Download Makalah Identifikasi Materi Pengawet Sintesis

Makalah Identifikasi Bahan Pengawet Sintetis Download Makalah Identifikasi Bahan Pengawet Sintesis

Download Makalah Bahan Pengawet Tentang Identifikasi Bahan Pengawet Sintetis






Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan menawarkan mengenai Makalah Bahan Pengawet Tentang Identifikasi Bahan Pengawet Sintetis

Makalah ialah karya tulis yang memuat pedoman perihal suatu problem atau topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif. Makalah tersebut ditulis untuk disajikan dalam lembaga ilmiah atau tugas-tugas terstruktur.

Makalah merupakan salah satu jenis karangan yang mempunyai ciri atau sifat ilmiah yaitu: objektif, tidak memihak, menurut fakta, sistematis, dan logis.Nah akibatnya kita mengerti akan pengertian makalah.

Jenis-Jenis Makalah

Berikut ini jenis-jenis makalah yang sanggup anda simak di bahwa ini:
  • Jenis makalah deduktif
  • Makalah dedukatif merupakan makalah yang tulisannya didasarkan pada kajian teoretis (pustaka yang relevan dengan problem yang dibahas)
  • Jenis makalah induktif
  • Makalah induktif merupakan makalah yang disusun menurut data empiris, diperoleh dari lapangan yang relevan dengan problem yang dibahas.
  • Jenis makalah campuran
  • Makalah adonan merupakan makalah yang penulisannya didasarkan pada kajian teoretis digabung data empiris yang relevan dengan problem yang dibahas.

Susunan Makalah

Secara umum, struktur makalah terdiri dari :
  1. Cover / Bagian Sampul Makalah.
  2. Kata Pengantar
  3. Daftar Isi
  4. BAB I Pendahuluan : Latar Belakang, Rumusan Masalah, Maksud dan Tujuan
  5. BAB II Pembahasan
  6. BAB III Penutup
  7. Daftar Pustaka
  8. Lampiran

Isi Makalah Identifikasi Bahan Pengawet Sintetis


KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT, sebab berkat taufiq dan hidayah-Nya lah penulisan paper ini sanggup diselesaikan. Paper ini disusun sebagai salah satu syarat untuk mengikuti UN (Ujian Nasional) di Madrasah Aliyah Manba’ul Hikam Putat Tanggulangin Sidoarjo.

Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabatnya yang telah membimbing kita dari jalan kegelapan menuju jalan yang terang benderang.

BAB I : PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Perkembangan zaman memotivasi ide-ide gres yang membuat terobosan-terobosan mutakhir baik dalam bentuk penemuan maupun discovery. Perkembangan ini tentu membawa insan pada banyak sekali macam kemajuan. Diantaranya ialah kemajuan di bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan, bioteknologi, bisnis, dsb. Kemajuan-kemajuan ini memang ada kalanya baik bagi insan dan ada kalanya bersifat merusak. Baik disini berarti sanggup menawarkan manfaat untuk kehidupan insan dan lingkungannya. Dan apabila dikatakan merusak (destroy) sebab sanggup berdampak negatif bagi kehidupan insan beserta lingkungannya.

Salah satu kemajuan yang mempunyai dua dampak faktual dan negatif ialah kemajuan di bidang bisnis kuliner dan minuman instan (siap saji) baik dalam bentuk kalengan maupun dalam bentuk botolan/juga sachetan. Dalam makanan/minuman ini biasanya terdapat zat pengawet (preservatives). Bahan pengawet (preservatives) ini dicampurkan dalam makanan/minuman instan semoga sanggup memperpanjang daya tahan makanan/minuman. Kebanyakan makanan/minuman yang beredar di pasaran sanggup bertahan hingga beberapa bulan, bahkan sanggup hingga 1 tahun. Namun ada satu alasan lagi, mengapa para produsen makanan/minuman mencampurkan materi pengawet dalam produk mereka. Sebenarnya, hal ini dilakukan semoga rasa makanan/minuman itu menjadi lebih yummy dan warnanya pun menjadi lebih menarik, sehingga konsumen merasa tertarik untuk membelinya.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang problem di atas, maka rumusan problem dalam paper ini ialah sebagai berikut :
1. Sebutkan beberapa jenis materi pengawet sintetis yang biasa dipakai dalam produk kuliner selain boraks dan formalin !
2. Sebutkan beberapa jenis materi pengawet sintetis yang biasa dipakai dalam produk minuman selain boraks dan formalin !
3. Berapakah ambang batas dari pengawet sintetis selain boraks dan formalin di dalam badan insan ?
4. Bagaimana dampak yang ditimbulkan oleh materi pengawet sintetis bila dikonsumsi secara berlebihan ?

C. Tujuan dan Manfaat
Dari rumusan problem di atas, maka tujuan dan manfaat penulisan paper ini ialah sebagai berikut :
1. Untuk mengidentifikasi beberapa jenis materi pengawet sintetis yang biasa dipakai dalam produk kuliner selain boraks dan formalin.
2. Untuk mengidentifikasi beberapa jenis materi pengawet sintetis yang biasa dipakai dalam produk minuman selain boraks dan formalin.

D. Metode Penulisan
Metode penelitian dalam penulisan paper ini memakai metode study teks (study kepustakaan) yang merupakan acara penelusuran dan penelaahan literatur.

E. Sistematika Penulisan
Pada penulisan paper yang berjudul “Identifikasi Bahan-Bahan Pengawet Sintetis pada Makanan dan Minuman Beserta Pengaruhnya Terhadap Kesehatan” ini tersusun atas 4 bab

BAB II : KAJIAN TEORI

A. Jenis-jenis Bahan Pengawet Sintetis
1. Bahan pengawet yang diizinkan namun kurang kondusif dalam makanan
Beberapa zat pengawet berikut diindikasikan mengakibatkan imbas negatif bila dikonsumsi oleh individu tertentu, semisal yang alergi atau dipakai secara berlebihan.

B. Bahan Pengawet Yang Tidak Aman Dalam Makanan/Minuman
Beberapa zat pengawet berikut merupakan zat pengawet berbahaya bagi kesehatan bila dikonsumsi, sebab materi pengawet ini bersifat toksin (racun) dalam tubuh.

C. Ambang Batas Pengawet Sintetis Dalam Tubuh Manusia
Pengawet merupakan materi yang ditambahkan untuk mencegah atau menghambat terjadinya kerusakan/pembusukan makanan/minuman. Dengan penambahan pengawet tersebut, produk makanan/minuman dibutuhkan sanggup terpelihara kesegarannya. Akan tetapi, penggunaannya tentu harus mengikuti dosis yang dibenarkan. Lantaran itu masyarakat perlu memahami label yang tertera pada kemasan. Sayangnya, pada label kemasan produk banyak yang tidak dicantumkan atau dijelaskan perihal komposisi materi pengawet yang digunakan. Kalaupun dicantumkan, klarifikasi biasanya ditulis dengan karakter yang sangat kecil sehingga sulit dibaca, atau memakai bahasa absurd sehingga tidak gampang dipahami oleh konsumen.

D. Pengaruh Bahan Pengawet Sintetis Terhadap Kesehatan
Beberapa zat pengawet di bawah ini merupakan zat pengawet yang diizinkan oleh BPOM tetapi bila dipakai secara berlebihan sanggup mempengaruhi kesehatan badan manusia.

BAB III : PENYAJIAN DATA, ANALISIS DAN PEMECAHAN MASALAH

A. Penyajian Data
Berdasarkan hasil penelitian Komite Masyarakat Anti Bahan Pengawet (Kombet) yang disupervisi oleh Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan (LP3ES) Jakarta dilakukan di tiga laboratorium, yakni di Sacufindo Jakarta, M-Brio Bogor, dan Bio-Farmaka Bogor. Ada zat pengawet yang dicari dalam produk kemasan, yakni natrium benzoat dan kalium sorbat. Riset tersebut dilakukan pada tanggal 17 Oktober hingga 3 Nopember 2006.

B. Analisis Data dan Pemecahan Masalah
Bahan pengawet pada kuliner dan minuman berfungsi menekan pertumbuhan mikroorganisme yang merugikan, menghindarkan oksidasi kuliner sekaligus menjaga nutrisi kuliner semoga tetap baik. Natrium benzoat dikenal juga dengan nama sodium benzoat atau soda benzoat. Bahan pengawet ini merupakan garam asam sodium benzoic, yaitu lemak tidak jenuh ganda yang telah disetujui penggunaannya oleh FDA dan telah dipakai oleh para produsen kuliner dan minuman selama lebih dari 80 tahun.

BAB IV : PENUTUP

A. Kesimpulan
Dari uraian dan pembahasan paper di atas, sanggup ditarik kesimpulan

B. Saran-saran
1. Bagi seluruh masyarakat hendaknya lebih jeli dalam melihat label kemasan makanan/minuman yang mengandung materi pengawet tertentu.
2. Para andal di bidang kesehatan hendaknya selalu aktif dalam menawarkan informasi kepada masyarakat perihal adanya materi pengawet sintetis dalam makanan/minuman dan bukan cenderung menutup-nutupinya.

DAFTAR PUSTAKA

Administrator. 2007. Pengawet dan Bahayanya. http://www.halalguide.info.id.2007
Aryulina, Diah, dkk. 2004. Biologi SMA. Jakarta : Erlangga.
Boediharjo, Sri Durjati. 2007. Bahan Pengawet. http://kimia.upi.edu/utama/bahan-ajar/kuliah-web/2007/evi%20w/data%20pengawet.pdf
Fadli. 2007. Menelisik Minuman Isotonik. https://soalujianbaru.blogspot.com//search?q=how-car-donation-can-get-you-tax-credit?url=aHR0cHM6Ly9kb2NzLmdvb2dsZS5jb20vdWM/ZXhwb3J0PWRvd25sb2FkJmlkPTFlWTQ5MUFLUDdPdnVkVUZHZ25KcXY1WkZMQlVUcXpqQg==" target="_blank">Download Makalah Identifikasi Bahan Pengawet Sintetis
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan semoga mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran informasi Mengenai Makalah Identifikasi Bahan Pengawet Sintetis ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel