Download Soal Pas Kelas 12 Mapel Sosiologi Semester 1 Tahun 2019

 Pada kesempatan ini saya akan mengatakan info untuk adek Download Soal PAS Kelas 12 Mapel Sosiologi Semester 1 Tahun 2019

Contoh Soal UAS/PAS Jenjang Pendidikan SMA/MA Kelas 12 Mata Pelajaran Sosiologi Semester 1 (Ganjil) Kurikulum 2013 Revisi 2019





Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan mengatakan info untuk adek-adek semua yang duduk di dingklik sekolah Atas (SMA) yang siap menghadapi ulangan PTS. Kali ini Mas Nazmi ingin menyebarkan infirmasi mengenai Contoh Soal PAS Sosiologi Kelas 12 Semester Ganjil Tahun 2019

Contoh Soal PAS Sosiologi Kelas 12 Semester Ganjil yang kami bagikan ini sudah dalam unsur HOTS, PPK, Literasi dan 4C dari revisi selesai kurikulum 2013.

Pada artikel kali ini kami bertujuan untuk menjadi sarana berguru bagi para siswa yang duduk di dingklik Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) yang sebentar lagi akan menghadapi Ulangan / Penilaian Akhir Semester (PAS).

Latihan Soal PAS Kelas 12 Mapel Sosiologi Semester Ganjil

Berikut ini Contoh Soal PAS Sosiologi Kelas 12 Semester Ganjil Kurikulum 2013

1. Berdasarkan ukuran perubahannya, realitas perubahan tren gaya rambut dikategorikan sebagai perubahan ….
A. Tidak direncanakan
B. Direncanakan
C. Revolusi
D. Besar
E. Kecil

2. Perhatikan alur imbas inovasi gres berikut!

Keterangan yang sempurna untuk mendeskripsikan alur tersebut yaitu ….
A. Satu inovasi gres mengakibatkan perubahan tertentu
B. Beberapa inovasi gres mengakibatkan perubahan tertentu
C. Adanya dua inovasi gres bersaing membuat satu jenis perubahan
D. Satu inovasi gres mengakibatkan imbas pada bidang-bidang lainnya
E. Beberapa inovasi gres mengakibatkan beberapa jenis perubahan

3. Perhatikan faktor-faktor berikut!
(1) Terjadinya konflik horizontal antaranggota masyarakat.
(2) Pengaruh budaya dari negara-negara tetangga.
(3) Bertambahnya jumlah penduduk di suatu daerah.
(4) Terjadi musibah sehingga merugikan masyarakat.
(5) Masyarakat melaksanakan discovery di bidang teknologi.

Faktor perubahan sosial yang berasal dari dalam masyarakat ditunjukkan oleh angka ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)

4. Perhatikan faktor-faktor berikut!
(1) Sistem pelapisan masyarakat bersifat tertutup.
(2) Komposisi masyarakat bersifat heterogen.
(3) Adanya prasangka terhadap budaya asing.
(4) Ketidakpuasan terhadap bidang kehidupan tertentu.
(5) Sikap menghargai hasil karya orang lain.

Faktor pendorong perubahan ditunjukkan oleh faktor ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)

5. Sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) merupakan jadwal gres dari pemerintah. Program ini memungkinkan penerima didik mengerjakan ujian dengan perangkat komputer. Sistem ini akan diterapkan secara sedikit demi sedikit di sekolah-sekolah yang sudah siap. Bagi penerima didik, dampak positif perubahan sosial menurut ilustrasi tersebut yaitu ….
A. Menghemat anggaran pendidikan negara
B. Mengurangi biaya pelaksanaan UN
C. Meningkatkan pemahaman terkait teknologi informasi
D. Memudahkan proses distribusi soal ke banyak sekali daerah
E. Memudahkan proses mengoreksi jawaban penerima didik

6. Keberadaan toko online memudahkan masyarakat Indonesia berbelanja keperluan hidup, melalui toko online, masyarakat sanggup mengakses produk dimana saja. Masyarakat juga dimudahkan dengan sistem pembayaran dan pengiriman. Dampak negatif perubahan sosial tersebut bagi masyarakat ialah ….
A. Memicu konflik terbuka antara penjual dan pembeli
B. Menghambat perembesan kemajuan teknologi
C. Meningkatkan pola hidup konsumtif
D. Menurunkan standar kualitas hidup
E. Meningkatkan pola hidup hedonis

7. Masyarakat petani meningkatkan mutu dan jumlah produksi pertanian dengan memakai cara modern dalam bercocok tanam. Disamping menentukan bibit baru, mereka juga memakai mesin-mesin pertanian yang dipakai untuk mengolah tanah. Berdasarkan kenyataan tersebut sanggup disimpulkan bahwa tujuan dari modernisasi pertanian yaitu ….
A. Meningkatnya produktivitas
B. Masuknya teknologi asing
C. Banyak barang dari luar
D. Menggunakan mesin dari luar
E. Berkembangnya agro industri

8. Perhatikan fenomena berikut!
(1) Permainan Pokemon Go digemari masyarakat Indonesia.
(2) Tari Saman dari Aceh ditampilkan dalam pekan raya budaya di Inggris dan Jepang
(3) Banyak restoran kuliner Padang terdapat di Singapura.
(4) Proses pergantian kurikulum 2006 menjadi kurikulum 2013 masih berlangsung.
(5) Masyarakat mulai terbiasa memakai gas LPG.

Fenomena globalisasi ditunjukkan oleh pernyataan pada angka ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)

9. Berbagai jenis kerajinan kulit dari Indonesia diminati masyarakat negara maju. Pembelian dari luar negeri semakin dimudahkan dengan adanya toko online yang menjual dan melayani pengiriman barang hingga ke luar negeri. Bahkan, pengrajin lokal cukup kewalahan memenuhi ajakan lantaran banyaknya pesanan. Berdasarkan wacana tersebut, sanggup disimpulkan bahwa globalisasi mengatakan manfaat yaitu ….
A. Mengenalkan masyarakat luar negeri perihal toko online
B. Mempercepat pengiriman suatu barang ke luar negeri
C. Mengenalkan kerajinan kepada masyarakat lokal
D. Menambah pelanggan dari dari luar negeri
E. Menguasai pasar dalam negeri

10. Raja Ampat merupakan formasi pulau kecil di daerah Pulau Papua. Raja Ampat menjadi popular lantaran keindahan alamnya yang menawan. Oleh lantaran keindahannya, para pelancong dari luar negeri berkunjung ke Kepulauan Raja Ampat. Bentuk globalisasi menurut pernyataan tersebut terjadi dalam bidang ….
A. Pariwisata
B. Ekonomi
C. Budaya
D. Hukum
E. Politik

11. Indonesia menjalin kerjasama bilateral dengan Selandia Baru. Salah satu bentuk kerjasama tersebut ialah Selandia Baru melaksanakan investasi bisnis peternakan sapi di Indonesia. Kerjasama tersebut merupakan pola globalisasi yang sanggup berdampak positif bagi bangsa Indonesia di bidang ekonomi, yaitu ….
A. Mewujudkan sistem pertanian yang terarah
B. Mengenalkan budaya lokal dengan negara lain
C. Meningkatkan lapangan pekerjaan di Indonesia
D. Meningkatkan relasi diplomatik antarnegara
E. Mengenalkan budaya gres kepada masyarakat lokal

12. Di satu sisi internet mengatakan kemudahan bagi penggunanya dalam mengakses informasi. Disisi lain, internet memperlihatkan banyak sekali konten negatif yang sanggup dibuka oleh siapapun. Upaya yang sempurna untuk menghindari dampak negatif tersebut yaitu ….
A. Menutup warung internet
B. Menolak penggunaan internet
C. Memblokir konten-konten negatif
D. Melarang penggunaan komputer
E. Melarang jual beli smartphone

13. Ketimpangan sosial sanggup muncul sebagai jawaban dari nilai-nilai kebudayaan yang dianut oleh sekolompok orang itu sendiri. Salah satunya yaitu mereka cenderung mengalah pada nasib, tidak mempunyai daya juang, dan tidak mempunyai orietasi hidup pada masa depan. Sikap yang sempurna untuk memperlihatkan pernyataan di atas yaitu …
A. Apatis
B. Optimis
C. Konservatif
D. Ekstrimisme
E. Skeptis

14. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Diskriminasi gander
(2) Diskriminasi umur
(3) Diskriminasi ras
(4) Diskriminasi pekerjaan
(5) Diskriminasi agama

Dari pernyataan di atas yang termasuk bentuk diskriminasi yang mengakibatkan ketimpangan yaitu ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (3), dan (4)
E. (2), (4), dan (5)

15. Perkembangan supermarket ketika ini semakin pesat. Hal tersebut membuat pedagang kecil tersaingi. Kondisi ini sanggup kita simpulkan telah terjadi perubahan yang dipengaruh oleh ….
A. Budaya asing
B. Budaya baru
C. Era globalisasi
D. Materialism
E. Konsumerisme

16. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Kurangnya kemampuan intelegensi
(2) Kekurangan pendidikan
(3) Kurangnya motivasi untuk berusaha
(4) Kekurangan santunan hukum
(5) Kekurangan kemudahan pemukiman

Penyataan yang memperlihatkan kemiskinan struktural yaitu ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (3), dan (4)
E. (2), (4), dan (5)

17. Bagi negara yang sedang berkembang menyerupai Indonesia, ketimpangan sosial akan berdampak pada banyak sekali problem masyarakat. Berikut ini yang memperlihatkan dampak yang sanggup muncul jawaban ketimpangan tersebut yaitu ….
A. Masyarakat Indonesia yang mempunyai sumber daya insan rendah gampang dibohongi
B. Munculnya kesenjangan politik yang tinggi
C. Warga absurd memanfaatkan kondisi masyarakat biar terpecah belah
D. Munculnya kekacauan sebagai bentuk pemberontakan
E. Proses pembangunan ekonomi akan terganggu

18. Perhatikan hal-hal berikut!
(1) Konsentrasi industri di kota
(2) Perbedaan kondisi alam
(3) Keberpihakan kepada UMKM
(4) Prioritas pada pembangunan pendidikan

Ketimpangan antarwilayah sanggup disebabkan oleh ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (1) dan (4)
D. (2) dan (3)
E. (2) dan (4)

19. Berikut ini yang merupakan bentuk ketimpangan dalam dunia pendidikan yaitu ketimpangan dalam wujud ....
A. Input dalam ukuran kolektif
B. Input dalam ukuran besar
C. Input dalam ukuran eksklusif
D. Output dalam ukuran inklusif
E. Output dalam ukuran kelompok

20. Ketimpangan ekonomi antarsektor yang berupa pengabaian terhadap sektor pertanian dipastikan akan ....
A. Mengancam ketahanan dan kemandirian pangan
B. Mendukung ekspansi lahan pertanian
C. Menyebabkan alih fungsi lahan daerah industri
D. Menarik investasi asing
E. Menambah ketersediaan buruh murah

21. Ketimpangan yang terjadi di perkotaan dalam bentuk ….
A. Munculnya pemukiman kumuh
B. Berkembangnya wisata baru
C. Munculnya sarana pendidikan baru
D. Munculnya organisasi kegemaran
E. Berkembangnya model rumah minimalis

22. Berikut ini yang tidak termasuk dampak kemiskinan yaitu ….
A. Anak putus sekolah
B. Menjadi anak jalanan
C. Banyak tuna wisma
D. Menjadi kuli bangunan
E. Banyak kejahatan

23. Di sekolah sering terdapat kesenjangan antara siswa yang pintar dengan siswa kolot atau terjadinya perbedaan antara input dan output. Oleh lantaran itu, perlu dilakukan model pembelajaran yang bisa meningkatkan kompetensi siswa tersebut, baik individu atau kelompok. Model yang sempurna dalam mengatasi ketimpangan tersebut yaitu ….
A. Cooperative learning
B. Contextual learning
C. Basic learning
D. Mastery learning
E. Learning to know

24. Konektivitas merupakan kemampuan menghubungkan dua atau lebih titik atau jaringan. Upaya mengatasi ketimpangan sosial yang ada salah satunya melalui peningkatan konektivitas yang dilakukan melalui ….
A. Perkembangan industri manufaktur
B. Dukungan pada UMKM
C. Pembangunan jalan raya
D. Pembangunan infrastruktur pendidikan
E. Pembangunan infrastruktur kesehatan

25. Hakikat pembangunan nasional Indonesia yaitu pembangunan insan Indonesia seutuhnya dan pembangunan seluruh masyarakat Indonesia dengan tujuan mewujudkan suatu masyarakat adil dan makmur yang material dan spiritual menurut ....
A. Pancasila
B. Ideologi kerakyatan
C. Ideologi liberal
D. Rencana pembangunan nasional
E. Ketersediaan alokasi anggaran

26. Kearifan lokal yaitu akal atau pengetahuan orisinil suatu masyarakat yang berasal dari ….
A. Akulturasi
B. Asimilasi
C. Amalgamasi
D. Pengaruh budaya asing
E. Nilai luhur tradisi budaya

27. Kearifan lokal mencerminkan kematangan masyarakat di tingkat ….
A. Individu
B. Keluarga
C. Kekerabatan
D. Komunitas lokal
E. Nasional

28. Pada masyarakat Jawa pria sebagai kepala keluarkan lantaran menganut sistem relasi patriaki. Namun di daerah Minangkau kepala keluarga diduduki oleh wanita lantaran sistem relasi yang dipakai yaitu matrilineal. Realitas tersebut mengakibatkan adanya perbedaan dalam upacara perkawinan dimana kalau di Jawa mas kawin diberikan oleh pihak pria sedangkan di Minangkabau mas kawin diberikan oleh pihak perempuan. Ilustrasi di atas memperlihatkan unsur kearifan lokal yang berupa ….
A. Pengetahuan lokal
B. Budaya lokal
C. Keterampilan lokal
D. Sumber daya lokal
E. Proses sosial lokal

29. Perhatikan gambar berikut ini!

Unsur kearifan lokal yang sempurna kalau melihat gambar tersebut yaitu ….
A. Pengetahuan lokal
B. Budaya lokal
C. Keterampilan lokal
D. Sumber daya lokal
E. Proses sosial lokal

30. Masyarakat Bali mempunyai keindahan alam yang mempesona. Kondisi tersebut menjadikan Bali sebagai salah satu tujuan wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Penyataan di atas memperlihatkan unsur kearifan lokal yang berupa ….
A. Pengetahuan lokal
B. Budaya lokal
C. Keterampilan lokal
D. Sumber daya lokal
E. Proses sosial lokal

31. Masyarakat Yogyakarta populer dengan batik tulisnya yang mempunyai corak khas. Corak tersebut yang membedakan batik antar daerah. Dalam membuat batik tulis dituntut ketelatenan dan ketelitian dalam pengerjaannya. Ilustrasi tersebut memperlihatkan unsur kearifan lokal yang berupa ....
A. Proses sosial lokal
B. Keswadayaan lokal
C. Keterampilan lokal
D. Sistem lokal
E. Tradisi lokal

32. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Mencerminkan kematangan masyarakat yang tampak dari budayanya.
(2) Bersifat langsung dan responsif serta bisa menyesuaikan diri.
(3) Dimiliki bersama, bersifat terbuka dan sanggup diterapkan selama bertahannya komunitas.
(4) Memandang setiap kelompok mempunyai proses sosial yang berbeda.
(5) Dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung tercapainya kemajuan tanpa menolak modernisasi dan globalisasi.

Pernyataan yang memperlihatkan karakteritik kearifan lokal yaitu ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)

33. Masyarakat Jawa Timur mempunyai kearifan lokal yang berupa “Sing sabar lan ngalah dadi kekasih Allah. Yang artinya yang sabar dan mengalah akan menjadi kekasih Allah SWT. Setiap masyarakat mempunyai peribahasa yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, dimana peribahasa tersebut akan menjadi kepingan dalam kehidupan masyarakat. Berdasarkan ilustrasi di atas maka citra karakteristik kearifan lokal yang sempurna yaitu ....
A. Memandang setiap kelompok mempunyai proses sosial yang berbeda
B. Mencakup pengetahuan masyarakat lokal dalam beberapa generasi dalam bentuk keterampilan dan keyakinan
C. Mencerminkan kematangan masyarakat yang tampak pada sikap, perilaku, dam sudut pandang
D. Dimiliki bersama, dan mengacu pada tradisi lokal yang diturunkan secara terus menerus
E. Mencerminkan keahlian dan kemampuan masyarakat setempat untuk menerapkan pengetahuan lokal

34. Berikut ini yang memperlihatkan karakteristik kearifan lokal yang berupa meliputi pengetahuan masyarakat lokal dalam beberapa generasi dalam bentuk teknologi, bahasa, keterampilan, keyakinan yaitu ....
A. Sejak kecil bawah umur sudah mulai mengenal teknologi modern, sehingga mereka mulai meninggalkan tradisi budayanya.
B. Sita sudah 10 tahun berada di Jakarta, namun ia hingga ketika ini masih memakai bahasa Indonesia dengan aksen yang “medok” Tegal.
C. Remaja kini sangat gemar menonton film Korea kalau dibandingkan dengan film produksi anak bangsa.
D. Anita berasal dari Jawa Timur dan kini bekerja di perusahaan multinasional di daerah Jakarta Selatan.
E. Handoko yang berasal dari Jawa menikah dengan sahabat sekerjanya yang berasal dari Sunda.

35. Kegiatan pemberdayaan lazimnya memprioritaskan ….
A. Kelompok kuat
B. Kelompok lemah
C. Wirausahawan sukses
D. Pelaku perjuangan agribisnis
E. Warga sejahtera

36. Kegiatan pemberdayaan harus memampukan warga atau komunitas sasarannya untuk berdikari dan melepaskan diri dari segala bentuk ketergantungan. Pernyataan tersebut merupakan bentuk karakteritik pemberdayaan komunitas yang berupa ….
A. Kesukarelaan
B. Otonom
C. Keswadayaan
D. Partisipatif
E. Demokrasi

37. Pemerintah sebagai pemegang kepentingan makro sedianya melaksanakan pengawasan dalam kegiatan pemberdayaan komunitas yang dilakukan oleh kelompok mikro guna mengatakan apresiasi dan masukan kalau ada mekanisme yang tidak sesuai dengan ketentuan. Dalam hal ini kelompok mikro hendaknya mengatakan isu secara transparan kepada pihak makro biar sanggup dilakukan penilaian secara objektif. Wacana tersebut merupakan bentuk karakteristik pemberdayaan komunitas yang berupa ….
A. Egaliter
B. Keterbukaan
C. Kebersamaan
D. Akuntabilitas
E. Demokrasi

38. Adanya sekolah gratis yang didirikan oleh para relawan yang berasal dari mahasiswa memperlihatkan ruang lingkup pemberdayaan komunitas berupa pemberdayaan ….
A. Ekonomi
B. Politik
C. Sosial
D. Budaya
E. Lingkungan

39. Home industri krupuk yang bisa berkembang dengan pesat sanggup menyerap banyak tenaga kerja di sekitar tempat tinggal merupakan salah satu bentuk pemberdayaan komunitas yang masuk ke dalam ruang lingkup pemberdayaan komunitas berupa pemberdayaan ....
A. Ekonomi
B. Politik
C. Sosial
D. Budaya
E. Lingkungan

40. Pemerintah mengatakan layanan posyandu secara gratis kepada masyarakat desa untuk meminimalisasi gizi jelek dan meningkatkan imunitas balita melalui jadwal imunisasi. Dari pernyataan tersebut, maka dasar terbentuknya pemberdayaan komunitas melalui kekuatan ….
A. Atas pilihan pribadi
B. Dalam menentukan kebutuhan sendiri
C. Kebebasan berekspresi
D. Kelembagaan
E. Sumber daya ekonomi

41. Keluarga Pak Mamat mempunyai kesukaan dalam hal kuliner yang berbeda. Pak Mamat dan istrinya sangat menyukai kuliner tradisonal, sedangkan anak-anaknya sangat menyukai kuliner cepat saji. Ilustrasi yang dijelaskan di atas memperlihatkan ketimpangan ….
A. Struktural
B. Kelompok
C. Personal
D. Individu
E. Kelembagaan

42. Berikut ini yang memperlihatkan ketidakberdayaan komunitas berupa ketimpangan struktural yaitu ...
A. Para buruh pabrik menuntut kenaikan upah kepada pihak perusahaan seiring semakin tingginya harga kebutuhan pokok.
B. Handoko sering menyendiri dan kurang bergaul dengan teman-temannya sejak kedua orang tuanya bercerai.
C. Kemerdekaan Indonesia sanggup terwujud lantaran desakan keras dari golongan muda kepada golongan tua.
D. Keterbatasan fisik mengakibatkan Fulan sering diejek oleh teman-teman sebayanya.
E. Karena kepandaiannya dalam bidang teknologi informatika, Siska mendapat beasiswa dari Oxford University.

43. Salah satu faktor yang mengakibatkan ketidakberdayaan komunitas yaitu faktor ketimpangan. Berikut ini yang memperlihatkan ketimpangan struktural yaitu ....
A. Adanya ketimpangan antara masyarakat kaya dan miskin
B. Ketimpangan yang terjadi antara golongan renta dan golongan muda
C. Tingginya rasa primodialisme dan etosentrisme
D. Adanya keanekaragaman suku dan budaya
E. Masyarakat dibagi menurut klasifikasi-klasifikasi yang sudah ditentukan

44. Pak Marno mengajak para tentangganya hadir di rumahnya untuk diberikan pekerjaan pemanis guna membantu perekonomian masyarakat setempat. Pak Marno melaksanakan taktik pendekatan dalam pemberdayaan komunitas yang berupa ....
A. Kesejahteraan
B. Pembangunan
C. Pemberdayaan
D. Kemakmuran
E. Penyuluhan

45. Siswa Sekolah Menengan Atas Al Hikmah membuat jadwal berguru untuk kegiatan sosial skill dalam perjuangan melatih kemandirian. Pernyataan di atas membuktikan taktik pendekatan dalam pemberdayaan komunitas yang berupa ....
A. Kesejahteraan
B. Pembangunan
C. Pemberdayaan
D. Kemakmuran
E. Penyuluhan

46. Upaya pemerintah dalam mendukung pemberdayaan wanita salah satunya melalui peningkatan koordinasi, informasi, dan edukasi bagi wanita dari segala latar belakang. Pernyatan tersebut merupakan taktik pendekatan dalam pemberdayaan komunitas yang berupa ....
A. Kesejahteraan
B. Pembangunan
C. Pemberdayaan
D. Kemakmuran
E. Penyuluhan

47. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Mampu memahami diri dan potensinya.
(2) Memiliki kepribadian yang keras.
(3) Bertanggung jawab atas tindakannya.
(4) Memiliki sikap hidup yang fatalisme.
(5) Memiliki kekuatan untuk berunding.

Ciri-ciri masyarakat berdaya tampak pada pernyataan nomor ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)

48. Potensi sanggup dimaknai sebagai sikap positif yang dimiliki warga masyarakat, menyerupai terbuka, toleran, ramah tamah, dan bersahabat, sehingga mendukung kegiatan pemberdayaan. Pernyataan diatas merupakan pemberdayaan yang berbasis potensi wilayah yang berupa potensi ….
A. Politik
B. Pariwisata
C. Sosial
D. Alam
E. Ekonomi

49. Perhatikan pernyataan berikut ini!
(1) Bisa bersaing dengan pria di sektor publik.
(2) Mampu mendidik anak dengan wawasan yang luas.
(3) Menjadi pribadi yang langsung tanpa tergantung orang lain.
(4) Memiliki kepercayaan diri bahwa ia mempunyai potensi yang besar.
(5) Dapat mengambil keputusan yang sempurna tanpa harus menunggu.

Pernyataan di atas yang merupakan alasan diadakannya pemberdayaan komunitas wanita yaitu ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)

50. Tantangan terbesar dalam pemberdayaan pertanian yaitu ….
A. Keberpihakan pada sistem pertanian modern
B. Masih terabaikannya sektor pertanian
C. Dikembangkannya banyak sekali varietas unggulan
D. Perubahan iklim yang tidak terduga
E. Fluktuasi kepemilikan tanah oleh petani

Untuk Soal PAS Sosiologi Kelas 12 Semester Ganjil. Soal PAS ini bisa anda gunaka sebagai tumpuan dalam berguru untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi PAS Tahun Pelajaran 2019/2020.

Download Soal PAS Kelas 12 Mapel Sosiologi Semester Ganjil Kurikulum 2013

Ingat Soal PAS Sosiologi Kelas 12 Semester Ganjil ini hanya untuk latihan saja, Ada atau tidaknya dalam ujian yang sebenarnya, kami tidak bisa bertanggung jawab


Download Soal PAS Kelas 12 Mapel Sosiologi Tahun 2019 New
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan biar mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran isu Mengenai Soal PAS Sosiologi Kelas 12 Semester Ganjil Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel