Download Soal Pas Kelas 10 Mapel Sosiologi Semester Ganjil Tahun 2019

 Pada kesempatan ini saya akan menawarkan info untuk adek Download Soal PAS Kelas 10 Mapel Sosiologi Semester Ganjil Tahun 2019

Contoh Soal UAS/PAS Jenjang Pendidikan SMA/MA Kelas 10 Mata Pelajaran Sosiologi Semester 1 (Ganjil) Kurikulum 2013 Revisi 2019





Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan menawarkan info untuk adek-adek semua yang duduk di dingklik sekolah Atas (SMA) yang siap menghadapi ulangan PTS. Kali ini Mas Nazmi ingin membuatkan infirmasi mengenai Contoh Soal PAS Kelas 10 Mapel Sosiologi Semester Ganjil Tahun 2019

Contoh Soal PAS Kelas 10 Mapel Sosiologi Semester Ganjil yang kami bagikan ini sudah dalam unsur HOTS, PPK, Literasi dan 4C dari revisi selesai kurikulum 2013.

Pada artikel kali ini kami bertujuan untuk menjadi sarana mencar ilmu bagi para siswa yang duduk di dingklik Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) yang sebentar lagi akan menghadapi Ulangan / Penilaian Akhir Semester (PAS).

Latihan Soal PAS Kelas 10 Mapel Sosiologi Semester Ganjil

Berikut ini Contoh Soal PAS Kelas 10 Mapel Sosiologi Semester Ganjil Kurikulum 2013

1. Sosiologi berasal dari kata socius dan logos. Kata logos berasal dari bahasa ….
A. Yunani
B. Spanyol
C. Prancis
D. Latin
E. Romawi

2. Beberapa ciri-ciri sosiologi!
(1) Hasil pengamatan terhadap realitas sosial yang tidak asal-asalan.
(2) Hasil pengamatan disusun dalam bentuk abstraksi.
(3) Realitas sosial sanggup diprediksi atau diperkirakan.
(4) Realitas sosial dianalisa tanpa mempersoalkan baik buruknya fakta.
(5) Teori sosiologi berdiri sendiri tanpa mengaitkan dengan teori sebelumnya.

Pernyataan tersebut, yang merupakan ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yaitu ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)

3. Seorang peneliti menyusun abstraksi dari hasil penelitian dan wawancara yang telah dilakukan di wilayah industri. Ia berusaha menjelaskan dampak pencemaran lingkungan bagi kehidupan warga sekitar. Hal ini berarti sosiologi mempunyai ciri ....
A. Kumulatif
B. Nonetis
C. Teoretis
D. Kategoris
E. Abstrak

4. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
(1) Mendeskripsikan fakta sosial dengan menggunakan spekulasi.
(2) Mendeskripsikan fakta sosial menurut hasil observasi penalaran.
(3) Membicarakan baik atau buruknya suatu tindakan sosial.
(4) Berusaha memperlihatkan hubungan pernyataan secara logis.
(5) Dibangun atas dasar teori yang sudah ada.

Karakteristik sosiologi sebagai ilmu ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1), (2), dan (5)
B. (1), (3), dan (4)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (5)
E. (2), (4), dan (5)

5. Setelah gempa melanda kota A dan sekitarnya, pemerintah merencanakan pembangunan untuk memperbaiki infrastruktur ke kawasan yang terkena gempa. Selain upaya memperbaiki infrastruktur, pemerintah mengundang spesialis sosiologi untuk menawarkan data mengenai permasalahan sosial yang timbul tanggapan gempa. Data tersebut akan dipakai sebagai teladan untuk memprioritaskan pembangunan infrastruktur yang akan dilakukan lebih dulu. Fungsi sosiologi pada pembangunan kawasan A dan sekitarnya sebagai materi ....
A. Perencanaan dan pembangunan sosial
B. Analisis dampak pembangunan
C. Pemanfaatan hasil pembangunan
D. Pembuatan keputusan
E. Solusi duduk kasus sosial

6. Kondisi ekonomi keluarga yang pas-pasan, tidak menyurutkan niat Ahmad untuk mencar ilmu lebih rajin dan giat. Berkat dukungan wali kelas di sekolahnya yang setiap hari tanpa rasa lelah memotivasinya, sehingga ia menjadi rajin mencar ilmu baik di sekolah maupun di rumahnya. Keadaan ini membentuk langsung Adi tidak gampang menyerah. Media sosialisasi yang berperan sesuai contoh tersebut ialah ....
A. Sekolah dan guru
B. Lingkungan dan guru
C. Lingkungan tempat tinggal dan keluarga
D. Lingkungan budaya dan sekolah
E. Teman sebaya dan sekolah

7. Perhatikan hal-hal berikut!
(1) Meniru cara makan, berbicara, berjalan, berpakaian
(2) Mulai mencar ilmu mengambil peranan orang-orang di sekitarnya
(3) Mempelajari peranan tokoh masyarakat setempat
(4) Mampu memalsukan tingkah laris orang lain yang dikagumi

Dari contoh sosialisasi di atas yang termasuk sosialisasi primer ialah ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)

8. Konsepsi (pemikiran) abnormal dalam diri insan mengenai apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap jelek merupakan pengertian dari...
A. Masalah sosial
B. Moral
C. Nilai sosial
D. Tindakan
E. Hubungan

9. Setiap bertemu dengan siswa yang makan di depan kelas, ustadz Rudi selalu mengangguk dan mengucap permisi dengan tersenyum. Perilaku ustadz Rudi tersebut alasannya ialah mengedepankan nilai ....
A. Vital
B. Material
C. Estetika
D. Etika
E. Logika

10. Norma yang mengatur perihal perilaku-perilaku sosial yang bersifat rutinitas dalam kehidupan bermasyarakat, merupakan pengertian norma ....
A. Hukum
B. Agama
C. Kesopanan
D. Kesusilaan
E. Kebiasaan

11. Norma tidak resmi ditunjukkan oleh hal-hal berikut, kecuali ....
A. Makan tanpa berbicara
B. Menundukkan kepala ketika bertemu dengan orang yang lebih tua
C. Mengembalikan buku milik sahabat secepatnya
D. Memakai seragam sekolah dengan rapi dan tertib
E. Melihat sisi kanan dan kiri sebelum menyebrang jalan

12. Pada dikala mengendarai kendaraan bermotor seorang remaja tidak mengenakan helm, jaket, sepatu, dan tidak mempunyai SIM alasannya ialah belum cukup umur. Tindakan remaja tersebut telah melanggar norma ....
A. Sosial
B. Hukum
C. Kelayakan
D. Kesopanan
E. Kebiasaan

13. Aldi dibesarkan dalam lingkungan pesantren. Namun, tanggapan pergaulan di luar pesantren dengan kelompok yang telah usang menggunakan obat-obatan terlarang mengakibatkan Aldi sering meninggalkan ibadah dan ngajinya serta terlibat penggunaan obat-obatan terlarang. Dari kasus tersebut, yang menjadi penyebab terjadinya sikap menyimpang ialah ....
A. Kondisi ekonomi keluarga
B. Sosialisasi subkebudayaan menyimpang
C. Pemahaman nilai-nilai yang disalah gunakan
D. Adanya harapan menemukan jati diri yang asli
E. Tidak taat beribadah

14. Supaya tidak terjadi penyimpangan lebih lanjut, seorang guru pengawas menegur siswa yang menyontek ketika mengerjakan soal ujian. Berdasarkan bobot sanksinya, sikap yang dilakukan siswa tersebut tergolong penyimpangan ....
A. Primer
B. Sekunder
C. Negatif
D. Individu
E. Campuran

15. Perhatikan beberapa sikap menyimpang berikut!
(1) Melakukan perampokan dan pembunuhan.
(2) Mengambil uang milik sahabat satu kelas.
(3) Tidak mau ikut bekerja bakti
(4) Siswa yang terlambat tiba ke sekolah

Berikut yang termasuk sikap menyimpang primer menurut sanksinya di tunjukkan pada nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (1) dan (4)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)

16. Masyarakat ialah sekelompok insan yang tinggal bersama dalam jangka waktu yang relatif usang dan membentuk kebudayaan. Bentuk masyarakat sangat beragam, baik banyak atau sedikit. Unit satuan masyarakat terkecil yang tampak dalam kehidupan masyarakat ialah ....
A. Keluarga
B. Sekolah
C. Perkumpulan
D. Individu
E. Komunitas

17. Berikut ini yang tidak termasuk karakteristik kelompok sosial adalah….
A. Antaranggota mempunyai kesadaran kelompok
B. Ada hubungan timbal balik antaranggotanya
C. Ada faktor-faktor yang dimiliki bersama
D. Memiliki struktur, aturan, dan pola perilaku
E. Merupakan suatu keturunan yang sama

18. Yang tidak termasuk kelompok sosial atas dasar genealogis adalah…
A. Kelima anak Bu Ruly sangat mengasihi Pak Umar alasannya ialah Pak Umar pamannya.
B. Para warga Pulo Gadung sedang antri mandi di MCK umum alasannya ialah daerahnya kekeringan.
C. Pak Damar Siregar mempunyai dua anak dinamai Melani Siregar dan Andy Siregar.
D. Keluarga Bu Marwah sangat bahagia berkumpul dengan keluarga Bu Anis alasannya ialah Neneknya bersaudara kandung.
E. Rina sangat mempercayai Arman alasannya ialah ia abang sepupunya.

19. Perhatikan ciri kelompok sosial berikut!
(1) Adanya kepentingan bersama.
(2) Tingkat kekeluargaannya tinggi.
(3) Hubungannya bersifat personal.
(4) Berdasarkan pemikiran rasional.

Yang termasuk ciri-ciri paguyuban adalah….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)

20. Siswanto bergabung dalam keanggotaan fans club Real Madrid. Setiap hari, bahkan setiap dikala ia selalu mendapat informasi mengenai aktivitas agenda dan kegiatan dari klub kesayangannya tersebut. Kelompok sosial yang sempurna menurut ilustrasi di tersebut ialah ....
A. Reference group
B. Membership group
C. Gemeinschaft
D. Gesselschaft
E. Public

21. Salah satu stasiun televisi menciptakan aktivitas kuis interaktif untuk sanggup menarik pemirsa televisi melalui hadiah-hadiah yang disajikan. Setiap tiga jam sekali kuis tersebut ditayangkan dengan mengusung pengetahuan umum. Masyarakat yang menyukai kuis tersebut selalu setia menunggu di depan televisi untuk ikut andil dalam acara. Kelompok sosial yang sempurna menurut ilustrasi tersebut ialah ....
A. Massa
B. Kerumunan
C. Batih
D. Klan
E. Publik

22. Fian ialah mahasiswa broadcasting yang magang di televisi swasta. Di sana ia melihat cara bekerja para karyawannya sangat efektif dan efisien. Setiap orang bertanggung jawab pada tugasnya masing-masing. Ada yang bertugas sebagai creative, produser, kameramen, dan melaksanakan kontrol aktivitas melalui control room. Melihat situasi tersebut, Fian menyimpulkan bahwa ikatan yang terjadi pada forum tersebut merupakan ikatan ....
A. In group
B. Solidaritas organik
C. Out group
D. Solidaritas mekanik
E. Gesselschaft

23. Berikut ini jenis kelompok sosial yang sifatnya sementara berupa spectator causal crows, yaitu ...
A. Orang-orang dalam satu lingkungan RT yang sedang kerja bakti.
B. Orang-orang berdemonstrasi menuntut upah dinaikkan.
C. Orang-orang berkerumun melihat kecelakaan kemudian lintas.
D. Anggota OSIS mengadakan lomba.
E. Para nasabah bank sedang antri.

24. Perhatikan beberapa contoh berikut!
(1) Antri menggunakan kamar mandi.
(2) Jama’ah pengajian mendengarkan ceramah di masjid.
(3) Perkumpulan para fans timnas indonesia U-19 di facebook.
(4) Masyarakat mengungsi alasannya ialah banjir.
(5) Buruh pabrik melaksanakan agresi demonstrasi.

Bentuk kerumunan ditunjukkan oleh nomor ….
A. (1), (2), dan (4)
B. (1), (3), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (3), dan (4)
E. (3), (4), dan (5)

25. Seorang siswa Sekolah Menengan Atas Al-Hikmah menyumbangkan seluruh uang tabungan hasil sisa uang jajannya kepada korban konflik Rohingnya yang ada di Myanmar. Tindakan siswa dalam interaksi sosial tersebut dipengaruhi oleh faktor ....
A. Imitasi
B. Identifikasi
C. Motivasi
D. Empati
E. Sugesti

26. Seorang anak sangat mengagumi ayahnya yang kesehariannya menjadi guru yang inspiratif bagi murid-muridnya yang mempunyai sikap sopan dan penyabar baik terhadap guru maupun muridnya. Ia berharap kelak sanggup mencontoh sikap ayahnya yang sopan dan penyabar. Dari contoh tersebut, faktor yang memengaruhi interaksi sosial ialah ....
A. Empati
B. Sugesti
C. Simpati
D. Imitasi
E. Identifikasi

27. Amir ingin meraih juara dalam kompetisi lomba lari di Sekolahnya. Oleh alasannya ialah itu, ia meminta bimbingan khusus kepada guru olahraganya perihal teknik dan seni administrasi yang belum dipahami. Faktor yang memengaruhi interaksi sosial antara siswa dan gurunya ialah ....
A. Identifikasi
B. Motivasi
C. Simpati
D. Sugesti
E. Smitasi

28. Lia melihat iklan sabun muka di salah satu stasiun televisi. Di dalam iklan tersebut seperti kulit wajahnya yang tadinya kusam, sehabis menggunakan sabun tersebut mukanya menjadi putih dan cerah. Setelah melihat tayangan tersebut ia segera membeli dan mencoba sabun tersebut. Tindakan Lia dipengaruhi oleh faktor ....
A. Sugesti
B. Imitasi
C. Motivasi
D. Simpati
E. Identifikasi

29. Para siswa kelas XII IPS sehabis lulus Sekolah Menengan Atas menentukan aktivitas studi di perguruan tinggi tinggi ternama di kota mereka. Dalam upaya memperoleh studi lanjutan tersebut, mereka mencar ilmu dengan keras semoga sanggup lulus tes seleksi, tidak ada upaya saling menghalangi atau menjatuhkan satu terhadap lainnya. Bentuk interaksi sosial di antara mereka dalam contoh tersebut ialah ....
A. Kerja sama
B. Akomodasi
C. Kompetisi
D. Kontravensi
E. Pertikaian

30. Suatu kehidupan di mana pihak-pihak yang berafiliasi dalam tingkat sejajar saling ketergantungan, koordinasi, dan kolaborasi disebut ....
A. Konstruktif
B. Disosiatif
C. Asosiatif
D. Integratif
E. Konsultatif

31. Yang membedakan fasilitas dengan kolaborasi sebagai proses sosial ialah ....
A. Akomodasi ialah konflik, kolaborasi ialah kompetisi
B. Akomodasi ialah peredaan konflik, kolaborasi ialah kegiatan bersama
C. Akomodasi ialah penyebab konflik, kolaborasi ialah upaya perdamaian
D. Akomodasi ialah perdamaian, kolaborasi ialah peredaan konflik
E. Akomodasi ialah kegiatan bersama, kolaborasi ialah peredaan konflik

32. Para siswa yang mencar ilmu ulet untuk menduduki rangking satu di kelasnya, termasuk interaksi dalam bentuk ....
A. Asosiasi
B. Kompetisi
C. Konflik
D. Koordinasi
E. Kontroversi

33. Berikut ini merupakan contoh kontravensi ialah ....
A. Pertikaian antarwarga di perumahan Griya Santa
B. Teror yang dilakukan oleh sekelompok provokator
C. Persaingan perebutan kejuaraan HSG di Sekolah Menengan Atas Al Hikmah
D. Perdebatan antarwarga untuk mempertahankan prinsip
E. Perasaan takut menghadapi lawan yang tangguh

34. Proses pembiasaan sosial dalam interaksi antarindividu dan antarkelompok untuk meredakan kontradiksi dinamakan ....
A. Akomodasi
B. Kerja sama
C. Kooptasi
D. Akulturasi
E. Asosiasi

35. Suatu usaha yang dilakukan perorangan atau kelompok sosial tertentu semoga memperoleh kemenangan atau hasil secara kompetitif, tanpa menjadikan bahaya atau benturan fisik disebut ....
A. Pertentangan
B. Pertikaian
C. Persaiangan
D. Kontravensi
E. Kompromi

36. Interaksi sosial sanggup menjadikan proses asosiatif dan disosiatif. Kondisi berikut ini yang memperlihatkan terjadinya proses sosial asosiatif ialah ...
A. Pelaksanaan turnamen sepak bola antarkecamatan di kabupaten Gresik.
B. Pak RT menjadi penengah warga masyarakat yang sedang bersengketa.
C. Para siswa berlomba untuk memperoleh hasil UAS yang maksimal.
D. Seorang penculik mengancam akan menjual anak yang diculiknya apabila uang tebusan tidak dikirimkan.
E. Aksi demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa berakhir dengan kekerasan.

37. Salah satu manfaat hasil persaingan pada umumnya ialah ....
A. Mengembangkan kepribadian seseorang melalui tabrak kekuatan
B. Meningkatkan prestasi seseorang dalam banyak sekali bidang kehidupan
C. Meningkatkan solidaritas diantara kelompok masing-masing
D. Menumbuhkan semangat diri sendiri terutama dalam kelompoknya
E. Memberikan pengertian antara kelompok yang bersangkutan

38. Kegiatan tawar menawar suatu barang antara penjual dan pembeli merupakan bentuk kerjasama ....
A. Bargaining (pertukaran)
B. Cooptation (pemilihan)
C. Coalition (kombinasi)
D. Joint-venture (patungan)
E. Competition (persaingan)

39. Randi dan Rudi ialah sepasang saudara kembar yang dikenal sangat kompak sama teman-temannya. Karena begitu kompaknya hingga hingga dalam menciptakan usaha ternak ikan lele mereka berdua tetap kompak baik dalam segi modal, perawatan, dan pemasarannya. Berkat kolaborasi dan kekompakan mereka berdua setiap kali panen mereka sanggup menghasilkan laba puluhan juta rupiah merupakan bentuk kerjasama ....
A. Bargaining (pertukaran)
B. Cooptation (pemilihan)
C. Coalition (kombinasi)
D. Joint-venture (patungan)
E. Competition (persaingan)

40. Perhatikan pernyataan dibawah ini !
(1) Adanya konflik antar anggota.
(2) Adanya kerjasama yang baik antar anggota.
(3) Adanya persaingan antar kelompok.
(4) Akomodasi yang baik.
(5) Adanya kontravensi antar anggota.

Dari pernyataan di atas yang termasuk proses sosial yang bersifat disosiatif ialah ....
A. (1), (2) dan (3)
B. (1), (3) dan (4)
C. (1), (3) dan (5)
D. (2), (3) dan (4)
E. (3), (4) dan (5)

Untuk Soal PAS Kelas 10 Mapel Sosiologi Semester Ganjil. Soal PAS ini sanggup anda gunaka sebagai tumpuan dalam mencar ilmu untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi PAS Tahun Pelajaran 2019/2020.

Download Soal PAS Kelas 10 Mapel Sosiologi Semester Ganjil Kurikulum 2013

Ingat Soal PAS Kelas 10 Mapel Sosiologi Semester Ganjil ini hanya untuk latihan saja, Ada atau tidaknya dalam ujian yang sebenarnya, kami tidak sanggup bertanggung jawab


Download Soal PAS Kelas 10 Mapel Sosiologi Tahun 2019 New
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan semoga mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran informasi Mengenai Soal PAS Kelas 10 Mapel Sosiologi Semester Ganjil Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel