Unduh Juknis Derma Tahfidz Al-Qur'an Ptki Tahun 2019

 Tentang Petunjuk Teknis Beasiswa Tahfidz Al Unduh Juknis Bantuan Tahfidz Al-Qur'an PTKI Tahun 2019

Keputusan Dirjen Pendis Nomor 7241 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Teknis Beasiswa Tahfidz Al-Qur'an Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Tahun Anggaran 2019






Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan menunjukkan mengenai Keputusan Dirjen Pendis Nomor 7241 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Teknis Beasiswa Tahfidz Al-Qur'an Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Tahun Anggaran 2019

Sesuai Keputusan Dirjen Pendis bahwa dalam rangka pengembangan mahasiswa yang menghafalkan Al Qur’an maka dipandang perlu menyelenggarakan Beasiswa Tahfidz Qur’an Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Tahun Anggaran 2019;

Agar Beasiswa Tahfidz Qur’an Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Tahun Anggaran 2019 diberikan sempurna sasaran, sempurna jumlah dan sempurna waktu, perlu dibentuk petunjuk teknis;

Berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam kalimat diatas, perlu menetapkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam wacana Petunjuk Teknis Beasiswa Tahfidz Qur’an Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Tahun Anggaran 2019;

Tantangan perguruan tinggi termasuk di dalamnya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) kian hari makin komplek, ditengah arus globalisasi, ilmu pengetahuan dan teknologi dan masalah-masalah gerakan transnasional yang tumbuh berkembang di Indonesia. Dibutuhkan pemahaman Islam yang moderat, toleran dan tenang yang digali dari Al-Qur’an, Hadits dan sumbersumber keagamaan Islam lainnya. Profil lulusan PTKI yang tidak saja cerdas intelektualnya namun juga emosional dan budpekerti sangat dibutuhkan.

Arah pembangunan Pendidikan Tinggi Islam ialah semoga mempunyai basis budaya riset sehingga bisa menghasilkan lulusan yang Islamidan unggul dalam mengintegrasikan keilmuan dengan nilai keislaman, dilandasi penyelenggaraan pendidikan yang selaras dengan prinsip good governance, terintegrasi dengan pelatihan kepribadian, dan pengembangan jaringan akademis, yang dilaksanakan melalui Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS).

Dalam kontek menghasilkan lulusan yang Islami dan unggul dalam mengintegrasikan keilmuan dengan nilai keislaman tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menyelenggarakan banyak sekali program, salah satunya kegiatan Bantuan Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an bagi kalangan Mahasiswa PTKI. Program ini merupakan langkah afirmasi Kementerian Agama RI terhadap mahasiswa yang sedang dan telah menghafal Al-Qur’an yang tersebar di PTKI.

Melalui kegiatan ini diperlukan para mahasiswa termotivasi, terinspirasi untuk gemar menghafal dan menuntaskan hafalannya hingga tuntas 30 juz. Ini penting semoga PTKI kian hari kian bermutu, utamanya pada penguasaan bidang hafidzul quran.

Maksud dan Tujuan Program Beasiswa Tahfidz Qur'an

Maksud penyelenggaraan Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an (BTQ) bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) ialah meningkatkan pemahaman dan penguasaan ilmu-ilmu ke-Islaman khususnya bidang tahfidzul Alquran sehingga sanggup meningkatkan keimanan, ketaqwaan dan kepribadian mahasiswa Islam.

Sedangkan tujuan Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) ialah sebagai berikut:
  • Memberikan apresiasi dan penghargaan kepada mahasiswa yang telah dan sedang menghafal Al-Qur’an;
  • Memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk menjaga nilai-nilai ke-Islaman dan meningkatkan kapasitas mahasiswa PTKI dalam menghafal Al- Qur’an;
  • Meningkatkan kualitas akademik mahasiswa penghafal Al-Qur’an di lingkungan PTKI sehingga bisa bersaing dengan mahasiswa lainnya;
  • Mendorong PTKI untuk membuatkan iklim kehidupan kampus yang sanggup mendukung berkembangnya mahasiswa yang menghafalkan Al-Qur’an.

Tujuan Petunjuk Teknis Program Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an ini ialah untuk:
  • Menstandarisasi pelaksanaan Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an di lingkungan PTKI;
  • Meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan kegiatan Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an di lingkungan PTKI;
  • Mempermudah dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian kegiatan Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an di PTKI.

Sasaran Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an ialah mahasiswa yang sedang menghafal Al Qur’an pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang berada di lingkungan Kementerian Agama.

Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an PTKIN diberikan oleh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UIN, IAIN dan STAIN) kepada mahasiswa yang sedang menghafal Al-Qur’an.

Sedangkan Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an PTKIS diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam kepada mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) yang sedang menghafal Al-Qur’an minimal 10 Juz.

Bentuk tunjangan Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an ialah tunjangan pemerintah berupa beasiswa yang diberikan dalam bentuk uang dan bersifat stimulant kepada mahasiswa yang sedang menghafal Al-Qur’an.

Persyaratan Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an

Persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta sebagai peserta Bantuan Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an PTKI Tahun 2019 adalah:
  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Mendaftar secara online melalui website www.diktis.kemenag.go.id bagi peserta beasiswa Tahfidz PTKIS. Adapun prosedur registrasi Beasiswa Tahfidz pada PTKIN diserahkan sepenuhnya kepada PTKIN masing-masing;
  3. Telah mempunyai hafalan Al-Qur’an minimal 10 Juz untuk beasiswa tahfidz PTKIS. Sedangkan untuk batas minimum beasiswa tahfidz pada PTKIN diserahkan sepenuhnya kepada PTKIN masing-masing;
  4. Mahasiswa aktif Strata 1 (S1) atau Diploma 3 (D3) dan mempunyai Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih aktif.
  5. Fotokopi ijazah atau surat keterangan (bermaterai) dari ustadz/Guru/Kyai yang mengambarkan mahasiswa tersebut hafizh Al Qur’an minimal 10 Juz.
  6. Mahasiswa menandatangani Pakta Integritas.
  7. Mahasiswa tidak terlibat dalam organisasi atau aktifitas anti Pancasila dan NKRI.
  8. Dokumen Pencairan, yaitu fotokopi buku rekening dan surat keterangan/referensi dari bank yang menyatakan bahwa rekening mahasiswa calon peserta tunjangan tersebut benar dan masih aktif.




Download Juknis Bantuan Tahfidz Al-Qur'an PTKI
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan semoga mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran gosip Mengenai Juknis Bantuan Tahfidz Al-Qur'an PTKI TA 2019 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel