Download Soal Ukk Seni Budaya Smp / Mts Kelas 9 Kurikulum 2013 Tahun 2019
Contoh Soal UKK SMP/MTs Kelas 9 Mata Pelajaran Seni Budaya Kurikulum 2013 Tahun 2019
Ulangan Kenaikan Kelas yakni acara yang dilakukan oleh pendidik di final semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi penerima didik di final semester genap pada satuan pendidikan yang memakai sistem paket. Cakupan ulangan mencakup seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester tersebut.
UKK yakni salah satu bentuk penilaian autentik yang jadinya sanggup dijadikan penilaian bagi guru bidang studi yang bersangkutan. Artinya, jikalau nilai UKK penerima didiknya tinggi, maka guru tersebut telah berhasil mentransfer ilmunya dengan baik.
Pada artikel kali ini kami bertujuan untuk menjadi sarana mencar ilmu bagi para siswa yang duduk di kursi Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) yang sebentar lagi akan menghadapi Ulangan Kenaikan Kelas (UKK).
Berikut ini Contoh Soal UKK Seni Budaya Sekolah Menengah Pertama Kelas 9 Kurikulum 2013.
1. Seni rupa murni kawasan merupakan bentuk karya seni rupa yang diciptakan dengan memperhatikan....
A. Nilai estetis dan dilandasi budaya kawasan setempat
B. Nilai mudah tanpa mengesampingkan nilai seni
C. Nilai estetis dan nilai mudah dan bersifat kedaerahan
D. Nilai-nilai budaya yang berlaku di masyarakat
2. Patung Asmat yakni salah satu teladan karya seni rupa murni yang berasal dari daerah....
A. Kalimantan
B. Papua
C. Jawa
D. Sumatera
3. Batik sanggup dijadikan karya seni rupa murni dengan cara...
A. diproduksi menjadi pakaian
B. digunakan pada situasi yang tepat
C. dipigura dan digunakan penghias ruangan
D. dijadikan simbol suatu daerah
4. Ditinjau dari kegunaannya, karya seni rupa sanggup digolongkan menjadi dua, yaitu.....
A. seni rupa dan seni kriya
B. seni rupa kawasan dan seni kontemporer
C. seni murni dan seni terapan
D. seni kriya dan seni pakai
5. Guci dan patung dilihat dari wujudnya termasuk ke dalam karya seni rupa....
A. non dimensional
B. tiga dimensi
C. dua dimensi
D. empat dimensi
6. Karya seni rupa dua dimensi obyeknya bisa dilihat dari.....
A. aneka macam arah
B. dua arah
C. tiga arah
D. satu arah
7. Apresiasi sanggup diartikan suatu kegiatan....
A. pemesanan karya seni
B. perpaduan karya seni
C. penilaian dan penghargaan
D. mencari inspirasi dan gagasan
8. Proses apresiasi yang bersifat indrawi dan kesan baik atau tidak baik yakni jenis apresiasi....
A. empatik
B. estetis
C. Kritis
D. Langsung
9. Teknik melukis memakai cat air dengan sapuan warna yang tipis, disebut teknik.....
A. pointilis
B. aquarel
C. plakat
D. spray
10. Aliran seni lukis yang mengambil obyek keindahan alam adalah....
A. ekspresionisme
B. romantisme
C. naturalisme
D. realisme
11. Abstrak merupakan aliran seni lukis yang menggambarkan ungkapan batin pelukisannya dengan
penggambaran obyek yang.....
A. kasatmata
B. menyimpang dari wujud aslinya
C. bebas
D. sulit dipahami
12. Karya seni yang dipengaruhi budaya Hindu, Budha dan Islam, dengan media sederhana menyerupai lukisan pada dinding gua dan patung tradisional, merupakan penggambaran aliran....
A. primitif
B. klasik
C. kontemporer
D. dekoratif
13. Peninggalan karya seni rupa gaya klasik dari periode Hindu, Budha dan Islam meliputi, kecuali.....
A. bangunan Masjid
B. candi Borobudur
C. patung Asmat
D. candi Prambanan
14. Tekstur merupakan unsur seni rupa berkaitan dengan permukaan benda yang.....
A. halus
B. bergairah
C. lembut
D. halus, bergairah dan lembut
15. Dalam seni rupa, yang dimaksud warna primer atau pokok adalah....
A. merah, kuning, biru
B. hijau, merah, kuning
C. putih, kuning, merah
D. kuning, biru, hijau
16. Salah satu pelukis Indonesia yang beraliran ekspresionisme adalah....
A. Raden Saleh
B. Affandi
C. Basuki Abdullah
D. Amry Yahya
17. Proses pengerjaan seni kriya lebih menekankan pada....
A. penggunaan alat
B. pemilihan materi
C. keterampilan tangan
D. kesempurnaan hasil karya
18. Seni kriya disebut juga......
A. art made
B. printing
C. art visual
D. craft
19. Jenis lukisan yang dikerjakan dengan teknik tempel yakni lukisan.....
A. mozaik
B. mural
C. aquarel
D. tempera
20. Media yang digunakan pada lukisan mozaik adalah.....
A. biji-bijian, kulit telur
B. cat akrilik, cat air
C. krayon, pastel
D. konte, pulas
21. Gamelan Munggang diyakini bisa menghubungkan antara alam kasatmata dan alam gaib, merupakan
penggambaran musik pada kultur.....
A. Hindu – Budha
B. Islam
C. Animisme
D. Mayapada
22. Berikut ini yakni dampak perkembangan musik pada masa Islam, kecuali....
A. lagu-lagu berirama Timur Tengah diperdengarkan
B. seni baca Al-Qur’an secara melodius
C. lagu-lagu Kristen mengalami kemunduran
D. lafal-lafal adzan, takbir dan tahlil semakin dikenal
23. Salah satu instrumen musik yang dipergunakan pada masa Islam adalah.....
A. gitar gambus
B. gambang
C. gamelan
D. Accordeon
24. Hidangan permainan musik dengan memakai seperangkat alat musik tanpa dibarengi vokal,
disebut.....
A. aubade
B. instrumentalia
C. Solo
D. orkestrasi
25. Hidangan permainan musik dengan memakai alat musik sejenis atau adonan disebut musik.....
A. symponi
B. marching
C. ansambel
D. Konser
26. Berikut ini yakni bagian-bagian permainan musik ansambel, kecuali.....
A. intro
B. tema, coda
C. interlude
D. konduktor
27. Tabla yakni instrumen musik sejenis gendang yang berasal dari negara....
A. Jepang
B. China
C. India
D. Malaysia
28. Instrumen musik tradisional dari China yang bersumber bunyi dawai dinamakan.....
A. sitar
B. shamishen
C. rebab
D. koto
29. Gabungan tiga nada atau lebih yang dibunyikan serentak dan menghasilkan bunyi yang harmonis
disebut.....
A. accord
B. kunci
C. paduan bunyi
D. tetracord
30. Pada tangga nada mayor, tingkatan accord kedua disebut....
A. tonika
B. median
C. supertonika
D. dominan
31. Pada tangga nada mayor, accord subdominan terdapat pada tingkat ke.....
A. III
B. VI
C. II
D. IV
32. Pada susunan tangga nada C mayor, accord trinada tingkat V terdiri atas nada....
A. D-F-A
B. G-B-D
C. F-A-C
D. A-C-E
33. Pada susunan tangga nada G mayor, accord trinada tingkat III terdiri atas nada...
A. Fis-A-Cis
B. B-D-Fis
C. D-F-A
D. A-C-E
34. Alat musik yang sanggup memainkan accord disebut alat musik.....
A. ritmis
B. melodis
C. serasi
D. percusi
35. Berikut ini yakni alat musik yang sanggup digunakan untuk menciptakan accord, kecuali.....
A. piano
B. gitar
C. keyboard
D. recorder
36. Sebutan bagi seseorang yang mempunyai keahlian mengubah musik untuk orkestra atau paduan suara,
yaitu.....
A. Arranger
B. Komponis
C. Konduktor
D. Introduksi
37. Berikut ini yakni arranger-arranger populer di Indonesia, kecuali....
A. Adi M.S.
B. Arman Maulana
C. Erwin Gutawa
D. Dwiki Darmawan
38. Jenis alat musik yang bersumber bunyi dawai termasuk ke dalam kelompok alat musik.....
A. aerophone
B. membranophone
C. kordophone
D. idiophone
39. Berikut ini tentukan jenis alat musik membranohone.....
A. gitar, piano, keyboard
B. recorder, pianika, terompet
C. kendang, gong, gamelan
D. snar drum, rebana, kendang
40. Lembaran kertas yang menciptakan teks lagu atau notasi dari sebuah komposisi musik, disebut.....
A. prelude
B. partitur
C. naskah
D. sonoritas
B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar !
41. Sebutkan empat macam teknik dalam berkarya seni rupa tiga dimensi!
42. Sebutkan lima macam unsur seni rupa!
43. Jelaskan apa yang kalian ketahui perihal tokoh pelukis Raden Saleh!
44. Sebutkan tiga negara yang menjadi tempat berkembangnya musik Hindustan!
45. Jelaskan pengertian Arransmen.
Download Soal Dan Kunci Jawaban UKK Seni Budaya Kelas 9 Kurikulum 2013
Untuk Soal UKK Seni Budaya Sekolah Menengah Pertama Kelas 9 Kurikulum 2013. Soal UKK bisa anda gunaka sebagai tumpuan dalam mencar ilmu untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi UKK Tahun Pelajaran 2019/2020.Ingat Soal ini hanya untuk latihan saja, Ada atau tidaknya dalam ujian yang sebenarnya, kami tidak bisa bertanggung jawab
Download Soal UKK Seni Budaya Kelas 9 Semester 2 (2019) New..!!
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan biar mendapat file yang lengkap dan utuh.
Semoga sebaran informasi Mengenai Soal UKK Seni Budaya Sekolah Menengah Pertama Kelas 9 Kurikulum 2013 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!