Soal Latihan Ph/Uh Sd Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 Kurikulum 2013 Dan Jawaban




Soal Latihan PH/UH SD Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 Kurikulum 2013 dan Jawaban - Pada kesempatan ini Blognazmy akan memperlihatkan informasi untuk adik-adik mengenai soal ulangan untuk tahun ini.

Soal PH/UH Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 Kurikulum 2013 yang kami bagikan ini sudah dalam unsur HOTS, PPK, Literasi dan 4C dari revisi selesai kurikulum 2013.

Soal PH/UH Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 Kurikulum 2013, dalam format doc, bentuk soal tematik, pilihan ganda, isian dan essay menyebabkan soal ini begitu komplit yang kami sediakan, menurut kisi-kisi soal.

adik mengenai soal ulangan untuk tahun ini Soal Latihan PH/UH SD Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 Kurikulum 2013 dan Jawaban

Latihan Soal PH/UH SD Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020


Berikut isi Soal yang sanggup asik-adik pelajari disini.

A. Kerjakan soal-soal berikut ini !
1. Apa yang terjadi kalau salah satu komponen dalam rantai masakan tidak ada?
2. Apakah tugas pengurai dalam sebuah rantai makanan? Berikan contohnya!
3. Apakah properti-properti tari yang dipakai memperkuat pesan yang disampaikan
lewat tarian? Sebutkan contohnya!
4. Sebutkan teladan pemanfaatan sumber daya alam menurut ketampakan alam
tempat masing-masing pada masyarakat Indonesia!
5. Sebutkan sikap-sikap yang memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa!
6. Sebutkan ciri-ciri ekosistem gurun!
7. Jelaskan secara singkat kekerabatan makhluk hidup dalam ekosistem!
8. Sebutkan produsen, pengurai, dan konsumen pada gambar rantai masakan di bawah ini!
9. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis simbiosis!
10. Jelaskan dan gambarkan daur hidup salah satu dari binatang berikut.
• Nyamuk
• Kupu-kupu
• Kecoa

B. Kerjakan soal-soal berikut ini !
1. Sebutkan bentuk-bentuk keragaman budaya di Indonesia!
2. Makhluk hidup yang menempati sebuah ekosistem akan terlibat dalam persaingan untuk sanggup bertahan hidup. Persaingan teerjadi ketika lebih dari dua jenis makhluk hidup membutuhkan hal yang sama untuk kelangsungan hidupnya. Sebutkan tujuan dari persaingan tersebut !
3. Sebutkan manfaat menari bagi kesehatan!
4. Energi mengalir dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lainnya di dalam rantai makanan. Jelaskan pengertian rantai masakan !
5. Simbiosis bertujuan sebagai usaha makhluk hidup untuk bertahan hidup dilingkungannya. Jelaskan alur simbiosis pada sekelompok lebah !
6. Mengapa bersama-sama sanggup menjaga persatuan dan kesatuan bangsa?
7. Apakah tujuan dari tarian Turuk Langgai?Sebutkan properti tari yang dipergunakan dalam Tari Turuk Langgai!
8. Perhatikan tabel dibawah ini sebutkan properti dan asal tempat tarian tersebut!
9. Apa yang di maksud dengan tangga nada? Sebutkan dan jelaskan!
10. Sebutkan minimal 3 lagu yang di mainkan pada tangga nada minor !


I. Kunci Jawaban A
1. Jika salah satu komponen dalam rantai masakan tidak ada maka insiden memakan dan dimakan tidak sanggup berjalan seimbang dan lancar serta akan terjadi ketimpangan dalam urutan memakan dan dimakan.

2. Pengurai ialah salah satu komponen yang berperan besar dalam rantai masakan dan makhluk hidup yang menguraikan kembali zat-zat yang semula terdapat dalam tubuh binatang dan flora yang telah mati. Hasil kerja pengurai sanggup membantu proses penyuburan tanah. Contoh pengurai ialah basil dan jamur.

3. Iya, alasannya ialah dengan adanya properti akan mempermudah penonton untuk menemukan pesan yang terdapat dalam tarian tersebut. Contohnya yaitu Tari Caping Ngacak. Properti yang dipakai Caping. Dengan melihat caping maka para penonton akan mengerti bahwa tarian tersebut menceritakan ihwal acara petani di sawah mirip menanam, merawat, hingga memanen padi.

4. Beberapa teladan pemanfaatan sumber daya alam menurut ketampakan alam yang di lakukan oleh masyarakat yaitu:
• Masyarakat petani di Bali memakai subak untuk membantu ketersediaan air sehingga terjamin usaha pertaniannya.
• Masyarakat petani Brebes memanfaatkan wilayahnya sebagai penghasil bawang merah nasional.
• Masyarakat nelayan di Banyuwangi memanfaatkan hasil ikannya untuk diolah menjadi sarden yang dipasarkan di seluruh Indonesia.

5. Sikap-sikap yang memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa :
• Toleransi
• Tidak membeda-bedakan antara suku satu dan lainnya
• Tolong menolong
• Gotong Royong
• Saling menghormati antar umat beragama

6. Ciri-ciri ekosistem gurun:
• Curah hujan ekosistem gurun sangat kecil (25 cm per tahun) dengan pola sebaran yang tidak teratur, sehingga menciptakan sebagian tempat gurun tidak pernah mendapatkan hujan sama sekali.
• Perubahan suhu yang sanat ekstrim antara siang dan malam.
• Tanahnya sangat kering dan rendah organik.
• Hewan dan flora yang dapa tbertahan hidup ialah binatang dan flora yang bereproduksi dengan epat selama periode lembab.
• Airnya cenderug terasa asin.

7. Makhluk hidup mempunyai kebergantungan yang saling mengisi antara yang satu dengan yang lainnya. Manusia memerlukan flora dan hewan, flora dan binatang juga memerlukan manusia. Demikian juga hewan. Makhluk hidup juga membutuhkan tanah, udara, air, dan matahari untuk mendukung kehidupannya.

8. Produsen, pengurai dan konsumen pada gambar rantai masakan yaitu:
Produsen: Rumput
Pengurai: Jamur
Konsumen 1: belalang
Konsumen 2 : katak
Konsumen 3: ular
Konsumen 4: Elang

9. Jenis-jenis Simbiosis:
• Simbiosi Mutualisme ialah kekerabatan antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan.
• Simbiosis Komensalisme ialah kekerabatan antara dua makhluk hidup, dalam hal ini makhluk hidup yang satu mendapatkan keuntungan, sedangkan makhluk hidup yang lainnya tidak dirugikan.
• Siombiosis Parasistisme ialah kekerabatan antara dua makhluk hidup dalam hal ini makhluk hidup yang satu mendapatkan keuntungan, sedangkan makhluk hidup yang lain mendapatkan kerugian.

10. Daur hidup nyamuk
Nyamuk betina bertelur di air, kemudian telur menetas menjadi jentik nyamuk. Jentik naymuk kemudian menjadi kepompong atau pupa, sehabis beberapa hari pupa pecah menjadi nyamuk dewasa.

Daur hidup kupu-kupu
Kupu-kupu bertelur ,telur menetas menjadi ulat atau larva dan memakan daun, membangun kempompong, dan kempompong pecah menjadi kupu-kupu.

Daur hidup kecoa
Telur menetas menjadi bayi kecoa yang sudah mirip kecoa cukup umur tetapai tanpa sayap(nimfa). Nimfa berganti menjadi kulut beberapa kal sebelum menjadi kecoa dewasa.

II. Kunci Jawaban B
1. kesenian daerah, pakaian tradisional, rumah adat, dan makanan.

2. Tujuan Persaingan di dalam ekosistem :
• untuk mendapatkan banyak sekali sumber kehidupan,
• untuk mendapatkan makanan, air dan ruang untuk hidup,
• untuk mendapatkan tempat kekuasaan
• untuk mendapatkan oksigen

3. Manfaat menari bagi kesehatan:
• Memperbaiki keseimbangan tubuh
• Meningkatkan energia
• Menurunkan berast badan
• Jantung mejadi lebih kuat
• Melatih kecerdasan otak
• Melenturkan tubuh

4. Rantai masakan ialah kekerabatan yang khas anatar sekelompok produsen dan konsumen. Konsumen memakan produsen. Produsen melepas energi kepada konsumen. Konsumen itu kemudian menjadi mangsa konsumen yang lainnya.

5. Seekor lebah yang menemukan makanan, akan kembali ke sarangnya. Lebah itu akan melaksanakan gerakan tertentu mirip gerakan menari, untuk memberitahu lebah-lebah lainnya ihwal sumber masakan tersebut.

6. bersama-sama sanggup menjaga persatuan dan kesatuan bangsa alasannya ialah pada dikala melaksanakan kegiatan tersebut kita akan mencicipi pembantingan tulang bersama, pemerasan keringat bersama, usaha bahwasanya sesama dan bersama-sama juga sanggup menumbuhkan rasa kebersamaan, kekeluargaan, dan tolong-menolong.

7. Tujuan tarian turuk langggai iadalah memperlihatkan penghiburan kepada si sakit biar segera sembuh. Properti yang di gunakjan ialah hiasan kepala berupa manik-manik, bulu unggas dan dedaunan.

8. .............


9. Tangga nada ialah urutan nada yang disusun secara berjenjang dan terdiri atas delapan tingkatan dengan urutan dari tingkat pertama hingga delapan. Tangga nada dibagi menjadi dua, yaitu:
• mayor ialah tangga nada yang melukiskan abjad dan sifat lagu penuh keyakinan, optimis, mantap, riang, gembira, ceria, bangga, dan menyenangkan dan Tangga nada mayor berjarak 1 – 1 – 1/2 - 1 – 1 – 1 – 1/2.
• Minor ialah tangga nada yang melukiskan abjad pesimis, penuh keraguan, sedih, sendu, gampang terharu, kecewa, kegagalan, dan melankolis. Dalam satu lagu, sanggup juga dipakai dua tangga nada dan tangga nada minor berjarak 1 – 1/2 - 1 – 1 – 1 – 1/2 - 1 – 1.

10. Beberapa lagu yang di mainkan pada tangga nada minor:
• Lagu syukur ciptaan H. Muntahar
• Trima Kasihku ciptaan Sri Widodo

Ingat Soal ini hanya untuk latihan saja, Ada atau tidaknya dalam ujian yang sebenarnya, kami tidak sanggup bertanggung jawab

Pada artikel kali ini kami bertujuan untuk menjadi sarana berguru bagi para siswa yang duduk di dingklik SD (SD) yang sebentar lagi akan menghadapi PH/UH.

Download Soal dan Jawaban PH/UH Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 Kurikulum 2013

Untuk teladan Soal PH/UH Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 Kurikulum 2013. Soal PH/UH ini sanggup anda gunaka sebagai rujukan dalam berguru untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi PH/UH Tahun 2019/2020. Silahkan Download Soal PH/UH Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 Kurikulum 2013 Berikut ini


Download Soal PH/UH Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 Tahun 2019
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan biar mendapatkan file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran informasi Mengenai Soal PH/UH Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel