Download Soal Uts/Pts Matematika Kelas 8 Semester 1 Revisi 2019
Contoh Soal UTS/PTS Jenjang SMP/MTs Kelas 8 Mata Pelajaran Matematika Semester 1 (Ganjil) Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Contoh Soal UTS/PTS Matematika Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 Tahun 2019 yang kami bagikan ini sudah dalam unsur HOTS, PPK, Literasi dan 4C dari revisi simpulan kurikulum 2013.
Pada artikel kali ini kami bertujuan untuk menjadi sarana berguru bagi para siswa yang duduk di dingklik Sekolah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) yang sebentar lagi akan menghadapi Ulangan / Penilaian Tengah Semester (PTS). Berikut ini Contoh Soal UTS/PTS Matematika Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 Tahun 2019
1. Batang korek api disusun dengan dengan susunan ibarat pada gambar berikut.
Jika contoh tersebut terus berlanjut, banyak batang korek api pada susunan ke-10 ialah ... batang.
A. 33
B. 36
C. 39
D. 42
2. Perhatikan contoh bilangan berikut. (3, 6), (6, 15), (8, 21)
Pernyataan yang sempurna untukmendapatkan bilangan kedua dari pasangan bilangan pertama pada contoh tersebut ialah ....
A. Ditambah 3
B. Dikalikan 2
C. Dikalikan 2 kemudian ditambah 3
D. Dikalikan 3 kemudian dikurangi 3
Petunjuk : Untuk soal no. 3 - 16, pilihlah salah satu balasan yang benar sesuai dengan contoh barisan yang diberikan.
3. 10, 30, 50, 70, ..., ..., ...
A. 80, 90, 100
B. 90, 110, 130
C. 100, 200, 400
D. 110, 130, 150
4. 2, 3, 8, 11, 16, ..., ..., ...
A. 19, 24, 27
B. 18, 23, 26
C. 20, 25, 28
D. 19, 25, 28
5. 5, 4, 9, 8, 13, 12, 17, ..., ..., ...
A. 18, 23, 22
B. 17, 22, 21
C. 16, 21, 20
D. 15, 20, 19
6. 1, 3, 4, 7, 9, 13, 16, 21, ..., ...
A. 27, 31
B. 25, 31
C. 25, 30
D. 25, 29
7. 2, −6, 18, −32, 64, ..., ..., ...
A. −128, 254, −508
B. 128, −254, 508
C. −96, 128, −160
D. −254, 508, −1016
8. 90, 30, 10, ..., ..., ...
A. 10/3, 10/9, 10/27
B. 3, 2, 1
C. 7, 4, 1
D. 10/9, 10/27, 10/81
9. 4, −7, 10, −13, 16, ..., ..., ...
A. 19, −22, 25
B. −20, 25, −31
C. 20, −24, 28
D. −19, 22, −25
10. A, K, C, ..., E, O, G
A. D
B. L
C. N
D. M
11. 1, 3, 4, 7, ..., ..., 29
A. 11, 19
B. 11, 18
C. 10, 17
D. 10, 18
12. 1, 4, 9, 16, ..., ..., 49
A. 25, 36
B. 25, 30
C. 20, 36
D. 24, 34
13. 2, 4, 10, 11, 18, 18, 26, 25, ..., ..., ...
A. 32, 30, 40
B. 33, 31, 41
C. 34, 32, 42
D. 35, 33, 43
14. 1, 5, –1, 3, 7, 1, 5, 9, 3, 7, 11, 5, ..., ..., ...
A. 8, 12, 6
B. 9, 13, 7
C. 10, 14, 8
D. 11, 15, 9
15. 4, 10, ..., ..., 34, 44
A. 17, 26
B. 16, 22
C. 17, 25
D. 16, 25
16. 100, 92, ..., 79, ..., 70
A. 85, 73
B. 84, 74
C. 84, 71
D. 85, 74
17. Jika angka di belakang koma pada bilangan 7,1672416724167... dilanjutkan terus menerus, angka pada tempat kedudukan 1/1033 ialah ...
A. 1
B. 6
C. 7
D. 2
18. Angka satuan pada bilangan 2.0132.001 ialah ...
A. 3
B. 9
C. 7
D. 1
19. Jika n pada bilangan 1.248n ialah suatu bilangan bundar positif, nilai n biar angka satuannya 8 ialah ...
A. 2.013
B. 2.014
C. 2.015
D. 2.016
20. Jika n menyatakan banyak rusuk sisi bantalan suatu limas, maka banyak rusuk pada limas tersebut ialah ....
A. 3n
B. 2n
C. 3n + 1
D. 2n + 1
21. Diketahui titik A (3,1), B (3, 5), C (–2, 5). Jika ketiga titik tersebut dihubungkan akanmembentuk
A. segitiga sama sisi
B. segitiga sama kaki
C. segitiga siku-siku
D. segitiga sembarang
22. Diketahui dalam koordinat Kartesius terdapat titik P, Q , dan R. Titik P(4,6) dan titik Q(7, 1). Jika titik P, Q , dan R dihubungkan akan membentuk segitiga siku-siku, maka koordinat titik R ialah ....
A. (6, 5)
B. (4, 5)
C. 6, 1)
D. (4, 1)
Untuk pertanyaan nomor 23 – 30 perhatikan koordinat kartesius berikut ini
23. Koordinat titik A ialah ...
A. (5, 7)
B. (–5, 7)
C. (7, 5)
D. (7, –5)
24. Koordinat titik C ialah ....
A. (4, 4)
B. (–4, 4)
C. (4, –4)
D. (–4, –4)
25. Koordinat titik F ialah ....
A. (8, 6)
B. (8, –6)
C. (6, –8)
D. (–8, –6)
26. Koordinat titik H ialah ....
A. (6, 5)
B. (–6, 5)
C. (6, –5)
D. (–6, –5)
27. Titik-titik yang berjarak 3 satuan terhadap sumbu-X ialah ....
A. Titik B dan C
B. Titik E dan G
C. Titik B dan E
D. Titik E dan G
28. Titik-titik yang berjarak 4 satuan terhadap sumbu-Y ialah ....
A. Titik B dan C
B. Titik E dan G
C. Titik B dan E
D. Titik E dan G
29. Titik-titik yang ada di kuadran II ialah ....
A. Titik A dan B
B. Titik C dan D
C. Titik E dan F
D. Titik G dan H
30. Titik-titik yang ada di kuadran IV ialah ....
A. Titik A dan B
B. Titik C dan D
C. Titik E dan F
D. Titik G dan H
Untuk pertanyaan nomor 31 – 40, perhatikan koordinat Kartesius berikut.
31. Garis-garis yang sejajar dengan sumbu-X ialah ....
A. garism dan n
B. garism dan l
C. garis k dan m
D. garis k dan l
32. Garis-garis yang sejajar dengan sumbu-Y ialah ....
A. garism dan n
B. garism dan l
C. garis k dan m
D. garis k dan l
33. Garism dan garis n ialah adalah dua garis yang ....
A. Tegak lurus
B. berimpit
C. berpotongan
D. sejajar
34. Garis n dan garis k ialah dua garis yang ....
A. Tegak lurus
B. berimpit
C. berpotongan
D. sejajar
35. Garis yang berada disebelah kanan sumbu-Y ialah ....
A. garism
B. garis n
C. garis k
D. garis l
36. Garis yang berada di bawah sumbu-X ialah ....
A. garism
B. garis n
C. garis k
D. garis l
37. Jarak garis m terhadap sumbu- Y ialah ....
A. 2 satuan
B. 3 satuan
C. 4 satuan
D. 5 satuan
38. Jarak garis k terhadap sumbu- X ialah ....
A. 2 satuan
B. 3 satuan
C. 4 satuan
D. 5 satuan
39. Koordinat titik potong garism dan l ialah ....
A. (2, 3)
B. (–5, 3)
C. (–5, –6)
D. (2, –6)
40. Koordinat titik potong garis n dan l ialah ....
A. (2, 3)
B. (–5, 3)
C. (–5, –6)
D. (2, –6)
41. Diketahui himpunan P = {1, 2, 3, 5} dan Q = {2, 3, 4, 6, 8, 10}.
Jika ditentukan himpunan pasangan berurutan {(1, 2), (2, 4), (3, 6), (5, 10)}, maka korelasi dari himpunan P ke himpunan Q ialah ....
A. kurang dari
B. setengah dari
C. dua kali dari
D. kuadrat dari
42. Empat orang anak berjulukan Tohir, Erik, Taufiq, dan Zainul mempunyai kesukaanmasing-masing. Kesukaan Tohir berguru kelompok danmenulis cerpen, kesukaan Erik bermain komputer dan renang, kesukaan Taufiq menulis cerpen dan renang, dan kesukaan Zainul renang saja.
Anak yang mempunyai kesukaanmenulis cerpen, tetapi tidak suka berguru kelompok ialah ....
A. Tohir
B. Erik
C. Taufiq
D. Zainul
43. Diketahui himpunan pasangan berurutan:
(i) {(0, 0), (2, 1), (4, 2), (6, 3)}
(ii) {(1, 3), (2, 3), (1, 4), (2, 4)}
(iii) {(1, 5), (2, 5), (3, 5), (4, 5)}
(iv) {(5, 1), (5, 2), (4, 1), (4, 2)}
Himpunan pasangan berurutan yang merupakan pemetaan (fungsi ) ialah ....
A. (i) dan (ii)
B. (i) dan (iii)
C. (ii) dan (iii)
D. (iii) dan (iv)
44. Antara himpunan A = { a, b} dan himpunan B = {1, 2, 3} sanggup dibuat banyak pemetaan dengan ....
A. 3 cara
B. 6 cara
C. 8 cara
D. 9 cara
45. Bila P = { a, b, c } dan Q = {1, 2, 3}, maka banyaknya korespondensi satusatu yang mungkin dari P ke Q ialah ....
A. 3 cara
B. 6 cara
C. 9 cara
D. 27 cara
46. Fungsi f : x → x + 1 dengan tempat asal {2, 4, 6, 8} mempunyai tempat hasil....
A. {2, 4, 6, 8}
B. {3, 5, 7, 9}
C. {1, 3, 5, 7}
D. {2, 3, 4, 5}
47. Jika diketahui f(x) = 2 x + 5 dan f(x) = –3, maka nilai dari x ialah ....
A. –3
B. –4
C. –5
D. –6
48. Diketahui fungsi f : x → 2x – 1. Pernyataan di bawah ini yang salah adalah...
A. 3 → 4
B. f(–5) = –11
C. jikalau f(a) = 5, maka a = 3
D. bayangan 1 ialah 1
49. Diketahui G(x) = ax + b. Jika G(–2) = –4 dan G(–6) = 12, maka bentuk fungsi G ialah ....
A. G(x) = –4 x + 12
B. G(x) = –4 x – 12
C. G(x) = –2 x + 6
D. G(x) = –4 x – 6
50. Daerah asal fungsi yang didefinisikan dengan fungsi f dari x ke 2 x – 1 ialah {x | −2 x < x < 3; x ∈ B }. Daerah akhirnya ialah .....
A. {–3, –1, 1, 3}
B. {–2, –3, –1, 1, 3, 4}
C. {–2, –1, 0, 1, 3}
D. { –1, 0, 1, 2}
51. Jika A = {2, 3, 5, 7} dan B = {4, 6, 8, 9, 10}, banyaknya pemetaan yang mungkin dari A ke B dan dari B ke A berturut-turut ialah ....
A. 225 dan 425
B. 525 dan 225
C. 525 dan 256
D. 625 dan 256
52. Fungsi f ditentukan oleh f(x) = ax + b. Jika nilai dari fungsi itu untuk x = –3 ialah –15 dan nilai dari fungsi itu untuk x = 3 ialah 9, nilai dari f(−2) + f(2) ialah ....
A. –6
B. –4
C. 4
D. 6
53. Fungsi f ditentukan oleh f(x) = ax + b. Jika pasangan-pasangan berurutan (p, −3), (−3, q), (r, 2), (2, −2), dan (−2, 6) ialah anggota dari fungsi itu, nilai p, q, dan r ialah ....
A. p = 5, q = 6, dan r = 2
B. p = 3/2, q = 8, dan r = 2
C. p = 5/2, q = 8, dan r = 0
D. p = 3, q = 6, dan r = 3
54. Diketahui fungsi f(x) = mx + n, f(–1) = 1, dan f(1) = 5. Nilai m dan n berturut-turut ad alah…
A. –2 dan –3
B. 2 dan –3
C. –2 dan 3
D. 2 dan 3
55. Jika f(2 x + 1) = ( x – 12)( x + 13), maka nilai dari f(31) ialah ....
A. 46
B. 64
C. 66
D. 84
56. Misalkan f(x) ialah fungsi yang memenuhi
(a) untuk setiap bilangan real x dan y, maka f(x + y) = x + f(y) dan
(b) f(0) = 2 Nilai dari f(2.016) ialah ....
A. 2.015
B. 2.016
C. 2.017
D. 2.018
57. FILENYA ADA DI DALAM FILE DOWNLOAD
A. –4.034
B. –4.032
C. –4.030
D. –4.028
58. Untuk setiap bilangan bundar x didefinisikan fungsi f dengan f(x) ialah banyaknya angka (digit) dari x. Contoh: f(216) = 3, dan f(2.016) = 4. Nilai f(22.016) + f(52.016) ialah ....
A. 2.015
B. 2.016
C. 2.017
D. 2.018
59. Perhatikan diagram berikut ini.
Pernyataan yang sanggup kau simpulkan dari diagram panah di atas ialah sebagai berikut.
(i) Setiap siswa sempurna mempunyai nomor induk satu. Jadi, setiap anggota A hanya mempunyai sempurna satu dengan anggota B.
(ii) Dengan demikian pengertian dari korespondesi satu-satu ialah beberapa dari anggota himpunan A maupun dari anggota B hanya mempunyai satu kawan.
(iii) Setiap siswa sanggup mempunyai nomor induk lebih dari satu. Jadi, setiap anggota A sanggup mempunyai lebih satu dengan anggota B.
(iv) Dengan demikian pengertian dari korespondesi satu-satu ialah setiap dari anggota himpunan A maupun dari anggota B hanya mempunyai satu kawan.
Pernyataan yang benar dari kesimpulan di atas ialah ….
A. (i) dan (ii)
B. (ii) dan (iii)
C. (i) dan (iv)
D. (ii) dan (iv)
60. Jika X = {2, 3, 5, 7, 11} dan Y = { a, b, c, d, e}, banyaknya korespondensi satu-satu yang mungkin terjadi ialah ....
A. 24
B. 120
C. 540
D. 720
II. Esai
1. Tentukan dua suku yang hilang pada barisan bilangan berikut. 2, 5, ..., 12, ..., 31, 50
2. Bilangan-bilangan pada barisan 7, 11, 15, 19, 23, ... terus bertambah 4 pada setiap suku-sukunya. Sedangkan bilangan pada barisan 1, 10, 19, 28, 37, ... terus bertambah 9 pada setiap suku-sukunya. Bilangan 19 terdapat pada kedua contoh tersebut. Jika kedua barisan bilangan tersebut dilanjutkan terus menerus, maka bilangan sama yang muncul berikutnya di kedua barisan ialah ....
3. Ketiga gambar berikut dibagimenjadi segitiga-segitiga kecil yang berukuran sama.
a. Gambar tersebut dilanjutkan sampai gambar 4 dengan contoh yang sama. Lengkapi tabel di bawah ini.
b. Jika gambar tersebut dilanjutkan sampai gambar 7, tentukan banyak segitiga yang terbentuk.
c. Jika gambar tersebut dilanjutkan sampai gambar 50. Jelaskan cara kalian untuk memilih banyak segitiga kecil yang terbentuk, tanpa menggambar danmencacah satu per satu gambar.
4. Jika contoh pada gambar berikut dilanjutkan terus menerus, tentukan gambar yang terbentuk pada persegi bertanda X.
5. Jika angka di belakang koma pada bilangan 13,5689135689135... dilanjutkan terus menerus, tentukan angka pada tempat kedudukan 1/1040.
6. Tentukan angka satuan pada bilangan 2.0121.002 ...
7. Jika angka pada bilangan 100000100000100000100000 ... dilanjutkan terus menerus sampai angka ke-100 dengan contoh yang terlihat, maka tentukan banyak angka “0” pada bilangan tersebut.
8. Jika n menyatakan banyak rusuk pada suatu prisma, tentukan banyak sisi pada prisma tersebut.
9. Tentukan banyak lingkaran pada contoh ke-101 pada konfigurasi objek berikut.
10. Jika pasangan bilangan berikut ini dilanjutkan, tentukan pasangan bilangan 100.
11. Gambarlah titik A(1, −2), B(−3, 6), C(2, 8), dan D(−1, −5) pada koordinat Kartesius.
a. Tentukan titik-titik yang berada pada kuadran I, II, III, dan IV.
b. Tentukan jarak setiap titik dengan sumbu- X.
c. Tentukan jarak setiap titik dengan sumbu- Y.
12. Gambarlah titik A(−4, 2), B(−4, 9), C(2, 2), dan D(3, 9), pada koordinat Kartesius.
a. Tentukan jarak setiap titik dengan sumbu- X.
b. Tentukan jarak setiap titik dengan sumbu- Y.
c. Tentukan jarak antara titik A dengan titik B.
d. Tentukan jarak antara titik C dengan titik D.
13. Jika garis k sejajar dengan garis m, dan keduanya tegak lurus terhadap sumbu-Y, apakah kedua garis tersebut mempunyai jarak yang sama dengan sumbu-X? Jelaskan penyelesaianmu.
14. Gambarlah dua garis yang saling tegak lurus, tapi tidak sejajar dengan sumbu-X dan sumbu-Y. Kemudian hubungkan beberapa titik yang melalui kedua garis tersebut dan membentuk berdiri datar. Ada berapa banyak berdiri datar yang kalian temukan?
III. Esay!
1. Diketahui himpunan A = {1, 3, 4}, B = {2, 3, 4, 5} dan korelasi dari A ke B menyatakan “kurang dari “. Nyatakan korelasi tersebut dalam himpunan pasangan berurutan!
2. Jika A = {0, 2, 4, 6, 8, 10, 12} dan B = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}, nyatakan korelasi dari A ke B yang menyatakan korelasi “dua kali dari“ dalam himpunan pasangan berurutan!
3. PakMahir mempunyai tiga anak berjulukan Budi, Ani, dan Anton. Pak Ridwan mempunyai dua anak berjulukan Alex dan Rini. Pak Rudi mempunyai seorang anak berjulukan Suci.
a. Nyatakan dalam diagram panah, korelasi “ayah dari”.
b. Apakah korelasi tersebut merupakan fungsi? Jelaskan.
c. Nyatakan dalam diagram panah, korelasi “anak dari”.
d. Apakah korelasi pada soal c merupakan fungsi? Jelaskan.
4. Diketahui suatu korelasi dari himpunan P ke himpunan Q yang dinyatakan dengan himpunan pasangan berurutan {(–1, 2), (1, 4), (3, 6), (5, 8), (7, 10)}. Sebutkan anggota-anggota himpunan P dan Q.
5. Diketahui suatu korelasi dari himpunan A ke himpunan B yang dinyatakan dengan himpunan pasangan berurutan {(–2, 4), (–1, –3), (2, 6), (7,10), (8, –5)}. Tulislah himpunan A dan B.
6. Fungsi f didefinisikan dengan rumus f(x) = 5 – 3x dan diketahui tempat asalnya ialah {–2, –1, 0, 1, 2, 3}.
a. Buatlah tabel dan himpunan pasangan berurutan dari fungsi tersebut.
b. Gambarlah grafiknya.
Untuk Contoh Soal UTS/PTS Matematika Kelas 8 Semester 1 Tahun 2019. Soal Perguruan Tinggi Swasta sanggup anda gunaka sebagai rujukan dalam berguru untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi Perguruan Tinggi Swasta Tahun Pelajaran 2019/2020.
Download Soal UTS/PTS Matematika Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013
Ingat Contoh Soal UTS/PTS Matematika Kelas 8 Semester 1 Tahun 2019 ini hanya untuk latihan saja, Ada atau tidaknya dalam ujian yang sebenarnya, kami tidak sanggup bertanggung jawab20+ Soal UTS/PTS Matematika Kelas 8 Semester 1 Tahun 2019
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan biar mendapat file yang lengkap dan utuh.
Baca Juga Soal Perguruan Tinggi Swasta Mata Pelajaran lainnya
- Soal Perguruan Tinggi Swasta Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Semester Ganjil Kurikulum 2013
- Soal Perguruan Tinggi Swasta IPA Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Semester Ganjil Kurikulum 2013
- Soal Perguruan Tinggi Swasta PKN Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Semester Ganjil Kurikulum 2013
Semoga sebaran informasi Mengenai Soal UTS/PTS Matematika Kelas 8 Semester 1 Tahun 2019 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!