Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Download Buku Guru Bahasa Indonesia Untuk Sekolah Menengan Atas Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Download Buku Guru Bahasa Indonesia Untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XII Kurikulum 2013 Revisi 2018






Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan menunjukkan mengenai Buku Guru Bahasa Indonesia Untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XII Kurikulum 2013 Revisi 2018

Buku siswa maupun buku guru dikembangkan dengan berdasar kepada perkiraan bahwa berguru bahasa yaitu bagaimana cara siswa membangun pengalaman gres di clalam aktivitas berbahasa clan bersastra menurut pengalaman awalnya. Asumsi ini menekankan kepada prinsip bahwa sumber berguru bahasa yang otentik adaiah pengalaman.

Siswa akan berguru bahasa dengan baik kalau yang dipelajarinya terkait dengan apa yang telah diketahuinya. Piaget, misalnya, melalui teori skemanya menjelaskan bahwa perkembangan intelektual anak muncul melalui proses penciptaan pengetahuan gres menurut pengetahuan awal si anak.

Sulit dibayangkan bahwa kemampuan berbahasa dan bersastra siswa akan berkembang kalau mereka tidak mengalami pengetahuan atau pengalaman barunya dengan pengetahuan atau pengalaman yang dimiliki siswa atau guru. Artinya, berguru berbahasa dan bersastra itu akan lebih bermakna kalau para siswa mengalaminya, bukan hanya mengetahuinya. Pembelajaran yang demikian akan membuatkan kemampuan memecahkan problem dan membangun literasinya.

Buku teks pelajaran ini dirancang dengan berbasis teks dan pengalaman biar berguru bahasa Indonesia semakin meningkatkan kemampuan berbahasa dan bersastra melalui bermacam-macam teks. Untuk mendukung capaian tersebut buku ini juga dilengkapi dengan membiasakan siswa untuk membaca buku. Hal ini dimaksudkan biar literasi membaca tumbuh dengan baik. Para siswa harus tamat membaca buku paling sedikit 18 judul buku pengayaan (pengayaan pengetahuan, keterampilan, dan kepribadian), buku referensi, dan buku hasil penelitian.

Materi yang akan dipelajari di kelas XII SMA/MA dan SMK/MAK sederrajat meliputi surat lamaran, novel, editorial, dan artikel jurnal atau media massa cetak. Di samping itu, terdapat materi berupa buku yang wajib dibaca siswa dan guru secara terprogram.

Model penyajian buku memakai teks untuk tujuan-tujuan sosial dan fungsi komunikasi. Beberapa metode yang diterapkan di antaranya berguru berbasis metode ilmiah, berguru berbasis masalah, dan berguru berbasis tugas. Hal ini dimaksudkan biar isu-isu mutakhir kecakapan kurun ke-21, ibarat kemampuan berpikir kritis, inovatif, kreatif, dan kerja sama tumbuh dengan baik. Pembelajaran dimulai dengan pemahaman, pemodelan, dan pengungkapan informasi di balik teks secara berdikari maupun secara kolaboratif.

Aktivitas yang harus ditempuh berupa mengenal dan memahami teks, kemudian diakhiri dengan menyusun, membuat, atau memproduksi teks tersebut. Buku Guru berisi panduan pembelajaran bahasa Indonesia secara umum dan cara memakai buku teks secara khusus.

Setiap serpihan dalam buku teks Guru Bahasa Indonesia Kelas 12 Revisi 2018 ini meliputi hal-hal berikut.
  1. Pertama, klarifikasi wacana tujuan, struktur retorika, kebahasaan, dan lokasi sosial.
  2. Kedua, model teks dan telaah model teks.
  3. Ketiga, latihan dan tugas.
  4. Keempat, kiprah membaca buku.

Terlahirnya buku ini tidak terlepas dari donasi tenaga dan pikiran dari para penelaah. Dalam kesempatan ini kami mengucapkan beribu terima kepada Prof. Dr. Bambang Kaswanti Purwo (Un iversitas Atmajaya); Prof. Dr. Hasanuddin W.S. (Universitas Negeri Padang); Prof. Dr. Rapi Tang, M.S. (Universitas Negeri Makassar); Dr. Felicia N. Utorodewo, M.Si. (Universitas Indonesia); Dr. Dwi Purnanto (Universitas Sebelas Maret); dan Dr. Liliana Muliastuti (Universitas Negeri Jakarta) atas segala je rih-payah Bapak/ Ibu penelaah.

Buku ini merupakan buku guru yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku guru ini disusun dan ditelaah oleh aneka macam pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan ”dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari aneka macam kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui email buku@kemdikbud.go.id dibutuhkan sanggup meningkatkan kualitas buku ini.

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Mohamad Hamka, M.Si. yang telah memberi masukan dalam pengembangan Kompetensi Dasar ke dalam buku teks pelajaran. Teri ring doa semoga amal baik Bapak/Ibu akan mendapat pahala dari Tuhan Yang Maha Mengetahui. Untuk para siswa kami ucapkan selamat membaca dan menyebabkan buku ini sebagai serpihan dari upaya pencerdasan kehidupan bangsa.




Download Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XII Kurikulum 2013 Revisi 2018
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan biar mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran informasi Mengenai Buku Guru Bahasa Indonesia Untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XII Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel