Pendaftaran Ujian Nasional Perbaikan (Unp) Secara Online Hingga Tanggal 23 Oktober 2015

Ini artikel repost dari web resmi Kemdikbud di http://www.kemdikbud.go.id/
Artikel berikut terrkait Ujian Nasional Perbaikan yang rencananya akan diadakan secara CBT  (berbasis komputer) pada bulan Februari 2016.
Pendaftaran Ujian Nasional Perbaikan (UNP) telah dibuka dari tanggal 28 September sampai 23 Oktober 2015. UNP diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMAK/SMTK, SMK/MAK, dan Program Paket C yang nilainya kurang atau sama dengan 55 pada mata pelajaran tertentu atau belum menempuh ujian secara lengkap. UNP akan dilaksanakan dengan ujian berbasis komputer atau computer-based test (CBT). Calon penerima UNP sanggup mendaftarkan diri secara daring (online) di laman http://unp.kemdikbud.go.id .
Terkait dengan kawasan ujian, calon penerima sanggup menentukan di provinsi sekolah asal atau provinsi domisili ketika ini. Jadwal pelaksanaan UNP pada tanggal 22 Februari sampai 5 Maret 2016. Hasil UNP diumumkan tanggal 19 Maret 2016.




"Mengikuti UNP tidak wajib, tapi merupakan pilihan," kata Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Zainal Arifin Hasibuan di Jakarta beberapa waktu yang lalu. Peserta UN yang nilainya belum memenuhi standar boleh menentukan untuk ikut atau tidak, namun sebagai penyelenggara BSNP wajib memenuhi hak penerima didik yang belum mencapai standar untuk mengikuti ujian nasional perbaikan.
Proses pendaftaran, tambah Zainal, dibentuk sesederhana mungkin. Calon penerima cukup melaksanakan pendaftaran dengan nomor penerima UN 2015 dan tanggal lahir menyerupai yang tertera pada kartu penerima UN. "Namun tetap ada verifikasi yang disiapkan dalam aplikasi pendaftaran," kata laki-laki yang juga dosen di Universitas Indonesia tersebut.
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud Totok Suprayitno menyampaikan UNP yang dilaksanakan dalam bentuk CBT merupakan upaya menuju green assessment. "UNP didesain dalam bentuk CBT alasannya ialah ingin mengurangi pemakaian kertas dalam UN," tambah Totok


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel