Download Juknis Kepala Tk Berdedikasi Tahun 2019

Petunjuk Teknis Penilaian Kepala Taman Kanak Download Juknis Kepala Taman Kanak-kanak Berdedikasi Tahun 2019

Petunjuk Teknis Penilaian Kepala Taman Kanak-Kanak (TK) Berdedikasi Tahun 2019


Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan mengenai Petunjuk Teknis Penilaian Kepala Taman Kanak-Kanak (TK) Berdedikasi Tahun 2019

Guru dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-kanak (TK) merupakan tenaga pendidikan yang mempunyai kiprah strategis dalam peningkatan mutu pendidikan nasional. Pelaksanaan kiprah Guru dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-kanak di tempat khusus sering terhambat oleh keterbatasan infrastruktur dan kondisi sosial.

Oleh alasannya yakni itu Guru dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-kanak yang telah banyak berkorban dengan ikhlas dan bisa bertahan dalam melakukan kiprah di tempat khusus patut diberi penghargaan oleh pemerintah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan memperlihatkan perhatian yang sungguh-sungguh kepada Guru dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-kanak di tempat khusus.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Guru dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-kanak atas dedikasinya yang tinggi, pengabdian dan kesetiaannya kepada lembaga, serta atas jasanya kepada negara dan karya nyatanya yang bermanfaat dalam memecahkan permasalahan pada pelaksanaan tugasnya sebagai Guru dan Tenaga Kependidikan TK.

Salah satu arah kebijakan pemerintah dalam pembangunan nasional ketika ini yakni pembangunan tempat khusus yang mencakup tempat dengan kondisi masyarakat terpencil, tempat perbatasan dengan negara lain, serta tempat yang mengalami peristiwa atau tempat yang berada dalam keadaan darurat. Prinsip “membangun dari pinggiran” yang diterapkan pemerintah ketika ini mendorong tempat khusus menjadi prioritas pembangunan.

Anak-anak usia dini yang berdomisili di tempat khusus berhak mendapat pelayanan pendidikan yang berkualitas. Karena itu di tempat tersebut harus ada Kepala Taman Kanak-kanak yang bisa melakukan kiprah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi penerima didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal. Tentunya Kepala Taman Kanak-kanak tersebut harus mempunyai kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial.

Kepala Taman Kanak-kanak yang terbaik, terhebat, dan tertangguh dalam berdedikasi di tempat khusus layak diberi penghargaan. Oleh alasannya yakni itu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD dan Dikmas menyelenggarakan pemilihan Kepala Taman Kanak-kanak berdedikasi di tempat khusus.

Tujuan Petunjuk Teknis Kepala Taman Kanak-kanak Berdedikasi yakni sebagai berikut:
  • Sebagai teladan bagi juri, penyelenggara, dan penerima untuk melakukan acara pemilihan Kepala Taman Kanak-kanak berdedikasi di tempat khusus
  • Sebagai teladan bagi pihak terkait dalam melakukan pemantauan dan pengawasan acara pemilihan Kepala Taman Kanak-kanak berdedikasi di tempat khusus.

Tema: "Penguatan Karakter GTK PAUD dan Dikmas Melalui Karya Nyata"
Topik: “Aktualisasi Dedikasi Kepala Taman Kanak-kanak dalam Penguatan Karakter di Daerah Khusus”

Persyaratan Peserta Lomba Kepala Taman Kanak-kanak Berdedikasi

  1. Berstatus sebagai Kepala Taman Kanak-kanak (TK), baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau non-PNS, dibuktikan dengan SK Pengangkatan.
  2. Memiliki masa pengabdian sebagai Kepala Taman Kanak-kanak minimal 2 (dua) tahun secara berturut-turut pada satuan TK, dibuktikan dengan surat peryataan bermeterai 6000 (Lampiran 4)
  3. Berusia maksimal 56 tahun, dibuktikan dengan fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) atau identitas lainnya yang sah.
  4. Bertugas sebagai Kepala Taman Kanak-kanak di tempat khusus, Daerah khusus dimaksud merujuk pada pengertian abjad F.2
  5. Minimal berkualifikasi pendidikan S-1/D-IV, dibuktikan dengan fotokopi ijazah terakhir yang dilegalisir oleh pihak berwenang.
  6. Memiliki masa pengabdian sebagai Kepala Taman Kanak-kanak di tempat khusus minimal dua tahun secara berturut-turut, dibuktikan dengan SK pengangkatan pertama hingga SK terakhir.
  7. Peserta yang dikirim ke tingkat nasional yakni anjuran Dinas Pendidikan Provinsi
  8. Sehat jasmani dan rohani dan tidak dalam keadaan hamil, dibuktikan dengan surat keterangan dokter (asli). Apabila penerima tetap berangkat mengikuti acara maka penyelenggara tidak bertanggung jawab jikalau terjadi kondisi yang tidak diinginkan.
  9. Menyerahkan pas foto terbaru dan berwarna ukuran 4x6 sebanyak 1 (satu) lembar.
  10. Menandatangani pernyataan keaslian karya kasatmata di atas meterai 6000 (Lampiran 2)
  11. Menandatangani pernyataan belum pernah mendapat sanksi/hukuman disiplin di atas meterai 6000 (Lampiran 3)
  12. Menyerahkan deskripsi diri tertulis wacana pengabdian dan pengalaman yang dilakukan untuk pendidikan anak usia dini yang bisa mencakup jarak/letak geografis tempat kerja, masa pengabdian, kondisi sosial ekonomi masyarakat, kiprah dan keberhasilan dalam memperlihatkan pemahaman akan pentingnya pendidikan di masyarakat serta karya kasatmata disertai dokumentasi/foto/video terkait dengan kiprah yang dilaksanakan.


Petunjuk teknis penilaian Kepala Taman Kanak-kanak berdedikasi di tempat khusus tahun 2019 ini merupakan teladan bagi penyelenggara dan tim juri dalam pemilihan Guru Taman Kanak-kanak dan Kepala Taman Kanak-kanak berdedikasi di tempat khusus pada tingkat kabupaten/kota/provinsi dan tingkat nasional.

Kami mengharapkan supaya pelaksanaan penilaian Guru Taman Kanak-kanak dan Kepala Taman Kanak-kanak berdedikasi di tempat khusus pada tahun 2019 ini lebih berkualitas, baik dalam pelaksanaan maupun hasilnya, sehingga sanggup mempercepat tercapainya standar mutu pendidikan nasional.




Download Juknis Kepala Taman Kanak-kanak Berdedikasi
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan supaya mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran gosip Mengenai Juknis Kepala Taman Kanak-kanak Berdedikasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel