Kalender Pendidikan 2019/2020 Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar)

 Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan mengenai  Kalender Pendidikan 2019/2020 Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar)

Kalender Pendidikan (Kaldik) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) Tahun Pelajaran 2019/2020





Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan mengenai Kalender Pendidikan (Kaldik) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) Tahun Pelajaran 2019/2020

Kalender Pendidikan 2019/2020 Provinsi Kalimantan Barat. Kalender pendidikan ialah pengaturan waktu untuk acara pembelajaran penerima didik selama satu tahun anutan yang meliputi permulaan tahun pelajaran, ahad efektif belajar, waktu pembelajaranefektif dan hari libur. Kurikulum satuan pendidikan pada setiap jenis dan jenjang diselenggarakan dengan mengikuti kalender pendidikan pada setiap tahun ajaran.

Rambu-rambu penyusun Kalender Pendidikan bagi sekolah-sekolah dalam lingkungan pelatihan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah diatur dalam Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2017 Tanggal 12 Juni Tahun 2017 perihal hari sekolah.

Dalam Keputusan tersebut telah disampaikan penetapan waktu mengenai :
- Pembagian buku raport
- Libur semester
- Akhir tahun pelajaran / kenaikan kelas
- Penerimaan penerima didik baru
- Permulaan tahun pelajaran
- Dan hal-hal lain terkait dengan hari efektif berguru di sekolah

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional tersebut dimaksudkan untuk memperlihatkan pedoman bagi para kepala sekolah dalam mengatur penyelenggaraan sekolah selama satu tahun pelajaran berjalan, selain untuk mewujudkan keserasian langkah antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sambas dengan seluruh sekolah negeri dan swasta dalam lingkungan Pembinaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sambas dalam melakukan acara berguru mengajar.

Oleh alasannya ialah itu, kami mengharapkan biar kepala sekolah dan seluruh abdnegara pendidikan dalam lingkungan pelatihan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sambas sanggup melakukan Kalender Pendidikan 2019/2020 Provinsi Kalimantan Barat ini dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab.

Berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sambas Nomor : 107 Tahun 2019 bahwa sehubungan akan berakhirnya tahun pelajaran 2019/2020, tentunya diharapkan langkahlangkah persiapan menjelang dimulainya tahun pelajaran 2019/2020.

Dalam Kalender Pendidikan 2019/2020 Provinsi Kalimantan Barat ini yang dimaksud dengan:
  1. Dinas ialah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sambas.
  2. Kepala dinas ialah kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sambas.
  3. Pendidikan nasional ialah pendidikan yang menurut Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia, dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman.
  4. Sistem Pendidikan Nasional ialah keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.
  5. Penyelenggaraan pendidikan ialah sistem pengelolaan yang meliputi seluruh acara pendidikan formal dan pendidikan nonformal.
  6. Kurikulum tingkat satuan pendidikan yang selanjutnya disingkat KTSP ialah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan.
  7. Kurikulum 2013 (K-13) ialah kurikulum yang berlaku dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Kurikulum ini merupakan kurikulum tetap diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan Kurikulum 2006.
  8. Peserta didik ialah anggota masyarakat yang berusaha membuatkan dirinya melalui proses pendidikan pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu.
  9. Satuan Pendidikan ialah kelompok layanan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan pada jalur formal, nonformal, dan informal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan.
  10. Kalender pendidikan ialah pengaturan waktu untuk acara pembelajaran penerima didik selama satu tahun pelajaran.
  11. Awal tahun pelajaran ialah waktu dimulainya acara pembelajaran pada awal tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan.
  12. Minggu efektif berguru ialah jumlah ahad acara pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan.
  13. Hari berguru efektif ialah jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk acara pengembangan diri.
  14. Hari libur ialah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan acara pembelajaran bersiklus pada satuan pendidikan yang dimaksud. Waktu libur sanggup berbentuk jeda tengah semester, jeda antar semester, libur selesai tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, dan hari libur khusus.

Berdasarkan Kalender Pendidikan 2019/2020 Provinsi Kalimantan Barat perihal Formula dan Akhir Tahun Pelajaran ialah sebagai berikut :
  • Tahun pelajaran 2019/2020 dimulai hari Senin, 15 Juli 2019 dan berakhir pada hari Sabtu 20 Juni 2020;
  • Semester ganjil dimulai hari Senin, 15 Juli 2019 dan berakhir pada hari Sabtu, 21 Desember 2019;
  • Semester genap dimulai hari Senin, 6 Januari 2020 dan berakhir pada hari Sabtu, 20 Juni 2020.

Selanjutnya informasi yang kami dapatkan Kalender Pendidikan 2019/2020 Provinsi Kalimantan Barat perihal Kegiatan Proses Pembelajaran ialah sebagai berikut :
01. Pada awal tahun pelajaran, sekolah wajib mempunyai :
  • Rencana Kerja Sekolah (RKS) terdiri dari Pemetaan Mutu Pendidikan, Analisis Konteks, Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM), Rencana Kerja Tahunan (RKT), dan Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS),
  • Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Dokumen I);
  • Program Supervisi;
02. Pada awal tahun pelajaran, guru wajib mempunyai :
  • Program Tahunan, Program Semester, dan Pengembangan Silabus;
  • Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP);
  • Program Perbaikan (Remedial) dan Pengayaan (Enrichment); dan
  • Program Ekstrakurikuler/Pengembangan Diri.

Selanjutnya menurut Kalender Pendidikan 2019/2020 Provinsi Kalimantan Barat Penilaian pendidikan dilaksanakan mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 perihal Standar Penilaian Pendidikan dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 tahun 2018 perihal evaluasi hasil berguru oleh satuan pendidikan dan evaluasi hasil berguru oleh pemerintah.

Sekolah, kepala sekolah dan guru wajib memiliki, mempelajari dan menerapkan regulasi terkait acara evaluasi pendidikan. Penilaian pendidikan meliputi :
  • Ulangan Harian/Penilaian Harian;
  • Ulangan Tengah Semester/ Penilaian Tengah Semester;
  • Ulangan Akhir Semester/ Penilaian Akhir Semester;
  • Ujian Sekolah/Ujian Sekolah Berstandar Nasional; dan
  • Ujian Nasional.

Sebagaimana yang kita ketahui dari Kalender Pendidikan 2019/2020 Provinsi Kalimantan Barat pada hari-hari libur sekolah. Untuk libur Semester di antaranya ialah sebagai berikut :
  • Semester 1 (satu) selama 10 (sepuluh) hari mulai hari Senin tanggal 23 Desember 2019 hingga dengan hari Sabtu tanggal 4 Januari 2020;
  • Semester 2 (dua) disebut libur panjang selama 18 (delapan belas ) hari mulai hari Senin 22 Juni 2020 hingga dengan hari Sabtu 11 Juli 2020;

Berikut ini Kalender Pendidikan Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat Tahun Pelajaran 2019/2020



Download Kalender Pendidikan Tahun 2019/2020 Provinsi Kalimantan Barat

Setiap satuan pendidikan baik negeri maupun swasta wajib menyusun kalender pendidikan yang mengacu pada kalender tahun pelajaran 2019/2020 yang disusun oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sambas. Mengenai Kalender Pendidikan 2019/2020 Provinsi Kalimantan Barat silahkan download pada link yang sudah kami sediakan di bawah ini.




Download Kalender Pendidikan 2019/2020 Provinsi Kalimantan Barat
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan biar mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran informasi Mengenai Kalender Pendidikan 2019/2020 Provinsi Kalimantan Barat ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel