Buku Siswa Pendidikan Agama Hindu Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Buku Siswa Pendidikan Agama Hindu Kelas  Buku Siswa Pendidikan Agama Hindu Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Download Buku Siswa Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Untuk SMA/SMK Kelas XII (12) Kutikulum 2013 Revisi 2018






Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan menunjukkan mengenai Buku Siswa Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Untuk SMA/SMK Kelas XII (12) Kutikulum 2013 Revisi 2018

Kurikulum 2013 dirancang biar penerima didik tidak hanya bertambah pengetahuannya, tetapi meningkat juga keterampilannya dan semakin mulia kepribadiannya. Ada kesatuan utuh antara kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Keutuhan ini perlu tercermin dalam pembelajaran agama.

Melalui pembelajaran pengetahuan agama dibutuhkan akan terbentuk keterampilan beragama dan terwujud sikap beragama siswa. Tentu saja sikap beragama yang berimbang, meliputi kekerabatan insan dengan Penciptanya dan kekerabatan insan dengan sekitarnya. Untuk memastikan keseimbangan ini, pelajaran agama perlu diberi pementingan khusus terkait dengan kebijaksanaan pekerti.

Hakikat kebijaksanaan pekerti ialah sikap atau sikap seseorang dalam hubungannya dengan Tuhan, diri sendiri, keluarga, masyarakat dan bangsa, serta alam sekitar. Jadi, pendidikan kebijaksanaan pekerti ialah perjuangan menanamkan nilai-nilai budbahasa ke dalam sikap dan sikap generasi bangsa biar mereka mempunyai kesantunan dalam berinteraksi.

Nilai-nilai moral/karakter yang ingin kita berdiri antara lain ialah sikap jujur, disiplin, bersih, penuh kasih sayang, punya kepenasaran intelektual, dan kreatif. Di sini pengetahuan agama yang dipelajari para siswa menjadi sumber nilai dan pencetus sikap mereka.

Sekadar contoh, diantara nilai kebijaksanaan pekerti dalam Hindu dikenal dengan Tri Marga
1. bakti kepada Tuhan, orangtua, dan guru;
2. karma, bekerja sebaik-baiknya untuk dipersembahkan kepada orang lain dan Tuhan;
3. Jnana, menuntut ilmu sebanyak-banyaknya untuk bekal hidup dan penuntun hidup dan

Tri Warga:
1. dharma, berbuat menurut atas kebenaran;
2. artha, memenuhi harta benda kebutuhan hidup menurut kebenaran, dan
3. karma, memenuhi impian sesuai dengan norma-norma yang berlaku.

Kata kuncinya, kebijaksanaan pekerti ialah tindakan, bukan sekedar pengetahuan yang harus diingat oleh para siswa, maka proses pembelajarannya seharusnya mengantar mereka dari pengetahuan perihal kebaikan, kemudian menyebabkan kesepakatan terhadap kebaikan, dan kesannya benar-benar melaksanakan kebaikan.

Buku ini menjabarkan perjuangan minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipakai dalam Kurikulum 2013, siswa diajak menjadi berani untuk mencari sumber mencar ilmu lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan acara pada buku ini sangat penting. Guru sanggup memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Sebagai edisi pertama, buku ini sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Untuk itu, kami mengundang para pembaca menunjukkan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas bantuan tersebut, kami ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita sanggup menunjukkan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

Buku ini merupakan Buku Siswa Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Untuk SMA/SMK Kelas XII (12) Kutikulum 2013 Revisi 2018 yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh aneka macam pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013.

Buku ini merupakan ”dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbarui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari aneka macam kalangan dibutuhkan sanggup meningkatkan kualitas buku ini.




Download Buku Siswa Pendidikan Agama Hindu Kelas 12
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan biar mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran informasi Mengenai Buku Siswa Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Untuk SMA/SMK Kelas XII (12) Kutikulum 2013 Revisi 2018 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel