Download Soal Uas K-13 Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Ganjil Tahun 2019

 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum  Download Soal UAS K-13 Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Ganjil Tahun 2019

Contoh Soal UAS SMP/MTs Kelas 7 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Tahun 2019






Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan menawarkan mengenai Soal UAS Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013

Ulangan Akhir Semester yaitu acara yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi penerima didik di simpulan semester.

Cakupan ulangan mencakup seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.

Pada artikel kali ini kami bertujuan untuk menjadi sarana berguru bagi para siswa yang duduk di kursi SMP/MTs yang sebentar lagi akan menghadapi Ulangan Akhir Semester (UAS). Berikut ini isi Soal UAS Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013

Teks berikut untuk soal nomor 1, 2, 3, dan 4.

Taman Nasional yaitu tempat pelestarian alam yang mempunyai ekosistem orisinil dan dikelola dengan bersistem untuk keperluan banyak sekali penelitian, perkembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, dan pariwisata. Taman nasional didirikan untuk melestarikan lingkungan alam dan membuatkan pengetahuan.

Kawasan Taman Nasional mempunyai sumber daya alam hayati dan ekosistem yang khas, unik, utuh dan alami serta memepunyai luas wilayah yang cukup untuk kelangsungan proses ekologis secara alami dengan pembagian zona inti, zona pemanfaatan, dan zona rimba. Di taman nasional ini banyak sekali habitat hidup dengan kondusif dan alami, contohnya orang utan dengan leluasa berayun dari satu pohon ke pohon lain dengan dan ia menentukan pucuk-pucuk daun untuk dimakan.

Taman nasional berfungsi untuk pelestarian habitat binatang dan flora yang hidup di wilayah Indonesia. Taman Nasional ini sangat berkhasiat untuk peneliatian dan pengembangan ilmu pengetahuan, contohnya untuk pengamatan fenomena alam, konservasi alam, pemanfaatan air serta energi air panas, dan angi serta wisata alam.

1. Teks tersebut termasuk dalam teks ….
A. observasi
B. eksplanasi
C. deskripsi
D. dongeng pendek

2. Struktur teks observasi pada teks tersebut yaitu ….
A. deskripsi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat
B. deskripsi umum dan deskripsi bagian
C. orientasi, komplikasi, dan resolusi
D. definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat

3. Struktur teks deskripsi serpihan terletak pada paragraf ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 2 dan 3

4. Keindahan alam Indonesia harus dicintai dan dilestarikan.
Makna kata yang dicetak miring yaitu ….
A. diteruskan
B. dijaga keberlangsungannya
C. diperpanjang hidupnya
D. dimanfaatkan kegunaannya

5. Anto bersekolah di Sekolah Menengah Pertama Terpadu dan bercita-cita menjadi dokter. Dia sangat ulet belajar, … ia selalu mendapat peringkat pertama dalam segala bidang.
Kata hubung yang sempurna untuk melengkapi paragraf di atas adalah…
A. sehingga
B. dan
C. tetapi
D. atau

6. Lingkungan hidup yang terpelihara sanggup menyelamatkan habitat insan lantaran keseimbangannya terjaga.
Makna kata yang dicetak miring yaitu ….
A. tempat hidup organisme
B. tempat hidup yang khas suatu organisme
C. keanekarangan yang terdapat dalam satu lingkungan
D. keanekarangan hayati yang terdapat dalam satu area

7. Di bawah ini yang termasuk repetisi yaitu ….
A. kupu-kupu
B. ikan-ikan
C. mobil-mobilan
D. 1980-an

8. Istilah lain dari teks observasi yaitu ….
A. pengindraan
B. pencatatan
C. penelitian
D. pengamatan

9. Bagian struktur teks hasil observasi yang berisi pengertian sesuatu yang dibahas disebut dengan ….
A. deskripsi umum
B. deskripsi manfaat
C. deskripsi bagian
D. definisi umum

10. Pernyataan berikut yang merupakan serpihan deskripsi manfaat yaitu …
A. Diperkirakan luas terumbu karang yang terdapat diperairan Indonesia yaitu lebih dari 60.000 kilometer persegi. Luasnya tersebar dari perairan tempat barat Indonesia hingga tempat timur Indonesia.
B. Biota bahari yaitu seluruh makhluk hidup yang berkembang biak di laut.
C. Biota bahari sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, menyerupai ikan dan rumput laut. Ikan dan rumput bahari bermanfaat bagi kesehatan lantaran mengandung banyak gizi.
D. Di pulau Pari, Kabupaten Kepulauan Seribu, dibudidayakan rumput bahari dan penanaman bakau.

11. Andi mengetik kiprah makalah hingga larut malam.
Imbuhan me- pada kata mengetik bermakna ….
A. mencari sesuatu
B. menjadi seperti
C. melaksanakan pekerjaan
D. kelanjutan

12. Di bawah ini yang bukan termasuk struktur teks deskripsi yaitu ….
A. definisi umum
B. deskripsi manfaat
C. deskripsi bagian
D. deskripsi umum

13. Pernyataan berikut yang termasuk ciri-ciri teks deskripsi yaitu ….
A. bersifat menceritakan.
B. mengandung bukti dan kebenaran
C. mengandung contoh, fakta, gambar peta dan angka
D. penggambaran sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indra

14. (…) berteriak tidak dijadikan senjata oleh anak, para mahir menyarankan (…) orang bau tanah tidak pribadi merespons teriakan anak, (…) memberitahukannya bahwa berteriak bukan cara berkomunikansi yang tepat.

Kata penghubung yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut yaitu ….
A. setelah, untuk, sebab
B. jika, agar, tetapi
C. sebelum, andai, sebab
D. sesudah, jika, tetapi

15. Dalam praktek nya kemacetan kredit sering terjadi lantaran dalam faktor externel dan merupakan resiko suatu bank.

Penulisan kata baku yang sempurna yaitu ….
A. praktik, eksternal, resiko
B. peraktik, eksternel, risiko
C. peraktik, eksternal, resiko
D. praktik, eksternal, risiko

Dialog berikut untuk soal nomor 16.
Sinta : “Andi, taukah kau apakah biota bahari itu?”
Andi : “Biata bahari yaitu semua makhluk hidup yang ada di laut.”
Sinta : “Apa saja macamnya, Andi?”
Andi : “ … ”
Sinta : “Oh. Terima kasih Andi atas penjelasannya.”
Andi : “Sama-sama Sinta”
16. Kalimat yang sempurna untuk melengkapi obrolan di atas yaitu …
A. “Misalnya terumbu karang, plankton, ikan, dan rumput laut”
B. “Misalnya terumbu karang, plankton, pasir, dan rumput laut”
C. “Misalnya terumbu karang, ikan, batu, dan rumput laut”
D. “Misalnya terumbu karang, ikan, pasir dan rumput laut”

17. (…) berteriak tidak dijadikan senjata oleh anak, para mahir menyarankan (…) orang bau tanah tidak pribadi merespons teriakan anak, (…) memberitahukannya bahwa berteriak bukan cara berkomunikansi yang tepat.

Kata penghubung yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut yaitu ….
A. setelah, untuk, sebab
B. jika, agar, tetapi
C. sebelum, andai, sebab
D. sesudah, jika, tetapi

18. Masyarakat sekitar kaliurang menyusun(…) untuk meyakinkan pengunjung bahwa Yogyakarta dan Gunung Merapi kondusif dikunjungi.

Kelompok kata yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut yaitu ….
A. acara wisata
B. rencana kunjungan
C. kertas kerja
D. jadwal pemulihan

Teks berikut ini untuk soal nomor 19, 20, dan 21.

Terumbu karang di Taman Nasional Bunaken sangat banyak jenisnya. Terumbu karang ini hidup di pantai atau daerah yang terkena sinar matahari dan hidup di perairan yang berada kurang lebih lima puluh meter di bawah permukaan air bahari dengan suhu tertentu, serta di air jernih yang tidak terkena polusi. Di samping terumbu karang, Taman Nasional Bunaken juga dihuni bermacam-macam jenis ikan, menyerupai ikan kuda gusumi, oci putih, lolosi ekor kuning, goropa. Ikan bahari Indonesia yang sudah dijadikan industri antara lain ikan tuna, tongkol, tenggiri, kerapu, baronang.

19. Berdasarkan struktur teks hasil observasi, paragraf di atas termasuk serpihan ….
A. definisi umum
B. deskripsi bagian
C. deskripsi umum
D. deskripsi manfaat

20. Makna kata yang di cetak miring yaitu ….
A. kotor
B. materi pengakibat
C. tidak sehat
D. pencemaran

21. Ide pokok paragraf di atas yaitu …
A. Terumbu karang hidup di air jernih yang tidak terkena polusi.
B. Terumbu karang di Taman Nasional Bunaken sangat banyak jenisnya.
C. Taman Nasional Bunaken tidak hanya di huni terumbu karang, tetapi juga jenis ikan.
D. Ikan bahari Indonesia yang sudah dijadikan industri antara lain ikan tuna, tongkol, tenggiri, kerapu, baronang.

22. Terumbu karang di taman nasional Bunaken sangat banyak jenisnya. Terumbu karang ini hidup di pantai (…) daerah yang terkena sinar matahari. Selain terumbu karang, taman bahari bunaken juga dihuni bermacam-macam jenis ikan.

Kata hubung yang sempurna untuk melengkapi paragraf di atas yaitu ….
A. sehingga
B. tetapi
C. dan
D. atau

23. Sampah organik sanggup dimanfaatkan industri pengolahan kompos menjadi pupuk organik (…) sanggup diolah menjadi industri energi.
Kata hubung yang sempurna untuk melengkapi kalimat di atas yaitu …
A. sehingga
B. dan
C. tetapi
D. atau

24. Di bawah ini penggunaan prefiks yang sempurna yaitu ….
A. Ani menyayangi kedua orangtuanya
B. Ibu memasak gulai kambing
C. Anto memotongi rumput halaman
D. Kakek menanami kebun dengan pohon pisang

25. Pak Joko harus … perbuatannya di depan pengadilan.

Kata yang sempurna untuk melengkapi kalimat di atas yaitu …
A. mempertanggungjawabkan
B. bertanggungjawab
C. dipertanggungjawabkan
D. pertanggungjawaban

26. Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia mempunyai hutan lebat yang menawarkan banyak oksigen. Di negara ini terdapat flora dan binatang yang khas, menyerupai matoa, kayu cendana, burung cendrawasih, orang utan, dan komodo.

Ide pokok paragraf di atas yaitu …
A. Indonesia mempunyai flora dan binatang khas.
B. Indonesia menawarkan banyak oksigen
C. Matoa, kayu cendana dan komodo merupakan flora dan binatang khas Indonesia.
D. Indonesia merupakan paru-paru dunia.

Teks berikut untuk menjawab soal nomor 27, 28, 29, dan 30.

Dengan demikian, nilai-nilai positif dalam pendidikan karakter itu sanggup membentuk remaja yang unggul. Mereka akan sanggup bersaing baik di tingkat nasional maupun tingkat internasional.

Remaja mengalami gejolak emosi lantaran perubahan berat dan tinggi tubuh yang besar lengan berkuasa juga pada perkembangan psikisnya. Pada masa gejolak itu merupakan masa sulit sehingga remaja memerlukan pengendalian diri yang kuat ketika berada di sekolah, di rumah, dan di lingkungan masyarakat. Dalam keadaan menyerupai ini, remaja membutuhkan orang sampaumur untuk mengarahkan dirinya. Untuk itu, biar tidak terjerumus pada hal-hal negatif, remaja harus mempunyai pendidikan karakter.

Pendidikan karakter ini sanggup membentuk remaja menjadi berprestasi. Di dalam pendidikan karakter mereka diajari nilai religius yang menguraikan kebaikan biar remaja tumbuh sebagai insan yang peka pada lingkungan sosial. Di samping itu, mereka diajari juga nilai toleransi dan nilai cinta tenang atau nilai-nilai kemanusiaan yang membentuk remaja mempunyai sifat pengasih, berbudi pekerti, dan cinta damai. Dalam pendidikan karakter itu mereka diajari juga nilai suka bekerja keras, kreatif, mandiri, dan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi yang sanggup mengakibatkan remaja sebagai orang yang berprestasi.

Remaja yaitu masa transisi dari masa belum dewasa ke masa awal dewasa. Usia remaja berada pada kisaran usia 10 tahun hingga dengan 21 tahun. Pada masa itu remaja sedang mencari identitas dirinya. Oleh lantaran itu, remaja harus mendapat pendidikan karakter biar sanggup mengarahkan minatnya pada kegiatan-kegiatan positif. Pendidikan karakter yang sanggup diberikan pada remaja, antara lain, berperilaku jujur, kreatif, percaya diri, santun, dan peduli.

27. Berdasarkan teks di atas, struktur teks eksposisi yang benar yaitu …
A. 4 – 2 – 3 – 1
B. 3 – 1 – 2 – 4
C. 2 – 3 – 1 – 4
D. 2 – 1 – 3 – 4

28. Berdasarkan teks eksposisi di atas, struktur teks eksposisi yang berupa tesis paragraf nomor…
A. paragraf 1
B. paragraf 3
C. paragraf 2
D. paragraf 4

29. Berdasarkan teks di atas, struktur teks eksposisi yang merupakan serpihan argumen terdapat pada ….
A. paragraf 1
B. paragraf 2 dan 3
C. paragraf 1 dan 2
D. paragraf 4

30. Berdasarkan teks eksposisi di atas, struktur teks eksposisi yang merupakan serpihan penegasan ulang terdapat pada ….
A. paragraf 4
B. paragraf 2
C. paragraf 3
D. paragraf 1

31. Bagian struktur teks hasil observasi yang berisi pengertian sesuatu yang dibahas disebut ….
A. deskripsi umum
B. deskripsi manfaat
C. deskripsi bagian
D. definisi umum

32. Pernyataan berikut yang merupakan serpihan deskripsi manfaat yaitu …
A. diperkirakan luas terumbu karang yang terdapat diperairan Indonesia yaitu lebih dari 60.000 km2. Luasnya tersebar dari perairan tempat barat Indonesia hingga tempat timur Indonesia.
B. biota bahari yaitu seluruh makhluk hidup yang berkembang biak di laut.
C. biota bahari sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, menyerupai ikan dan rumput laut. Ikan dan rumput bahari bermanfaat bagi kesehatan lantaran mengandung banyak gizi.
D. di pulau pari, kabupaten kepulauan seribu,dibudidayakan rumput bahari dan penanaman bakau

33. Adi mengetik kiprah makalah hingga larut malam.
Imbuhan me- pada kata mengetik bermakna …
A. mencari sesuatu
B. menjadi seperti
C. melaksanakan pekerjaan
D. kelanjutan

34. Di bawah ini yang bukan termasuk struktur teks deskripsi yaitu ….
A. definisi umum
B. deskripsi manfaat
C. deskripsi bagian
D. deskripsi umum

35. Pernyataan berikut yang termasuk ciri-ciri teks deskripsi yaitu ….
A. bersifat menceritakan
B. mengandung bukti dan kebenaran
C. mengandung contoh, fakta, gambar peta, dan angka
D. penggambaran tersebut dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indra

36. (1) Buku yaitu sumber pengetahuan, menyerupai semboyan “buku jendela ilmu” dan “baca buku, buka dunia”. (2) dengan membaca buku, kita akan memperoleh pengetahuan. (3) dengan demikian membaca sanggup memerbaiki kehidupan. (4) untuk itu, perjuangan peningkatan minat baca dan pemberantasan buta abjad ini perlu didukung terus sehingga taraf hidup masyarakat akan meningkat.

Kalimat utama paragraf tersebut yaitu kalimat nomor …
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

37. Berikut ini yang merupakan deretan kata baku yaitu ….
A. apotek, izin, formal, nasihat, hakikat, dan kwitansi
B. apotek, ijin, formil, nasehat, hakekat, dan kwitansi
C. apotek, izin, formal, nasehat, hakikat, dan kuitansi
D. apotik, ijin, formil, nasihat, hakikat, dan kwitansi

38. Remaja harus dididik karakternya biar mempunyai kegiatan-kegiatan positif. Remaja yaitu masa transisi dari masa belum dewasa ke masa awal sampaumur dan yang disebut usia remaja berada pada kisaran usia 10 tahun hingga dengan 21 tahun. Remaja dianggap sampaumur bila mempunyai tingkat kematangan yang sama dengan orang dewasa.

Sesuai bacaan di atas, yang termasuk kelas kata kerja (verba) dalam teks tersebut yaitu ….
A. remaja, kegiatan, positif
B. karakter, remaja, dewasa
C. transisi, positif, kisaran
D. dididik, dianggap, memiliki

39. Kalimat berikut yang memakai konjungsi alasannya yaitu akhir yaitu …
A. Siswa SMPN 1 Seputih Agung sangat rajin berguru sehingga mereka selalu unggul dalam prestasi.
B. Remaja harus dididik karakternya biar mempunyai kegiatan-kegiatan positif.
C. Remaja dianggap sampaumur bila mempunyai tingkat kematangan yang sama dengan orang dewasa.
D. Moreno sangat bahagia berkawan dan ia sangat menyayangi kedamaian.

Teks berikut untuk soal nomor 40, 41, 42, dan 43.

Tari Kecak merupakan pertunjukan seni khas-Bali yang diciptakan tahun 1930-an. Tari itu dimainkan oleh puluhan pria yang duduk berbaris melingkar. Pada ketika menari, mereka menyerukan kata “cak” dengan irama tertentu seraya mengangkat ke-dua lengannya. Para penari itu mengenakan kain kotak-kotak menyerupai papan-catur melingkari pinggang mereka.

40. Berdasarkan teks di atas, pronomina mereka mengacu pada kata ….
A. tari kecak
B. melingkar
C. Bali
D. laki-laki

41. Penggunaan tanda baca hubung yang benar menurut paragraf di atas yaitu …
A. 1930-an
B. khas-bali
C. papan-catur
D. ke-dua

42. Berdasarkan teks di atas yang merupakan frasa atau kelompok kata yaitu …
A. kotak-kotak
B. sangat merdu
C. mengenakan kain
D. melingkari pinggang

43. Berikut ini frasa atau kelompok kata yang terdapat pada teks di atas yaitu ….
A. pertunjukan
B. menari
C. diciptakan
D. tari Kecak

44. Dengan demikian, nilai-nilai positif dalam pendidikan karakter itu sanggup membentuk remaja yang unggul. Mereka akan sanggup bersaing baik di tingkat nasional maupun tingkat internasional.

Ide pokok paragraf diatas yaitu ….
A. remaja yang mempunyai karakter yang kuat
B. nilai-nilai positif pendidikan karakter
C. remaja yang unggul dan dibanggakan
D. intelektual remaja berkembang baik

45. Di bawah ini yang termasuk kata kerja yaitu …
A. cantik
B. marah
C. dua belas
D. berpendidikan

46. Pasar Bringharjo merupakan pasar tradisional di Yogyakarta yang patut untuk dikunjungi. Pasar ini telah menjadi sentra acara ekonomi selama ratusan tahun keberadaannya memmunyai makna filososfis. Pasar yang telah berkali-kali dipugar ini melambangkan satu tahapan kehidupan insan yang masih berkutat dengan pemenuhan kebutuhan ekonominya. Selain itu, Beringharjo juga merupakan salah satu pilar ‘Caturtunggal’ (terdiri atas Keraton, Alun Alun Utara, Kraton. dan pasar Beringharjo) yang melambangkan fungsi ekonomi.

Ide pokok paragraf di atas yaitu …
A. Pasar Beringharjo merupakan salah satu pilar ‘Catur tunggal’ yang melambangkan fungsi ekonomi.
B. Keberadaan pasar Beringharjo mempunyai makna filosofis.
C. Pasar Beringharjo merupakan pasar tradisional di Yogyakarta yang patut untuk dikunjungi.
D. Pasar Beringharjo melambangkan satu tahapan kehidupan insan yang masih berkutat dengan pemenuhan kebutuhan ekonominya.

47. Selain itu, Beringharjo juga merupakan salah satu pilar Caturtunggal (terdiri atas Keraton, Alun-Alun Utara , Keraton, dan Pasar Beringharjo) yang melambangkan fungsi ekonomi.

Makna kata yang dicetak miring yaitu ….
A. tiga unsur menjadi satu
B. lima unsur menjadi satu
C. empat unsur menjadi satu
D. enam unsur menjadi satu

Teks berikut untuk soal nomor 48 dan 49.

Pada tanggal 17 februari 2013, Bandar Lampung mengalami banjir besar. Di kota ini banyak rumah yang terendam air hingga satu setengah meter. Sementara itu, di daerah metro ketinggian air mencapai dua meter. Di sini banyak masyarakat yang mengungsi ke daerah lain.

48. Berdasarkan teks di atas, kata “di kota ini” merujuk pada kata ….
A. 17 Februari
B. Metro
C. rumah
D. Bandar Lampung

49. Berdasarkan teks di atas, kata “di sini“ merujuk pada kata ….
A. 17 Februari
B. Metro
C. rumah
D. Bandar Lampung

50. di rumah–di lingkungan–tidak hanya
1 2 3
diterapkan – di sekolah saja
4 5
pendidikan karakter – tetapi
6 7
– dan – sosial
8 9

Kalimat acak tersebut kalau disusun menjadi kalimat beragam yang benar yaitu …
A. 6 – 3 – 7 – 1 – 8 – 2 – 9 – 4 – 5
B. 5 – 6 – 8 – 2 – 9 – 3 – 4 – 7 – 1
C. 5 – 6 – 3 – 4 – 7 – 1 – 8 – 2 – 9
D. 6 – 3 – 4 – 5 – 7 – 1 – 8 – 2 – 9

Download Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013

Untuk Soal UAS Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013. Soal UAS sanggup anda gunaka sebagai acuan dalam berguru untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi UAS Tahun Pelajaran 2019/2020.

Ingat Soal ini hanya untuk latihan saja, Ada atau tidaknya dalam ujian yang sebenarnya, kami tidak sanggup bertanggung jawab



Download Soal UAS Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7 Semester 1 New..!!
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan biar mendapat file yang lengkap dan utuh.

Rekomendasi Kami :

Semoga sebaran informasi Mengenai Soal UAS Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel