Download Soal Pas Kelas 12 Mapel Bahasa Indonesia Semester 1 Tahun 2019

 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Semester  Download Soal PAS Kelas 12 Mapel Bahasa Indonesia Semester 1 Tahun 2019

Contoh Soal UAS/PAS Jenjang Pendidikan SMA/MA Kelas 12 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Semester 1 (Ganjil) Kurikulum 2013 Revisi 2019





Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan info untuk adek-adek semua yang duduk di dingklik sekolah Atas (SMA) yang siap menghadapi ulangan PTS. Kali ini Mas Nazmi ingin membuatkan infirmasi mengenai Contoh Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester Ganjil Tahun 2019

Contoh Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester Ganjil yang kami bagikan ini sudah dalam unsur HOTS, PPK, Literasi dan 4C dari revisi final kurikulum 2013.

Pada artikel kali ini kami bertujuan untuk menjadi sarana mencar ilmu bagi para siswa yang duduk di dingklik Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) yang sebentar lagi akan menghadapi Ulangan / Penilaian Akhir Semester (PAS).

Latihan Soal PAS Kelas 12 Mapel Bahasa Indonesia Semester Ganjil

Berikut ini Contoh Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester Ganjil Kurikulum 2013

Cermati paragraf berikut untuk soal nomor 1 dan 2!
(1) Kejadian dalam insiden sejarah dianggap sebagai proses atau dinamika dalam suatu konteks historis bukan hanya sekadar insiden yang terjadi pada masa lampau. (2) Sejarah termasuk ilmu empiris lantaran sejarah sangat bergantung pada pengalaman manusia, kerap dimasukkan ke dalam ilmu kemanusiaan, dan berbeda dengan antropologi atau sosiologi. (3) Sejarah membicarakan insan dari segi waktu, mirip perkembangan masyarakat dari satu bentuk ke bentuk lainnya. (4) Diungkapkan pula kesinambungan yang terjadi dalam suatu masyarakat, pengulangan insiden yang terjadi pada masa lampau, dan perubahan yang terjadi dalam masyarakat. (5) Berbagai nilai dan kearifan yang terdapat dalam sebuah insiden sejarah itu merupakan sumber kekayaan yang sanggup diserap dan diterapkan dalam mempersiapkan masa depan generasi muda.

1. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

2. Makna istilah empiris yang tercetak miring pada kalimat nomor (2) dalam paragraf tersebut yakni ....
A. Perbuatan seseorang
B. Berdasarkan pengalaman
C. Dasar pemantauan
D. Kejadian penting
E. Melakukan penelitian

Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4!
(1) Melalui teks dongeng ulang atau dikenal juga dengan sebutan teks rekon (recount), pengalaman konkret pada masa kemudian sanggup dibangkitkan atau dihidupkan kembali. (2) Setelah informasi perihal sebuah insiden sejarah diperoleh, seseorang sanggup mengumpulkan data yang tepat, akurat, serta autentik perihal insiden tersebut dari banyak sekali sumber, baik lisan, tertulis maupun benda-benda yang berkaitan dengan insiden sejarah yang dimaksud. (3) Bukti sejarah juga sudah dimuat pada buku sejarah yang ditulis oleh pakar sejarah. (4) Dari buku tersebut dicatat hal yang akan diteliti secara cermat, dibandingkansatu sama lain, dinterpretasikan kemudian direkonstruksi sehingga menghasilkan kisah sejarah yang gampang dipahami. (5) Hal yang demikian itu, semoga menjadi perhatian semua peneliti dalam melaksanakan sebuah penelitian semoga hasilnya tepat dan akurat.

3. Yang tidak padu pada paragraf tersebut yakni kalimat bernomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

4. Yang berupa fakta pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

Cermati kutipan tajuk rencana berikut untuk menjawab soal nomor 5 - 7!
Di Mentawai, Sumatera Barat, lain lagi yang terjadi. Kepulauan ini mempunyai ombak terbaik untuk berselancar. Di dunia ini hanya ada tiga tempat yang mempunyai barrel ombak berbentuk terowonganyang sanggup ditemui sepanjang waktu: Hawaii, Haiti, dan Mentawai. Namun, pemerintah tempat tidak berdaya. Di sana Resor tumbuh menjamur, tetapi bantuan mereka kepada pusat seharusnya bisa menaikkan jumlah wisatawan absurd yang tiba ke negeri ini sehingga perekonomian masyarakat setempat terbantu.

5. Opini penulis yang sesuai dengan isi tajuk rencana tersebut yakni …
A. Ternyata banyak tempat wisatawan yang perlu dibangun ditanah air ini dan harus dilestarikan keindahannya oleh masyarakat setempat dan dibantu oleh banyak sekali pihak.
B. Tidak selalu dibebankan semuanya kepada pemerintah untuk membangun suatu tempat lantaran keterbatasan tenaga dan biaya yang tersedia, termasuk mempromosikan objek wisata.
C. Kepedulian pemerintah sangat diharapkan untuk mempromosikan tempat wisata yang belumbegitu banyak dikenal semoga objek wisata dikenal dan wisatawan banyak berkunjung.
D. Banyaknya tempat wisata yang indah dan menarik di tanah air seharusnya menjadi daya tarik wisatawan dalam negeri (lokal) daripada terdapat objek di luar negeri.
E. Pengelola objek wisata pada suatu daerah, seharusnya sanggup meningkatkan daya tarik pengunjung dengan membangun akomodasi yang memadai bagi pengunjung.

6. Pihak yang dituju dalam isi opini penulis pada tajuk rencana tersebut yakni ....
A. Masyarakat setempat
B. Pengelola wisata
C. Wisatawan mancanegara
D. Wisatawan lokal
E. Pemerintah pusat

7. Keberpihakan penulis (editorial) dalam kutipan tersebut yakni ....
A. Pemerintah pusat
B. Masyarakat setempat
C. Pengelola wisata
D. Wisatawan mancanegara
E. Wisatawan lokal

Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 8-9!
Soekarno, sebagai orang Indonesia, telah memberi imbas besar terhadap perjalanan sejarah dunia.Oleh lantaran itu, ia bisa disebut sebagai salah satu tokoh dunia.Ini yang menciptakan kita bangsa Indonesia sangat gembira mempunyai pemimpin mirip dia.

8. Maksud kata pola ini yang bercetak miring pada kalimat ke-3 paragraf tersebut yakni ….
A. Sebagai salah satu tokoh dunia
B. Soekarno, Presiden Republik Indonesia
C. Perjalanan sejarah dunia
D. Seorang pemimpin bangsa Indonesia
E. Sebagai orang Indonesia

9. Inti kalimat yang tercetak miring pada paragraf tersebut yakni ….
A. Soekarno, sebagai orang Indonesia
B. Orang Indonesia, telah memberi pengaruh
C. Soekarno memberi imbas terhadap sejarah
D. Memberi imbas besar terhadap perjalanan
E. Terhadap perjalanan sejarah dunia

10. Cermati teks berikut!
Tanaman yang ada, terutama yang tumbuh di Indonesia dikenal sebagai materi ampuh untuk obat dan digunakan sebagai materi obat-obatan tradisional.Tanaman ini sanggup ditemui sehari-hari, mirip kunyit, jahe, jeruk limau yang sanggup ditanam di pekarangan rumah.Ketiga tumbuhan ini sanggup mengobati penyakit ringan, mirip batuk, masuk angin, dan panas dalam.Tanaman obat juga sanggup dijadikan alternative berobat yang lebih kondusif dan alami.

Tujuan isi artikel tersebut untuk pembaca yakni …
A. Memberi pengetahuan bahwa tumbuhan di Indonesia ternyata sanggup digunakan sebagai pengobatan penyakit.
B. Memberitahukan bahwa kunyit, jahe, dan jeruk limau termasuk tumbuhan obat yang sanggup menyembuhkan penyakit ringan.
C. Memeroleh cara mengatasi penyakit yang diderita oleh seseorang dengan memperlihatkan obat-obatan ringan tradisional.
D. Membedakan khasiat obat yang dibeli dengan khasiat yang diperoleh dari tumbuhan obat, mirip kunyit, jahe, dan jeruk limau.
E. Membandingkan dampak-dampak positif obat dari tumbuhan obat bagi pengguna obat tradisional tersebut.

11. Cermati teks berikut!
Kualitas pendidikan di Indonesia masih sangat memprihatinkan. Hal tersebut tercermin, antara lain, dari hasil studi kemampuan membaca untuk tingkat SD (SD) yang dilaksanakan oleh organisasi Internasional Education Achievement (IEA) yang memperlihatkan bahwa siswa SD di Indonesia berada pada urutan ke-38 dari 39 negara penerima studi. Sementara untuk tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), studi untuk kemampuan matematikasiswa Sekolah Menengah Pertama sederajat di Indonesia hanya berada pada urutan ke-39 dari 42 negara dan untuk kemampuan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) hanya berada di urutan ke-40 dari 42 negara peserta.

Ide pokok dari paragraf tersebut yakni ….
A. Kemampuan membaca
B. Kemampuan matematika
C. Kualitas pendidikan
D. Kemampuan IPA
E. Kualitas membaca

Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 12 dan 13!
(1) Isi buku tersebut menjelaskan cara mendidik anak dalam rumah tangga. (2) Menurut saya, pola yang diterapkan dalam rumah tangga sangat memengaruhi perkembangan anak, sekalipun dengan cara primitif, otoriter, atau demokratis. (3) Perhatian orang renta terhadap anak sangat diperlukan. (4) Orang renta harus bisa menjadi teladan, komunikasi orang renta dan anak mempunyai dampak terhadap perkembangan dan pola pendidikan juga harus memperhatikan tahap perkembangan anak. (5) Perkembangan anak dihentikan lepas dari pantauan orang tua.

12. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor …
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

13. Makna istilah primitif pada paragraf tersebut yakni ….
A. Pelan
B. Cepat
C. Kuno
D. Maju
E. Tegas

14. Cermati teks berikut!
(1) Pada sebuah dongeng ulang biografi, partisipannya yakni insan yang terlibat pada insiden tertentu dalam sejarah. (2) Penganalisaan fakta pelu dicek kembali. (3) Si penulis akan mencatat insiden tersebut secara kronologis. (4) Kesistematisan peristiwadalam penulisan harus diperhatikan. (5) Penggunaan kaidah bahasa dalam penulisan harus cermat pula.

Kesalahan penggunaan kata pada paragraf tersebut yakni ….
A. Patisipan pada kalimat (1) salah, seharusnya partisipasi
B. Penganalisaan pada kalimat (2) seharusnya penganalisisan
C. Kronologis pada kalimat (3) seharusnya kronologi
D. Kesistematisan pada kalimat (4) seharusnya kesistimatisan
E. Kaidah pada kalimat (5) seharusnya kaedah

15. Cermati penggunaan tanda baca pada kalimat dalam paragraf berikut!
(1) Keterlibatan Nelson Mandela dalam politik dimulai, ketika ia keluar dari sekolah College of Fort Hare. (2) Namun selama bertahun-tahun, ia menyaksikan bagaimana politik apartheid sangat tidak manusiawi. (3) Keterlibatan inilah, yang kemudian memilih jalan panjang yang harus ia tempuhnya. (4) Dia, memperjuangkan persamaan hak bagi lebih banyak didominasi orang kulit hitam di Afrika Selatan. (5) Harapan Mandela untuk berhasil, sangatlahkecil lantaran selama berabad-abad pemerintah kolonial telah mengonsentrasikan semua kekuasaan politik dan militer.

Penggunaan tanda baca koma (,) yang salah dengan alasan perbaikan yang tepat yakni ....
A. Pada kalimat bernomor (1) salah, seharusnya tanda koma dibuang lantaran sudah terdapat konjungsi ketika sebagai pernyataan anak kalimat keterangan waktu
B. Pada kalimat bernomor (2) salah, seharusnya tanda koma digunakan setelah kata namun lantaran penanda konjungsi antar paragraf
C. Pada kalimat bernomor (3) salah, seharusnya tanda koma setelah kata inilah tidak diharapkan lantaran tidak ada fungsinya
D. Pada kalimat bernomor (4) salah, seharusnya tanda koma setelah kata ia tidak diharapkan lantaran tidak ada fungsinya
E. Pada kalimat bernomor (5) salah, seharusnya tanda koma dipindahkan setelah konjungsi karena. Karena sudah terdapat konjungsi lantaran sebagai penyataan anak kalimat keterangan lantaran

16. Cermati penggunaan tanda baca pada deretan kalimat berikut!
(1) Pada Agustus 1943, kapal yang dipimpinnya dihantam destroyer Jepang .
(2) Kapal terbelah dua, dan dua belas orang awaknya tewas.
(3) JFK, beberapa kru, dan awak kapal yang selamat.
(4) Namun, dukungan tidak kunjung tiba sehingga mereka harus berenang.
(5) JFK melaksanakan tindakan heroik, menyelamatkan jiwa seorang kru yang terluka.
(6) Dia dan krunya balasannya selamat, setelah ditemukan oleh penduduk asli.

Penggunaan tanda baca yang tepat terdapat pada kalimat bernomor ….
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
E. (5) dan (6)

17. Cermati penulisan judul berikut!
Saya telah membaca buku sistem gotong royong dalam masyarakat pedesaan tempat istimewa Yogyakarta. Isi buku itu untuk salah satu sumber karya ilmiah saya yang sedang saya tulis.

Perbaikan penulisan judul buku tersebut yakni ....
A. Sistem bahu-membahu dalam masyarakat pedesaan Daerah spesial Yogyakarta
B. Sistem Gotong Royong dalam Masyarakat Pedesaan Daerah spesial Yogyakarta
C. Sistem Gotong Royong Dalam Masyarakat Pedesaan Daerah spesial Yogyakarta
D. Sistem gotong Royong dalam masyarakat Pedesaan Daerah spesial Yogyakarta
E. Sistem Gotong Royong dalam masyarakat pedesaan Daerah spesial Yogyakarta

18. Cermati paragraf berikut!
Pada 17 Agustus 1945, tidak usang setelah Jepang takluk pada Sekutu, atas desakan para penggerak cowok yang sempat menculik Soekarno ke Rengas Dengklok, Soekarno dan Hatta ... Kemerdekaan Indonesia. Sehari kemudian Soekarno-Hatta diangkat menjadi presiden dan wakil presiden pertama Indonesia.

Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut yakni
A. Memproklamasikan
B. Memproklamatorkan
C. Pemproklamasian
D. Pemproklamiran
E. Pemproklamatoran

19. Cermati penggunaan konjungsi (kata penghubung) dalam paragraf berikut!
Di negara sedang berkembang, indeks tingkat kemiskinan yang didefinisikan sebagai proporsi masyarakat dengan pendapatan kurang dari US$ 1 per hari berdasarkan harga prioritas daya beli menurun 28,3% pada tahun 1987 menjadi 24% pada tahun 1998. Dan penurunan angka kemiskinan tidak sanggup mengimbangi laju pertumbuhan penduduk, banyak kaum miskin di negara berkembang meningkat sekitar 160 juta antara tahun 1987 dan 1998. Begitu pula pada final era ke dua puluh duduk kasus kemiskinan meningkat pada banyak negara, terutama di Asia Tenggara yang secara pribadi kuat pada krisis finansial 1997.

Perbaikan kata konjungsi yang bercetak miring pada kalimat ke-2 paragraf tersebut yakni ….
A. Bahwa
B. Walau
C. Sehingga
D. Karena
E. Bahkan

20. Cermati deretan kalimat berikut!
Cara Membuat Tape Singkong
(1). Kukus singkong hingga matang, tetapi jangan hingga terlalu lembek, angkat singkong (jangan disentuh lantaran mengganggu fermentasi).
(2). Kupas dan bersihkan singkong, potong dengan ukuran panjang kira-kira 10-15 cm dan basuh hingga bersih.
(3). Tutup rapat singkong yang sudah ditaburi ragi dengan memakai daun pisang, dan tutup kembali memakai epilog wadah semoga tidak terbuka.
(4). Sediakan wadah yang agak dalam mirip baskom, toples yang agak besar , atau bakul dan alasi dengan memakai daun singkong pada bab dasar serta pinggirannya.
(5). Diamkan selama minimal 2 hari 2 malam, dan setelah itu cek tape dengan memakai garpu dan sudah bertekstur lembut , serta gampang ditusuk dengan garpu, berarti tape singkong sudah jadi.
(6). Susun singkong untuk lapisan pertama dengan memakai garpu untuk menatanya, taburkan sebagian bubuk ragi, susun lagi singkong untuk lapisan kedua, taburkan lagi ragi, dan seterusnya.

Urutan kalimat tersebut yang tepat sehingga menjadi sebuah paragraf mekanisme yakni ….
A. (1), (2), (5), (6), (3), dan (4)
B. (2), (1), (4), (6), (3), dan (5)
C. (3), (1), (4), (2), (6), dan (5)
D. (4), (3), (2), (1), (5), dan (6)
E. (5), (2), (4), (3), (1), dan (6)

Cermati kutipan teks dongeng berikut untuk menjawab soal nomor 21 – 24!
”Ayo kita ke pasar,” kata Ibu Nur.”Kami mau beli kembang, untuk nyekar.”
Kami tinggalkan warung di tepi sungai itu.Becak membawa kami ke pasar.Ibunya Nur membeli dua keranjang bunga rampai dan kami terus ke makam.
Di pemakaman itu kami sulit mencari dua makam ayah dan anaknya, suami dan mertuanya.Kucabut rimbunan semak menyiangi makam.Akhirnya kutemukan makam yang kami cari, R. Soedjatmiko, wafat 31 Agustus 1973.Kutabur bunga rampai. Kusentuh nisan yang bertulis namanya dan kupegang erat pusaranya.
”Maafkan saya Papi… Kutanggalkan ikatan lima ikat rambutan itu, kucampur dengan daun segarnya, kubungkus dengan taplak meja rumah tempat saya kos. Aku tak punya kebun dan pohon rambutan Papi… Maafkan saya membohongimu,” bisikku pelan supaya tidak didengar yang lain.
Wangi bunga rampai semerbak diterbangkan angin mengiring kami keluar dari pemakaman itu meninggalkannya.…
Nyekar, oleh Hamsad Rangkuti

21. Pendeskripsian tabiat tokoh saya seorang yang pembohong yakni melalui ....
A. Dialog tokoh
B. Pikiran-pikiran tokoh
C. Penjelasan pengarang
D. Lingkungan tokoh
E. Tanggapan tokoh lain

22. Pembuktian bahwa latar dalam cerpen tersebut di pemakaman yakni ....
A. Nyekar, kembang, tabur, rambutan
B. Keranjang bunga, makam, pohon, nyekar
C. Keranjang, pusara, bunga rampai, pohon
D. Pohon, daun segar, bungkusan, rambutan
E. Nyekar, nisan, pusara, bunga rampai

23. Hal yang terdapat dalam kutipan novel yang masih ditemukan dalam kehidupan ketika ini yakni ….
A. Berbecak
B. Berwarung
C. Nyekar
D. Bernisan
E. Mengubur

24. Amanat yang terdapat pada kutipan tersebut yakni ...
A. Sebelum melaksanakan kebohongan, pikirkanlah semoga tidak timbul penyesalan kelaknya.
B. Demi kebaikan, sering berbohong tidak menjadi duduk kasus atau diperbolehkan.
C. Kepada orang renta tidak duduk kasus berbohong lantaran gampang untuk meminta maaf.
D. Akuilah kebohongan apa saja yang pernah dilakukan ketika berada di kuburan orang tua.
E. Berusahalah menutupi kebohongan yang telah dilakukan, terutama kepada anggota keluarga.

25. Cermatilah paragraf berikut!
Yah, bukan kiprah orang renta untuk menguliahi bawah umur yang sudah cendekia balig cukup akal dan menikah.Yuliani dan suaminya hanya sanggup berdoa dan menyerahkan perjalanan hidup anak-anaknya kepada kemahaarifan Tuhan. Tugas orang renta tidak berbeda dari apa yang dikerjakan Allah yang Mahabijaksana: member iklim, member syarat-syarat kehidupan, dan selanjutnya merestui kemerdekaan mereka. Ah, mungkin kebajikan nrimo insan di usia senja ialah sumarah, percaya bahwa Tuhan jauh lebih menjaga dan menuntun anak daripada orang tuanya.

Nilai agama dalam kutipan novel tersebut yakni ....
A. Orang renta sangat bertanggung jawab kepada anaknya
B. Ikhlas dalam menghadapi cobaan
C. Menyerahkan segala-galanya kepada Tuhan
D. Bukan kiprah orang renta menyekolahkan anak
E. Peribadatan yang dilakukan keluarganya

26. Cermatilah paragraf berikut!
Kegiatan perpisahan di Sekolah Menengan Atas Wawasan berlangsung haru. Setelah kepala sekolah memberikan sambutan pelepasan, semua ajakan baik orangtua maupun murid tampak ... . Mereka terharu mendengar pesan yang tersirat yang disampai kepala sekolah.Kemudian, program dilanjutkan dengan ... Antarsiswa dan guru.Beberapa guru tampak ... Rambut para siswa sebagai tanda kasih sayang.Para orangtua tampak senang melihat insiden tersebut.

Kata ulang berimbuhan yang tepat untuk kalimat tersebut yakni ....
A. Kaca-mengaca, salam-salaman, mengelus-elus
B. Kaca-berkaca, salam-salaman, mengelus-mengelus
C. Kaca-berkaca, salam-bersalam, elus-mengelus
D. Berkaca-kaca, bersalam-salaman, mengelus-elus
E. Berkaca-berkaca, bersalam-bersalam, mengelus-elus

27. Cermati data buku berikut!
Ulasan buku karya sastragraha ini tidak mendalam dan tidak teliti lantaran desakan waktu yang disediakan kepada penulisnya.Buku ini merupakan catatan kesan-kesan pertama seorang pembaca.

Kalimat resensi yang menyatakan kelemahan buku yakni …
A. Penulis buku tidak teliti dan tidak mendalam mengulas masalah.
B. Membaca, menikmati, dan menghayati cerpen Sastragraha tidak sulit.
C. Buku tersebut disusun lantaran desakan penerbit.
D. Pengarang menceritakan secara mendetail cerpennya.
E. Pengarang dengan leluasa mengungkapkan kesan pertamanya.

Kutipan novel berikut untuk soal nomor28dan29. Bacalah dengan cermat!
(1) Belum habis katanya, ia sudah menyimpang mendekati kembang setahun itu. (2) Sambil menunjuk membelai-belai bunga yang segar-segar itu, ia berkata, “Bagaimana engaku tersesat di tengah-tengah rimba ini? Siapakah yang menanammu di sini?” (3) Yusuf tiba mendekat pula “Tentulah ada orang membawa kembang setahun kemari, terjatuh atau dibuangkannya di sini setangkai yang sudah tua.” (4) “Bagus benar, bagus benar,” ujar Maria, tiada memperdulikan kata Yusuf, belum puas rupanya mengucapkan kekagumannya melihat kembang itu. (5) “Kalau kita di Jakarta, tentu saya cabut sekaliannya akan di tanam di rumah.” (6) “Tidak usah engkau cabut, ambil saja kembangnya yang tua. Cukuplah itu ditanami!”
(Layar Terkembang)

28. Pendeskripsian tabiat tokoh Yusuf sebagai orang yang tidak peduli dalam lingkungan sesuai kutipan yakni ....
A. Gambaran fisik tokoh
B. Jalan pikiran tokoh
C. Perilaku tokoh
D. Dialog antartokoh
E. Pendapat tokoh lain

29. Pembuktian latar tempat di hutan dalam kutipan tersebut terdapat pada nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama untuk menjawab pertanyaan nomor 30 dan 31!
Teror di pagi buta itu berwujud tas jinjing – sebuah barang yang pernah ditemuinya di gerai khusus di Canton Road, Tsim Sha Tsui, Hongkong. Tas itu dibandrol dengan harga ribuan dolar. Bukan harga itu yang membuatnya jatuh hati.Itu cukup mahal untuk ukuran kantongnya. Tapi lantaran ia begitu khas, dengan pola tartan, dan warna dasar yang hampir selalu bernuansa khaki – paduan yang dianggapnya paling mewakili sosoknya.
Saat itu, ia ingat, ekspresi dominan cuek gres saja lewat. Ia tengah didera bimbang, mematut-matut tas koleksi terbaru ekspresi dominan semi itu, ketika mendengar bunyi rendah. “Kamu sudah bekerja keras, sayang.Dan kalau suka, kau berhak memilikinya.”Suara lunak tapi tegas. Ketika ia menoleh, ia menemukan sepasang mata penuh dukungan. Mata yang menentramkan.Diam-diam, hatinya bersorak. Mereka memang pernah menyepakati satu hal: boleh membeli barang yang diinginkan untuk merayakan keberhasilan. Tak terkecuali barang mewah.(Tas Jinjing, Ong hari Wahyu)

30. Keterkaitan tabiat tokoh ia pada penggalan cerpen tersebut dengan kehidupan sehari-hari yakni ...
A. Seseorang yang suka mengoleksi barang antik.
B. Hidup seseorang yang suka berfoya-foya.
C. Wanita umumnya mengutamakan penampilan.
D. Suka dipuji-puji dan disanjung-sanjung.
E. Menjaga gengsi dengan kemewahan.

31. Konflik yang terdapat dalam kutipan tersebut yakni ...
A. Keinginan melawan rasa kantuk di pagi buta.
B. Keinginan yang menggebu-gebu untuk mempunyai tas mahal.
C. Kebimbangan istri di ekspresi dominan cuek untuk di luar rumah.
D. Keinginan mempunyai tas yang unik untuk dipamerkan.
E. Keraguan antara menuruti kata hati atau kata suami.

32. Perhatikan paragraf berikut!
Peradaban bangsa terkait erat dengan abjad positif hasil pendidikan di suatu bangsa. Suatu bangsa akan sukses menggapai kemajuannya kalau lebih banyak didominasi warganya berkarakter positif. Namun sebaliknya, kalau lebih banyak didominasi warganya berkarakter negatif ....Hal ini dikarenakan suatu bangsa yang warganya berkarakter positif sudah mempunyai modal dasar untuk menggapai kemajuan peradaban, mirip sifat jujur, mandiri, bekerja keras, patuh pada peraturan, bisa dipercaya, dan lain-lain.

Isian yang tepat untuk melengkapi bab yang rumpang yakni ....
A. Bangsa itu sulit membangun peradaban yang baik dan kuat
B. Dapat dipastikan bangsa itu tidak bisa maju
C. Kemandirian bangsa itu tidak membanggakan
D. Kemajuan bangsa itu akan semakin terpacu
E. Bangsa itu cenderung melaksanakan hal-hal menyimpang

33. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Bahasa puisi yakni bahasa yang plastis, ambigu, yang dikemas secara intens dan konsens.Intens artinya ..., konsens artinya memusat.Untuk sanggup memahami tema, isi, dan pesan sebuah puisi, diharapkan kegiatan perenungan (kontemplasi). Hanya melalui perenungan, seseorang akan ... , menghayati, menilai, sekaligus mengapresiasi (menghargai) puisi. Dari hasil perenungan, ... Kemampuan menginterpretasi atau menafsirkan makna/ arti puisi.

Frasa yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut yakni ....
A. Tidak mendalam, kurang dipahami, tidak muncul
B. Kurang mendalam, cukup memahami, niscaya muncul
C. Agak mendalam, tidak memahami, belum muncul
D. Cukup mendalam, kurang memahami, sanggup muncul
E. Sangat mendalam, sanggup memahami, akan muncul

34. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Sebatang lidi ternyata sangat rapuh, gampang dipatahkan dan dihancurkan. Namun, bila beberapa batang lidi disatukan menjadi seikat sapu lidi, ia akan menjadi sangat kuat dan sulit dipatahkan. Ia juga akan sanggup berkhasiat untuk membersihkan halaman yang kotor. Manusia yang hidup seorang-seorang atau secara individu ternyata juga sangat gampang untuk dipengaruhi orang lain. Cita-citanya akan gampang dihancurkan. Namun, bila ia hidup bersatu dengan kelompoknya, ia akan sanggup mewujudkan cita-citanya itu lantaran teman-teman menolongnya. Ia pun takakan gampang dihasut sehingga kehidupannya akan tetap hening dan sentosa. Sekelompok insan yang bersatu akan gampang menghalau orang-orang jahat yang ada di sekitarnya. ...

Kalimat simpulan analogi yang tepat untuk paragraf tersebut yakni ...
A. Jelaslah, bahwa sebatang lidi yang gampang dipatahkan sama dengan insan yang individualistis.
B. Jadi, sekelompok insan yang bersatu sanggup disamakan dengan fungsi sapu lidi membersihkan kotoran.
C. Jadi, keinginan insan tidak akan gampang dipatahkan bila insan itu menggandakan sifat sapu lidi.
D. Jelaslah, bahwa persatuan yang kuat pada insan sanggup diibaratkan dengan seikat sapu lidi.
E. Jadi, sapu lidi merupakan kumpulan lidi yang sulit dipatahkan atau dihancurkan manusia.

35. Cermati paragraf berikut!
Mahir membaca mengandung makna melampaui kemampuan membaca bunyi teks.Mahir membaca yakni jago memahami makna wacana bacaan secara mendalam disertai dengan kemampuan menafsirkan konteks dari wacana tersebut.Mahir membaca yakni memahami abjad wacana.Mahir membaca berarti bisa memahami kosa kata yang digunakan dalam teks.

Simpulan generalisasi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut yakni ...
A. Seseorang yang jago membaca akan gampang memahami dan menghayati isi wacana.
B. Orang yang jago membaca yakni orang yang bisa menguasai banyak informasi.
C. Seseorang yang jago membaca niscaya banyak membaca banyak sekali informasi.
D. Orang yang jago membaca akan melahirkan kritik yang berguna.
E. Dengan kemahiran membaca sanggup melahirkan gagasan-gagasan baru.

36. Cermati silogisme berikut!
PU : Setiap insan yakni makhluk sosial
PK : Kisman yakni manusia
S :

Simpulan yang tepat dari silogisme tersebut yakni ...
A. Kisman yakni makhluk sosial .
B. Kisman yakni seorang manusia.
C. Kisman juga insan sosial.
D. Kisman termasuk insan dan makhluk sosial.
E. Kisman bukan insan sosial.

37. Cermati silogisme berikut!
PU:Semua siswa yang rajin dan cerdas niscaya berprestasi
PK : Sophia yakni siswa yang rajin dan cerdas
K : Sophia niscaya berprestasi

Entimem yang tepat dari silogisme tersebut yakni ...
A. Sophia bukan siswa rajin dan cerdas yang berprestasi.
B. Orang rajin dan cerdas mirip Sophia yakni siswa berprestasi.
C. Sophia yakni siswa yang rajin dan cerdas lantaran ia siswa berprestasi.
D. Sophia niscaya berprestasi lantaran ia siswa yang rajin dan cerdas.
E. Semua siswa rajin dan cerdas akan menjadi siswa berprestasi.

38. Perhatikan paragraf rumpang berikut!
Panjat tebing merupakan acara yang cukup ... Dalam panjat tebing dikenal istilah bouldering. Bouldering merupakan pemanjatan rute pendek pada alam, tingginya kurang lebih tiga meter tanpa tali pengaman. Rute pemanjatan ini biasanya ... Atau menyamping.Pengaman yang digunakan biasanya berupa ... Empuk supaya ketika pemanjat terjatuh ketika memanjat tidak sakit.

Kata baku tepat untuk melengkapi paragraf tersebut yakni ....
A. Ekstrim, horizontal, materas
B. Ekstrem, horizontal, matras
C. Ekstrem, horisontal, matras
D. Ekstrim, horisontal, materas
E. Ekstrim, horizontal, matras

39. Perhatikan paragraf rumpang berikut!
Puncak Jayawijaya atau di dunia dengan nama Piramida Carstenz mempunyai suhu hingga nol derajat celcius, bahkan bisa minus pada kondisi-kondisi tertentu. Di puncak Jayawijaya oksigen ....didapatkan. Puncak Jayawijaya merupakan tujuan trakkingyang ....karena mempunyai medan terjal dan berbahaya. Namun, itu semua akan terbayarkan dengan pemandangan alam yang disuguhkan oleh gunung tersebut. Keindahan pemandangan menjadi pujian tersendiri bagi para trakkerjika bisa hingga di Piramida Carstenz.

Frasa tepat untuk melengkapi paragraf rumpangtersebut yakni ....
A. Tidak sulit, kurang menantang
B. Tidak sulit, lebih menantang
C. Sangat sulit, sangat menantang
D. Sangat sulit, tidak menantang
E. Lebih sulit, sangat mennatang

40. Perhatikan paragraf rumpang berikut!
Batik Solo Trans yang identik dengan warna biru dan motof-motof batik ini ....pada 1 September 2010. Hadirnya Batik Solo Trans di kota bengawan ini disambut baik oleh masyarakat Solo. Batik Solo Trans ini menjadi alat transportasi alternatif yang gampang dan nyaman bagi mereka untuk bepergian di dalam kota. Batik Solo Trans didesain lebih luas daripada bus kota, sehingga penumpang leluasa ketika ....di dalam Batik Solo Trans. Jangan khawatir bila Anda harus berpanas-panas ketika menunggu Batik Solo Trans. Setelah Anda masuk, di dalamnya ada pendingin udara yang siap .... Tubuh Anda.

Kata berimbuhan tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut yakni ....
A. Meluncurkan, dikendarai, disejukkan
B. Diluncurkan, berkendara, menyejukkan
C. Diluncurkan, dikendarai, disejukkan
D. Meluncurkan, berkendara, menyejukkan
E. Meluncurkan, mengendarai, disejukkan

41. Perhatikan paragraf rumpang berikut!
Dengan menutupi wajah dan identitasnya, dua korban ... Dokter kecantikan gadungan JS tiba ke Polres Jakarta Selatan.Wajah mereka sekarang memerah, bernanah, dan merugi uang hingga Rp20 juta.Tiga korban lainnya ketika ini bahkan tengah menjalani perawatan di rumah sakit dengan banyak sekali komplikasi.Tindakan ini dalam aturan sering diartikan suatu jenis kelalaian dalam ... Profesional yang berlaku umum, dan pelanggaran atas kiprah yang menjadikan seseorang menderita kerugian.

Kata serapan tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut yakni ....
A. Malpraktik, standar
B. Malpraktek, standart
C. Malapraktek, standar
D. Malapraktik, standar
E. Malapraktik, standart

42. Bacalah petunjuk berikut!
Petunjuk Membuat Kerupuk Stroberi
(1). Siapkan stroberi segar, kemudian potong-potong dan blender stroberi hingga halus.
(2). ...
(3). Haluskan bawang putih dan campurkan ke sari air stroberi tersebut.
(4). Masukkan juga materi tepung tapioka, tepung terigu, dan garam.
(5). Setelah semua tercampur, aduk hingga rata, dan jangan terlalu lembek hingga menjadi campuran kerupuk stroberi.
(6). Kemudian, bentuklah campuran menjadi bentuk lonjong lingkaran dan kota.
(7). Potong tipis-tipis campuran yang sudah dibuat tersebut.
(8). ...
(9). Setelah kering, gorenglah kerupuk stroberi dengan api sedang.
(10). Kerupuk stroberi siap disajikan.

Kalimat tepat untuk melengkapi petunjuk rumpang tersebut yakni ...
A. (2) Masukkan stroberi dan aduk terus hingga mengental.
(8) Tempatkan campuran ke loyang datar, kemudian ratakan hingga setebal 1 cm.
B. (2) Saringlah stroberi yang telah diblender dan ambil sari airnya.
(8) keringkan dan jemur campuran tipis tersebut di bawah terik matahari.
C. (2) Rebus di atas api kecil semoga campuran menyatu dan tunggu hingga kental.
(8) Keringkan dan jemur campuran tipis tersebut di bawah terik matahari.
D. (2) Saringlah stroberi yang telah diblender dan ambil sari airnya.
(8) Tempatkan campuran ke loyang datar, kemudian ratakan hingga setebal 1 cm.
E. (2) saringlah stroberi yang telah diblender dan ambil sari airnya.
(8) Iris-iris berbentuk kotak ukuran 1x2 cm, gulingkan di atas gula pasir.

43. Cermati paragraf berikut!
Saya termangu lagi.Menghela napas sejenak dan menyedot coca coladingin.Mencoba mencari jawaban yang menghibur.Terlanjur ....ditawari menjadi manajer. Tak gampang untuk menutupi rasa girang saya.

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut yakni ....
A. Hatiku berbunga-bunga
B. Bermata dua
C. Berpangku tangan
D. Patah hati
E. Berlapang dada

44. Cermati paragraf berikut!
Kanita gres mulai bekerja dan mendapat honor yang memuaskan. Akan tetapi, ia sangat boros dan tidak bisa mengatur pengeluaran. Setiap bulan gajinya tidak pernah bersisa.Bahkan kekurangan.Ibunya sudah sering menasihatinya semoga berhemat dengan menabungkan sebagian gajinya setiap bulan.Tabungan itu kelak sanggup dipergunakan bila suatu ketika kehabisan uang.

Peribahasa yang sesuai dengan pesan yang tersirat ibu dalam paragraf tersebut yakni ...
A. Di mana bumi dipijak, disitu langit dijunjung.
B. Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya.
C. Ada jangan dimakan, kalau tak ada, gres dimakan.
D. Sekali merengkuh dayung, dua, tiga pulau terlampaui.
E. Tak kayu jenjang dikeping, tak emas bungkal diasah.

45. Bacalah kutipan berikut!
(1) Hasil ujian memilih kualitas seseorang. (2) Dengan sendirinya memilih kualitas pendidikan dalam suatu Negara. (3) Kualitas pendidikan dalam suatu Negara memilih kualitas sumber daya insan dalam Negara itu. (4) Jadi, ujian final yang diadakan di sekolah-sekolah merupakan keharusan lantaran memilih standar pendidikan di Negara itu. (5) Di samping itu, perguruan tinggi swasta telah memilih standar nilai calon mahasiswa yang sanggup diterima di perguruan tinggi tersebut.

Fakta pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

Untuk Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester Ganjil. Soal PAS ini bisa anda gunaka sebagai rujukan dalam mencar ilmu untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi PAS Tahun Pelajaran 2019/2020.

Download Soal PAS Kelas 12 Mapel Bahasa Indonesia Semester Ganjil Kurikulum 2013

Ingat Soal PAS PKN Kelas 12 Semester Ganjil ini hanya untuk latihan saja, Ada atau tidaknya dalam ujian yang sebenarnya, kami tidak bisa bertanggung jawab


Download Soal PAS Kelas 12 Mapel Bahasa Indonesia Tahun 2019 New
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan semoga mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran informasi Mengenai Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester Ganjil Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel