Jadwal Registrasi Penerimaan Taruna Gres Stmkg Tahun Akademik 2019/2020

 Dalam kesempatan kali ini Mas Nazmy ingin memperlihatkan isu mengenai  Jadwal Pendaftaran Penerimaan Taruna Baru STMKG Tahun Akademik 2019/2020

BlogNazmy - Dalam kesempatan kali ini Mas Nazmy ingin memperlihatkan isu mengenai Syarat dan Jadwal Pendaftaran Penerimaan Taruna Baru Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) Tahun Akademik 2019/2020.


Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) yaitu Perguruan Tinggi Kedinasan di lingkungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), yang mempersiapkan kader tenaga jago tingkat madya, guna mendukung kiprah Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika sebagai forum contoh utama di Indonesia dalam memperlihatkan isu meteorologi, klimatologi, geofisika, dan kualitas udara, yang secara teknis akademik, pembinaanya dilakukan oleh Menteri Pendidikan Nasional dan secara teknis operasional dilakukan oleh Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG), pada Tahun Akademik 2019/2020 mengundang para pemuda/pemudi Warga Negara Indonesia untuk mengikuti seleksi penerimaan menjadi Taruna Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika dengan ketentuan sebagai berikut:

A. Jenjang dan Program Studi
Jenjang Sarjana Terapan dengan aktivitas studi
Program Studi Taruna Taruni
Meteorologi 63 7
Klimatologi 27 3
Geofisika 27 3
Instrumentasi-MKG 120

B. Persyaratan Calon Taruna STMKG Tahun Akademik 2019/2020
1. Persyaratan Umum
  • Pria/Wanita, Warga Negara Indonesia
  • Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, sanggup berkacamata maksimal minus (-)2, spheris dan tidak silinder.
  • Umur tidak kurang dan 16 tahun dan tidak lebih dan 21 tahun pada tanggal 1 September 2019.
  • Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.
  • Bebas narkoba yang dibuktikan dengan tes kesehatan.
  • Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
  • Tinggi tubuh minimal 163 cm untuk laki-laki dan 155 cm untuk perempuan dengan berat tubuh seimbang.
  • Bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sesuai ketentuan yang berlaku semenjak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2. Persyaratan Akademik
  • Lulus / akan lulus SMA/Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA atau Sekolah Menengah kejuruan dengan kompetensi keahlian Teknik Elekfronika Industri, Teknik Mekafronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer dan Jaringan.
  • Lulus / akan lulus Sekolah Menengah kejuruan dengan kompetensi keahlian pada butir (a) tersebut hanya sanggup mendaftar untuk jurusan Instrumentasi-Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (MKG). Kompetensi keahlian selain pada butir (a) tersebut tidak sanggup diterima.
  • Bagi yang lulus sebelum tahun 2018, nilai ijazah untuk mata pelajaran Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 70 (skala 100).
  • Bagi yang akan lulus pada tahun 2019, nilai rapor untuk tiga semester terakhir (semester 3, 4, dan 5) pada mata pelajaran Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 70 (skala 100).

C. Tata Cara Pendaftaran
  1. Pendaftaran dilakukan secara online terintegrasi melalui portal Panitia Pendaftaran & Seleksi Sekolah Kedinasan https://dikdin.bkn.go.id dimulai tanggal 9 s.d 30 april 2019.
  2. Pendaftar harus terlebih dahulu yakin memenuhi seluruh syarat di bab B sebelum melaksanakan pendaftaran. Apabila ternyata tidak memenuhi persyaratan. registrasi tidak sanggup dibatalkan dan biaya registrasi yang telah disetorkan. tidak sanggup diambil kembali dengan alasan apapun.
  3. Tata cara pengisian formulir registrasi sanggup dilihat pada websde ==>> https://stmkg.ac.id dan akun media umum resmi STMKG (STMKG Official).
  4. Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 75.000,-, dan biaya pelaksanaan Seleksi Kompetensa Dasar (SKD) sebesar Rp 50000,- Tata cara pembayaran sanggup dibaca pada Ketentuan Pendaftaran PTB-STMKG-2019.

D. Jenis Seleksi
Seleksi terdiri atas 3 (tiga) tahap dengan sistem gugur :
  1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  2. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk mata pelajaran Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris
  3. Tes Kebugaran, Tes Kesehatan den Wawancara




E. Ketentuan Lain
  1. Tidak diadakan surat menyurat antara calon taruna dengan Panitia PTB STMKG
  2. Jika tetdapat pertanyaan mengenai penyelenggaraan PTB STMKG 2019 sanggup melalui helpdesk live chat https://stmkg.ac.id dan dilayani pada jam kerja 08.00 WIB - 18.00 WIB.
  3. Memperhatikan kebutuhan pelaksana kiprah jabatan yang akan dilaksanakan oleh calon Taruna/Taruni sehabis lulus yaitu pengamatan, pengelolaan dan pelayanan Informasi MKG 24 jam dalam seminggu (24/7), serta pemeliharaan alat BMKG. Maka jumlah gugusan Taruna yang diterima Tahun 2019 yaitu 250 orang dengan komposisi 90% laki-laki dan 10% perempuan untuk aktivitas studi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika serta 100% laki-laki untuk prodi instrumentasi-MKG.
  4. Hasil-hasil seleksi akan diumumkan melalui laman (website) STMKG https://stmkg.ac.id
  5. Biaya registrasi yang sudah disetorkan tidak sanggup ditarik kembali untuk alasan apapun.
  6. Keputusan Panitia PTB STMKG 2019 pada setiap tahapan bersifat final dan tidak sanggup diganggu gugat.

Semoga sebaran isu ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel