Se Dan Anutan Lomba Menulis Artikel Perihal Narkoba

Download Pedoman Pelaksanaan Lomba Menulis Artikel Pembelajaran Tentang Pencegahan Peredar SE dan Pedoman Lomba Menulis Artikel Tentang Narkoba

Download Pedoman Pelaksanaan Lomba Menulis Artikel Pembelajaran Tentang Pencegahan Peredaran Narkoba Di Sekolah Tahun 2019






Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan mengenai Pedoman Pelaksanaan Lomba Menulis Artikel Pembelajaran Tentang Pencegahan Peredaran Narkoba Di Sekolah Tahun 2019

Lomba Menulis ialah kompetisi menulis di kalangan guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, sebagai wahana untuk melatih mengungkapkan pemikiran atau hasil penelitiannya dalam bentuk goresan pena yang sistematis dan metodologis wacana pencegahan peredaran narkoba di sekolah. Tulisan dibentuk dalam bentuk artikel yang berisi gagasan (ide) atau praktik baik dalam upaya pencegahan peredaran narkoba di sekolah. Karya tersebut diseleksi guna mendapat 3 (tiga) pemenang untuk jenjang SMA, Sekolah Menengah kejuruan dan 3 (tiga) pemenang untuk jenjang Pendidikan Khusus.

Narkotika ialah zat atau obat yang berasal dari tumbuhan atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semisintetis, yang sanggup mengakibatkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi hingga menghilangkan rasa nyeri, dan sanggup menjadikan ketergantungan, yang dibedakan ke dalam golongan-golongan sebagaimana terlampir dalam Undang-Undang ini (UU RI No. 35 Tahun 2009). Narkoba mempunyai kepanjangan yakni narkotika, psikotropika, obat-obatan terlarang, dan zat adiktif.

Peredaran narkotika dan obat-obat berbahaya (narkoba) di Indonesia beberapa tahun terakhir ini menjadi duduk kasus serius dan telah mencapai keadaan yang memprihatinkan dan menjadi duduk kasus nasional. Korban penyalahgunaan narkoba telah meluas sedemikian rupa sehingga melampaui batas-batas strata sosial, umur, jenis kelamin.

Maraknya peredaran narkotika di masyarakat dan besarnya imbas jelek serta kerugian baik kerugian ekonomi maupun kerugian sosial yang ditimbulkannya membuka kesadaran aneka macam kalangan untuk menggerakkan perang terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya (narkoba).

Narkoba ialah gosip yang kritis dan rumit yang tidak bisa diselesaikan oleh hanya satu pihak saja. Karena narkoba bukan hanya duduk kasus individu namun duduk kasus semua orang. Mencari solusi yang sempurna merupakan sebuah pekerjaan besar yang melibatkan dan memobilisasi semua pihak baik pemerintah, forum swadaya masyarakat (LSM) dan komunitas lokal. Adalah sangat penting untuk bekerja bersama dalam rangka melindungi anak dari ancaman narkoba dan memperlihatkan alternatif kegiatan yang bermanfaat seiring dengan menjelaskan kepada bawah umur wacana ancaman narkoba dan konsekuensi negatif yang akan mereka terima.

Anak-anak membutuhkan informasi, strategi, dan kemampuan untuk mencegah mereka dari ancaman narkoba atau juga mengurangi imbas dari ancaman narkoba dari pemakaian narkoba dari orang lain. Salah satu upaya dalam penanggulangan ancaman narkoba ialah dengan melaksanakan acara yang menitikberatkan pada anak usia sekolah (school-going age oriented).

Tujuan kegiatan Lomba Menulis Artkel ini ialah sebagai berikut:
  1. menggali dan menuliskan artikel/gagasan (idea) wacana Pencegahan Peredaran Narkoba di Sekolah;
  2. menuangkan hasil praktik baik (best practices) wacana Pencegahan Peredaran Narkoba di Sekolah;
  3. meningkatkan kesadaran akan ancaman pecandu narkoba di kalangan guru pendidikan menengah dan pendidikan khusus.

Biaya kegiatan Lomba Menulis Artkel ini dibebankan pada Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2019 Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kriteria Naskah Lomba Menulis Artkel

  1. Artikel harus memenuhi kriteria pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) guru, yaitu Asli, Perlu, Ilmiah, dan Konsisten (APIK)
  2. Artikel asli/orisinal atau bukan plagiat dan tidak melanggar UU Hak Cipta serta belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba lain dilampiri Surat pernyataan penulis mengenai keaslian dan belum pernah dipublikasikan dibubuhi meterai Rp 6.000,- (contoh terlampir)
  3. Artikel harus mencantumkan identitas penulis, nama, telepon kantor/HP, email, bidang keahlian, alamat kantor dan kota domisili
  4. Jumlah kata terdiri dari 3.000 s.d 5.000 kata (tidak termasuk gambar, abstrak, daftar isi, daftar tumpuan dan lampiran)
  5. Menggunakan kertas ukuran A4 dengan marjin kiri dan atas 4 cm; marjin kanan dan bawah 3 cm
  6. Huruf Tahoma, ukuran font 11, dengan spasi 1,15 dengan format PDF

Persyaratan Peserta Lomba Menulis Artkel

Persyaratan Peserta Lomba Menulis Artikel wacana Pencegahan Peredaran Narkoba di Sekolah ialah sebagai berikut.
  • Guru Jenjang SMA/SMK/Sekolah Pendidikan Khusus
  • Tercatat di Dapodik Kemendikbud yang dibuktikan dengan tangkapan layar (Screenshot) dan dilegalisir oleh Dinas Pendidikan Provinsi.
  • Karya dilampiri lembar pengakuan yang ditandatangani oleh Pejabat Pembina Guru pada Dinas Pendidikan Provinsi/Perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi
  • Peserta hanya diperbolehkan mengirimkan 1 (satu) artikel untuk diikutsertakan dalam lomba

Jadwal Lomba Menulis Artkel

Kegiatan Waktu
Pendaftaran dan Pengiriman Artikel Online 2 Mei – 31 Mei 2019
Penilaian Artikel 20 Mei – 10 Juni 2019
Penetapan Pemenang 24 – 26 Juni 2019

Hadiah dan Penghargaan Lomba Menulis Artkel

  1. Hadiah bagi pemenang setiap kategori
    • Pemenang I: Hadiah uang Rp 15.000.000,00
    • Pemenang II: Hadiah uang Rp 12.500.000,00
    • Pemenang III: Hadiah uang Rp 10.000.000,00
    • Hadiah dipotong pajak senilai ketentuan
    • Hadiah uang akan ditransfer ke rekening Pemenang
  2. Bagi Pemenang I setiap kategori akan diberikan 1 (satu) buah laptop
  3. Penghargaan
    • Kepada Pemenang akan diberikan Sertifikat sebagai Pemenang 1, 2, 3
    • Kepada finalis akan diberikan Sertifikat Finalis

Informasi Penyelenggaraan Lomba Menulis Artikel wacana Pencegahan Peredaran Narkoba di Sekolah







01. Download Surat Edaran Lomba Menulis Artikel Tentang Narkoba
02. Download Pedoman Lomba Menulis Artikel Tentang Narkoba
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan semoga mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran informasi Mengenai Pedoman Pelaksanaan Lomba Menulis Artikel Pembelajaran Tentang Pencegahan Peredaran Narkoba Di Sekolah Tahun 2019 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel