Contoh Penyusunann Rpp Sd 1 Lembar Kurikulum 2013 Terbaru

 Pada kesempatan ini saya akan membuatkan isu kepada anda semua mengenai  Contoh Penyusunann RPP SD 1 Lembar Kurikulum 2013 Terbaru

Contoh RPP Kurikulum 2013 Jenjang SD Cukup 1 Lembar Sesuai Arahan Mendikbud





Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan membuatkan isu kepada anda semua mengenai Contoh Penyusunann RPP SD 1 Lembar Kurikulum 2013 Terbaru

RPP merupakan berkas rencana acara pembelajaran tatap muka yang harus diisi guru sebelum memulai kelas. Mendikbud Nadiem menyampaikan RPP ini penting untuk tetap diimplementasi.

Namun, selama ini berkas RPP sangat menyita waktu guru-guru alasannya bisa hingga 20 halaman. Dari RPP itu, guru bisa melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan di kelas, selain sanggup memperbaiki kinerjanya di kemudian hari.

Untuk dikala ini, pembuatan RPP bagi guru cukup satu lembar saja. Komponen panjang itu hanya menjadi tiga komponen utama, yaitu tujuan pembelajaran, acara pembelajaran, dan penilaian.

Tiga komponen itu memuat dalam satu lembar, jauh lebih sedikit dibanding belasan lembar yang selama ini harus diisi.

Contoh RPP Kurikulum 2013 SD 1 Lembar Terbaru

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN K13
Satuan Pendidikan : SD/MI………………..
Kelas / Semester : 2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Rumah (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
Muatan Pelajaran : B. indonesia (3.1, 4.1), Matematika (3.1, 4.1), SBdP (3.2, 4.2)
Pelaksanaan : ……………………..

A. TUJUAN
  1. Dengan diberikan teks dongeng wacana hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa sanggup menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks dongeng tersebut dengan tepat.
  2. Dengan diberikan teks percakapan wacana hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa sanggup mengucapkan ungkapan yang terdapat pada teks percakapan tersebut dengan tepat.
  3. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa sanggup menyatakan kumpulan objek dengan bilangan hingga dengan 999 dengan benar.
  4. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa sanggup membaca lambang bilangan hingga dengan 999 dengan tepat.
  5. Dengan diberikan lagu anak, siswa sanggup membedakan panjang pendek suara pada lagu anak dengan tepat.
  6. Dengan diberikan lagu anak, siswa sanggup menampilkan panjang pendek suara pada lagu anak dengan tepat.

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
  1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
  2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
  3. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memperlihatkan penguatan wacana pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
  4. Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit bahan non pelajaran Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan acara literasi

Kegiatan Pendahuluan
Ayo Mengamati
  • Siswa menyimak teks dongeng pada Buku Siswa yang dibacakan guru.
  • Ketika guru membaca teks, hendaknya guru memberi penitikberatan pada kalimat yang memakai ungkapan.
  • Contoh ungkapan pada teks tersebut ialah oleh-oleh dan buah hati.
  • Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita. (Mandiri)

Ayo Berlatih
  • Siswa membaca kalimat yang terdapat pada teks percakapan.
  • Siswa bersama dengan teman di sebelahnya melanjutkan percakapan yang terdapat pada buku.
  • Siswa diberi keleluasaan untuk menyusun kalimat menurut teks dongeng yang sudah dibacanya.
  • (Creatiivity and Innovation)

Ayo Berlatih
  • Siswa berlatih menyatakan bilangan cacah memakai gambar alat peraga kubus. Alat peraga yang lain, contohnya kancing baju atau stik es krim sanggup dipakai untuk lebih memahamkan siswa mengenai bilangan tiga angka.
  • Siswa mengerjakan soal wacana bilangan cacah dengan tiga angka. Guru sanggup menambahkan soal latihan.
  • Siswa membaca bilangan cacah hingga 999. Guru mengamati kemampuan siswa dalam membaca bilangan cacah hingga 999 (Rubrik Penilaian 2). Sikap yang diamati ialah teliti. Hasil pengamatan perilaku dituliskan di dalam jurnal.
  • (Critical Thinking and Problem Formulation)

Kegiatan Bersama Orang Tua
  • Pemahaman mengenai bilangan cacah hingga 999 dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang renta guru memantau pembelajaran melalui Portal Rumah Belajar
  • Orang renta membantu siswa menyebut bilangan-bilangan yang ada di sekitar rumah.

Kegiatan Penutup
  1. Siswa mapu mengemukan hasil mencar ilmu hari ini
  2. Guru memperlihatkan penguatan dan kesimpulan
  3. Menyanyikan salah satu lagu kawasan untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
  4. Salam dan do’a epilog di pimpin oleh salah satu siswa.

C. PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama acara berlangsung
Penilaian Pengetahuan
a. Menjawab pertanyaan verbal wacana tata cara memperkenalkan diri yang benar.
Penilaian Keterampilan

Download Contoh RPP Kurikulum 2013 SD 1 Lembar

Contoh Penyusunan RPP Kurikulum 2013 SD 1 Lembar secara efisien dan efektif dilakukan biar guru mempunyai banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran. Selengkapnya silahkan unduh disini.


Download Contoh RPP K-13 SD 1 Lembar Terbaru
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan biar mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran isu Mengenai Contoh Penyusunann RPP SD 1 Lembar Kurikulum 2013 Terbaru ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel