Cara Gampang Memperbaiki Ponsel Yang Tidak Mengisi Dengan Benar



Jika baterai Anda tidak terisi dengan benar, jangan pribadi asumsikan charger telepon Anda atau baterai Anda rusak. Berdasarkan pengalaman pribadi, masalah-dan solusi-mungkin jauh lebih sederhana daripada yang Anda pikirkan. Jika telepon atau tablet Anda tidak terisi dengan benar atau sama sekali. Berikut Tips 12 cara untuk memperbaiki telepon yang tidak mengisi Dengan Benar.

Mengapa Saat Menelepon Tidak Dikenakan Biaya

Masalahnya terjadi dalam banyak sekali derajat. Entah ponsel Anda tidak akan mengenakan biaya sama sekali ketika terpasang, atau hanya akan diisi dengan sangat lambat (terkadang hampir tidak lebih cepat dari yang digunakan). Ini ialah keluhan yang sangat umum, jadi berikut ialah beberapa solusi.

#1 Melakukan Perbaikan Pada Port USB

Memperbaiki Ponsel yang tidak sanggup di charge Cara Praktis Memperbaiki Ponsel Yang Tidak Mengisi Dengan Benar

Solusi tercepat, termudah, dan sering paling sukses, ialah dengan melaksanakan sedikit perbaikan pada perangkat keras Anda yang sebenarnya. Masalahnya ialah bahwa permukaan logam di dalam port USB dan pengisi microUSB sering tidak melaksanakan kontak yang baik, baik melalui cacat manufaktur atau alasannya terus-menerus memasukkan dan mencabut kabel pengisi daya.

Yang perlu Anda lakukan ialah mematikan perangkat Anda, keluarkan baterai jikalau memungkinkan dan gunakan yang kecil, menyerupai tusuk gigi, untuk 'mengangkat' tab kecil di dalam port USB pada ponsel cerdas atau tablet Anda. Lakukan dengan sangat hati-hati dan lembut, kemudian masukkan kembali baterai Anda dan pasang kembali. Sembilan dari sepuluh ini ialah semua yang dibutuhkan.

#2 Lepaskan Dari Serat, Permen dan Debu

Memperbaiki Ponsel yang tidak sanggup di charge Cara Praktis Memperbaiki Ponsel Yang Tidak Mengisi Dengan Benar

Apakah Anda menyimpan ponsel Anda di saku celana jins Anda? Jika demikian, serat sanggup menjadi pelakunya: kami telah kehilangan jejak berapa kali alasan pengisian USB yang tidak sanggup mengemban amanah ternyata merupakan serat dari kantong Levis kami.

Kami telah melihat ponsel dengan port pengisian tersedak dengan cokelat sehabis mereka dilemparkan ke tas tangan di samping sebungkus permen. Sekaleng udara tekan sanggup meniup iritasi yang menyinggung dan menciptakan koneksi USB Anda kembali normal.

#3 Pasang kabel

Memperbaiki Ponsel yang tidak sanggup di charge Cara Praktis Memperbaiki Ponsel Yang Tidak Mengisi Dengan Benar

Bagian pengisi daya yang paling tipis ialah kabelnya, bukan adaptor yang dihubungkan ke stopkontak. Pengguna Apple sangat rentan di sini alasannya kabel Lightning milik Apple (dan mahal) nampaknya mempunyai keinginan hidup sekitar 15 menit. Tapi semua kabel mempunyai kehidupan yang sulit, dan meregangkan dan melengkung tanpa henti sanggup memakan korban. Mengganti kabel USB acak untuk perangkat yang disertakan dengan telepon Anda ialah jalan pintas lain untuk mendapat pengalaman pengisian yang tidak menyenangkan.

Cara termudah untuk mendiagnosis kabel yang salah ialah mencoba yang berbeda dan melihat apakah itu bekerja dengan benar pada perangkat Anda. Jika ya, Anda tahu kabel orisinil salah. Jika tidak, itu ialah penjahat potensial lain yang telah kita abaikan.

#4 Diagnosa adaptor cerdik

Jika kabel tidak menjadi masalah, periksalah adaptor steker dinding - terutama jikalau itu ialah kabel pengisian yang sanggup dilepas. Kami telah mengalami problem pada beberapa pengisi daya dimana port USB menjadi sedikit longgar sehabis tanpa henti memasukkan dan mencabut kabel.

Juga periksa apakah kombinasi pengisi daya / kabel yang sama bekerja pada perangkat yang berbeda alasannya ini akan membantu Anda menghilangkan kemungkinan perangkat Anda salah, bukan kabel atau pengisi daya. Anda juga harus memastikan tidak ada problem dengan stop kontak dinding Anda.

#5 Ingat - keselamatan dulu

Jangan mengisi daya telepon Anda di akrab air atau dalam kondisi terlalu panas atau lembab. Juga, jikalau Anda mengganti charger atau kabel, waspadalah: internet diisi dengan laporan pengisi daya pihak ketiga murah yang meledak di tengah malam atau mengubah smartphone menjadi roti panggang. Seperti peralatan listrik lainnya, pastikan bahwa apapun yang Anda beli sesuai dengan semua standar keselamatan yang relevan.

Untuk memberi citra perihal berapa banyak energi yang tersimpan di baterai Anda, periksa video ini (tapi jangan dicoba di rumah).



Versi sebelumnya dari artikel ini memperingatkan pengguna perangkat pengisian daya dalam semalam, namun saya ingin menjelaskan bahwa ini bukan alasannya Anda sanggup menjual terlalu mahal perangkat Anda. Smartphone modern mempunyai ukuran di kawasan untuk mencegah kerusakan ketika baterai terus dikenakan biaya pada kapasitas 100 persen.

Konon, pengisian baterai memang menghasilkan panas dan, jikalau smartphone berada dalam ruang yang ketat - menyerupai di bawah bantal atau di dalam kotak - ada kemungkinan sanggup menjadi terlalu panas. Intinya, jikalau Anda akan mengisi telepon semalam, pastikan itu di kawasan yang aman.

#6 Pasang kembali baterai

Baterai tidak bertahan selamanya, dan sehabis beberapa tahun mereka mulai berjuang untuk menahan biaya. Semakin sering Anda melepaskan dan mengisi ulang, semakin cepat mereka harus mengganti. Jika baterai Anda rusak sehabis hanya enam bulan, ini mungkin salah dan Anda harus mengajukan klaim garansi untuk penggantian gratis, namun jikalau baterai berusia lebih dari dua tahun, mungkin sudah mendekati simpulan masa pakainya.

Beberapa baterai yang rusak gampang dikenali alasannya mereka mulai menumbuk atau cairan bocor. Jika tidak menyerupai yang terlihat dari luar, lepaskan epilog perangkat dan periksa baterai (beberapa perangkat mempunyai kompartemen baterai yang disegel).

Memperbaiki Ponsel yang tidak sanggup di charge Cara Praktis Memperbaiki Ponsel Yang Tidak Mengisi Dengan Benar

Jika penutupnya tidak terlepas, Anda sanggup mencoba meletakkan perangkat di punggungnya dan memutarnya. Baterai yang menonjol akan merusak bentuknya - Anda mungkin tidak sanggup melihat tonjolan ini, tapi mungkin cukup untuk membiarkan ponsel Anda berputar. Jika Anda menduga baterai Anda mungkin infeksi atau bocor, bawa ponsel Anda ke konter dan beli pengganti yang mempunyai reputasi bagus.

#7 Mengisi dari sumber yang tepat

Pengisian dari stopkontak dinding akan selalu lebih cepat daripada pengisian via PC atau laptop, alasannya port USB komputer tidak memperlihatkan banyak tenaga.

Soket dinding sanggup menghasilkan daya dua kali lebih banyak dari pada port USB, dan pengisi daya cepat sanggup menghasilkan daya lima kali lipat - yang berarti pengisian jauh lebih cepat. Makara jikalau telepon Anda terisi dengan perlahan dan anda mengisinya di laptop: mungkin itu masalahnya.

Jika pengisi daya dinding Anda tidak tampak mengantarkan barang, pastikan perangkat itu sesuai untuk perangkat Anda. Pengisi daya dari telepon lain mungkin tidak memperlihatkan jumlah yang sempurna - misalnya, pengisi baterai untuk headset Bluetooth tidak akan mengeluarkan daya sebanyak yang dirancang khusus untuk ponsel cerdas.

Memperbaiki Ponsel yang tidak sanggup di charge Cara Praktis Memperbaiki Ponsel Yang Tidak Mengisi Dengan Benar

Dalam masalah ponsel high-end terbaru, Anda mungkin mempunyai telepon yang mendukung pengisian cepat namun charger yang tidak mengantarkannya.

#8 Update or roll back

Pembaruan perangkat lunak dan versi Android gres sanggup menimbulkan malapetaka dengan masa pakai baterai Anda, terutama ketika mengupgrade perangkat usang ke perangkat lunak ketika ini. Perangkat yang lebih gres sering dioptimalkan untuk memanfaatkan perangkat lunak terbaru, sedangkan perangkat berusia dua tahun sanggup berjuang ketika diperbarui.

Jika ini terjadi pada Anda dan Anda tidak sanggup memecahkan masalah, pertimbangkan untuk menggulung perangkat kembali ke versi Android sebelumnya, meskipun diberi peringatan bahwa ini membawa risiko keamanan. Versi perangkat lunak terbaru selalu disarankan semoga perangkat Anda tetap terlindungi, dan sementara risiko menjaga semoga ponsel cerdas Anda pada versi usang sering diabaikan, perlu dicatat.

Serupa dengan itu, terkadang daya tahan baterai perangkat sanggup ditingkatkan secara signifikan oleh pembaruan, jadi jikalau Anda berpikir Anda mungkin berada jauh di belakang versi perangkat lunak Android Anda, pergilah ke Settings >> About phone untuk menyidik pembaruan.
Memperbaiki Ponsel yang tidak sanggup di charge Cara Praktis Memperbaiki Ponsel Yang Tidak Mengisi Dengan Benar

#9 Matikan

Menggunakan aplikasi / fitur baterai yang cukup intensif ketika Anda mengisi daya perangkat akan menghipnotis seberapa cepat baterai Anda meningkat. Jika Anda mengisi sementara Skyping seseorang dengan kecerahan 100 persen, perangkat secara alami akan memakan waktu lebih usang untuk mengisi daya daripada dengan layarnya, Wi-Fi dan 4G dimatikan.

Alihkan perangkat ke mode pesawat terbang, atau matikan sepenuhnya, ketika Anda mengisi daya jikalau Anda ingin melihat injeksi energi tercepat. Anggap hal itu menciptakan perangkat Anda tertekan.

#10 Kalibrasi baterai Anda

Memperbaiki Ponsel yang tidak sanggup di charge Cara Praktis Memperbaiki Ponsel Yang Tidak Mengisi Dengan Benar

Terkadang tingkat baterai perangkat Anda 'berpikir' ada di salah. Efek dari ini ialah telepon Anda sanggup berfungsi secara berbeda, termasuk membatasi kinerja sebelum atau mengambil satu jam untuk mengunyah baterai dua persen terakhir.

Kami telah menulis panduan ekstensif perihal cara mengkalibrasi baterai ponsel cerdas Anda, jadi saya tidak akan mengetik ulang semuanya di sini, tapi ini ialah hal yang perlu dicoba sebelum benar-benar baterai Anda yang tidak berfungsi.

#11 Periksa voltase dan ampere baterai Anda

Tip ini ditunjukkan dalam komentar di bawah oleh Patrick dan ini sanggup membantu Anda dengan cepat mengidentifikasi kabel yang rusak.

Download aplikasi Amperage gratis dari link di bawah ini dan buka. Sekarang, hubungkan charger Anda dan antarmuka harus berwarna hijau dan teks di kepingan atas harus menyampaikan "measuring (pengukuran)". Jika Anda tidak melihat ini, atau tidak ada yang terjadi, berarti tidak ada arus yang masuk ke perangkat Anda.

Download aplikasi Amperage

Jika mengidentifikasi arus, aplikasi kini akan menampilkan statistik pengisian daya untuk pengisi daya tersebut, termasuk tingkat beban minimum dan maksimum (dalam milliamps), voltase dan arus maksimum. Ini juga cara yang cantik untuk mengetahui pengisi daya yang terbaik.

Coba hubungkan banyak sekali paket biaya yang Anda miliki, termasuk kemasan baterai portabel, untuk melihat mana yang mempunyai nilai biaya maksimum tertinggi, atau rata-rata tertinggi (aplikasi membuatnya cukup gampang untuk mendapat ilham perihal hal ini). Ini bukan pengukuran yang sempurna tapi ini merupakan indikasi jikalau tidak ada yang lain dan aplikasinya benar-benar gratis.

Memperbaiki Ponsel yang tidak sanggup di charge Cara Praktis Memperbaiki Ponsel Yang Tidak Mengisi Dengan Benar

#12 Bagaimana dengan kerusakan air?

Memperbaiki Ponsel yang tidak sanggup di charge Cara Praktis Memperbaiki Ponsel Yang Tidak Mengisi Dengan Benar

Sejumlah orang di komentar ditanya soal problem baterai akhir kerusakan air. Jika telepon Anda gagal mengisi daya sehabis jatuh ke air, Anda tidak mempunyai banyak pilihan: taruhan terbaik Anda ialah mencoba dan mengganti baterai - jikalau itu mungkin terjadi.

Bagaimanapun Anda harus mencoba untuk mencegah hal ini terjadi.


Jika semuanya gagal, periksa kembali apakah Anda mengaktifkan power point. Itu ialah hal pertama yang akan mereka tanyakan kepada Anda jikalau Anda menghubungi produsen Anda untuk meminta bantuan, yang mungkin perlu menjadi langkah berikutnya jikalau tidak ada solusi ini yang berhasil untuk Anda.

Pernahkah Anda mengalami smartphone yang tidak akan terisi dengan benar? Beri tahu kami jikalau Anda telah menemukan perbaikan yang belum kami sebutkan di komentar ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel