Khasiat Dan Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan



Khasiat dan Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Khasiat dan Manfaat kunyit bagi kesehatan

Khasiat dan Manfaat kunyit bagi kesehatan, kunyit merupakan salah satu jenis rempah yang sering dipakai sebagai materi untuk menciptakan jamu tradisional. Selain itu alasannya ialah warnanya yang kuning, kunyit juga sering dipakai sebagai pewarna kuliner yang alami. Tapi bila Anda telusuri lebih jauh ternyata banyak sekali manfaat kunyit selain hanya sebagai penyedap masakan. Salah satu masakan yang memakai kunyit sebagai pelengkapnya ialah gulai. Kunyit atau juga sering disebut dengan kunir merupakan rempah-rempah orisinil dari daerah Asia Tenggara. Karena keuntungannya yang begitu kompleks, banyak bermuncula aneka macam suplemen yang dikemas dalam bentuk kapsul dimana materi dasar utamanya ialah kunyit serta penambahan aneka macam vitamin lainnya.

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan
  • Sebagai antiseptik alami, kunyit sanggup mempercepat proses penyembuhan luka.
  • Dengan mengkonsumsi kunyit secara rutin sanggup menghindarkan Anda dari kanker, alasannya ialah tumbuhan ini mengandung zat anti-kanker.
  • Adanya antioksidan pada kunyit sanggup menciptakan anda lebih infinit muda alasannya ialah kunyit mempunyai bantuan dalam pertumbuhan serta peremajaan sel-sel dalam tubuh.
  • Manfaat kunyit sanggup mencegah leukimia.
  • Menghancurkan racun dan materi kimia berbahaya di dalam tubuh.
  • Dapat membantu menurunkan berat tubuh bila Anda sedang menjalani aktivitas diet.
Manfaat Kunyit untuk Kecantikan
Seperti yang sudah diulas sebelumnya mengenai aneka macam Khasiat dan Manfaat kunyit bagi kesehatan, kali ini Kami pun ingin kembali mengulas fungsi kunyit yang lain, yaitu manfaat kunyit bagi kecantikan. Kunyit yang mempunyai nama latin Curcuma longa ini memilki sederet manfaat bagi kecantikan kulit . Apa saja Manfaat kunyit bagi kecantikan yang perlu diketahui ? Berikut beberapa hal di antaranya:

Fungsi Kunyit dalam perawatan kulit wajah

Manfaat Kunyit dalam merawat kulit wajah sanggup dilihat dari kiprahnya dalam menghilangkan bintik hitam ataupun area hiperpigmentasi. Kunyit juga membantu dalam menghilangkan dan mencegah dilema kulit kering.

Selain itu, masker wajah yang mengandung kunyit mempunyai kegunaan dalam menghilangkan bisul dan menciptakan wajah berseri secara alami. Selain itu kunyit juga bermanfaat dalam menciptakan kulit menjadi lebih lembut dan bercahaya. Dalam merawat kulit wajah, Kamu sanggup memakai masker kunyit dua kali seminggu.

Berikut cara perawatan wajah dengan kunyit untuk beberapa tipe kulit:
Untuk kulit berminyak
  • 2 sendok debu kayu cendana, susu, beberapa tetes jeruk lemon dan debu kunyit dicampur untuk dibentuk menjadi masker. Lalu gunakan pada wajah , biarkan kering, dan bilas.
Untuk kulit kering
  • Ambil 1 butir putih telur, tambahkan 2-3 tetes masing-masing minyak zaitun, jus lemon dan air mawar. Campur dalam wadah, oleskan pada wajah, leher dan telinga. Bilas sesudah 15 menit dengan memakai air dingin.
Untuk kulit normal
  • Ambil 3-4 buah strawberry yang telah matang, hancurkan, kemudian tambahkan tepung maizena dan kunyit. Campur dengan baik sampai menjadi masker. Aplikasikan pada wajah. Bilas sesudah kering.

Khasiat Kunyit dalam menghilangkan jerawat

Kunyit memperlihatkan manfaat yang menjanjikan dalam menghilangkan bisul sekaligus menciptakan wajah menjadi lebih bersinar. Di India, ramuan yang mengandung kunyit dalam bentuk masker biasanya dipakai oleh mempelai perempuan dan laki-laki sehari sebelum pesta janji nikah dengan tujuan biar kulit mereka nampak ceria dan menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah.

Cara menghilangkan bisul dengan kunyit adalah 
dengan mencampurkan 2 sendok makan tepung gandum ke dalam susu hangat, kemudian tambahkan ke dalamnya 2 tetes minyak zaitun atau minyak kelapa dan kunyit. Aduk sampai merata dan aplikasikan di wajah sehingga membentuk lapisan tipis dan biarkan selama 20 menit. Waktu terbaik dalam mengaplikasikan masker ini ialah ketika sebelum mandi, sehingga sanggup membilasnya ketika mandi sekaligus memaksimalkan khasiatnya.

Manfaat kunyit dalam menghilangkan bekas bisul atau bekas luka

Selain menghilangkan jerawat, kunyit juga sanggup dipakai dengan tujuan menghilangkan bekas bisul ataupun bekas luka yang lain. Caranya ialah 1 sendok debu kunyit dicampurkan dengan beberapa tetes susu, kemudian aplikasikan masker tersebut di permukaan kulit selama 15 menit. Campuran masker tersebut juga sanggup dipakai dalam menghilangkan spot pigmentasi ataupun bekas eksim.
Manfaat kunyit dalam menghilangkan ketombe

Perpaduan kunyit dan minyak zaitun telah diketahui efektif dalam mengatasi dilema ketombe di kulit kepala. Campuran keduanya dipakai pada kulit kepala ketika mandi layaknya memakai shampoo. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas gabungan kunyit dan minyak zaitun tersebut dengan shampoo alami yang biasa digunakan.

Manfaat kunyit dalam mengatasi keriput


Untuk keperluan ini, sanggup memakai gabungan susu dan debu kunyit. Selain itu, gabungan debu kunyit dan debu beras dengan susu dan jus tomat juga sanggup dipakai untuk menghilangkan keriput. Campuran keempat materi tersebut akan menjadi pasta yang kemudian dilulurkan di wajah dan juga leher, diamkan 30 menit, sesudah itu bilas dengan air hangat-hangat kuku.

Kunyit bermanfaat dalam mengobati kaki pecah-pecah


Caranya ialah teteskan 3 tetes minyak kelapa atau minyak zaitun pada 3 sendok debu kunyit, kemudian dicampur. Oleskan pasta tersebut pada tumit yang bermasalah. Pasta dari kunyit ini juga sanggup dipakai untuk mencegah tumbuhnya jamur di antara jari-jari kaki.

Efek Negatif Kunyit Bagi Kesehatan
Selain mempunyai banyak manfaat, kunyit juga mempunyai imbas samping negatif bagi kesehatan. Berikut ialah beberapa imbas jelek kunyit bagi kesehatan.
  • Menyebabkan dilema pada lambung, mengkonsumsi kunyit dalam jangka waktu yang cukup usang sanggup mengakibatkan gangguan lambung. Hal ini terjadi alasannya ialah sifat pedas yang terkandung pada kunyit.
  • Sulit diserap tubuh, zat yang terkandung pada kunyi cenderung sulit diserap tubuh sehingga kita tidak sanggup mendapat manfaat kunyit secara optimal.
  • Efek kemoterapi, menurut sebuah penelitian menyebutkan bahwa kunyit mempunyai imbas pada kemoterapi, jadi disarankan bagi Anda yang sedang menjalani kemoterapi jangan mengkonsumsi kunyit dalam jumlah yang banyak.
Selain mempunyai manfaat bagi kesehatan, ternyata kunyit juga mempunyai dampak negatif bagi tubuh. Tapi apapun alasannya kunyit merupakan salah satu jenis rempah yang mempunyai manfaat selama kita mengkonsumsinya secara bijak. Itulah beberapa manfaat kunyit dan imbas negatifnya.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel