Download Buku Panduan Marketing Lks Daring Smk Tahun 2019

 Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan mengenai  Download Buku Panduan Marketing Lomba Kompetensi Siswa Daring Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2019

Download Kisi-Kisi Soal Lomba Kegiatan Siswa (LKS) Jenjang Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2019 di Bidang Lomba Panduan Marketing (LKS Daring)






Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan mengenai Kisi-Kisi Soal Lomba Kegiatan Siswa (LKS) Jenjang Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2019 di Bidang Lomba Panduan Marketing (LKS Daring)

Direktorat Pemblnaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidlkan dan Kebudayaan senantiasa memperbaiki kualitas pendidikan dengan menyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, ketika kini diera revolusllndustri 4.0, kita antisipasi dan persiapkan siswa untuk bisa mengejar mutu yang dipersyaratkan sehingga siap kerja sesual keterampilan baik didalam maupun diluar negeri.

Untuk mewujudkan pemenuhan kebutuhan pasar kerja tersebut, siswa Sekolah Menengah kejuruan harus mempunyai keahlian maupun keterampilan kurun ke-21 sebagai bab dari proses pengembangan sumber daya insan (SDM), maka pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) harus bisa menghasilkan lulusan yang bisa berpartisipasi dan membuat lapangan kerja bagi masyarakat dan bisa memperlihatkan keahlian dan daya saing dikancah naslonal maupun internasional.

Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah kejuruan merupakan wahana bagi siswa Sekolah Menengah kejuruan untuk mengasah abjad positif, produktif, kreatif, dan inovatif, memotivasi siswa Sekolah Menengah kejuruan untuk meningkatkan keahlian sesuai standar dunia industri, mendorong produktivitas siswa Sekolah Menengah kejuruan untuk bisa bekerja secara optimal dan menghasilkan produk inovatlf, mengetahui peta kualltas dan kemampuan Sekolah Menengah kejuruan diseluruh Indonesia sesuai standar dunia perjuangan industri, mempromosikan performa kerja siswa Sekolah Menengah kejuruan dan meningkatkan gambaran SMK, meningkatkan kerjasama yang lebih intensif antara forum pendidikan (SMK) dengan dunia usaha/dunia industri (DUDI), asosiasi profesi dan banyak sekali pihak lainnya, menjalin persahabatan dan kerjasama secara nasional maupun internasional dalam membangun pendidikan menengah kejuruan, memperlihatkan kesempatan dan motivasi kepada siswa Sekolah Menengah kejuruan untuk berkompetisi secara positf, menyediakan sarana pengembangan dan legalisasi keunggulan kerja bagi siswa Sekolah Menengah kejuruan yang mempunyai kompetensi sesuai dengan tuntutan dunia kerja, melibatkan publik dan ekosistem pendidikan dan kebudayaan untuk berpartisipasi aktif sehingga tercipta kebersamaan serta proses akulturasi kebudayaan.

Pada tahun 2019 ini, Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah kejuruan Tingkat Nasional XXVII diselenggarakan pada tanggal 07 s.d. 13 Juli 2019 di Yogyakarta. Bidang kompetensi yang akan dilombakan mencakup 29 jenis bidang lomba. Selain lomba, juga dlselenggarakan acara pendukung lainnya menyerupai festival produk penemuan unggulan hasil karya siswa SMK, workshop, pelatihan, pentas seni dan budaya, gerakan literasi sekolah (GLS), sertifikasi dan Kewirausahaan.

Penyusunan dokumen Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah kejuruan Tingkat Nasional XXVII ini telah melibatkan tugas akademisi, praktisi dari pakar dunia perjuangan dan dunia industri serta alumni penerima World Skill Competiton (WSC) biar Soal Lomba Kompetensi Siswa yang dihasilkan berkualitas sesuai perkembangan dunia industri/dunia usaha. Sehingga penerima Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah kejuruan Tingkat Nasional XXVII tahun 2019 mempunyai kompetensi keahlian yang sesuai dengan standar kebutuhan industri.

Menguji keterampilan siswa/i Sekolah Menengah kejuruan Pemasaran dalam melaksanakan acara pemasaran baik secara luring maupun daring mulai dari membuat taktik pemasaran sampai implementasi dari taktik yang dibentuk melalui case study dari DUDI sehingga DUDI mengetahui kualitas dari siswa/i jurusan Pemasaran dalam membuat taktik dan implementasinya dilapangan.

Selain keterampilan dalam membuat taktik pemasaran dan implementasinya, lomba ini juga bertujuan untuk menguji ketrampilan siswa/i Sekolah Menengah kejuruan Pemasaran dalam memperlihatkan presentasi penjualan kepada pelanggan.

Lomba terbuka bagi siswa SMK jurusan Pemasaran (yang masih aktif) di seluruh indonesia. (Dibuktikan dengan melampirkan berkas manajemen sekolah berupa rapor, kartu siswa, dll)

Lomba dilakukan secara team beranggotakan 2 orang dari satu sekolah yang sama. Lomba dilakukan dalam 3 tahap:
  • Tahap 1 : Strategi Marketing
  • Tahap 2 : Implementasi Strategi Marketing
  • Tahap simpulan di lokasi penyenggaraan Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah kejuruan 2019

Pendaftaran dilakukan secara online melalui website psmk.kemdikbud.go.id/pendaftaran-lomba-lks-online dan akan ditutup tanggal 22 Januari 2019

Jadwal Tahapan Lomba

7 Januari 2019 Video conference klarifikasi format lomba
22 Januari 2019 Penutupan registrasi lomba
25 Januari 2019 Pengumuman Peserta Lomba & Penjelasan Tugas Tahap 1
28 Januari – 28 Februari 2019 Periode Pelaksanaan Tahap 1
1 - 8 Maret 2019 Seleksi penjurian tahap 1
11 Maret 2019 Pengumuman penerima yang lolos seleksi tahap 1 via website
Video conference untuk penerima lomba tahap 2
12 Maret – 3 Mei 2019 Periode Pelaksanaan Tahap 2
6 - 10 Mei 2019 Seleksi penjurian tahap 2
15 Mei 2019 Pengumuman penerima yang lolos seleksi tahap 2 via website
9 - 11 Juli 2019 Pelaksanaan Final di Yogyakarta

Seleksi Lomba Marketing (LKS Daring)

A. TAHAP 1 : STRATEGI MARKETING
  1. Setiap Peserta Lomba akan dijelaskan materi Strategi Marketing dalam bentuk video sebagai materi yang akan menjadi dasar dalam membuat taktik marketing
  2. Setiap Peserta akan diberikan study case mengenai :
    • E-Commerce astraotoshop.com
    • Produk lokal yang diusulkan oleh penerima yang disetujui oleh panitia
  3. Berikut ini contoh kategori sebuah produk merupakan produk lokal atau bukan :
    • Produk terbuat dari materi yang berasal dari dalam negeri
    • Tenaga kerjanya berasal dari dalam negeri
    • Produk tersebut memakai brand lokal
    • Diproduksi dari kota dimana Sekolah Menengah kejuruan penerima Lomba Kompetensi Siswa Marketing berasal.
  4. Setelah itu penerima membuat taktik yang sempurna dengan memakai taktik marketing yang diberikan dalam menyebarkan :
    • Awareness dari astraotoshop.com
    • Distribusi dan penjualan produk lokal yang telah ditetapkan dari masing-masing peserta
  5. Strategi dibentuk dalam bentuk materi presentasi power point dan diberikan kepada panitia Lomba Kompetensi Siswa Marketing via email ke pesertadidiksmk@kemdikbud.go.id dengan subject Peserta Lomba Kompetensi Siswa Marketing – (SMK Asal Anda)
  6. Ukuran File Power Point maksimal 20 MB
  7. Penilaian dibagi dalam 2 macam:
    • Strategi Marketing bobot nilai 50 poin
    • Kreativitas bobot nilai 50 poin
  8. Setiap Peserta yang mendapat nilai minimal 70 poin akan lolos ke tahap 2

B. TAHAP 2 : IMPLEMENTASI STRATEGI MARKETING
  1. Setiap Peserta Lomba yang lolos di tahap 1 diminta untuk mengimplementasikan taktik marketing yang telah mereka buat
  2. Dalam implementasi ada 2 hal yang akan dinilai :
    • Aktivitas Marketing secara daring dan luring
    • Hasil Kegiatan Marketing, berupa :
    • a) Astraotoshop : Peningkatan awareness dari website astraotoshop.com
    • b) Produk Lokal : Hasil Penjualan dan kepuasan pelanggan
  3. Laporan Aktivitas Marketing yang dilakukan dan hasil peningkatan awareness dan penjualan diberikan kepada panitia dalam bentuk file yang di share melalui flash disk kirim ke SUBDIT PESERTA DIDIK DIREKTORAT PEMBINAAN Sekolah Menengah kejuruan KEMDIKBUD Gedung E Lantai 12 Up. Laila Nasyaliyah
  4. Setiap Aktivitas Marketing yang dilakukan wajib mention ke akun @pesertadidik.smk dan @lksmarketing dengan hashtag #lksmarketing
  5. Penilaian dibagi dalam 2 macam:
    • Aktivitas Marketing bobot nilai 60 poin
    • Hasil Peningkatan Awareness dan Penjualan serta Kepuasan Pelanggan bobot nilai 40 poin
  6. Aktivitas Marketing dan sasaran awareness astraotoshop.com akan dinilai melalui
    • Pembuatan Konten Kreatif untuk mempromosikan astraotoshop.com baik secara luring maupun daring
    • Publikasi Konten Kreatif melalui website, social media dan banyak sekali media daring
    • Publikasi Website astraotoshop.com melalui acara luring menyerupai pameran, edukasi, sosialisasi dan banyak sekali acara lainnya
    • Kuantitas dan kualitas berupa like, share dan respons positif
    • Testimony dari pelanggan yang mengunjungi website astraotoshop.com
  7. Aktivitas Marketing dan sasaran penjualan produk lokal akan dinilai melalui
    • Pembuatan Konten Kreatif untuk mempromosikan produk lokal
    • Publikasi Konten Kreatif melalui website, social media dan banyak sekali media online.
    • Aktivitas festival secara luring untuk mempromosikan dan mendapat hasil penjualan
    • Hasil penjualan yang didapat melalui banyak sekali acara yang dilakukan
    • Testimony dari pelanggan yang membeli produk lokal
  8. Dari seluruh penerima akan dipilih 10 penerima terbaik perwakilan dari 10 provinsi yang akan masuk ke tahap simpulan di Yogyakarta

C. TAHAP 3 : FINAL
  1. Setiap Peserta Lomba yang masuk simpulan akan diberikan daerah festival untuk melaksanakan :
    • Astraotoshop.com ==>> edukasi dan sosialisasi biar pengunjung mengetahui astraotoshop.com
    • Produk local ==>> Mempromosikan dan menjual produk
  2. Dalam simpulan event ada 3 hal yang akan dinilai :
    • Jumlah pengunjung yang hadir di festival dengan mengisi daftar bolos (buku ataupun versi digital)
    • Cara mempresentasikan produk dan melaukan edukasi terhadap pengunjung yang hadir
    • Untuk astraotoshop.com jumlah yang membuka dan mengunjungi astraotoshop.com sedangkan untuk produk lokal : jumlah unit yang terjual. Setiap pengunjung yang membuka astraotoshop.com dan membeli produk wajib posting photo dan mention ke IG @lksmarketing @pesertadidik.smk dengan hashtag #lksmarketing2019
  3. Dari 10 penerima akan dipilih 3 juara terbaik

TATA TERTIB LOMBA

Untuk kelancaran dan keberhasilan lomba di tahap Final dipersyaratkan sebagai berikut:
  • Peserta akan menjaga dan berjualan di daerah yang telah ditetapkan selama 1 hari ( daerah festival dan jam ditentukan lebih lanjut)
  • Peserta hadir minimal lima belas menit sebelum lomba dimulai
  • Mengenakan pakaian rapi dan sopan serta memakai tanda penerima lomba
  • Peserta lomba dan juri menandatangani daftar hadir yang disediakan Panitia
  • Peserta membuat form prospek untuk pelanggan yang hadir dipameran
  • Selama mengikuti lomba berlangsung tidak diperkenankan meninggalkan arena lomba tanpa ijin panitia
  • Pada ketika lomba berlangsung, penerima tidak diperbolehkan berkomunikasi dengan sesama penerima lomba, pembimbing, kecuali dengan pelanggan dan panitia
  • Turut memelihara kelestarian, kebersihan dan ketertiban dilingkungan acara LKS
  • Selalu memperhatikan dan mengikuti instruksi, peraturan dan tata tertib yang dikeluarkan oleh panitia
  • Keputusan juri bersifat simpulan dan tidak sanggup diganggu gugat
  • Hasil lomba menjadi milik panitia penyelenggara
  • Bagi Pengunjung/Pemantau tidak diperkenankan berkomunikasi dengan penerima lomba, serta diperlukan sanggup menjaga ketenangan ruangan lomba.




Download Kisi-Kisi Soal Lomba Kompetensi Siswa SMK: Panduan Marketing (LKS Daring)
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan biar mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran isu Mengenai Kisi-Kisi Soal Lomba Kegiatan Siswa (LKS) Jenjang Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2019 di Bidang Lomba Panduan Marketing (LKS Daring) ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel