Manfaat Air Cucian Beras


 Pagi itu Santi begitu telaten mengumpulkan air cucian beras  Manfaat Air Cucian Beras

Manfaat Air Cucian Beras. Pagi itu Santi begitu telaten mengumpulkan air cucian beras ( bahasa Jawa: leri ). Ketika ditanya oleh suaminya, Santipun dengan tenang  menjawab  bahwa  air cucian  itu dipakai untuk perawatan wajah dan menyiram tanaman. Sang suamipun masih heran dengan tanggapan istrinya itu alasannya ialah selama ini ia hanya faham bahwa air itu dibuang sesudah dipakai mencuci.
Ya, air cucian beras memang banyak manfaatnya, berbagai  penelitian di Universitas di Indonesia telah menandakan bahwa leri berkhasiat untuk beberapa hal, seperti kecantikan, kesehatan, atau penyubur  tanaman.  Berikut  penjabarannya menyerupai yang dilansir oleh situs Boldsky.

Membersihkan wajah
Air beras sanggup dipakai untuk membersihkan wajah.  Air beras mengandung inositol yang membantu  pembentukan  sel dan memperlambat penuaan dini. Celupkan kapas pada air cucian beras kemudian tepuk-tepukkan pada tempat wajah. Selain akan terlihat lebih muda dan segar.  Air beras juga berfungsi sebagai pelembab, melancarkan peredaran  darah di wajah, sekaligus sebagai antioksidan bagi kulit.

Menghaluskan kulit
Selain wajah, leri juga sanggup dipakai untuk menghaluskan potongan kulit badan yang lain. Caranya dengan berendam memakai air beras selama 15 menit. Lakukan secara rutin dua kali sehari, kulit akan menawarkan perbaikan sebanyak 20% sesudah beberapa  minggu.  Kulit tubuh  akan terlihat lebih anggun dan bersih. Manfaat  lalnnya dari mandi air beras ialah kulit bebas bakteri dan noda hitam.

Mengontrol minyak berlebih
Air beras yang mengandung asam amino akan membuat  pH di kulit menjadi  stabil. Hal ini akan berdampak pada stabilnya kandungan minyak di kulit khususnya kulit wajah.  Seperti  yang kita ketahui, minyak di wajah memang  sering menjadikan problem gres menyerupai bisul yang membandal. Air beras akan menjadi oil control.

Perawatan rambut
Leri juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan rambut  alasannya ialah di dalamnya  terdapat nutrisi yang diharapkan rambut. Kandungan protein dalam beras sanggup membantu menguatkan rambut dan memperbaiki rambut yang rusak. Penggunaannya sanggup sebagai shampoo.

Minuman kesehatan
Beberapa orang menciptakan minuman kesehatan dari beras  dan rempah-rempah. Minuman paling populer dari beras ialah beras kencur.

Penyubur tanaman
Selain untuk  manusia,  leri juga bermanfaat untuk lanaman sebagai pupuk cair yang kandungan posfornya sanggup memicu pertumbuhan akar. Selain itu kandungan zat besinya untuk membantu pembentukan klorofil tumbuhan sehingga menjadi lebih subur.  Cara penggunaannya  cukup  disiram pada media tanahnya, dan hindari penyiraman pada daun alasannya ialah akan menjadikan warna kusam dan bercak.

Semoga bermanfaat...

Sumber : Selaras

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel