Buku Siswa Pendidikan Agama Katolik Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Buku Siswa Pendidikan Agama Nasrani Kelas  Buku Siswa Pendidikan Agama Nasrani Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Download Buku Siswa Pendidikan Agama Nasrani dan Budi Pekerti Untuk Sekolah Menengan Atas Kelas XII (12) Kurikulum 2013 Revisi 2018






Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan menunjukkan mengenai Buku Siswa Pendidikan Agama Nasrani dan Budi Pekerti Untuk Sekolah Menengan Atas Kelas XII (12) Kurikulum 2013 Revisi 2018

Buku Pendidikan Agama Nasrani dan Budi Pekerti yang telah direvisi dan diselaraskan sesuai perkembangan Kurikulum 2013.

Agama terutama bukanlah soal mengetahui mana yang benar atau yang salah. Tidak ada gunanya mengetahui tetapi tidak melakukannya, menyerupai dikatakan oleh Santo Yakobus: “Sebab menyerupai badan tanpa roh yaitu mati, demikian jugalah kepercayaan tanpa perbuatan-perbuatan yaitu mati” (Yakobus 2:26). Demikianlah, mencar ilmu bukan sekadar untuk tahu, melainkan dengan mencar ilmu seseorang menjadi tumbuh dan berubah.

Tidak sekadar mencar ilmu kemudian berubah, tetapi juga mengubah keadaan. Begitulah Kurikulum 2013 dirancang semoga tahapan pembelajaran memungkinkan siswa berkembang dari proses menyerap pengetahuan dan mengembangkan keterampilan sampai memekarkan sikap serta nilai-nilai luhur kemanusiaan.

Pembelajaran agama diperlukan bisa menambah wawasan keagamaan, mengasah keterampilan beragama, dan mewujudkan sikap beragama akseptor didik yang utuh dan berimbang yang meliputi kekerabatan insan dengan Penciptanya, sesama manusia, dan insan dengan lingkungannya. Untuk itu, pendidikan agama perlu diberi pemfokusan khusus terkait dengan penanaman aksara dalam pembentukan akal pekerti yang luhur. Karakter yang ingin kita tanamkan antara lain: kejujuran, kedisiplinan, cinta kebersihan, cinta kasih, semangat berbagi, optimisme, cinta tanah air, kepenasaran intelektual, dan kreativitas.

Nilai-nilai aksara itu digali dan diserap dari pengetahuan agama yang dipelajari para siswa itu dan menjadi pelopor dalam pembentukan, pengembangan, peningkatan, pemeliharaan, dan perbaikan sikap anak didik semoga mau dan bisa melaksanakan tugas-tugas hidup mereka secara selaras, serasi, seimbang antara lahir-batin, jasmanirohani, material-spiritual, dan individu-sosial.

Selaras dengan itu, pendidikan agama Nasrani secara khusus bertujuan membangun dan membimbing akseptor didik semoga tumbuh berkembang mencapai kepribadian utuh yang semakin mencerminkan diri mereka sebagai gambar Allah, alasannya demikianlah “Allah membuat insan itu berdasarkan gambar-Nya, berdasarkan gambar Allah diciptakan-Nya dia” (Kejadian 1:27).

Sebagai makhluk yang diciptakan seturut gambar Allah, insan perlu mengembangkan sifat cinta kasih dan takut akan Allah, mempunyai kecerdasan, keterampilan, pekerti luhur, memelihara lingkungan, serta ikut bertanggung jawab dalam pembangunan masyarakat, bangsa, dan negara. [Sigit DK: 2013]

Buku pelajaran Pendidikan Agama Nasrani dan Budi Pekerti ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi-bagi dalam kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan siswa dalam perjuangan memahami pengetahuan agamanya. Akan tetapi pengetahuan agama bukanlah hasil tamat yang dituju. Pemahaman tersebut harus diaktualisasikan dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang sesuai dengan tuntunan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial.

Untuk itu, sebagai buku agama yang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, rencana pembelajarannya dinyatakan dalam bentuk aktivitas-aktivitas. Di dalamnya dirancang urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan siswa. Dengan demikian, buku ini menuntun apa yang harus dilakukan siswa bersama guru dan teman-teman sekelasnya untuk memahami dan menjalankan aliran kepercayaan Katolik.

Buku ini bukanlah satu-satunya sumber mencar ilmu bagi siswa. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, siswa didorong untuk mempelajari agamanya melalui pengamatan terhadap sumber mencar ilmu yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Lebih-lebih untuk usia sampaumur perlu ditantang untuk kritis sekaligus peka dalam menyikapi fenomena alam, sosial, dan seni budaya.

Peran guru sangat penting untuk menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersedian kegiatan yang ada pada buku ini. Penyesuaian ini antara lain dengan membuka kesempatan luas bagi kreativitas guru untuk memperkayanya dengan kegiatankegiatan lain yang sesuai dan relevan dengan daerah di mana buku ini diajarkan, baik mencar ilmu melalui sumber tertulis maupun mencar ilmu pribadi dari sumber lingkungan sosial dan alam sekitar.

Komisi Kateketik Konferensi Waligereja Indonesia sebagai forum yang bertanggung jawab atas aliran kepercayaan Nasrani berterima kasih kepada pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atas kolaborasi yang baik selama ini mulai dari proses penyusunan kurikulum sampai penulisan buku teks pelajaran ini.

Buku ini merupakan Buku Siswa Pendidikan Agama Nasrani dan Budi Pekerti Untuk Sekolah Menengan Atas Kelas XII (12) Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh aneka macam pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013.

Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbarui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari aneka macam kalangan diperlukan sanggup meningkatkan kualitas buku ini.




Download Buku Siswa Pendidikan Agama Nasrani Kelas 12
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan semoga mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran informasi Mengenai Buku Siswa Pendidikan Agama Nasrani dan Budi Pekerti Untuk Sekolah Menengan Atas Kelas XII (12) Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel