Download Soal Usbn Smk / Stm Produktif Tata Niaga Tahun 2020 Dan Kunci Jawaban
Contoh Soal dan Kunci Jawaban USBN Produktif Tata Niaga SMK/STM Terbaru Tahun 2020
Contoh Soal USBN Produktif Tata Niaga SMK/STM Tahun 2020 dan Jawaban yang kami bagikan ini sudah dalam unsur HOTS, PPK, Literasi dan 4C dari revisi selesai kurikulum 2013.
Pada artikel kali ini kami bertujuan untuk menjadi sarana mencar ilmu bagi para siswa yang duduk di dingklik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK/STM) yang sebentar lagi akan menghadapi Ujian Akhir yaitu USBN.
Soal USBN Produktif Tata Niaga SMK/STM Tahun 2020
Berikut ini Contoh USBN yang sanggup kk sampaikan untuk adik-adik.
1. Berdasarkan barang yang dihasilkan industri sanggup dibedakan....
A. Industri berat dan industri Ringan
B. Industri besar dan industri kecil
C. Industri perkotaan dan industri pedesaan
D. Industri internasional dan insdutri nasional
E. Industri Pabrik dan insdutri manual
2. . Kecelakaan kerja yaitu insiden yang tidak terduga dan tidak diharapkan yang terjadi dalam pelaksanaan kekerabatan kerja. Dibawah ini yang merupakan bentuk kecelakaan kerja adalah..........
A. Kecelakaan akhir longsornya jalan
B. Kecelakaan pada dikala atau waktu bekerja
C. Kecelakaan akhir kelalaian berlalu lintas
D. Kecelakaan akhir kesalahan orang lain
E. Kecelakaan akhir kurang keasadaran dalam berlalulintas
3. Dibawah ini merupakan dasar pemutusan kekerabatan kerja yaitu sebagai berikut kecuali....
A. Pekerja tersebut yaitu seorang perempuan dan melahirkan anak
B. Sakit berkepanjangan atau cacat seumur hidup
C. Pekerja pensiun
D. Perusahaan bankrut
E. Pekerja meninggal dunia
4. Sebelum berangkat kerja, Ayah Anton setiap hari mengenai Helm, sarung tangan baju kerja, beling mata, helm dan sepatu. Sebagai low manager, Ayah Anton sangatlah bertanggungjawab dan displin. Sehingga diberikan wewenang yang terang dari perusahaan. Dari pola diatas Ayah Andi menerapkan ...
A. Keamanan kerja
B. Kesehatan kerja
C. Kedisplinan kerja
D. Keselamatan kerja
E. Keterampilan kerja
5. Standar mekanisme kerja dikenal dengan istilah..........
A. Standard Account procedure (SAP)
B. Standard Aperating Procedure (SOP)
C. Standard Financial Procedure (SFP)
D. Standard Operational Procedure (SOP)
E. Standar Prosedur Kerja (SPK)
6. Dalam menciptkan efisiensi kerja sebaiknya di teliti dan ditemukan tempat atau potongan yang sering mengalami efisiensi. Dalam rangka membantu membuat cara keja yang efisien, dibutuhkan beberapa pedoman antara lain............kecuali
A. Menggunakan tangan untuk bekerja dengan tampa proteksi mata
B. Menggunakan catatan untuk membantu ingatan
C. Menyusun pekerjaan berdasarkan rangkaian kerja yang tepat
D. Bekerjalah berdasarkan rencana untuk mencapai hasil
E. Berhematlah dalam memakai setiap bahan
7. Perhatikan pernyataan di bawah ini :
1. Pelestarian tanah
2. Mengeluarkan Undang-undang
3. Pelestarian udara
4. Pelestarian hutan
5. Membentuk tubuh pengendalian lingkungan
6. Pelestarian bahari dan pantai
Yang termasuk upaya pelestarian lingkungan hidup yang dilakukan pemerintah bersama masyarakat yaitu ...
A. 1, 2, 3, 4
B. 1, 3, 4, 5, 6
C. 2, 3, 4, 5, 6
D. 1, 3, 4, 6
E. 2, 3, 5, 6
8. Selera konsumen tergambar dari tingkat usul suatu barang, bila, tingginya usul barang membuktikan selera konsumen terhadap barang tersebut besar, pernyataan ini merupakan salah satu tujuan observasi yaitu….
A. Mengetahui hasilk isu yang dibutuhkan peneliti
B. Mengetahuai interaksi antara penjual dan pembeli
C. Mengetahui selera konsumen
D. Mengetahui kelangkaan suatu barang
E. Menemukan kelebihan dan kelemahan pasar
9. 1. Menentukan objek yang akan di observasi
2. Menentukan data yang akan di observasi
3. Menentukan tempat objek observasi
4. Membuat pedoman observasi
5. Membuat laporan observasi,
Pernyataan di atas merupakan langkah-langkah dalam melaksanakan …..
A. Observasi pasar
B. Analisa pasar
C.Target pasar
D. Segmen pasar
E Peluang pasar
10. Mencari sumber isu di bidang pemasaran untuk mengenali pasar yang potensial, merupakan bentuk salah satu langkah dalam Analisa pasar, yaitu….
A. Menganalisis pasar sasaran potensial
B. Menguraikan struktur produk di pasar
C. Menganalisa kebutuhan selektif dalam pasar yang relevan
D. Menganalisis kebutuhan primer untuk pasar yang relevan
E. Mendefinisikan pasar yang relevan
11. Perhatikan Uraian/Pernyataan di bawah ini
1 Bagaimanakah ramalan penjualan untuk masa yang akan datang?
2 Seberapa besar pasar yang ada sekarang?
3 Bagaimana dan mengapa pembeli memakai produk?
4 Bagaimanakah tingkat pembelian merek perusahaan dibanding pesaing?
5 Bagaimana konsumen akan merespon terhadap produk gres perusahaan?
Dari pernyataan di atas, saudara akan melaksanakan riset pemasaran perihal analisis konsumen. Untuk menggali iformasi perihal konsumen, pertanyaan mana yang akan saudara gunakan?
A.1 dan 2
B.2 dan 3
C.3 dan 4
D.4 dan 5
E4, dan 3
12. Pasar dimana pembeli dengan penjual saling bertatap muka atau bertemu pribadi sehingga terjadi transaksi jual beli, merupakan pengertian pasar ……
A. Abstrak
B. Kongkrit
C. Modal
D. Malam
E. Bursa
13. Pasar di mana jumlah penjual maupun Jumlah pembeli sama-sama banyak dan diantara keduanya tidak bias saling mempengaruhi, termasuk jenis pasar…..
A. Oligopoli
B. Monopoli
C. Persaingan sempurna
D. Persaingan tidak sempurna
E. Monopsoni
14. Penyaringan Ide perjuangan merupakan langkah-langkah terbaik untuk menemukan wangsit potensial dan merealisasikannya dalam bentuk produk sesungguhnya, penyaringan wangsit perjuangan sanggup dilakukan dengan beberapa cara melaksanakan proses tahapan penyaringan yaitu….
A. Mikro dan makro
B. Pribadi dan kelompok
C. Internal dan eksternal
D. Kelompok dan massa
E. Individu dan masyarakat
15. Menjamurnya air mineral “Aqua” telah melahirkan beratus-ratus wangsit untuk menghasilkan air mineral sejenis dengan merek dagang yang berbeda, kondisi ini menggambarkan salah satu wangsit perjuangan yaitu….
A. Pengalaman
B. Survei
C. Kebutuhan pasar
D. Pesaing
E. Pemasok
16. Banyak peluang perjuangan yang disia - siakan oleh wirausahawan hanya mereka yang berpikir kreatif serta berani mengambil resiko yang sanggup memanfaatkan peluang usaha. Hal ini disebabkan oleh factor-faktor berikut ini….
A. Mikro dan makro
B. Pribadi dan kelompok
C. Kelompok dan masyarakat
D. Internal dan eksternal
E. Individu dan masyarakat
17. Dalam memutuskan tujuan harga, produsen harus menghubungkannya dengan taktik perusahaan secara menyeluruh. Berikut ini yang bukan termasuk tujuan penetapan harga adalah…..
A. Memaksimalkan penjualan dan penetrasi pasar.
B. Mempertahankan kualitas atau diferensiasi pelayanan.
C. Mendapatkan atau memaksimal keuntungan.
D. Mendapatkan atau Merebut Pangsa Pasar/Market Share.
E. Mengurangi Keuntungan yang dalam Operasional Usaha
18. Segala macam tambahan dan perubahan yang mungkin dikembangkan untuk suatu produk dimasa mendatang yaitu produk ...
A. Produk potensial
B. Produk utama/Inti
C. Produk harapan
D. Produk generik
E. Produk pelengkap
19. Kegiatan Persuading atau membujuk pasar sasaran yang dilakukan oleh PT Gramedia, untuk mengalihkan pilihan ke merek tertentu sehingga pembeli terdorong untuk melaksanakan pembelian barang dikala itu juga, merupakan tujuan dari kegiatan
A. Pemasaran
B. Penjualan
C. Promosi
D. Negosiasi
E. Niaga
20. produsen Roti telah mengeluarkan biaya-biaya sebagai berikut
1. Biaya Variabel : Rp 10.000.000
2. Biaya Tetap : Rp 5. 000.000
3. Roti yang di hasilkan : 3000 Buah
Berdasarkan data di atas berapakah harga jual satu Produk yang di menetapkan perusahaan bila perusahaan menginginkan keuntungan sebesar 20 % dengan metode Biaya Plus
A. Rp 4.000
B. Rp 4.250
C. Rp 5.000
D. Rp 5.250
E. Rp 6.000
21. Dalam Rangka Ulang Tahun PT Ramayana ke 28, maka perusahaan mengadakan pemesanan pakaian seragam untuk karyawan sejumlah 10 Kodi dengan nilai Rp 10.000.000, -kepada Toko Diana Blezer, bila untuk satu kodi pakaian Toko Diana Blezer mengambil keuntungan sebesar 10 %, berapakah harga yang harus di bayarkan oleh PT Ramayana kepada Toko Diana Blezer berdasarkan Metode harga Mark-UP
A. . Rp 9.000.000, -
B. Rp 10.000.000, -
C..Rp 11.000.000, -
D. Rp 12.000.000, -
E. Rp 14.400.000, -
22. Dalam Rangka memperkenalkan perjuangan gres dalam bidang Jasa Travel PT Kemana Pergi melaksanakan acara promosi dalam bentuk pemasangan Baliho, penyebaran Brosur ke beberapa tempat yang strategis di karenakan acara ini merupakan suatu bentuk komunikasi non-personal dengan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam penggunaan media massa untuk membujuk dan mempengaruhi audiens. Kegiatan tersebut termasuk kedalam pola acara bauran promosi
A. Advertesing
B. Personal seling
C. Direk Seling
D. Sales promotion
E. Publisitas
23. Bauran promosi merupakan salah satu bagaian dari proses acara komunikasi lantaran dengan adanya promosi sanggup menunjukkan isu dan menyampaiakan pesan kepada konsumen. Dibawah yang tidak termasuk kedalam Bauran Promosi adalah
A. Avertesing
B. Personal Selling
C. Skiming Price
D. Direct selling
E. Sales promotion
24. Dalam Pelaksanaan acara Bauran Promosi yang di lakukan oleh Perusahaan dengan Memilih Media TV atau media lainnya yang sanggup menjangkau semua masyarakat. hal ini merupakan pola acara bauran promosi …
A. Personal Selling
B. Public relation
C. Publicity
D. Advertesing
E. Direct Marketing
25. taktik yang dipakai untuk menanamkan suatu gambaran produk di benak konsumen sehingga produk tersebut terlihat menonjol dibandingkan dengan produk pesaing. Fokus utamanya yaitu bagaimana caranya sehingga konsumen memiliki persepsi yang sama dengan yang diharapkan produsen perihal produk yang ditawarkan. Kembali. Merupakan pengertian dari….
A. taktik product positioning
B. Strategi product priceling
C. Strategi product marketing
D. Strategi product branding
E. Strategi product targetting
26. SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) yaitu dokumen yang wajib dimiliki oleh setiap tubuh perjuangan yang bergerak dalam bidang perdagangan, instansi pemerintah yang mengeluarkan SITU tersebut adalah.....
A. Dinas Kehutanan
B. Dinas Perindustrian dan Perdagangan
C. Dinas Koperasi dan UKM
D. Dinas Perekonomian
E. Dinas Pertambangan
27. Izin perjuangan untuk SIUP untuk perusahaan kecil dan menengah diterbitkan dan ditandatangani oleh ...
A. Kepala kantor perdagangan tempat tingkat I
B. Kepala kantor perdagangan tempat tingkat II
C. Kepala tempat tingkat I
D. Kepala tempat tingkat II
E. Kepala kantor kecamatan
28. Jika Seseorang ingin mengurus SITU (surat izin Tempat usaha) langkah yang pertama yang harus dilakukan yaitu mengurus..............
A. Surat permohonan izin usaha
B. Surat pengantar dari RT, lurah/Desa
C. Menyiapkan fotocopy KTP pemohon
D. Surat ijin dari tetangga
E. Sertifikat surat kepemilikan tanah
29. Ada beberapa yang merupakan hal2 positif dalam memakai sumber modal sendiri, dibawah ini yang tidak merupakan kelebihan dalam memakai modal sendiri adalah................
A. Tidak ada biaya bunga
B. Tidak tergantung pada pihak lain
C. Tidak memerlukan persyaratan yang rumit
D. Tidak ada keharusan pengembalian modal
E. Tidak perlu dihemat lantaran modal sendiri
30. Berikut ini yang bukan termasuk dalam modal yang berasal dari sumber internal yaitu ...
A. Modal yang berasal dari pendiri/pemilik perusahaan
B. Modal yang berasal dari forum keuangan Bank dan Non Bank
C. Modal yang disetor
D. Modal yang didapat dari laba
E. Keuntungan dari penjualan surat berharga
31. pengusaha dikala ini dihadapkan banyak pilihan unutk mendapat kredit atau modal. Tentu yang paling diinginkan mendapat kredit dengan sejumlah kemudahan. Adapun proses pengajuan kredit diantaranya :
1. Pengajuan permohonan
2. Mendatangi Bank
3. Mengisi daftar isian
4. Menentukan bunga pinjaman
5. Menyerahkan dokumen
6. Penelitian dokumen
7. Wawancara
Dari data diatas, mekanisme yang tepat untuk pengajuan kredit yaitu ...
A. 1, 2, 3, 4, 6, 7
B. 1, 2, 4, 5, 6, 7
C. 1, 3, 4, 5, 6, 7
D. 1, 2, 3, 5, 6, 7
E. 2, 3, 4, 5, 6, 7
32. Untuk mendapat pinjaman dari bank ada beberapa syarat yang harus dipenuhi yang dikenal dengan istilah 5 C, jaminan berupa barang bergerak dibutuhkan dalam proses apengajuan kredit. Hal ini termasuk ke dalam kriteria............
A. Cost
B. Capital
C. Condition
D. Capability
E. Collateral
33. Semakin banyak lokasi perjuangan di lalui orang, maka semakin banyak orang yang tahu mengenai perjuangan tersebut hal ini merupakan panduan dalam menentukan lokasi perjuangan berdasarkan Guswai dari segi.............
A. Terlihat
B. Fasilitas Umum
C. Arah pulang kerumah (direction to home)
D. Lalu lintas yang padat (heavy traffic)
E. Biaya akuisisi
34. Faktor Yang menjadi ukuran memutuskan tempat perjuangan yang paling strategis diantaranya yaitu ...
A. Sangat menguntungkan
B. Dekat dengan pasar
C. Adanya akomodasi parkir
D. Corak barang yang disediakan
E. Dapat menjamin keamanan perusahaan dan para pembeli
35. Dalam model pemasaran on line, pembayaran transaksi sanggup dilakukan melalui mesin penjual otomatis, salah satu Keuntungan penggunaan mesin penjual otomatis bagi penjual adalah............
A. Mendaptka kwalitas produk yang sama dengan harga yang tetap
B. Dapat membeli secara kredit
C. Produk yang ditawarkan beragam
D. Bersifat one stop shopping
E. Menghemat waktu dan tenaga dalam mengoperasikannya.
36. Pewaralaba dalam Model pemasaran dengan system Waralaba, adalah..
A. Adanya kemudahan dalam pengembangan usaha
B. Mendapatkan pendapatan tambahan dan=ri penjualan dan hak waralaba dan royalti
C. Secara cepat membangun gambaran perusahaan
D. Praktis ditemui dilokasi – lokasi strategis
E. Orang yang menunjukkan hak waralaba
37. Model pemasaran yang memakai Internet sebagai sarana untuk mempromosikan dan menjualproduk disebut….
A. On Line
B. Tradisional
C. Moderen
D. Konfensional
E. Multi level Marketing
38. Perkembangan lingkungan mikro harus selalu diamati guna memperoleh isu perkembangan lingkungan sebagai materi pengambilan keputusan. Berikut ini yang termasuk lingkungan mikro perusahaan yaitu ...
A. Produk, promosi, pelanggan, teknologi
B. Produk, harga, promosi, distribusi
C. Demografi, ekonomi, promosi, pelanggan
D. Pesaing, pemasok, demografi, ekonomi
E. Harga, distribusi, pesaing, ekonomi
39. Dibawah ini yang termasuk termasuk dalam lingkungan geografis yaitu ...
A. Pertumbuhan penduduk
B. Perbandingan persentase umur
C. Pendidikan
D. Pola kehidupan rumah tangga
E. Area kota, kecamatan dan desa
40. Perkembangan lingkungan mikro harus selalu diamati guna memperoleh isu perkembangan lingkungan sebagai materi pengambilan keputusan. Berikut ini yang termasuk lingkungan mikro perusahaan adalah...
A. Produk, promosi, pelanggan, teknologi
B. Demografi, ekonomi, promosi, pelanggan
C. Pesaing, pemasok, demografi, ekonomi
D. Harga, distribusi, pesaing, ekonomi
E. Produk, harga, promosi, distribusi
Untuk Soal USBN Produktif Tata Niaga SMK/STM Tahun 2020 dan Jawaban atau Soal USBN ini sanggup anda gunaka sebagai rujukan dalam mencar ilmu untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi USBN Tahun Pelajaran 2019/2020.
Download Soal USBN Produktif Tata Niaga SMK/STM Tahun 2020
Ingat Soal USBN Produktif Tata Niaga SMK/STM Tahun 2020 dan Jawaban ini hanya untuk latihan saja, Ada atau tidaknya dalam ujian yang sebenarnya, kami tidak sanggup bertanggung jawabDipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan semoga mendapat file yang lengkap dan utuh.
Semoga sebaran isu Mengenai Soal USBN Produktif Tata Niaga SMK/STM Tahun 2020 dan Jawaban ini bermanfaat dan salam sukses selalu!