Download Soal Pas Kelas 10 Mapel Sejarah Peminatan Semester 1 Tahun 2019
Contoh Soal UAS/PAS Jenjang Pendidikan SMA/MA Kelas 10 Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Semester 1 (Ganjil) Kurikulum 2013 Revisi 2019
Contoh Soal PAS Kelas 10 Mapel Sejarah Peminatan Semester Ganjil yang kami bagikan ini sudah dalam unsur HOTS, PPK, Literasi dan 4C dari revisi final kurikulum 2013.
Pada artikel kali ini kami bertujuan untuk menjadi sarana berguru bagi para siswa yang duduk di kursi Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) yang sebentar lagi akan menghadapi Ulangan / Penilaian Akhir Semester (PAS).
Latihan Soal PAS Kelas 10 Mapel Sejarah Peminatan Semester Ganjil
Berikut ini Contoh Soal PAS Kelas 10 Mapel Sejarah Peminatan Semester Ganjil Kurikulum 20131. Setelah tahap pemilihan tema, langkah dalam penelitian sejarah berupa tindakan mencari dan mengumpulkan sumber sejarah disebut ....
A. Verifikasi
B. Kritik
C. Heuristik
D. Interpretasi
E. Historiografi
2. Hitoriografi tradisional ialah salah satu bentuk penulisan sejarah. Berikut yang termasuk pola hasil karya historiografi tradisional yaitu ....
A. Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia karya Cindy Adams
B. Kitab Negarakertagama karya Empu Prapanca
C. Max Havelaar karya Multatuli
D. Riwajat Proklamasi 17 Agustus 1945 karya Adam Malik
E. Pemberontakan Petani Banten 1888 karya Sartono Kartodirdjo
3. Salah satu alasan sejarah tidak sanggup dipisahkan dari kehidupan insan lantaran ….
A. Sejarah sebagai alat untuk mengenang kehidupan manusia
B. Sejarah berkembang di sekitar kehidupan manusia
C. Sejarah mempelajari insiden masa kemudian manusia
D. Manusia menjadi subjek dari sebuah insiden sejarah
E. Peristiwa sejarah tidak akan pernah berhenti
4. Berikut ialah ciri-ciri historiografi tradisional, kecuali ....
A. Bersifat religio magis
B. Bersifat region magis
C. Bersifat etnosentrisme
D. Bersifat Indonesia sentris
E. Bersifat istana sentris
5. Kegiatan menentukan dan memilah sumber sejarah untuk menguji hal-hal bersifat fisik yang dipakai dalam penelitian sejarah disebut ....
A. Heuristik
B. Kritik intern
C. Kritik ekstern
D. Interpretasi
E. Historiografi
6. Berdasarkan wujudnya, candi merupakan peninggalan masa lampau yang berupa sumber ....
A. Tertulis
B. Primer
C. Sekunder
D. Dokumen
E. Benda
7. Istilah “Historia Magistra Vitae” mempunyai arti yaitu ….
A. Sejarah tidak akan berulang
B. Sejarah niscaya mengalir
C. Sejarah sebagai guru kehidupan
D. Sejarah hanya sekali terjadi
E. Sejarah bersifat abadi
8. Berikut ini yang merupakan ciri-ciri sejarah sebagai seni ialah ....
A. Pengalaman, pemahaman, keterampilan, dan imajinasi
B. Intuisi, imajinasi, emosi, dan gaya bahasa
C. Imajinasi, keterampilan, intuisi, dan emosi
D. Imajinasi, pengalaman, pengetahuan, dan penghayatan
E. Gaya bahasa, pengetahuan, unik, dan abadi
9. Sejarah dalam bentuk kisah seringkali menjadi sumber bacaan yang menghibur dan mengasyikkan. Hal ini memperlihatkan bahwa sejarah mempunyai fungsi sebagai sarana ….
A. Edukatif
B. Inspiratif
C. Rekreatif
D. Artistik
E. Instruktif
10. Biografi merupakan pecahan dari karya sejarah. Pengertian biografi ditunjukkan dalam pernyataan ....
A. Laporan berbentuk kisah perihal insiden atau kejadian
B. Buku yang berisi catatan pengobatan tradisional, ilmu ghaib, mantra, dan ramalan
C. Cerita yang mengakibatkan kehidupan seseorang sebagai objeknya
D. Kisahan berbahasa Jawa, Sunda, Bali, Sasak, Madura yag berisi kisah sejarah
E. Dongeng atau legenda yang terkait dengan asal permintaan suatu daerah
11. Penulisan sejarah yang memakai metode penelitian sejarah dan bersifat Indonesia sentris merupakan ciri-ciri dari historiografi ....
A. Historiografi kolonial
B. Historiografi tradisional
C. Historiografi Indonesi
D. Historiografi modern
E. Historiografi kota
12. Judul buku sejarah yang ditulis oleh Ibnu Khaldun ialah .....
A. The Phonesian War
B. The History of Persian Empire
C. Bustan as-Salatin
D. Muqadimmah
E. Hikayat Amir Hamzah
13. Berikut ini merupakan sumber-sumber yang menjadi fokus dalam penelitian kepustakaan, kecuali ....
A. Arsip kuno
B. Artefak dan fosil
C. Dokumen
D. Laporan perjalanan
E. Buku-buku perihal insiden sejarah
14. Tokoh Yunani yang disebut sebagai Bapak Ilmu Sejarah yaitu ….
A. Cicero
B. Socrates
C. Hipocrates
D. Plato
E. Herodotus
15. Untuk sanggup memahami isi teks dari sumber sejarah pada gambar di bawah ini, maka memakai ilmu bantu sejarah yang disebut ....
A. Numismatik
B. Arkeologi
C. Antropologi
D. Epigrafi
E. Etnologi
16. Pada sebuah penggalian di situs Trowulan, para peneliti menemukan sejumlah mata uang kuno yang tampak pada gambar di bawah ini. Untuk memastikan keaslian mata uang kuno tersebut sejarawan memerlukann ilmu bantu yang disebut ....
A. Ikonografi
B. Epigrafi
C. Numismatik
D. Arkeologifilologi
E. Filologi
17. Pengertian sejarah berdasarkan istilah ialah sebagai berikut, kecuali ....
A. Ilmu yang mempelajari peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa lampau
B. Kisah-kisah pada masa lampau yang tidak berafiliasi dengan kehidupan masa kini
C. Catatan-catatan perihal insiden masa lampau yang disusun sesuai dengan urutan waktu
D. Sejumlah perubahan-perubahan, kejadian-kejadian dan peristiwa-peristiwa di sekitar kita
E. Peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia
18. Tiga syarat yang mengakibatkan sebuah insiden menjadi insiden sejarah ialah ....
A. Latar belakang, sebab, dan akibat
B. Unik/einmaligh, penting, dan abadi
C. Tanggal, bulan, dan tahun
D. Lingkungan, ruang, dan penting
E. Manusia, abadi, dan lingkungan
19. Untuk memahami makna dari adanya arca Nandi di Candi Gunung Wukir yang berkonsep Hindu, diharapkan ilmu bantu sejarah yang disebut ....
A. Filologi
B. Sosioikonografi
C. Arkeologi
D. Epigrafi
E. Ikonografi
20. Pada penulisan historiografi tradisional, salah satu cirinya yaitu bersifat istana sentris yang berarti ....
A. Penulisan kisah perihal seorang raja ditulis sebagai insan yang mempunyai kelebihan secara batiniah
B. Penulisan insiden sejarah yang menonjolkan regio (wilayah)
C. Penulisan insiden sejarah tradisional banyak yang mengungkapkan kehidupan di sekitar keluarga istana / keraton
D. Penulisan insiden sejarah yang menekankan pada kehidupan suatu etnis atau suku bangsa tertentu
E. Penulisan insiden sejarah yang ditulis oleh orang-orang istana atau kerajaan
21. Sejarah memperlihatkan pelajaran bagaimana hari ini dikelola dan bagaimana hari esok dirancang biar tidak mengulangi kesalahan-kesalahan masa lalu. Dengan begitu sejarah mempunyai manfaat sebagai sarana ….
A. Inspiratif
B. Edukatif
C. Rekreatif
D. Instruktif
E. Persuasif
22. Perhatikan informasi di bawah ini !
(1) bangunan yang disusun berdasar sudut pandang penulis sebagai suatu uraian cerita.
(2) menunjuk pada insiden yang benar-benar terjadi
(3) insiden yang sudah terjadi tidak sanggup diulang kembali
(4) menggambarkan suatu tanda-tanda sejarah secara utuh, baik proses maupun struktur
(5) tidak memuat unsur-unsur subjek pengamat atau penulis
(6) insiden yang sanggup ditunjukkan dengan bukti-bukti yang mempunyai kebenaran
Ciri-ciri sejarah yang mempunyai pengertian objektif ditunjukkan pada nomor ....
A. (1), (2), (3), dan (4)
B. (2), (3), (5), dan (6)
C. (1), (3), (4), dan (5)
D. (2), (4), (5), dan (6)
E. (3), (4), (5), dan (6)
23. Sejarah merupakan insiden yang bermanfaat untuk banyak orang. Arti kata bermanfaat disini ialah ….
A. Menarik
B. Peristiwa yang aneh
C. Tidak sanggup dilupakan
D. Penting
E. Peristiwa yang unik
24. Sejarah sebagai ilmu mempunyai ciri-ciri sebagai berikut, kecuali ....
A. Menggunakan metode
B. Memiliki teori
C. Bersifat objektif
D. Menggunakan intuisi
E. Bersifat empiris
25. Heraclitus seorang filsuf Yunani menyampaikan perubahan menyerupai “Panta rei” yang artinya sebagai berikut, kecuali ….
A. Tidak ada yang tidak berubah
B. Masyarakat beralih ke taraf hidup yang lebih baik
C. Masyarakat sewaktu-waktu berubah
D. Semuanya mengalir
E. Masyarakat sewaktu-waktu bergerak
26. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
(1) pelaku dan objek penelitian sejarah ialah manusia
(2) sejarah tidak akan pernah berhenti dari kehidupan manusia
(3) sejarah mempelajari insiden pada masa lampau manusia
(4) sejarah terjadi dan berkembang pada masa kini di kehidupan manusia
(5) sejarah terjadi dan berkembang di sekitar kehidupan manusia
(6) sejarah merupakan ilmu yang mempelajari kehidupan insan dan makhluk hidup sekitarnya
(7) sejarah merupakan alat untuk mengenang kehidupan manusia
Dari pernyataan diatas, yang bukan merupakan pengertian sejarah yang tidak akan terlepas dari kehidupan insan ialah ….
A. (1) dan (3)
B. (2) dan (4)
C. (3) dan (5)
D. (4) dan (6)
E. (5) dan (7)
27. Berikut ini ialah beberapa arti penting sejarah untuk kehidupan masa kini, kecuali ….
A. Menambah kekaguman terhadap bangsa lain
B. Memberikan kesadaran waktu
C. Memberikan teladan yang baik
D. Memperkokoh rasa kebangsaan
E. Menumbuhkan suasana hati yang menyenangkan
28. Ilmu sejarah berasal dari bahasa Arab, Syajarotun yang berarti pohon. Sementara itu, ilmu yang mempelajari sejarah dalam bahasa Arab dikenal dengan istilah ….
A. Syariat
B. Riwayat
C. Tarikh
D. Hikayat
E. Fikih
29. Penulisan sejarah yang kurang mempunyai ketepatan dan bersifat subjekif merupakan kelemahan penulisan sejarah sebagai ….
A. Peristiwa
B. Seni
C. Ilmu
D. Kisah
E. Arsip dokumen
30. Berikut ialah ciri-ciri sejarah sebagai sebuah seni, kecuali ....
A. Menggunakam gaya bahasa
B. Bersifat objektif
C. Menggunakan intuisi
D. Menggunakan imajinasi
E. Memiliki unsur emosi dalam penulisannya
31. Contoh di bawah ini yang merupakan manfaat sejarah sebagai pelajaran biar tidak mengulang kesalahan di masa lalu, yaitu ....
A. Firnanda membangun gedung sekolah di desanya sehabis ia membaca riwayat Ki Hajar Dewantara
B. Farhan masuk menjadi anggota Tentara Nasional Indonesia lantaran idolanya ialah Jenderal Sudirman
C. Siswa Sekolah Menengan Atas Al Hikmah pada Sabtu berkunjung ke Badan Arsip Nasional Republik Indonesia
D. Pada ulangan pertama, Hanif mendapat nilai 6 lantaran tidak belajar. Pada ulangan kedua Hanif mendapat nilai 8 lantaran ia berguru secara sungguh-sungguh
E. Diva gemar membaca novel sejarah
32. Salah satu permasalahan yang menjadi kajian sejarah politik, yaitu ….
A. Gerakan protes petani Banten
B. Munculnya gaya busana remaja
C. Gaya hidup darah biru keraton
D. Pengaruh krisis moneter bagi rakyat
E. Sejarah pemberlakuan sistem presidensial di Indonesia
33. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
(1) zaman praaksara
(2) zaman Hindu-Budha
(3) zaman Islam
(4) zaman penjajahan Belanda
(5) zaman penjajahan Jepang
Dari pernyataan di atas, merupakan pola cara berpikir ....
A. Kausalitas
B. Periodisasi
C. Sinkronik
D. Diakronik
E. Kronologi
34. Dalam menyusun kronologi sejarah diharapkan adanya kronik. Arti dari kronik ialah ....
A. Sudut pandang penulis terhadap insiden sejarah tertentu
B. Pandangan orang lain terhadap suatu insiden sejarah tertentu
C. Sumber sejarah lain yang berupa sumber arsip-arsip kuno
D. Sumber ekspresi dari narasumber paling senior
E. Catatan insiden sejarah berdasarkan urutan waktu
35. Pak Hamzah ialah pengusaha mebel yang sukses. Kunci suksesnya ialah semasa muda Pak Hamzah rajin menabung lantaran Pak Hamzah sadar waktu tidak akan pernah kembali. Dari kisah tersebut, manfaat berguru sejarah Pak Hamzah ialah ….
A. Meningkatkan rasa kebangsaan
B. Memberikan kesadaran waktu
C. Sumber inspirasi
D. Sarana edukatif
E. Sarana rekreatif
36. Tujuan dilakukannya periodisasi ialah ....
A. Membantu pembaca memahami rangkaian suatu peristiwa
B. Mengetahui kepastian tahun terjadinya suatu peristiwa
C. Mempermudah mempelajari keterkaitan antara satu insiden dengan insiden lainnya
D. Untuk mengetahui konsep lantaran akhir suatu peristiwa
E. Untuk mengetahui sudut pandang penulis
37. Salah satu tujuan diadakan penyusunan kronologi sejarah ialah untuk ....
A. Memberikan citra tokoh yang lebih banyak didominasi pada suatu masa
B. Mengetahui peristiwa-peristiwa sejarah yang terlupakan
C. Mengetahui waktu terjadinya suatu peristiwa
D. Untuk membuka kesadaran bahwa sejarah sangat penting bagi kehidupan manusia
E. Mempermudah mempelajari sejarah
38. Peristiwa sejarah merupakan suatu insiden yang abadi, unik, dan penting. Maksud dari insiden yang unik ialah ....
A. Hanya terjadi pada tempat tertentu
B. Peristiwa tersebut akan terjadi pada masa yang akan datang
C. Hanya terjadi satu kali dan tidak pernah terulang sama persis untuk kedua kalinya
D. Peristiwa yang tidak berubah-ubah dan tetap dikenang sepanjang masa
E. Peristiwa yang sanggup dijadikan momentum
39. Salah satu membuktikan bahwa insan telah memakai sejarah dalam kehidupannya dilihat dari kegunanaan rekreatif ialah apabila ....
A. Manusia menghargai jasa para pahlawan
B. Manusia bijak dalam memperlihatkan keputusan
C. Manusia mengerti dalam kehidupan masa lampau
D. Manusia memahami usaha bangsanya di masa lampau
E. Manusia merasa terhibur sehabis membaca kisah-kisah sejarah
40. Perhatikan tabel di bawah ini !
Periodisasi sejarah ditunjukkan pada nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (1) dan (5)
D. (2) dan (5)
E. (2) dan (4)
41. Bila insiden penyerangan Pearl Harbour di Hawai pada tanggal 7 Desember 1941 dijelaskan secara detail perihal kerugian alat-alat tempur di pihak AS, siapa yang menjadi komandan di pihak Jepang dan AS, jumlah korban yang terkena serangan, dan sebagainya. Maka insiden tersebut berada pada pengertian cara berpikir ....
A. Kausalitas
B. Periodisasi
C. Sinkronik
D. Diakronik
E. Kronologi
42. Apabila sejarah disajikan dalam bentuk penelitian yang urut berdasarkan metode tertentu maka pembahasan ini berada pada pengertian sejarah sebagai ....
A. Peristiwa
B. Seni
C. Cerita
D. Ilmu
E. Kisah
43. Kegiatan membaca secara teliti dan kritis terhadap isi sumber yang dipakai dalam penelitian sejarah disebut ....
A. Heuristik
B. Kritik intern
C. Kritik ekstern
D. Interpretasi
E. Historiografi
44. Usaha untuk mengenang insiden masa lampau ialah sebagai berikut, kecuali ....
A. Adanya kegiatan larung sesaji di maritim Selatan setiap tahun sekali
B. Adanya pembuatan wahana wisata
C. Adanya rekonstruksi bangunan bersejarah yang telah rusak
D. Adanya pembuatan monumen bersejarah
E. Adanya upacara peringatan Hari Pahlawan
45. Vella pergi ke perpustakaan untuk mencari buku dan majalah perihal Perang Teluk II guna menyeleseaikan makalah kelas. Vella sanggup dikatakan sedang melaksanakan proses ....
A. Penentuan tema
B. Historiografi
C. Kritik sumber
D. Heuristik
E. Interpretasi
46. Kronologi sejarah merupakan sebuah konsep dalam penulisan sejarah yang bertujuan untuk ....
A. Menetapkan insiden berdasarkan tema
B. Menyeleksi aneka macam insiden sejarah
C. Mengungkap latar belakang sejarah
D. Pengurutan waktu dalam sebuah peristiwa
E. Menetapkan suatu kejadian
47. Peristiwa yang diteliti memperlihatkan gejala-gejala memanjang dalam waktu namun terbatas pada ruang termasuk cara berpikir ....
A. Kronik
B. Kausalita
C. Periodisasi
D. Sinkronik
E. Diakronik
48. Berikut ini yang merupakan pengertian dari metode sejarah ialah ....
A. Cara berpikir sejarah dengan mengedepankan konsep waktu
B. Cara penulis untuk menelusuri sumber sejarah
C. Cara kerja yang teratur untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan penelitian
D. Cara penulisan kembali insiden sejarah
E. Cara kerja untuk melaksanakan observasi suatu objek di lapangan
49. Pengertian sejarah sebagai peristiwa, yaitu ....
A. Peristiwa sejarah yang telah terjadi atau berlangsung pada masa lalu
B. Peristiwa sejarah yang disajikan dengan imajinatif untuk merekonstruksikan insiden masa lalu
C. Cerita yang telah disusun dari ingatan, kesan, atau tafsiran sejarawan terhadap insiden di masa lampau
D. Peristiwa sejarah yang merujuk pada aspek metodologi yang dipakai oleh peneliti sejarah
E. Peristiwa sejarah yang disajikan secara naratif dengan menonjolkan unsur cerita, kisah, atau tokoh
50. Perhatikan keterangan berikut ini!
(1) perkembangan
(2) pergerakan
(3) kesinambungan
(4) perputaran
(5) pengulangan tapi tidak sepenuhnya mirip
(6) pengulangan yang sepenuhnya mirip
(7) perubahan
(8) perpindahan
Dari keterangan di atas, yang merupakan empat jenis keterkaitan antara waktu dan insiden sejarah, yaitu ….
A. (1), (2), (3), dan (4)
B. (1), (3), (5), dan (7)
C. (2), (3), (4), dan (5)
D. (2), (4), (6), dan (8)
E. (2), (3), (5), dan (8)
Untuk Soal PAS Kelas 10 Mapel Sejarah Peminatan Semester Ganjil. Soal PAS ini sanggup anda gunaka sebagai rujukan dalam berguru untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi PAS Tahun Pelajaran 2019/2020.
Download Soal PAS Kelas 10 Mapel Sejarah Peminatan Semester Ganjil Kurikulum 2013
Ingat Soal PAS Kelas 10 Mapel Sejarah Peminatan Semester Ganjil ini hanya untuk latihan saja, Ada atau tidaknya dalam ujian yang sebenarnya, kami tidak sanggup bertanggung jawabDipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan biar mendapat file yang lengkap dan utuh.
Semoga sebaran informasi Mengenai Soal PAS Kelas 10 Mapel Sejarah Peminatan Semester Ganjil Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!