kalimat yang dipergunakan dalam kalimat di atas kurang tepat. Kata hubung yang sempurna dipakai yaitu ….
A. atau
B. pada
C. dengan
D. sampai

24. Cermati kutipan berikut!
(1) Terkadang hal yang begitu menyenangkan, sanggup menjadi sebuah musibah, yang begitu menegangkan. Itulah, yang kualami satu bulan yang lalu. (2) Hari yang begitu menyenangkan untukku dan teman-temanku. (3) Saat itu liburan telah tiba dan kami, tetapkan untuk menghabiskannya di sebuah daerah hiburan. (4) Dengan begitu senang, saya berjalan dengan semangat.
Kalimat yang ditulis dengan tanda baca yang benar yaitu kalimat …..
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

Bacaan kutipan berikut untuk soal nomor 25 dan 26.
Kini anak cenderung mengakibatkan ibu sebagai orang yang sanggup memenuhi segala kebutuhannya atau orang yang paling erat dengan dirinya. Selain sebagai pelindung, ibu juga menjadi sosok teladan bagi anak-anaknya. Dengan demikian, perkembangan kepribadian anak bermula dari keluarga, kemudian anak mengambil nilai-nilai yang ditanamkan keluarganya, baik secara sadar maupun tidak. Dalam hal ini, orang renta hendaknya menjadi pola yang positif bagi anak-anaknya. Meskipun anak sanggup mengambil pola orang lain, tetapi ibu tetap sosok terdekat dengan dirinya.

25. Kata hubung antar kalimat dalam teks di atas terdapat yaitu ….
A. dengan demikian
B. selain sebagai
C. meskipun
D. tetapi

26. Kata hubung intra kalimat yang terdapat dalam kutipan di atas yaitu …..
A. kemudian, tetapi, meskipun
B. dengan demikian, meskipun, tetapi
C. dengan demikian, kemudian, atau
D. bagi, dalam hal ini, kemudian

27. Perhatikan kutipan teks berikut!
Pak Lebai yaitu seorang guru agama yang hidup di tepi sungai di sebuah desa di Sumatra Barat. Pada suatu hari ia mendapat ia mendapat undangan pesta dari dua orang kaya yang tinggal di desa-desa tetangga.

Pesta tersebut diadakan pada hari dan waktu yang bersamaan. Pak Lebai mempertimbangkan untung rugi kedua undangan tersebut. Ia berpikir bahwa kalau ia pergi ke hulu sungai tuan rumah akan memberinya hadiah dua kepala kerbau. Kalau ia pergi ke hilir sungai, ia akan mendapat hadiah satu kepala kerbau yang dimasak dengan enak. Ia juga kenal betul dengan tuan rumah. Pak Lebai berpikir keras untuk mendapat semuanya.
Ringkasan teks di atas yang paling sempurna yaitu …
A. Pak Lebai mendapat dua undangan pesta dengan waktu yang bersamaan. Dia menentukan salah satu undangan yang paling menguntungkan dirinya.
B. Pak Lebai mendapat dua undangan pesta yang diadakan pada waktu yang sama dari desa tetangga. Dia berpikir keras bagaimana caranya supaya mendapat dua-duanya.
C. Pak Lebai mendapat dua undangan pesta dengan waktu yang bersamaan. Dia mencari waktu yang sempurna untuk sanggup menghadiri dua undangan tersebut.
D. Pak Lebai tidak mendapat apa yang diharapkan. Dia kehilangan kepala kerbau dan kue-kue yang enak.

28. Sifat yang dimiliki oleh Pak Lebai yaitu ….
A. bijaksana
B. pelupa
C. penakut
D. serakah

29. Perhatikan kutipan berikut!
Kami tiba di stadion sempurna pukul 9 malam. Tribun telah penuh oleh undangan. Satu jam berikutnya program dimulai. Sesuai dengan undangan yang kami terima, program dibuka oleh Gubernur DIY. Pada dikala hiburan ditampilkan, semua penonton merasa puas. Acara malam itu sangat meriah. Kamipun pulang sesudah pertunjukkan kembang api sebagai selesai kegiatan.
Kekurangan kutipan teks eksemplum di atas yaitu ….
A. memakai kata ganti kami
B. tidak ada alur acara yang jelas
C. bersumber dari pengalaman penulis
D. tidak terdapat insiden yang tidak diharapkan

30. Perbaikan kutipan teks di atas supaya menjadi lebih baik yaitu …..
A. menghilangkan kalimat kedua
B. mengganti kata pada dikala dengan kata ketika
C. mengganti kata kami dengan kata ganti saya
D. menghilangkan kata semua dan memisahkan pun dari kata kami.

Untuk Soal UTS/PTS 1 Kelas 9 SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia Tahun 2019. Soal Perguruan Tinggi Swasta sanggup anda gunaka sebagai rujukan dalam mencar ilmu untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi Perguruan Tinggi Swasta Tahun Pelajaran 2019/2020.

Download Soal Dan Kunci Jawaban Perguruan Tinggi Swasta Sekolah Menengah Pertama Kelas 9 Mapel Bahasa Indonesia Semester Ganjil

Ingat Soal UTS/PTS 1 Kelas 9 SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia Tahun 2019 ini hanya untuk latihan saja, Ada atau tidaknya dalam ujian yang sebenarnya, kami tidak sanggup bertanggung jawab



30+ Soal UTS/PTS Kelas 9 Mapel Bahasa Indonesia Semester 1 Tahun 2019 New
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan supaya mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran info Mengenai Soal UTS/PTS Kelas 9 SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia Tahun 2019 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel