Download Soal Pas Kelas 5 Tema 4 Kurikulum 2013 Dan Kunci Jawaban

Contoh Soal dan Kunci Jawaban PAS SD/MI Kelas 5 Tema 4 Semester 1 Kurikulum 2013 Tahun 2019
Ulangan Akhir Semester (UAS/PAS) yakni kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi akseptor didik di tamat semester.
Cakupan ulangan mencakup seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.
Pada artikel kali ini kami bertujuan untuk menjadi sarana mencar ilmu bagi para siswa yang duduk di dingklik SD/MI yang sebentar lagi akan menghadapi Ulangan Akhir Semester (UAS/PAS).
Latihan Soal PAS Kelas 5 Tema 4 Kurikulum 2013
Berikut ini isi Soal PAS Kelas 5 SD/MI Tema 1 Kurikulum 20131. Perhatikan gambar dibawah ini!
Yang bukan termasuk teladan kewajiban dilingkungan masyarakat yaitu …
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
2. Sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab disebut ….
A. Hak
B. Tanggung jawab
C. Kewajiban
D. Kebutuhan
3. Dibawah ini yang termasuk hak dilingkungan masyarakat yaitu …..
A. Tidak diikutsertakan dalam pemilhan ketua RT
B. Memiliki hak untuk lingkungan yang bersih
C. Tidak mendapat hak untuk berpendapat
D. Tidak mendapat pelayanan kesehatan
4. Salah satu teladan bentuk tanggung jawab dilingkungan keluarga yaitu, kecuali ….
A. Membersihakn kamar tidur sendiri
B. Membersihkan halaman rumah
C. Mencuci baju sendiri
D. Meninggal adik bermain sendirian
5. Berikut ini teladan bentuk tanggung jawab warga masyarakat saat ada pemilihan ketua RW adalah…
A. Masyarakat mempunyai tanggung jawab terhadap pelaksanaan pemilihan RW atau pemilu secara langsung
B. Pemilihan RW memakai sistem tunjuk melalui kelurahan
C. Tidak difasilitasi untuk pemilihan langsung
D. Mengacuhkkan hak pilih warga sekitar
6. Jenis puisi usang yang tiap baitnya terdiri atas empat baris serta mempunyai sampiran dan isi disebut …
A. Puisi
B. Pantun
C. Syair
D. Seloka
7. Berikut ini merupakan salah satu ciri-ciri pantun yaitu, kecuali ….
A. Pantun bersajak a-b-a-b,
B. Jumlah baris bebas
C. Satu bait terdiri atas empat baris,
D. Tiap baris terdiri atas 8 hingga 12 suku kata.
8. Dibawah ini, yang termasuk pantun kanak-kanak yaitu ….
A. Terbang rendah burung kutilang >> Hinggap di dahan sambil menoleh >> Hatiku bahagia tidak kepalang >> Ayah pulang membawa buah tangan
B. Enak benar tinggal di Batujajar >> Segar udaranya, indah, dan permai >> Anak sekolah rajinlah mencar ilmu >> Agar cita-citanya kelak tercapai.
C. Hujan turun rintik-rintik >> Ada gubug di tepi sawah >> Wahai dinda berwajah anggun >> Bolehkah kanda main ke rumah
D. Merah muda baju si bibi >> Di tangannya ada bayam seikat >> Masalah warga tiba bertubi >> Berkumpullah untuk mufakat
9. Dibawah ini yang termasuk pantun pesan yang tersirat yaitu ….
A. Terbang rendah burung kutilang >> Hinggap di dahan sambil menoleh >> Hatiku bahagia tidak kepalang >> Ayah pulang membawa oleh-oleh
B. Enak benar tinggal di Batujajar>> Segar udaranya, indah, dan permai >> Anak sekolah rajinlah mencar ilmu >> Agar cita-citanya kelak tercapai.
C. Hujan turun rintik-rintik >> Ada gubug di tepi sawah >> Wahai dinda berwajah anggun >> Bolehkah kanda main ke rumah
D. Merah muda baju si bibi >> Di tangannya ada bayam seikat >> Masalah warga tiba bertubi >> Berkumpullah untuk mufakat
Bacalah pantun dibawah ini!
Merah muda baju si bibi
Di tangannya ada bayam seikat
Masalah warga tiba bertubi
Berkumpullah untuk mufakat
10. Makna pantun diatas yakni ….
A. Hendaknya berkumpul bersama untuk mencapai mupakat
B. Hendaknya baju bibi dikembalikan
C. Masalah warga bertubi-tubi
D. Tidak ada pemecahan masalah
11. Budi mengikuti kerja bakti dalam rangka pencucian selokan kampung. Tindakan kecerdikan tersebut merupakan interaksi ….
A. Manusia dengan lingkungan
B. Kelompok
C. Individu
D. Ramai-ramai
12. Salah satu teladan interakasi antar individu yaitu ….
A. Ibu menasihati Mila semoga tidak eksklusif bermain saat pulang sekolah
B. Beni dan teman-teman bermain layangan dilapangan
C. SDN 005 Kota Bangun melaksanakan upacara bendera hari senin
D. Warga kampung Ngijo melaksanakan pementasan wayang semalam suntuk
13. Bentuk interaksi insan dengan lingkungan terhadap pembangunan sosial budaya yaitu …
A. Melakukan pementasan tari gambyong untuk melestarikannya
B. Kampung Naga sangat tertutup dari warga luar
C. Pak RT tidak membolehkan masyarakat yang berasal dari suku yang berbeda
D. Warga merasa tidak perlu ada interaksi sosial
14. Beni, Udin, dan Edo melaksanakan kegiatan mencar ilmu kelompok untuk meneyelesaikan kiprah prakarya dari sekolah. Contoh interaksi yang terjadi yaitu ….
A. Interaksi individu dan kelompok
B. Interaksi individu
C. Interaksi kelompok saja
D. Interakasi ramai-ramai
15. Dibawah ini merupakan teladan interaksi antar kelompok yakni ….
A. Perlombaan sepak bola, tawuran antar kelompok
B. Mila dinasihati ibunya
C. Budi mengikuti kegiatan cowok dikampung
D. Rani hanya berdiam diri dikampung
16. Darah mengalir dari bilik kanan menuju paru-paru melalui arteri pulmonalis disebut …
A. Peredaran darah
B. Peredaran darah kecil
C. Peredaran darah besar
D. Pertumbuhan sel
17. Organ badan insan yang berfungsi memompa darah ke seluruh badan yakni …
A. Paru-paru
B. Hati
C. Jantung
D. Lambung
18. Dibawah ini, salah satu teladan binatang yang memakai system peredaran darah terbuka yakni …
A. Ayam
B. Cacing
C. Ular
D. Katak
19. Upaya menjaga orga peredaran darah insan adalah, kecuali…
A. Berolahraga secara teratur
B. Bergadang
C. Atur pola makan
D. Hindari asap rokok, baik sebagai perokok aktif maupun perokok pasif
20. Penyebab gangguan pada organ peredaran darah insan yaitu, kecuali …
A. Rokok
B. Sayur dan buah
C. Makanan berlemak tinggi
D. Obesitas
II. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan balasan tepat!
21. Sebutkan bentuk tanggung jawab sebagai warga masyarakat saat ada pembangunan jalan kampung!
22. Sebutkan tanggung jawab sebagai seorang siswa!
23. Berikan teladan tanggung jawab terhadap orang bau tanah dalam kehidupan sehari –hari!
24. Tuliskan satu teladan pantun dengan tema kegembiraan!
25. Sebutkan ciri – ciri pantun!
26. Sebutkan bentuk interaksi antar kelompok!
27. Sebutkan efek konkret interaksi insan dengan lingkungan!
28. Berikan teladan kegiatan masyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya
29. Jelaskan cara kerja organ paru-paru peredaran darah manusia!
30. Sebutkan beberapa teladan gangguan pada organ peredaran darah insan non keturunan
Download Soal PAS SD/MI Kelas 5 Tema 4 Kurikulum 2013
Untuk Soal PAS Kelas 5 Tema 4 Kurikulum 2013 dan Jawabannya. Soal PAS sanggup anda gunaka sebagai tumpuan dalam mencar ilmu untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi PAS Tahun Pelajaran 2019/2020.Ingat Soal ini hanya untuk latihan saja, Ada atau tidaknya dalam ujian yang sebenarnya, kami tidak sanggup bertanggung jawab
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan semoga mendapat file yang lengkap dan utuh.
Semoga sebaran info Mengenai Soal PAS Kelas 5 Tema 4 Kurikulum 2013 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!