Download Kkm Smp/Mts Dan Sma/Ma Kurikulum 2013

 Pada kesempatan ini aku akan menunjukkan salah satu perangkat pembelajaran yang sangat ba Download KKM SMP/MTs dan SMA/MA Kurikulum 2013

Download Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Jenjang SMP/MTs Kelas 7,8 dan 9 Serta SMA/MA Kelas 10,11 dan 12 Kurikulum 2013 Revisi


Blognazmy - Pada kesempatan ini aku akan menunjukkan salah satu perangkat pembelajaran yang sangat banyak di butuhkan oleh para pendidik khususnya guru mata pelajaran yang mempunyai kiprah sebagai pengajar di sekolahnya.

Perangkat pembelajaran yang akan aku bahas kali ini yakni perangkat pembelajaran Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Jenjang SMP/MTs Kelas 7,8 dan 9 Serta SMA/MA Kelas 10,11 dan 12 Kurikulum 2013 Revisi.

KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) merupakan kriteria batas nilai paling rendah yang diberikan kepada penerima didik mencapai ketuntasan KKM biasanya sudah ditetapkan pada awal tahun pedoman gres dan biasanya beberapa satuan pendidikan mempunyai aksara yang sama.

Untuk memilih KKM tersebut harus mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata penerima didik itu sendiri serta kemampuan sumber daya pendukung ibarat contohnya sarana prasarana dan lain sebagainya.

Biasanya setiap mata pelajaran mempunyai nilai KKM yang berbeda-beda tergantung dari tingkat kesulitan, saran dan lain sebagainya. Berikut beberapa langkah untuk memilih KKM :
  1. Hitunglah jumlah Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran setiap kelas.
  2. Tentukan kekuatan / nilai untuk setiap aspek / komponen sesuai dengan kemampuan masing-masing aspek.
    • Aspek kompleksitas. Semakin komplek (sukar) KD maka nilainya semakin rendah, dan semakin gampang KD maka nilainya semakin tinggi.
    • Aspek sumber daya pendukung (sarana). Semakin tinggi sumber daya pendukung maka nilainya semakin tinggi.
    • Aspek intake. Semakin tinggi kemampuan awal siswa (intake) maka nilainya semakin tinggi pula.
  3. Jumlah nilai setiap komponen, selanjutnya dibagi tiga untuk memilih KKM setiap KD.
  4. Jumlahkan seluruh KKM KD, selanjutnya dibagi dengan jumlah KD untuk memilih KKM mata pelajaran
  5. KKM setiap mata pelajaran pada setiap kelas tidak sama, tergantung pada kompleksitas KD, daya dukung, dan potensi siswa.

Download KKM IPS Terpadu SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi

01. Download KKM Kelas 7
02. Download KKM Kelas 8
03. Download KKM Kelas 9





Semoga sebaran isu Mengenai KKM IPS Terpadu Jenjang SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel