60 Referensi Soal Uas K-13 Ipa Kelas 7 Semester 1 Tahun 2019

 Pada kesempatan ini saya akan menawarkan mengenai  60 Contoh Soal UAS K-13 IPA Kelas 7 Semester 1 Tahun 2019

Contoh Soal UAS SMP/MTs Kelas 7 Mata Pelajaran IPA Kurikulum 2013 Tahun 2019






Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan menawarkan mengenai Soal UAS IPA SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013

Ulangan Akhir Semester yaitu aktivitas yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi penerima didik di selesai semester.

Cakupan ulangan mencakup seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.

Pada artikel kali ini kami bertujuan untuk menjadi sarana mencar ilmu bagi para siswa yang duduk di dingklik SMP/MTs yang sebentar lagi akan menghadapi Ulangan Akhir Semester (UAS). Berikut ini isi Soal UAS IPA SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013

1. Keterampilan yang melibatkan panca indera, termasuk melaksanakan pengukuran dengan alat ukur yang sesuai, dilakukan untuk mengumpulkan data dan gosip dalam penyelidikan IPA disebut ….
A. pengamatan
B. inferensi
C. mengomunikasikan
D. prediksi

2. Berikut ini yang bukan merupakan manfaat mempelajari IPA yaitu bisa ….
A. berpikir kritis dan logis
B. meningkatkan kualitas hidup
C. memahami banyak sekali hal di sekitar kita
D. memanfaatkan kekayaan alam sebanyak-banyaknya

3. Untuk menandakan bahwa ketebalan uang logam lima ratus rupiah dan seribu rupiah berbeda, maka dipakai alat ukur ….
A. meteran
B. mikrometer skrup
C. neraca
D. mistar

4. Membandingkan besaran yang diukur dengan besaran yang sesuai yaitu pengertian dari ….
A. penyelidikan
b. penafsiran
c. pengukuran
d. pengamatan

5. Perhatikan data besaran berikut!
1. berat
2. volume
3. massa
4. luas
5. panjang
6. waktu

Besaran pokok ditunjukkan oleh nomor ….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 2, 3, dan 4
D. 3, 5, dan 6

6. Besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok panjang dan waktu yaitu ….
A. gaya
B. volume
C. berat
D. kecepatan

7. Benda yang paling sempurna diukur memakai jangka sorong yaitu ….
A. panjang meja
B. tinggi kursi
C. diameter kelereng
D. diameter bola kaki

8. Stopwatch yaitu alat yang dipakai untuk mengukur ….
A. suhu
B. waktu
C. besar lengan berkuasa arus
D. panjang

9. Besaran pokok yang sanggup diperoleh dari hasil pengamatan sebuah mangga yaitu ….
A. berat
b. volume
c. panjang, waktu, dan suhu
d. volume, luas, dan berat

10. Massa jenis yaitu besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok ….
A. panjang dan waktu
b. massa dan waktu
c. massa dan panjang
d. suhu dan waktu

11. Ketika Budi berlibur ke pantai, ia menemukan sebuah kerikil berwarna biru ukurannya kecil
tidak beraturan.
Karena keindahan kerikil tersebut ia berencana akan menciptakan sebuah cincin. Untuk mengukur volume dari kerikil tersebut diharapkan alat ukur ….
Satuan yang paling sempurna untuk mengukur massa gula berdasarkan Satuan Internasional yaitu ….
A. miligram
B. centigram
C. gram
D. kilogram

12. Sebuah kendaraan melaju dengan kecepatan 72 km/jam. Jika dinyatakan dalam SI, maka kecepatan kendaraan tersebut yaitu ….
A. 10 m/s
b. 20 m/s
c. 30 m/s
d. 40 m/s

13. Jika kita melarutkan 20 gram gula ke dalam 100 mL air, maka konsentrasi larutan garam yang terjadi yaitu ….
A. 200 g/L
b. 250 g/L
c. 350 g/L
d. 500 g/L

14. Sebuah balok diukur ketebalannya memakai jangka sorong dengan hasil pengukuran menyerupai pada gambar berikut. Besarnya hasil pengukuran yaitu ….
A. 5,70 cm
b. 5,75 cm
c. 5,85 cm
d. 5,90 cm

15. Perhatikan gambar berikut!
Supaya neraca setimbang, maka nilai anak timbangan x yang harus ditambahkan ke piring B yaitu ….
A. 250 gram
b. 500 gram
c. 750 gram
d. 1.000 gram

16. Perhatikan gambar berikut!
Ciri mahluk hidup yang ditunjukkan dalam gambar tersebut yaitu ….
A. berkembangbiak
B. tumbuh dan berkembang
C. memerlukan makanan
D. peka terhadap rangsang

17. Sepeda motor dan kendaraan beroda empat mempunyai ciri sanggup bergerak dan mengeluarkan zat sisa, tetapi tidak sanggup disebut sebagai makhluk hidup, alasannya ….
A. zat yang dikeluarkan merupakan sisa pembakaran mesin
B. kemampuan bergeraknya terbatas
C. kedua benda sanggup dimodifikasi bentuk dan ukurannya
D. tidak mempunyai keseluruhan ciri-ciri makhluk hidup

18. Lukman memasukkan seekor belalang dalam wadah yang tertutup rapat dan beberapa helai daun.
Dua hari kemudian, ketika diamati ternyata belalang telah mati. Hal ini menandakan bahwa belalang tersebut memerlukan ……
A. air higienis untuk minum
B. udara segar untuk bernapas
C. daun segar untuk makanan
D. area yang luas untuk bergerak

19. Perhatikan gambar di bawah ini!
Aktivitas yang ditunjukkan oleh makhluk hidup menyerupai gambar memperlihatkan ciri ….
A. tumbuh dan berkembang
B. berkembang biak
C. mengikuti keadaan terhadap lingkungan
D. memerlukan makan

20. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Menutupnya daun putri aib bila disentuh
2. Bertambahnya besarnya batang jambu biji
3. Berbuahnya pada tumbuhan mangga

Ciri makhluk hidup yang dilakukan oleh tumbuhan ini secara berurutan yaitu ….
A. peka terhadap rangsangan, tumbuh, dan berkembangbiak
B. bergerak, peka terhadap rangsangan, dan berkembangbiak
C. beradaptasi, peka terhadap rangsangan, dan berkembangbiak
D. peka terhadap rangsangan, memerlukan makanan,dan berkembangbiak

21. Wujud zat dan misalnya yang benar yaitu ….
A. padat : parfum
B. gas : karbon dioksida
C. cair : gelas
D. padat : minyak

22. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Molekul-molekulnya gampang bergerak
2. Bentuk dan volumenya tetap
3. Partikel berikatan sangat kuat
4. Bentuknya berubah volumenya berubah
5. Jarak partikel sangat dekat

Ciri-ciri zat dalam wujud padat ditunjukan oleh nomor ….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 4
C. 2, 3, dan 5
D. 2, 4, dan 5

23. Perhatikan sifat fisik benda berikut!
(1) Gaya tarik antara molekul kuat.
(2) Gerak molekul sangat bebas
(3) Jarak antar partikel sangat berjauhan
(4) Bentuk berubah dan volum tetap
(5) Gaya tarik antar molekul sangat lemah.

Sifat dari asap ditunjukkan oleh nomor ….
A. (1), (3), dan (4)
B. (3), (4), dan (5)
C. (1), (2) dan (3)
D. (2), (3), dan (5)

24. Setiap pagi hari, Andi makan roti, sebutir telur yang digoreng memakai minyak dan minum dua sendok madu yang dicampurkan ke dalam segelas susu hangat.
Berdasarkan insiden tersebut, yang memperlihatkan zat padat yaitu ….
A. roti
B. susu
C. madu
D. minyak

25. Nita menyemprotkan pengharum ruangan di ruang tamu. Beberapa dikala kemudian, tercium
aroma anyir di seluruh ruang tamu. Hal ini memperlihatkan bahwa ….
A. molekul-molekul pengharum ruangan terikat kuat
B. molekul-molekul pengharum ruangan sanggup bergerak bebas
C. molekul-molekul pengharum ruangan tidak bermassa
D. molekul-molekul pengharum ruangan tidak sanggup bergerak bebas

26. Urutan takson dalam pembagian terstruktur mengenai binatang mulai dari yang tertinggi ke terendah yaitu ….
A. divisi – kelas – bangsa – suku – marga – jenis
B. filum – kelas – bangsa – suku – marga – jenis
C. divisi – kelas – bangsa – sulu – jenis – marga
D. filum – kelas – bangsa – suku – jenis – marga

27. Untuk memberkan nama ilmiah pada makhluk hidup, secara internasional menggunakan
bahasa latin. Penulisan yang benar untuk pengecap buaya yaitu ….
A. ALOE Vera
B. aloe vera
C. Aloe vera
D. Aloe Vera

28. Padi mempunyai nama ilmiah Oryza sativa. Kata Oryza merupakan petunjuk nama ….
A. spesies
B. kelas
C. familia
D. genus

29. Semakin erat korelasi kekerabatan makhluk hidup, maka akan semakin banyak ….
A. perbedaan sifat
B. keragamannya
C. persamaan sifat
D. keunikannya

30. Euglena kurang cocok kalau hanya dimasukkan dalam animalia, alasannya Euglena juga mempunyai ciri yang dimiliki oleh Plantae, yaitu ….
A. cara makannya autotrof
B. selalu bergerak
C. cara hidup berkoloni
D. cara makannya heterotrof

31. Salah satu ciri khas yang membedakan ganggang dengan jamur yaitu ….
A. ganggang tidak berklorofil
B. jamur tidak berklorofil
C. jamur berklorofil
D. ganggang bersel satu

32. Lumut kerak merupakan flora ….
A. hasil hidup bersama askiometes dengan ganggang
B. hasil simbiosis antara jamur dengan lumut
C. gabungan antara flora paku dengan jamur
D. hasil hidup bersama antara dua jamur

33. Berikut ini yang termasuk dalam kelompok flora berbiji terbuka yaitu ….
A. kacang hijau, jagung, jambu mete
B. pakis haji, melinjo, pinus
C. kacang tanah, melinjo, pinus
D. pakis haji, jambu mete, jagung

34. Tumbuhan berbiji terbuka yang sanggup dijadikan sebagai tumbuhan hias yaitu ….
A. pakis haji
B. tusam
C. melinjo
D. damar

35. Kerangka binatang berpori sanggup dimanfaatkan sebagai ….
A. penggosok pakaian
B. penggosok kulit
C. spons mandi
D. vas bunga

36. Burung termasuk dalam kelompok binatang berdarah panas, yang artinya ….
A. suhu tubuhnya mengikuti suhu lingkungan
B. suhu tubuhnya lebih tinggi dari suhu lingkungan
C. suhu tubuhnya tetap, meskipun suhu lingkungan berubah
D. memiiki kemampuan pembiasaan dengan lingkungan

37. Berikut ini binatang yang mempunyai rangka dalam yaitu ….
A. belalang dan kupu-kupu
B. lebah dan laba-laba
C. katak dan kadal
D. kumbang dan kalajengking

38. Burung pada waktu terbang akan lebih efektif dalam bernapas kalau memakai ….
A. paru-paru buku
B. insang dan paru-paru
C. pundi-pundi hawa
D. paru-paru dan pundi-pundi hawa

39. Di bawah ini yang temasuk dalam kelompok crustacea yaitu ….
A. udang dan belalang
B. kepiting dan udang
C. kutu dan kelabang
D. belalang dan kelabang

40. Hewan yang mendapat julukan mamalia berkantung yaitu ….
A. monyet
B. tikus
C. lumba-lumba
D. kanguru

41. Rhizopoda yaitu binatang bersel satu yang bergerak dengan memakai ….
A. kaki semu
B. kaki tabung
C. bulu getar
D. bulu cambuk

42. Perhatikan kunci determinasi berikut !

1. a. Bertulang belakang …………………………………………….. 2
b. Tidak bertulang belakang…………………………………….. 15

2. a. Berdarah panas …………………………………………………. 3
b. Berdarah hirau taacuh …………………………………………………. 3

3. a. Penutup badan berupa rambut ………………………………… 4
b. Penutup badan bukan berupa rambut ………………………… 5

4. a. Memiliki anggota gerak yang fungsinya sama ………………. 8
b. Memiliki anggota gerak yang fungsinya tidak sama ………… 9

5. a. Bersisik …………………………………………………………. 6
b. Tidak bersisik ……………………………………………………. 7

6. a. Habitat di air ……………………………….…………………… 11
b. Habitat di darat ………………………………………………… 12

7. a. Berbulu ……………………………………………………….… 10
b. Tidak berbulu ………………………………………………….. 13

Kunci identifikasi yang sempurna untuk ikan emas (Cyprinus carpio ) yaitu …
A. 1a, 2b, 3b, 5a, 6a
B. 1a, 2a, 3b, 5a, 6b
C. 1a, 2b, 3a, 4a
D. 1a, 2a, 3a, 4a

43. Urutan organisasi kehidupan dari terkecil ke terbesar yang benar yaitu ….
A. sel – jaringan -sistem organ – organ – organisme
B. sel – organ – jaringan – sistem organ – organisme
C. sel – jaringan – organ – sistem organ – organisme
D. sel – sistem organ – jaringan – organ -organisme

44. Cairan organel sel dan fungsinya yang sempurna yaitu ….
A. kloroplas : menguatkan sel
B. ribosom : menyintesis protein
C. vakuola : daerah respirasi sel
D. mitokondria : mensekresi protein

45. Perhatikan ciri-ciri sel berikut!
1. Dilindungi oleh dinding sel
2. Memiliki sentriol
3. Memiliki vakuola
4. Dapat melaksanakan sintesis karbohidrat
5. Memiliki bentuk yang berubah-ubah

Ciri-ciri sel flora terdapat pada nomor ….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 4
C. 2, 3, dan 4
D. 2, 3, dan 5

46. Perhatikan gambar irisan melintang batang dikotil berikut!
Letak floem, kambium, dan xilem berturut-turut ditunjukkan oleh nomor …
A. 1, 2, 3
B. 2, 3, 4
C. 3, 4, 5
D. 2, 4, 5

47. Celah pada daun yang biasa kita sebut sebagai stomata mempunyai fungsi sebagai daerah keluar masuknya gas. Stomata ini berasal dari modifikasi jaringan ….
A. korteks
B. epidermis
C. parenkim
D. meristem

48. Jaringan yang menyusun organ mata pada insan yaitu ….
A. jaringan epitel, jaringan otot, jaringan ikat
B. jaringan syaraf, jaringan ikat, dan jaringan otot
C. jaringan embrional, jaringan ikat, jaringan syaraf
D. jaringan embrional, jaringan otot, jaringan syaraf

49. Organ yang bertugas memompa darah ke seluruh badan yaitu ….
A. hati
B. jantung
C. pankreas
D. paru-paru

50. Di bawah ini kelompok organ pencernaan yang benar yaitu ….
A. mulut, kerongkongan, hati, lambung, usus
B. mulut, tenggorokan, lambung, usus
C. mulut, kerongkongan, lambung, usus
D. mulut, tenggorokan. paru-paru, lambung

51. Sistem syaraf mempunyai fungsi sebagai berikut, kecuali …
A. pengendali kerja organ tubuh
B. alat komunikasi dengan dunia luar
C. pusat pengendali tanggapan
D. mengedarkan sel darah merah

52. Lilin yang dipanaskan akan mengalami perubahan wujud dengan urutan ….
A. cair – padat – cair
B. padat – gas – cair
C. cair – gas – padat
D. padat – cair – padat

53. Diketahui ciri-ciri perubahan zat sebagai berikut.
1. bersifat tetap
2. terbentuk zat baru
3. hanya mengalami perubahan wujud
4. struktur molekulnya berubah

Ciri-ciri perubahan kimia ditunjukkan oleh nomor ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4

54. Perhatikan data hasil percobaan berikut!
1. Air dipanaskan akan menguap
2. Logam dipanaskan akan membara
3. Besi dibiarkan ditempat terbuka akan korosi
4. Garam dibentuk dengan mencampurkan asam dan basa

Sesuai data tersebut, yang termasuk dalam perubahan kimia yaitu ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4

55. Pemisahan air sirup dan air kopi dilakukan dengan cara yang berbeda, alasannya ….
A. air kopi dan air sirup sama sama adonan homogen
B. air kopi dan air sirup sama-sama adonan heterogen
C. air kopi merupakan adonan homogen sedangkan air sirup adonan heterogen
D. air kopi merupakan adonan heterogen sedangkan air sirup adonan homogen

56. Proses filtrasi di laboratorium memakai kertas saring, alasannya ….
A. pori-pori kertas saring lebih kecil daripada partikel campuran
B. adonan yang disaring beraneka warna
C. adonan yang disaring bersifat homogen
D. adonan yang disaring berupa larutan

57. Metode pemisahan adonan yang didasrkan pada perbedaan titik didih zat terlarut disebut ….
A. kromtografi
B. distilasi
C. filtrasi
D. kristalisasi

58. Untuk mendapat logam murni dari mineralnya memakai metode pemisahan adonan ….
A. sublimasi
B. distilasi
C. filtrasi
D. sentrifugasi

59. Campuran berikut ini yang komponennya tidak sanggup dipisahkan dengan cara kristalisasi yaitu ….
A. larutan gula
B. larutan alkohol
C. larutan gula
D. air laut

60. Fungsi kaporit pada pengolahan air yaitu ….
A. mematikan kuman
B. menjernihkan ir
C. menurunkan pH air
D. menyerap karbon

Download Soal UAS IPA Kelas 7 Kurikulum 2013

Untuk Soal UAS IPA SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013. Soal UAS bisa anda gunaka sebagai acuan dalam mencar ilmu untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi UAS Tahun Pelajaran 2019/2020.

Ingat Soal ini hanya untuk latihan saja, Ada atau tidaknya dalam ujian yang sebenarnya, kami tidak bisa bertanggung jawab



Download Soal UAS IPA SMP/MTs Kelas 7 Semester 1 (Versi-1) New..!!
Download Soal UAS IPA SMP/MTs Kelas 7 Semester 1 (Versi-2) New..!!
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan biar mendapat file yang lengkap dan utuh.

Rekomendasi Kami :

Semoga sebaran gosip Mengenai Soal UAS IPA SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel