Buku Guru Dan Siswa Mi Kelas 3 Dan 6 Mapel Dogma Adat Kurikulum 2013 Revisi

Download Buku Guru dan Siswa Madrasah Ibtidaiyah  Buku Guru dan Siswa MI Kelas 3 dan 6 Mapel Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Revisi

Download Buku Guru dan Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kelas 3 dan Kelas 6 Mapel Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Revisi


BlogNazmy - Dalam kesempatan kali ini Mas Nazmy ingin menunjukkan informasi mengenai Buku Guru dan Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kelas 3 dan Kelas 6 Mapel Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Revisi.

Kementerian Agama sebagai salah satu forum pemerintah mempunyai tanggungjawab dalam membentuk masyarakat Indonesia yang taat beragama, rukun, cerdas, berdikari dan sejahtera lahir-batin sebagaimana ditegaskan dalam visinya. Membentuk generasi cerdas dan sejahtera lahir-batin menjadi core (inti) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam utamanya Direktorat Pendidikan madrasah.

Madrasah sebagai forum pendidikan berciri khas Islam konsen terhadap mata pelajaran PAI (Fikih, SKI, Al-qur’an Hadis, Akidah Akhlak dan bahasa Arab).

Secara filosofis, mata pelajaran PAI yang diajarkan bertujuan mendekatkan pencapaian kepada generasi kaffah (cerdas intelektual, spiritual dan mental) jalan menuju pencapaian itu tentu tidak sebentar, tidak gampang dan tidak asal-asalan namun tidak juga tidak mungkin dicapai. Pencapaian ultimate goal (tujuan puncak) membentuk generasi kaffah tersebut membutuhkan ikhtiar bersiklus (planned), strategis dan berkelanjutan (sustainable).

Kurikulum 2013 sebagai kurikulum penyempurna kurikulum 2006 (KTSP) diyakini shahih sebagai “modal” bersiklus dan strategis mendekati tujuan pendidikan Islam. Salah satu upaya membumikan isi K-13 yaitu dengan menyediakan sumber mencar ilmu yakni buku, baik buku guru maupun buku siswa.

Buku Kurikulum 2013 mengalami perbaikan terus menerus (baik dalam hal tataletak (layout) maupun content (isi) substansi). Buku MI (kelas 3 dan 6), MTs (kelas 9) dan MA (kelas 12) yaitu edisi terakhir dari serangkaian proses penyediaan buku kurikulum 2013 untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab di madrasah (MI, MTs dan MA).

Dengan selesainya buku K-13 untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab di madrasah ini dibutuhkan sanggup memudahkan penerima didik dan pendidik dalam memahami, mengerti dan sekaligus memberikan ilmu yang dimilikinya.

PETUNJUK PENGGUNAAN BUKU

Untuk mengoptimalkan pengunaan buku ini, pahamilah terlebih dahulu petunjuk berikut ini:
  1. Pertama, bacalah belahan pendahuluan untuk memahami konsep utuh Akidah Akhlak, serta memahami kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam kerangka kurikulum Nasional PAI dan Bahasa Arab 2013.
  2. Setiap belahan berisi: kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi pokok, proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, interaksi antara guru dan orang tua.
  3. Ada pelajaran tertentu yang hanya memuat satu materi ajar. Hal ini disebabkan lantaran sempitnya materi pembelajaran.
  4. Guru perlu mendorong penerima didik untuk memperhatikan kolom-kolom yang terdapat dalam buku teks pelajaran sebagai berikut:
Amati gambar dan perhatikan : pengantar singkat berupa narasi yang menarik wacana tema yang dibahas dan dilengkapi dengan gambargambar
Penasaran : berisi pertanyaan-pertanyaan untuk masuk ke pembahasan materi
Buka Cakrawalamu : berisi materi pembahasan
Kembangkanlah Wawasanmu : berupa kiprah acara atau pertanyaanpertanyaan untuk didiskusikan penerima didik
Refleksi : merupakan pertanyaan-pertanyaan untuk mengingat kembali materi dan juga untuk menyebarkan materi untuk dikaitkan dengan kondisi lingkungan sekitar untuk ketika ini
Ayo Berlatih : berisi latihan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan
Rangkuman : berisi rangkuman penting dari materi yang telah diuraikan
Mutiara Hikmah : berisi seruan kepada penerima didik untuk merenungkan dan bertekad untuk melaksanakan dalam kehidupan sehari-hari Secara rinci dalam teknis pelaksanaan lebih lanjut sanggup diadaptasi dengan situasi sekolah.

Buku guru dan Siswa ini dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku ini disusun dan ditelaah oleh banyak sekali pihak di bawah koordinasi Kementerian Agama, dan dipergunakan dalam penerapan Kurikulum 2013.

Buku ini merupakan “Dokumen Hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika perubahan zaman. Masukan dari banyak sekali kalangan dibutuhkan sanggup meningkatkan kualitas buku ini.

01. Download Siswa Kelas 3 MI Mapel Akidah Akhlak K13 Revisi
02. Download Guru Kelas 3 MI Mapel Akidah Akhlak K13 Revisi




03. Download Siswa Kelas 6 MI Mapel Akidah Akhlak K13 Revisi
04. Download Guru Kelas 6 MI Mapel Akidah Akhlak K13 Revisi
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan semoga mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel