Download Soal Dan Tanggapan Pas Kelas 9 Mapel Bahasa Indonesia Semester 1 Tahun 2019

 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Semester  Download Soal dan Jawaban PAS Kelas 9 Mapel Bahasa Indonesia Semester 1 Tahun 2019

Contoh Soal PAS Jenjang SMP/MTs Kelas 9 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Semester 1 (Ganjil) Kurikulum 2013 Revisi Terbaru






Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan menawarkan info untuk adek-adek semua yang duduk di dingklik sekolah pertama (SMP) yang siap menghadapi ulangan PTS. Kali ini Mas Nazmi ingin mengembangkan infirmasi mengenai Contoh Soal PAS 1 Kelas 9 SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia Tahun 2019

Contoh Soal PAS 1 Kelas 9 SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia Tahun 2019 yang kami bagikan ini sudah dalam unsur HOTS, PPK, Literasi dan 4C dari revisi selesai kurikulum 2013.

Pada artikel kali ini kami bertujuan untuk menjadi sarana berguru bagi para siswa yang duduk di dingklik Sekolah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) yang sebentar lagi akan menghadapi Ulangan / Penilaian selesai Semester (PAS).

Latihan Soal PAS Sekolah Menengah Pertama Kelas 9 Mapel Bahasa Indonesia Semester 1

Berikut ini Contoh Soal PAS 1 Kelas 9 SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia Tahun 2019

1. Bacalah paragraf-paragraf berikut dengan cermat!

(1) Pada kegiatan B penulis mendapatkan hasil bahwa ketika beberapa tetes tinta dimasukan kedalam air, tinta akan bercampur air dalam beberapa menit tanpa diaduk. Tinta bercampur dengan air secara keseluruhan.
(2) Keindahan Pantai Kuta pun sudah populer semenjak dahulu. Bahkan, para wisatawan mancanegara sudah meramaikan Pantai Kuta semenjak awal tahun 1970-an. Hal tersebut tentu saja berdampak positif bagi masyarakat Bali secara umum, terutama terkait dengan kondisi ekonomi masyarakat setempat.
(3) Rubella, atau biasa disebut campak jerman ialah penyakit menular yang disebabkan oleh virus rubellaA. Gejala rubella yang paling utama ialah demam ringan dan bintik-bintik merah di kulit. Rubella sering terjadi pada bayi dan anak yang belum atau tidak diimunisasi.
(4) Pemerintah sentra akan mendorong pemerintah kawasan di Sulawesi Tengah untuk mengaktifkan kembali acara perekonomian. Selain itu, pemerintah sentra pun akan berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat Palu, Donggala, dan Sigi, yaitu jaringan listrik dan komunikasi.

Paragraf yang termasuk teks laporan percobaan ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Bacalah teks berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 2, 3 dan 4!
Untuk mengetahui hasil percobaan, dilakukan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, ubahlah jepitan kertas hingga berbentuk aksara U. Lalu, kupas ujung kabel kemudian tancapkan pada jeruk. Pada cuilan lain tancapkan juga cuilan penjepit kertas yang sudah berbentuk U. Lakukan hal tersebut pada lima buah jeruk nipis. Setiap ujung kabel yang lain disambungkan ke penjepit kertas lainnya. Setelah itu, tempelkan ujung kabel yang belum disambungkan ke bohlam dengan memakai selotip. Terakhir, untuk menguji nyala lampu, sentuhkan penjepit kertas yang belum tersambung ke bohlam. Sebaiknya, uji nyala lampu dilakukan di tempat yang agak gelap.

2. Teks tersebut berisi laporan wacana percobaan ....
A. menciptakan penjepit kertas dari kulit jeruk nipis
B. memakai jeruk nipis sebagai pengganti kerikil baterai
C. munguji nyala bohlam dengan memakai air perasan jeruk nipis
D. menghubungkan lampu dengan aliran listrik dengan kabelberbahan serat jeruk nipis

3. Berikut ini ciri kebahasaan teks laporan percobaan sesuai dengan teks tersebut, kecuali....
A. memakai kata kerja aktif untuk menggambarkan proses dan aksi
B. sangat sering memakai kata ganti orang
C. tidak ada urutan waktu, yang ada urutan kegiatan
D. memakai kata kiprah untuk menjaga kepaduan antarkalimat/paragraf


4. Dalam teks laporan percobaan, teks tersebut termasuk ke dalam cuilan mekanisme lantaran ....
A. menginformasikan materi dan alat yang akan dipakai selama kegiatan percobaan
B. merumuskan sasaran yang ingin dicapai melalui serangkaian kegiatan percobaan
C. menguraikan langkah-langkah percobaan secara berurutan
D. mengemukakan hal-hal penting yang ditemukan selama kegiatan percobaan

Bacalah kutipan teks berikut dengan cermat untuk menjawab soal nomor 5 dan 6!
Setelah melaksanakan percobaan, penulis mendapatkan hasil bahwa berat kentang sebelum dimasukkan kedalam larutan dan setelah dimasukkan berbeda. Deskripsi perbedaan tersebut tergambar dalam tabel berikut.

TABEL TERLETAK PADA FILE DOWNLOAD

5. Teks tersebut merupakan kutipan teks laporan percobaan cuilan ....
A. kajian pustaka
B. hasil percobaan
C. mekanisme kerja
D. pembahasan hasil percobaan

6. Berdasarkandata dalam tabel, setelah dimasukkan ke dalam larutan gula 15%, berat kentang mengalami ....
A. kenaikan sebesar 5 gram
B. penurunan sebesar 5,3 gram
C. kenaikan sebesar 35 gram
D. penurunan sebesar 0,4 gram

Bacalah teks berikut dengan cermat untuk menjawab soal nomor 7, 8, dan 9!
(1) Beruang madu ialah jenis beruang terkecil di antara delapan jenis beruang yang terdapat di dunia. Hewan yang hampir punah ini mempunyai nama latin helarctos malayanus.
Beruang madu ini mempunyai ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingakan jenis beruang lainnya.
(2) Tinggi tubuhnya hanya berkisar di angka 140 cm, dengan tinggi punggung 70 cm dan bobot antara 50 hingga 65 kg.
(3) Hewan ini mempunyai bulu yang cenderung pendek tetapi berkilau terlihat menutupi seluruh tubuh beruang madu kecuali telapak kaki. Terdapat ciri yang sangat khas pada tubuh beruang madu yaitu tanda berwarna jingga yang berada sempurna di bawah leher.
(4) Hewan yang termasuk omnivora atau pemakan segala ini biasanya memakan ayam, burung, buah-buahan, daun-daun muda menyerupai pucuk palem. Nah, selain itu sesuai dengan namanya, beruang ini paling suka memakan madu dan lebah.

7. Informasi umum wacana objek yang dibahas terdapat pada paragraf ....
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat

8. Penggunaan kata teknis/istilah bidang biologi terdapat pada kalimat yang ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

9. Kata kerja aktif dalam teks tersebut ialah ....
A. ialah
B. terdapat
C. berada
D. memakan

10. Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan cermat!
(1) Mentega dan minyak mengandung lemak lantaran dikala dioleskan ke kertas buram, kertas tersebut berkembang menjadi transparan.
(2) Kita sanggup mempunyai slime yang kondusif dipakai tanpa memakai boraks setelah melaksanakan percobaan ini.
(3) Ragi dikenal sebagai materi yang umum dipakai dalam fermentasi untuk menghasilkan etanol.
(4) Manfaat percobaan ini ialah sanggup mengetahui perubahan berat kentang yang dimasukan pada larutan gula sebanyak 15% dan 50%, dan pada air biasa.

Kalimat kompleks (majemuk) yang mengandung korelasi penyebaban ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

11. Bacalah paragraf-paragraf berikut dengan cermat!
(1) Melalui media cetak dan elektronik kita sanggup menyaksikan bagaimana para pengedar narkoba membangun jaringan secara intensif. Akibatnya, peredaran narkoba begitu merebak hingga ke daerah-daerah pelosok bahkan hingga ke lembaga pemasyarakatan.
(2) Mungkin banyak di antara hadirin yang belum memahami gosip globalisasi. Untuk itu, kali ini saya ingin mengajak hadirin untuk mengingat kembali beberapa referensi hidup yang sanggup menimbulkan globalisasi, apa pengaruhnya bagi kita semua, dan bagaimana kita menghadapi pengaruhnya.
(3) Idealnya, biaya pembangunan di suatu negara harusnya didanai oleh rakyat di negara tersebut melalui setoran pajak. Inilah mengapa dikatakan pajak sebagai harga diri bangsa. Karena pajak sebagai harga diri bangsa, seharusnya setiap wajib pajak merasa gembira setelah melaksanakan kewajibannya kepada negara.
(4) Langkah pertama ialah dengan memasukkan air hangat dengan dosis sesuai selera. Selanjutnya, mencelupkan teh gantung ke dalam gelas berisi air hangat. Jangan lupa memasukkan gula secukupnya kemudian aduk hingga larut. Teh siap di sajikan.

Paragraf-paragraf tersebut termasuk kutipan teks pidato persuasif, kecuali yang ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Bacalah teks berikut dengan cermat untuk menjawab soal nomor 12, 13 dan 14!
Untuk menghindari peredaran dan penyalahgunaan narkoba di kalangan penerima didik, kesadaran dan pengetahuan wacana ancaman narkoba perlu ditanamkan. Banyak cara yang sanggup dilakukan, baik melalui penyampaian materi, lembaga diskusi, maupun dalam bentuk proteksi tugas-tugas sekolah.Pemberian kiprah sekolah sanggup dilakukan guru dalam bentuk kiprah menciptakan poster, cerpen, atau goresan pena yang bertema anti narkoba.
Dengan cara-cara di atassecara tidak pribadi para penerima didik akan mengenal dampak penyalahgunaan narkoba. Melalui pengenalan itu, terbentuklah referensi pikir untuk menjauhi penggunaan narkoba pada diri penerima didik.

12. Kutipan teks pidato tersebut bertopik ....
A. peredaran dan penyalahgunaan narkoba di indonesia
B. pemberantasan mata rantai peredaran narkoba
C. antisipasi penyalahgunaan narkoba di kalangan penerima didik
D. pemberlakuan eksekusi bagi pengedar narkoba

13. Kutipan teks pidato tersebut bertujuan mengajak pembaca/pendengar untuk ....
A. membantu polisi dalam pemberantasan peredaran narkoba
B. mengantisipasi penyalahgunaan narkoba di kalangan penerima didik
C. mengajukan usul pemberlakukan eksekusi seberat-beratnya kepada pengedar narkoba
D. berupaya aktif dalam upaya penanganan penyalahgunaan narkoba

14. Alasan orator (penyampai pidato) menghindari peredaran dan penyalahgunaan narkoba dengan cara proteksi tugas-tugas sekolah ialah ....
A. mengenalkan cara mengatasi ancaman narkoba kepada penerima didik
B. menanamkan perilaku kolaborasi penerima didik dalam pemberantasan narkoba
C. membentuk referensi pikir penerima didik menjauhi penggunaan narkoba
D. mengefektifkan pembelajaran di kelas semoga mencapai hasil berguru yang maksimal

Bacalah teks berikut dengan cermat untuk menjawab soal nomor 15, 16, dan 17!
(1) Kebersihan lingkungan merupakan hal yang sangat penting guna menjaga kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitar. Lingkungan yang sehat akan meminimalisasi penyebaran penyakit dan akan menawarkan kenyamanan dikala berada di lingkungan tersebut. Hal tersebut berlaku pula untuk lingkup sekolah.
(2) Kenyamanan lingkungan sekolah menjadi faktor pendorong keberhasilan proses berguru mengajar. Dengan lingkungan sekolah yang nyaman, penerima didik dan guru mempunyai kesempatan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
(3) Maka dari itu, marilah kita sebagai warga sekolah sanggup menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Mulailah dari diri sendiri, menyerupai membuang sampah pada tempatnya dan tidak meninggalkan barang-barang di laci lantaran sanggup menjadi sarang nyamuk.
(4) Dengan demikian, menjaga kebersihan lingkungan,khususnya di lingkungan sekolah, merupakan hal yang sangat penting dan bukan hal yang layak ditunda-tund
A. Kelasku bersih, prestasi gampang diraih!

15. Bagian isi teks pidato persuasif yang berupa pendahuluan yang berisi pendapat atau sudut pandang orator (pernyataan posisi) ialah ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

16. Bagian isi teks pidato persuasif yang berisi simpulan yang memperkuat pandangan orator (penguatan pernyataan posisi) ialah ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D.

17. Bagian isi teks pidato persuasif yang berisi usul orator kepada pendengarnya ialah ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

18. Bacalah teks berikut dengan cermat!
(1) Apa yang telah dilakukan oleh para pendahulu kita sangatlah penting untuk diteladani. (2) Mereka sadar bahwa kaum mudalah yang akan memilih nasib bangsa ini. (3) Untuk itulah, kita sebaga cowok harus meneruskan semangat persatuan mereka. (4) Ayo, wahai cowok harapan bangsa, kita songsong masa depan yang lebih cerah untuk nusa dan bangsa kita!

Kalimat emotif pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

19. Bacalah teks berikut dengan cermat!
(1) Pendidikan merupakan elemen penting bagi seluruh kehidupan manusia. (2) Keberadaannya sangat membantu kemajuan bangsa. (3) Namun, di kala globalisasi ini kondisi pendidikan di Indonesia sebagian masih memprihatinkan. (4) Fasilitas pendidikan yang layak bagi mereka yang berada di kawasan terpencil belum terpenuhi.

Kalimat aktif pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

20. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
(1) Bapak dan Ibu, sekalian, izinkanlah saya memberikan pidato singkat wacana peranan orang bau tanah dalam pembentukan karakter anak.
(2) Intoleransi dan radikalisme harus kita jauhkan dari pikiran putra-putri kita lantaran akan merusak masa depan mereka dan bangsa kita tercinta.
(3) Untuk bisa meraihkesuksesan, kita harus bisa mengubah potensi dalam diri kita menjadi kompetensi yang diharapkan.
(4) Ketika dunia usaha menjadi pilihan hidup, kita harus siap secara mental menghadapi keberhasilan maupun kegagalan.

Kata bersinonim terdapat pada kalimat yang ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Bacalah teks berikut dengan cermat untuk menjawab soal nomor 21, 22, 23 dan 24!
(1) Tanah di pekuburan umum itu masih berair ketika para pentakziah sudah pulang. Sementara Ogal masih duduk sambil sesekali menyeka air matanya. Ibu yang selama ini paling ia hormati dan cintai, tadi malam telah menghadap Tuhan Yang Maha Esa.
(2) ....
“Maksud Ibu?” Ogal tidak mengerti.
“Ya, rupanya engkau ditakdirkan untuk saya asuh dan menjadi anak kami. Tetapi kami bertekad untuk menjadi orang tuamu, bukan sekedar orang bau tanah asuh.”
....
Sebenarnya Ogal masih ragu-ragu, apakah ia akan ikut Bu Tutik atau bertahan hidup dengan mandiri. Jika ia ikut Bu Tutik, tentu tidak sanggup bekerja menyerupai ketika ia masih hidup bersama ibunya. Hal itu menjadikannya manja. Tetapi kalau menolak kebaikan Bu Tutik, terasa tidak enak. Pengorbanan Ibu Guru itu sudah sedemikian besarnya. Dari pengalaman hidupnya selama ini, banyak hal yang sanggup Ogal petik. Ia biasa bekerja keras, tidak suka menggantungkan pada orang lain. Ia juga biasa hidup prihatin sehingga tidak suka berfoya-foya.
(3) “Tapi, saya tidak yummy kalau menganggur, Bu!”
“Di rumahku engkau tidak mungkinmenganggur. Engkau bisa berguru menggunakankomputer, mengetik, nonton TV, danmemelihara kebun.”
“Tapi, saya akan tidak bekerja, Bu!”
“Pada hakikatnya engkau bekerja juga. Memelihara kebun atau membantuku dirumah juga bekerja. ”
“Jadi, tidak harus menjajakan kue, Bu?”Bu Tutik mengangguk.
“Kalau begitu, tolong carikan pekerjaanyang bisa saya lakukan.”
Bu Tutik tersenyum.
“Jangan khawatir.”
(4) Bu Tutik ternyata sanggup memenuhiharapan Ogal. Banyak pekerjaan yang dapatdilakukan Ogal. Misalnya, memelihara kebun mangga, mencatat keluar masuknya barang, dan sebagainya. Kali ini Ogal tidak kalah sibuknya dengan sewaktu berada di desa nelayan. Bahkan, mungkin boleh dikatakan sangat sibuk. Pekerjaan di rumah Bu Tutik tidak hanya satu, melainkan sangat banyak. Walaupun begitu, Bu Tutik tidak pernah memaksa Ogal untuk bekerja. Semua itu hanya semata-mata menuruti keinginan Ogal.

21. Makna ungkapan menghadap Tuhan Yang Maha Esa pada cuilan (1) teks tersebut ialah ....
A. memohon dan berdoa
B. meninggal dunia
C. berserah diri kepada Tuhan
D. merasa tidak berdaya

22. Bukti karakter Ogal ialah seorang pekerja keras sesuai dengan cuilan (3) teks tersebut ialah ...
A. Ogal tidak mau meninggalkan pekerjaan lamanya sebagai penjaja kue.
B. Ogal memenuhi permintaan Bu Tutik untuk berguru lebih ulet lagi.
C. Ogal tidak ingin dirinya menjadi beban Bu Tutik.
D. Ogal meminta pekerjaan untuk dirinya kepada Bu Tutik.

23. Pada cuilan (2) teks tersebut pengarang menggambarkan Ogal sebagai tokoh yang tidak mau hidup berfoya-foya, yaitu dengan cara ....
A. melalui perkataan tokoh Ogal
B. melalui ekspresi tokoh Bu Tutik
C. pengarang menjelaskan secara pribadi
D. melalui perasaan tokoh Ogal

24. Sudut pandang yang dipakai pengarang pada teks tersebut ialah ....
A. sudut pandang orang pertama, pengarang sebagai pemeran utama
B. sudut pandang orang pertama, pengarang sebagai pemeran pembantu
C. sudut pandang orang ketiga, pengarang serba tahu
D. sudut pandang orang ketiga, pengarang sebagai peninjau

25. Bagian (1) teks tersebut bercerita wacana ...
A. Setelah ibunya meninggal, Ogal merasa menyesal.
B. Ogal dikunjungi banyak pentakziyah.
C. Bu Tutik meminta Ogal menjadi anak angkatnya.
D. Ogal sangat bersedih lantaran ibunya meninggal dunia.

26. Bagian penyelesaian (resolusi) teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

27. Penyebab konflik pada teks tersebut ialah ....
A. Bu Tutik berniat menjadi ibu asuh Ogal setelah ibu Ogal meninggal.
B. Ogal bersedia menjadi anak asuh Bu Tutik dengan tanpa syarat.
C. Bu Tutik menawarkan pekerjaan kepada Ogal sesuai permintaannya.
D. Bu Tutik hanya membolehkan Ogal untuk belajar, bukan bekerja.

28. Akibat konflik pada teks tersebut ialah ....
A. Bu Tutik meminta Ogal melaksanakan banyak pekerjaan di rumahnya.
B. Ogal ragu mendapatkan niat Bu Tutik lantaran ia tidak bisa hidup tanpa bekerja.
C. Ogal tidak mau berguru sesuai dengan keinginan Bu Tutik.
D. Ogal bersedia menjadi anak asuh Bu Tutik dengan senang hati.

Bacalah paragraf berikut dengan cermat untuk menjawab pertanyaan 29 dan 30!
(1) Malam ini Vina tengah menengadahkan kepalanya, berusaha menyapa bulan. (2) Kendati penantiannya telah habiskan lebih dari separuh kesabarannya, bulan tak kunjung membalas sapanya. (3) Rupanya, awanlah yang menghalangi terangnya bulan. (4) Sebenarnya, malam ini terasa lebih cuek dari malam-malam sebelumnya. (5) Namun, entah mengapa cuek itu tak ia rasakan sedikit pun. (6) Mungkin pikiran wacana insiden tadi siang yang hilangkan rasa itu.

29. Majas personifikasi terdapat pada kalimat yang ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (3) dan (4)
C. (4) dan (5)
D. (5) dan (6)

30. Kalimat ekspresif yang menggambarkan ketidaksabaran tokoh ditandai dengan nomor ....
A. (2)
B. (3)
C. (5)
D. (6)

31. Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan cermat!
(1) Sebagian besar pihak yang menjadi sponsor Asian Para Games 2018 sempat mengira ajang tersebut sama dengan Asian Games.
(2) Dalam standar olimpiade dikala ini, setiap medali emas yang menjadi hadiah bagi para atlit pemenang mengandung kadar emas sebesar 6 gram yang dicampur dengan perak sebesar 494 gram.
(3) Lagu“Laskar Pelangi” menawarkan ide bahwa ”mimpi” bisa menjadi ”kunci” yang bisa dipakai untuk membuka harapan kita untuk ”menaklukan dunia” yang kemudian menjadi penyemangat untuk meraih cita-cita.
(4) BNPB menyemprotkan cairan desinfektan melalui udara dengan metode water boming di titik lokasi gempa likuifaksi, Balaroa dan Sigi, Sulawesi Tengah, Kamis, 18 Oktober 2018.

Kalimat yang termasuk teks tanggapan ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Bacalah teks berikut dengan cermat untuk menjawab soal nomor 32 dan 33!
(1) Meskipun lukisan “Dini Hari” dibentuk berdasarkan imajinasi pelukisnya, tetapi pemandangan alam yang dilukiskannya itu seperti benar-benar ada dan bukan imajinasi. (2) Bentuk benda-benda yang dilukiskan tidak beda dengan benda dalam kehidupan nyata. (3) Namun, dari sisi komposisi tampilan lukisan tersebut terasa kurang lengkap. (4) Lukisan hanya menampilkan unsur flora (pohon pinus dan rerumputan). (5) Unsur-unsur kehidupan yang lain menyerupai hewan dan insan tidak ditampilkan. (6) Hal inilah yang menimbulkan lukisan ini terkesan “kering” atau “kurang lengkap”.

32. Kalimat berisi kebanggaan dalam teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (3) dan (4)
C. (4) dan (5)
D. (5) dan (6)

33. Kalimat berisi kritikan dalam teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1), (2), (3), (4)
B. (2), (3), (4), (5)
C. (3), (4), (5), (6)
D. (4), (5), (6), (1)

Bacalah teks berikut dengan cermat untuk menjawab soal nomor 34, 35, dan 36!
(1) “5 Cm” ialah film drama Indonesia yang dirilis pada 12 Desember2012. Film ini merupakan film yang diubahsuaikan dari sebuah novel dengan judul yang sama karya Donny Dhirgantoro. Film yang disutradarai oleh Rizal Mantovani ini diperankan oleh Fedi Nuril sebagai Genta, Denny Sumargo sebagai Arial, Raline Shah sebagai Riani, Igor Saykoji sebagai Ian, Herjunot Ali sebagai Zafran, dan Pevita Pearce sebagai Adinda.
(2) Film ini secara garis besar bercerita wacana persahabatan dan nasionalisme. Genta, Arial, Zafran, Riani, dan Ian ialah lima cukup umur yang telah menjalin persahabatan sepuluh tahun lamanya. Mereka mempunyai karakter yang berbeda-beda. Suatu hari mereka berlima merasa jenuh dengan persahabatan mereka. Akhirnya, kelimanya memutuskan untuk berpisah, tidak saling berkomunikasi satu sama lain selama tiga bulan lamanya.
(3) Selama tiga bulan berpisah mereka diliputi kerinduan. Selama itu pula banyak yang terjadi dalam kehidupan mereka berlima, sesuatu yang mengubah diri mereka masing-masing untuk lebih baik dalam menjalani kehidupan. Setelah tiga bulan berselang mereka berlima pun bertemu kembali dan merayakan pertemuan mereka dengan sebuah perjalanan penuh impian dan tantangan. Sebuah perjalanan hati demi mengibarkan Sang Saka Merah Putih di puncak tertinggi Jawa yaitu di Puncak Mahameru pada tanggal 17 Agustus. Sebuah perjalanan penuh usaha yang menciptakan mereka semakin menyayangi Indonesia.
(4) Judul film ini unik dan sederhana tetapi mempunyai dongeng yang sangat menakjubkan. Film ini dengan cerdas merekatkan karakter besar lengan berkuasa pada masing-masing tokoh. Hal ini yang menciptakan “5 Cm” unggul dari film lain. Biasanya, pada permulaan film kita dibiarkan menebak menyerupai apa karakter para tokoh. Namun, pada film “5 Cm” kita tidak dibiarkan menebak alasannya karakter tokoh sudah terbaca besar lengan berkuasa di cuilan awal.
(5) Terdapat beberapa perbedaan antara novel dan film “5 Cm”. Dalam novel jalan dongeng digambarkan sangat detail sedangkan dalam film ada beberapa cuilan yang dikurangi. Demikian pula dalam penggambaran latar. Pada film Gunung Mahameru dan sekitarnya kurang diekspos secara luas, hanya sebagian yang kita lihat. Hal tersebut sangat jauh berbeda dengan penggambaran latar yang sama pada novel.

34. Bagian konteks pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (3)
C. (4)
D. (5)

35. Bagian deskripsi pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)

36. Bagian penilaian pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)

37. Bacalah dua kutipan teks berikut dengan cermat!
Teks 1
Pada selesai cerita, alurnya terkesan dipaksakan dengan pembentukan keluarga antarsahabat. Ditambah lagi dengan keturunan yang mempunyai sifat dan karakteristik yang sama dari para orang tuanya. Arial ialah laki-laki terganteng di antara mereka

Teks 2
Riani ialah gadis berkaca mata, cantik, cerdas dan mengutamakan profesi. Zafran merupakan laki-laki yang berbadan kurus, anak band, senang bersyair. Ia juga seorang tokoh yang gila bola. Genta merupakan leader di antara sahabat-sahabatnya.

Perbedaan teks 1 dan teks 2 ialah ....
Teks 1 Teks 2
A menanggapi alur menanggapi penokohan
B berupa orientasi berupa deskripsi
C mengandung konflik tokoh dengan dirinya sendiri mengandung konflik antartokoh
D menjelaskan penilaian tema menjelaskan deskripsi tema
38. Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan cermat!
(1) Baju karya perancang ternama itu memang sangat menawan lantaran ditunjang oleh materi yang digunakan, tetapi kreativitas desainnya tergolong biasa-biasa saja.
(2) Produk terbaru smartphone aXue sangat diminati konsumen yang suka dengan barang murahan.
(3) Sebagian besar lirik lagu yang dibawakan Iwan Fals sangat inspiratif lantaran mengantarkan isu-isu kemanusiaan dan nilai-nilai kebaikan.
(4) Teknik penggarapan film yang diangkat dari perjalanan hidup tokoh nasional ini patut diacungi jempol, tetapi dari sisi isi dongeng tidak berisi sama sekali.

Pujian yang santun terdapat dalam kalimat yang ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

39. Bacalah kalimat berikut dengan cermat!
Album yang dikemas dengan mayoritas warna hitam ini menyuguhkan dua instumen. Pertama ialah “Sunset” didominasi oleh gitar. Nuansa ini sekilas terdengar ala Kings of Convenience ini. Sementara itu, pada lagu kesembilan kita dibawa mendengarkan dentingan piano yang menenangkan setelah diajak menggoyangkan tubuh pada lagu sebelumnya, “Cadilac Model”.

Kata-kata yang memerlukan klarifikasi pemanis (kata yang dianggap sukar) dalam teks tersebut ialah ....
A. album
B. nuansa
C. Sunset
D. Kings of Convenience

40. Perhatikan kalimat berikut!
Jika Anda ialah pecinta musik sekaligus penikmat fotografi, di album ini kita bisa menikmati keduanya sekaligus lantaran Atlesta mengemas lirik-lirik dalam album Sensation itu ke dalam 14 lembar foto menarik. Sayangnya lirik-lirik tersebut tidak semuanya tercetak dengan baik, dengan aksara handwriting yang cukup sulit untuk dibaca.
Komentar yang sesuai dengan cuplikan teks tanggapan tersebut ialah ....
A. Penggunaan istilah gila yang terlalu banyak mengganggu pemahaman.
B. Banyak ditemukan penulisan aksara kapital dan tanda baca yang tidak tepat.
C. Menggunakan kalimat yang tidak efektif sehingga sulit dipahami.
D. Pernyataan banyak memakai ungkapan yang sulit diketahui maknanya.

II Jawablah soal-soal dibawah ini dengan kalimat yang singkat dan jelas!

41. Perhatikanlah teks berikut!
Kita tidak harus memakai alat berteknologi canggih (1) ... mengamati benda langit (2) ... jaraknya jauh. Kita (3) ... membuatnya sendiri (4) ... biaya yang relatif lebih murah.
Lengkapi cuilan rumpang dengan kata kiprah yang tepat!

42. Bacalah teks berikut!
Sekian pidato saya. Semoga kita semua sanggup menjadi partisipan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan, khususnya lingkungan sekolah. Saya sampaikan terimakasih atas perhatian yang hadirin berikan. Bila ada hal yang kurang berkenan, saya memohon maaf yang sebesar-sebesarnya. Salam!
Teks tersebut merupakan kutipan salah satu cuilan teks pidato persuasif. Termasuk cuilan apakah teks tersebut? Jelaskan alasan yang mendukung jawabanmu dengan singkat dan jelas!

43. Bacalah teks berikut!
“Ah, selama ini saya terlalu sibuk dengan diriku sendiri. Untuk berbagi, Bi Dariyah tak sempat memikirkan dari mana, berapa, balasan, atau apa pun. Yang terlintas dalam pikirannya hanyalah keinginan mengembangkan kebahagian dengan sesama. Tulus dan lantaran Allah semata. Lalu, bagaimana dengan diriku? Berbagi dengan Vini, saudariku sendiri? Rasanya tak pernah sedikit pun kubolehkan Vini menyentuh barang-barang kesukaanku. Flashdisk, sepatu, jam tangan, headset, EXO-ku ....”
Sebutkan karakter tokoh dalam dongeng tersebut! Dengan cara bagaimanakah pengarang menggambarkan tabiat tokoh tersebut!

44. Bacalah kalimat berikut!
Kamar berbilik rapuh, beratap plastik bekas, dan berjendela kayu sisa rumah tetangga itu menjadi saksi kepiluannya. Namun, masihlah beruntung. Setidaknya cahaya matahari dan embusan angin masih mau singgah lewat lubang-lubang atap rumah dan sekeliling biliknya.
Jelaskan maksud kalimat bercetak miring tersebut dengan singkat dan jelas!

45. Perhatikanlah teks berikut!
Film “Dillan 1990” berkisah wacana kehidupan cukup umur diera 90-an yang berlatar suasana diBandung Suasana tempo 90-an pun di hadirkan film ini melalui beberapa properti yang di gunakan.
Tuliskan kembali kalimat tersebut dengan penulisan kata depan dan imbuhan yang tepat!

Untuk Soal PAS 1 Kelas 9 SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia Tahun 2019. Soal Perguruan Tinggi Swasta bisa anda gunaka sebagai referensi dalam berguru untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi PAS Tahun Pelajaran 2019/2020.

Download Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013

Ingat Soal PAS 1 Kelas 9 SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia Tahun 2019 ini hanya untuk latihan saja, Ada atau tidaknya dalam ujian yang sebenarnya, kami tidak bisa bertanggung jawab



Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 1 Tahun 2019 New
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan semoga mendapatkan file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran informasi Mengenai Soal PAS 1 Kelas 9 SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia Tahun 2019 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel