Buku Siswa Pendidikan Agama Khonghucu Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Buku Siswa Pendidikan Agama Khonghucu Kelas  Buku Siswa Pendidikan Agama Khonghucu Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Download Buku Siswa Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Untuk SMA/SMK Kelas XII Kurikulum 2013 Revisi 2018






Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan mengenai Buku Siswa Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Untuk SMA/SMK Kelas XII Kurikulum 2013 Revisi 2018

Kurikulum 2013 dirancang biar penerima didik tidak hanya bertambah pengetahuannya, tetapi meningkat juga keterampilannya dan semakin mulia kepribadiannya. Ada kesatuan utuh antara kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Keutuhan ini perlu tercermin dalam pembelajaran agama.

Melalui pembelajaran pengetahuan agama dibutuhkan akan terbentuk keterampilan beragama dan terwujud sikap beragama siswa. Tentu saja sikap beragama yang berimbang, meliputi kekerabatan insan dengan Penciptanya dan kekerabatan insan dengan sekitarnya. Untuk memastikan keseimbangan ini, pelajaran agama perlu diberi pemfokusan khusus terkait dengan akal pekerti.

Hakikat akal pekerti yaitu sikap atau sikap seseorang dalam hubungannya dengan Tuhan, diri sendiri, keluarga, masyarakat dan bangsa, serta alam sekitar. Jadi, pendidikan akal pekerti yaitu perjuangan menanamkan nilai-nilai adab ke dalam sikap dan sikap generasi bangsa biar mereka mempunyai kesantunan dalam berinteraksi. Nilai-nilai moral/karakter yang ingin kita bangkit antara lain yaitu sikap jujur, disiplin, bersih, penuh kasih sayang, punya kepenasaran intelektual, dan kreatif.

Di sini pengetahuan agama yang dipelajari para siswa menjadi sumber nilai dan pencetus sikap mereka. Sekadar contoh, di antara nilai akal pekerti dalam anutan Konghucu dikenal Wu Chang (lima sifat kekekalan/mulia), Wu Lun (lima kekerabatan sosial), dan Ba De (delapan kebajikan). Mengenai Wu Chang, Kong Hu Cu menegaskan bahwa siapa sanggup memasukkan lima hal ke dalam kebiasaan di mana pun di bawah langit akan menjadi orang yang berbudi luhur. Saat ditanya apa saja kelima hal tersebut, ia menjawab, “Cinta kasih, keberagaman, kesusilaan, kebijaksanaan, sanggup dipercaya.

Apabila kau berlaku sopan, kau tidak akan dihina; bila kau murah hati kau akan memenangkan orang banyak; bila kau setia, orang lain akan mempercayaimu; bila kau tekun, kau akan berhasil; dan bila kau baik hati, kau akan memimpin orang lain” (A 17.6). Kata kuncinya, akal pekerti yaitu tindakan, bukan sekadar pengetahuan yang harus diingat oleh para siswa, maka proses pembelajarannya mesti mengantar mereka dari pengetahuan ihwal kebaikan, kemudian menjadikan kesepakatan terhadap kebaikan, dan hasilnya benar-benar melaksanakan kebaikan.

Buku Pendidikan Agama Konghucu dan Budi Pekerti Kelas XII ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi-bagi dalam kegiatankegiatan keagamaan yang harus dilakukan siswa dalam perjuangan memahami pengetahuan agamanya. Tidak berhenti dengan memahami, tapi pemahaman tersebut harus diaktualisasikan dalam tindakan nyata dan sikap keseharian sesuai dengan tuntunan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial.

Untuk itu, sebagai buku agama yang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, rencana pembelajarannya dinyatakan dalam bentuk aktivitas-aktivitas. Urutan pembelajaran dinyatakan dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan siswa. Dengan demikian, materi buku ini bukan untuk dibaca, didengar, ataupun dihafal oleh siswa maupun guru, melainkan untuk menuntun apa yang harus dilakukan siswa bersama guru dan teman-teman sekelasnya dalam memahami dan menjalankan anutan agamanya.

Buku ini bukanlah satu-satunya sumber mencar ilmu bagi siswa. Sesuai dengan pendekatan yang dipakai dalam Kurikulum 2013, siswa diberanikan untuk mempelajari agamanya dengan mengamati sumber mencar ilmu yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru sangat penting untuk menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan yang ada pada buku ini. Guru sanggup memperkayanya secara kreatif dengan kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dengan daerah buku ini diajarkan, baik mencar ilmu melalui sumber tertulis maupun mencar ilmu eksklusif dari sumber lingkungan sosial dan alam sekitar.

Sebagai edisi pertama, buku ini sangat terbuka dan terus dilakukan perbaikan untuk penyempurnaan. Oleh alasannya itu, kami mengundang para pembaca memperlihatkan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas donasi tersebut, kami mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita sanggup memperlihatkan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

Buku ini merupakan Buku Siswa Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Untuk SMA/SMK Kelas XII Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh aneka macam pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, d an dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013.

Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbarui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari aneka macam kalangan dibutuhkan sanggup meningkatkan kualitas buku ini.




Download Buku Siswa Pendidikan Agama Khonghucu Kelas 12
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan biar mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran informasi Mengenai Buku Siswa Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Untuk SMA/SMK Kelas XII Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel