Download Perangkat Instrumen Pemetaan Buku Jenjang Sd, Smp, Sma Dan Smk Terbaru

Instrumen Pemetaan Buku Pendidikan Dasar dan Menengah Download Perangkat Instrumen Pemetaan Buku Jenjang SD, SMP, Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan Terbaru

Download Perangkat Instrumen Pemetaan Buku Pendidikan Dasar dan Menengah Jenjang SD, SMP, Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan Terbaru pdf






Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan menawarkan mengenai Perangkat Instrumen Pemetaan Buku Pendidikan Dasar dan Menengah Jenjang SD, SMP, Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan Terbaru

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 28 Tahun 2016 perihal Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah dalam pasal 6 ayat (2) dinyatakan bahwa siklus aktivitas memetakan mutu pendidikan di tingkat satuan pendidikan menurut Standar Nasional Pendidikan; menciptakan perencanaan peningkatan mutu yang dituangkan dalam Rencana Strategis Pembangunan Pendidikan; dan memfasilitasi pemenuhan mutu di seluruh satuan pendidikan pada Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) Pendidikan Dasar dan Menengah dikembangkan dan dilaksanakan secara berkelanjutan oleh Pemerintah bekerja sama dengan Pemda sesuai dengan kewenangannya.

Pemerintah membuatkan sistem informasi mutu pendidikan untuk mendukung proses pemetaan mutu pendidikan yang mengintegrasikan seluruh data dan informasi perihal mutu pendidikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Pemetaan mutu pendidikan menurut data dan informasi dalam sistem informasi mutu pendidikan dilakukan oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dibantu Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan bekerja sama dengan Pemda dan sekolah.

Instrumen pemetaan mutu pendidikan dasar dan menengah disusun mengacu delapan komponen standar nasional pendidikan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan, instrumen pengukuhan yang disusun oleh Badan Akreditasi Nasional dan peraturan terkait lainnya. Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan terdiri atas panduan umum, kuesioner pemetaan, petunjuk teknis pengisian kuesioner pemetaan, formulir data pokok pendidikan dan rapor peta mutu pendidikan. Kelima dokumen ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

Oleh sebab itu, diperlukan kepada seluruh pihak yang berkepentingan dalam pemetaan mutu pendidikan dasar dan menengah untuk mempelajari dan memahami perangkat instrumen ini.

Bedasarkan sumber data dan informasi, instrumen pemetaan mutu disusun dalam dua jenis ialah kuesioner pemetaan mutu dan formulir data pokok pendidikan. Data dan informasi untuk formulir data pokok pendidikan diambil dari rekam data sekolah yang ada pada Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. Data dan informasi untuk kuesioner pemetaan mutu perlu dihimpun kembali ke sekolah.

Sekolah melaksanakan aktivitas pemetaan mutu melalui Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dan memberikan hasil penilaian tersebut dalam bentuk data dan informasi sesuai dengan instrumen pemetaan mutu yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dengan ketentuan yang ada.

Data dan informasi dikirim ke sistem informasi mutu pendidikan untuk diolah menjadi peta mutu yang memuat capaian pemenuhan terhadap standar nasional pendidikan untuk disampaikan kepada sekolah, pemerintah tempat dan pemerintah pusat.

Peta mutu dianalisa lebih lanjut sehingga sanggup dipakai sebagai contoh perencanaan pendidikan oleh sekolah, pemerintah tempat dan sentra sehingga upaya pemenuhan mutu pendidikan berjalan sinergis sebab berasal dari sumber data dan informasi yang sama.

DIMANA PEMETAAN MUTU DILAKSANAKAN?
  • Pemetaan mutu dilaksanakan di sekolah melalui aktivitas Evaluasi Diri Sekolah.
  • Pemetaan mutu pada level kewilayahan dilakukan oleh pemerintah tempat dan sentra dengan menghimpun hasil penilaian diri sekolah melalui instrumen pemetaan mutu yang dikembangkan Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah Tingkat 4 Sekolah Menengah Kejuruan oleh pemerintah sentra dengan proteksi aplikasi pengumpulan data terpadu berbasis komputer yang ada di sekolah (DAPODIK) dan dikirim ke sistem informasi mutu pendidikan.
  • Pengolahan dan penyajian hasil pemetaan mutu dilakukan oleh sistem informasi milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

KAPAN PEMETAAN MUTU DILAKSANAKAN?
  • Pengumpulan data dan informasi dilakukan selama kurang lebih 4 bulan (Juni – September).
  • Peta mutu pendidikan sebagai hasil pengolahan data dan informasi yang dihimpun dilakukan dan disajikan pada sistem informasi mutu pendidikan sehabis proses pengumpulan data dan informasi selesai.




Download Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu Jenjang SD Terbaru
Download Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu Jenjang Sekolah Menengah Pertama Terbaru
Download Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu Jenjang Sekolah Menengan Atas Terbaru
Download Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu Jenjang Sekolah Menengah kejuruan Terbaru
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan semoga mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran informasi Mengenai Perangkat Instrumen Pemetaan Buku Pendidikan Dasar dan Menengah Jenjang SD, SMP, Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan Terbaru ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel