Download Aliran Lomba Inobel Guru Dikmen & Diksus Tingkat Nasional Tahun 2019

Download Pedoman Lomba Karya Onovasi Pembelajaran  Download Pedoman Lomba INOBEL Guru Dikmen & Diksus Tingkat Nasional Tahun 2019

Download Pedoman Lomba Karya Onovasi Pembelajaran (INOBEL) Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus (Dikmen Dan Diksus) Tingkat Nasional Tahun 2019






Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan menawarkan mengenai Pedoman Lomba Karya Onovasi Pembelajaran (INOBEL) Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus (Dikmen Dan Diksus) Tingkat Nasional Tahun 2019

Menghadapi masa revolusi industri 4.0, guna mewujudkan visi indonesia menjadi top 10 ekonomi dunia pada tahun 2030 pemerintah Indonesia menyiapkan peta jalan Making Indonesia 4.0. Salah satu kegiatan prioritas yakni peningkatan SDM.

Sumber daya insan merupakan hal yang penting untuk mencapai kesuksesan pelaksanaan Making Indonesia 4.0. Indonesia berencana untuk merombak kurikulum pendidikan dengan lebih menekankan pada STEAM (Science, Technology, Engineering, the Arts, dan Mathematics), dengan menyelaraskan kurikulum pendidikan nasional dengan kebutuhan di masa mendatang.

Peningkatan SDM tidak terlepas dari kiprah guru dalam pembelajarannya. Di masa revolusi industri 4.0 guru diharapkan sanggup membuat pembelajaran yang semakin kreatif dan inovatif, serta berhasil membuatkan aneka macam model pembelajaran yang mengarah pada kompetensi critical thinking, creativity, collaboration, and communication.

Peningkatan kreativitas dan penemuan guru dalam pembelajaran maka diharapkan aneka macam upaya. Salah satu upaya peningkatan yang dilakukan yakni diselenggarakannya Lomba Inovasi Pembelajaran (Inobel) bagi Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Tingkat Nasional Tahun 2019.

Lomba Inovasi Pembelajaran dipandang menjadi sangat penting dan diharapkan alasannya hal ini akan memacu guru-guru untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi. Lomba Inovasi Pembelajaran diyakini sanggup menggerakkan, menyemangati, dan mendorong guru untuk meningkatkan prestasi dan pada gilirannya berdampak pada kualitas proses dan hasil berguru siswa.

Tujuan Pedoman Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Tingkat Nasional Tahun 2019 ini disusun sebagai pola bagi panitia penyelenggara dan akseptor lomba. Terselenggaranya Lomba Inovasi Pembelajaran dengan lancar tertib dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Inovasi Pembelajaran (INOBEL) yakni suatu gagasan, praktik, strategi, metode, teknik, bahan, model pembelajaran, teknologi sempurna guna, karya seni, dan perangkat pembelajaran yang gres dan/atau mempunyai kebaruan, serta bisa memecahkan dilema pembelajaran.

Sedangkan Lomba Karya Inovasi Pembelajaran yakni kegiatan lomba yang diikuti oleh guru SMA, SMK, dan Sekolah Pendidikan Khusus untuk berkompetisi pada tingkat nasional dalam penyusunan karya inovatif. Karya inovatif tersebut diharapkan bisa memecahkan perkara dalam proses pembelajaran sesuai dengan kiprah dan fungsi guru untuk meningkatkan mutu hasil berguru akseptor didik.

Persyaratan Peserta Lomba INOBEL Guru Dikmen dan Diksus

  1. guru SMA/SMK/Sekolah Pendidikan Khusus;
  2. memiliki NUPTK;
  3. Tercatat di DAPODIK Kemdikbud;
  4. melampirkan surat rekomendasi mengikuti lomba dari Kepala Sekolah;
  5. belum pernah menjadi juara 1, 2, atau 3 tingkat nasional pada lomba untuk guru yang diselenggarakan oleh Kesharlindung Dikmen dan Diksus dua tahun terakhir (2017 – 2018);
  6. tidak sedang bertugas sebagai Kepala Sekolah atau sedang dalam proses pengangkatan sebagai Kepala Sekolah atau sedang dalam transisi alih kiprah ke unit kerja di luar satuan pendidikan.

Tata Cara Pendaftaran

  1. pendaftaran secara online pada laman https://kesharlindung.pgdikmen.kemdikbud.go.id;
  2. waktu registrasi mulai tanggal 13 Mei s.d. 20 Juni 2019;
  3. setiap akseptor hanya diijinkan mengirim 1 (satu) naskah karya ilmiah inovatif;
  4. mengirimkan anjuran dan persyaratan lainnya secara online melalui laman https://kesharlindung.pgdikmen.kemdikbud.go.id/;

Persyaratan Proposal

  1. bukan merupakan hasil penelitian skripsi, tesis, atau disertasi;
  2. metode penelitian sanggup memakai penelitian tindakan, eksperimen, dan Penelitian dan Pengembangan/Research and Development (R&D);
  3. memenuhi sistematika penulisan dan kelengkapan pendukung sesuai persyaratan yang telah ditentukan dalam pedoman;
  4. format PDF;
  5. karya penemuan harus orisinil (karya akseptor bukan plagiat);
  6. Hanya diijinkan mengirim 1 (satu) naskah karya ilmiah inovatif;
  7. Belum pernah diikutkan dalam aneka macam lomba;
  8. jumlah halaman anjuran 10-15 halaman tidak termasuk lampiran.




01. Download Surat Edaran Lomba INOBEL Guru Dikmen Dan Diksus
02. Download Pedoman Lomba INOBEL Guru Dikmen Dan Diksus Tingkat Nasional
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan biar mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran informasi Mengenai Pedoman Lomba Karya Onovasi Pembelajaran (INOBEL) Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus (Dikmen Dan Diksus) Tingkat Nasional Tahun 2019 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel