Download Buku Aliran Lomba Karya Inobel Bagi Guru Sd Tingkat Nasional Tahun 2019

Download Buku Pedoman Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran  Download Buku Pedoman Lomba Karya Inobel Bagi Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2019

Download Buku Pedoman Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Bagi Guru SD (SD) Tingkat Nasional Tahun 2019


BlogNazmy - Dalam kesempatan kali ini Mas Nazmy ingin menunjukkan isu mengenai buku pedoman yang dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar dan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan perihal Buku Pedoman Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Bagi Guru SD (SD) Tingkat Nasional Tahun 2019.

Pendidikan merupakan upaya sadar seluruh pihak untuk membuatkan potensi penerima didik sesuai dengan keunikannya sehingga bisa menyesuaikan diri dengan zaman yang semakin berkembang pada masa ke-21.

Pendidikan masa 21 menuntut guru sebagai ujung tombak pendidikan pada setiap jenjang pendidikan di antaranya jenjang sekolah dasar (SD) untuk menghasilkan generasi yang literat, kompeten, dan berkarakter.

Guru harus mempunyai kreativitas dalam membuatkan pembelajaran yang inovatif sesuai dengan karakteristik penerima didik dan bahan pembelajaran dalam rangka meningkatkan keterampilan penerima didik dalam berpikir kreatif dan inovasi, berpikir kritis dan pemecahan masalah, komunikasi, dan kolaborasi.

Dukungan pemerintah dalam meningkatkan kreativitas dan penemuan guru khususnya guru SD diwujudkan melalui pelaksanaan Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Guru SD (Inobel SD).

Inobel SD merupakan ajang kompetisi penemuan pembelajaran bagi guru SD sesuai dengan kekhasan pada jenjang SD, baik dalam hal pendekatan, model, strategi, metode, teknik, maupun media pembelajaran yang telah dikembangkan untuk memfasilitasi seluruh karakteristik penerima didik termasuk anak berkebutuhan khusus.

Suatu penemuan yang sanggup membantu memecahkan permasalahan pembelajaran dibutuhkan sanggup meningkatkan kualitas proses dan hasil berguru yang bermutu semoga penerima didik sanggup membuatkan potensinya dan menyesuaikan diri dengan tuntutan-tuntutan masa 21.

Melalui perlombaan ini, karya-karya penemuan pembelajaran yang terpilih sanggup dijadikan sebagai rujukan bagi semua guru khususnya guru SD dalam peningkatan kualitas pembelajaran di SD.

Pedoman ini dibutuhkan sanggup menjadi contoh bagi panitia penyelenggara, guru, tim penilai/juri, SD (SD), Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam melaksanakan perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi guru SD secara efektif dan efisien.

Tujuan Lomba Inobel Guru SD

Tujuan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2019, sebagai berikut.
  1. memotivasi guru untuk melaksanakan penemuan pembelajaran;
  2. memotivasi guru dalam berkarier melalui karya penemuan pembelajaran;
  3. menghasilkan karya penemuan pembelajaran yang sanggup diimplementasikan;
  4. mendiseminasikan hasil penemuan pembelajaran kepada teman sejawat;
  5. memublikasikan hasil karya penemuan pembelajaran melalui prosiding atau jurnal;
  6. memberikan penghargaan kepada guru SD yang berinovasi.

Sasaran Lomba Inobel Guru SD

Sasaran acara Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2019 ialah guru SD di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang mencakup:
  1. Guru yang melaksanakan penemuan pembelajaran tematik integratif, memakai isyarat GTI;
  2. Guru Kelas yang melaksanakan penemuan pembelajaran Matematika, memakai isyarat GKM;
  3. Guru yang melaksanakan penemuan pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif, memakai isyarat GPI.

Hasil Lomba Inobel Guru SD Tingkat Nasional

Hasil yang dibutuhkan dari perlombaan ini adalah:
  1. termotivasinya guru untuk melaksanakan penemuan pembelajaran;
  2. termotivasinya guru dalam berkarier melalui karya penemuan pembelajaran;
  3. terhimpunnya karya penemuan pembelajaran yang sanggup diimplementasikan;
  4. terdiseminasikannya hasil penemuan pembelajaran kepada teman sejawat;
  5. terpublikasikannya hasil penemuan pembelajaran guru terpilih dalam jurnal yang sanggup dipakai sebagai acuan dan wangsit dalam peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran; dan
  6. terpilihnya Peringkat I, Peringkat II, dan Peringkat III Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi guru Tingkat Nasional Tahun 2019.

Manfaat Lomba Inobel

Manfaat acara Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SD di antaranya:
  1. meningkatkan jumlah karya penemuan pembelajaran guru SD, sehingga sanggup diadopsi, diadaptasi, dan diimplementasikan oleh guru lain;
  2. mengembangkan budaya berguru kreatif dan inovatif sehingga sanggup meningkatkan kinerja guru SD;
  3. meningkatkan karier guru SD pemenang lomba penemuan pembelajaran;
  4. menginspirasi guru SD untuk membuatkan pembelajaran inovatif sehingga berdampak terhadap peningkatan proses dan hasil berguru penerima didik.




Download Buku Pedoman Perlombaan Karya INOBEL Bagi Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2019
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan semoga mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran isu ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel