Cara Gampang Dan Cepat Menghentikan Aplikasi Berjalan Di Latar Belakang Android

Menghentikan Aplikasi Berjalan di Latar Belakang Android Cara Praktis Dan Cepat Menghentikan Aplikasi Berjalan Di Latar Belakang Android

Ponsel gres ialah hal yang menakjubkan, tapi seiring waktu berjalan ponsel gres Anda yang mengilap melambat dan menjadi lamban. Beralih di antara aplikasi menjadi pengalaman yang menciptakan frustrasi dan baterai Anda tidak akan sanggup terbebas dari satu hari. Jika ini terdengar asing, ada beberapa hal yang sanggup Anda lakukan untuk mengendalikan perangkat Anda dan memperbaiki situasinya, dan salah satu hal termudah yang harus dilakukan ialah mengendalikan aplikasi Anda yang berjalan di latar belakang Android.

Kontrol Proses Latar Belakang Android Anda

Cara terbaik untuk mengendalikan proses Anda ialah dengan menggali di bawah tenda memakai alat pemantau yang ada di dalam Android. Persis bagaimana layar proses ini terlihat, bagaimana Anda mengaksesnya dan apa namanya disebut akan bervariasi, bergantung pada perusahaan mana yang menciptakan perangkat dan versi Android yang Anda gunakan.

Contoh dalam beberapa kasus, sebelum Anda sanggup memulainya, Sebaiknya anda perlu mengaktifkan opsi pengembang terlebih dahulu.
  • Dalam versi Android sebelum Marshmallow, silahkan klik Settings >> About dan kemudian klik Build number sebanyak tujuh kali. Anda akan mendapat pemberitahuan yang memberitahukan bahwa opsi Pengembang telah dibuka, sehabis selesai Anda sanggup berhenti mengkliknya.
  • Untuk selanjutnya yang perlu Anda cari ialah setting yang disebut Processes atau Process Stats. Anda sanggup menemukannya di Settings >> Developer Options >> Processes. Pilihan itu membawa Anda ke daftar proses yang berjalan yang memperlihatkan berapa banyak RAM yang dipakai masing-masing.
  • Jelas, akan termakan untuk menghentikan aplikasi yang paling banyak memakan RAM dari latar belakang, namun Anda ingin memberi perhatian pada apa yang Anda hentikan sebelum melanjutkan. Menghentikan beberapa aplikasi mungkin menciptakan ponsel Anda akan berhenti.

Jika Anda memakai ponsel Samsung terbaru, menyerupai S7 Edge, Anda segera menuju ke Settings >> Developer options >> Running services untuk menemukan daftar aplikasi yang memakai RAM. Anda juga sanggup memanfaatkan opsi pengaturan dikala berada di hidangan Services / Processes untuk beralih antara proses yang berjalan dan proses cache.

Beberapa ponsel, menyerupai Meizu M3 Max yang kami uji, tidak mengizinkan Anda mengakses opsi pengembang dengan mengetuk build number dan mempunyai metode khusus mereka sendiri. Hal terbaik yang harus dilakukan dalam masalah ini ialah Google sebagai model telepon Anda dan kata-kata 'membuka opsi pengembang (unlock developer options)'.

Dalam masalah Meizu, anda sanggup memakai cara ini. Silahkan anda masuk ##6961## di Dialer dan kemudian mencari di Settings >> Accessibility >> Developer options >> Process statistics.
Dan bila Anda memakai Android build Marshmallow atau yang lebih baru, Anda sanggup menemukan opsi yang sama dan beberapa informasi terang di Settings >> Memory > Memory yang dipakai oleh aplikasi. Dari situ Anda sanggup menentukan untuk menghentikannya secara manual.

Saya Tidak Tahu Aplikasi Mana Yang Harus Dihentikan

BAIK. Jika Anda tidak ingin aplikasi / telepon Anda berhenti, silahkan anda cari dengan hati-hati dan gunakan nalar sehat. Aplikasi ditandai 'Layanan Google (Google Srvices)', atau hampir semua aplikasi yang dimulai dengan 'Google' seharusnya tidak dilarang secara manual.

Di sisi lain, bila Anda melihat-lihat daftar dan melihat para pembawa pesan dan pemain musik yang menguras baterai Anda di latar belakang, Anda sanggup terus maju dan menghentikannya dalam keamanan relatif. Aplikasi yang benar-benar penting biasanya tidak akan membiarkan Anda tetap untuk memaksa menghentikan mereka.
  • Untuk menghentikan aplikasi secara manual melalui daftar proses, kunjungi Settings >> Developer Options >> Processes dan klik tombol Stop.
  • Untuk menghentikan paksa atau menghapus aplikasi secara manual melalui daftar Aplikasi, pilih Settings >> Applications >> Application manager dan pilih aplikasi yang ingin Anda ubah. Jangan hapus aplikasi apa pun yang muncul dikala Anda menentukan opsi Tampilkan Sistem Aplikasi.
  • Untuk Menahan atau menghentikan aplikasi pada handset Marshmallow atau yang lebih gres ke Setelan >> Memori >> Memori yang dipakai oleh aplikasi

Menghentikan Aplikasi Berjalan di Latar Belakang Android Cara Praktis Dan Cepat Menghentikan Aplikasi Berjalan Di Latar Belakang Android

Jadi, dalam rujukan di atas, kami tidak memakai Kik, Pengelola Halaman Facebook atau beberapa layanan lainnya, jadi hentikan mereka tanpa kesalahan. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin mendapati layanan mulai kembali lagi secara otomatis.

Jika Anda menekan opsi More / Settings (tergantung pada model ponsel Anda), Anda juga sanggup meninjau RAM yang dipakai oleh proses cache. Aturan yang sama dengan apl mana yang kondusif untuk dilarang berlaku untuk proses dalam cache, serta proses berjalan.

Dengan aplikasi yang tidak mau berhenti, menyerupai Kik untuk kita (jika Anda mematikannya melalui tab proses, itu hanya akan dimulai ulang), Anda sanggup mencarinya ke Settings >> Applications >> Application manager untuk melaksanakan Force Stop, atau Anda sanggup menghapusnya langsung.

Sekarang saatnya untuk melihat lebih akrab pada apa yang menguras baterai Anda

Jika Anda melihat-lihat dikala Anda melaksanakan langkah-langkah di atas, Anda mungkin melihat beberapa info baterai terang yang tercantum untuk setiap aplikasi, dan itu bagus, namun mengerjakan apa yang menguras baterai dengan menilai setiap aplikasi secara individual akan terasa menjengkelkan atau cukup memakan waktu anda.

Sebagai gantinya, Anda harus pergi ke Settings >> Battery dan melihat opsi apa yang tersedia di telepon Anda. Sekali lagi, pilihan mungkin mempunyai nama dan fitur yang sedikit berbeda, namun minimal, Anda harus sanggup melihat ikhtisar yang tercantum pada aplikasi yang telah memakai baterai paling banyak semenjak Anda terakhir dijebak. Anda kemudian sanggup menetapkan mana yang ingin Anda hentikan sendiri-sendiri.

Aturan yang sama berlaku untuk menghentikan atau mencopot pemasangan aplikasi yang diterapkan untuk menghentikannya melalui tab proses - yaitu Anda ingin berhati-hati dengan apa yang mulai Anda tekan. Beberapa ponsel membagi aplikasi di tab penggunaan baterai berdasarkan sistem atau non-sistem, dan yang lainnya (seperti Meizu) memecahnya menjadi daftar aplikasi 'perangkat keras' dan 'perangkat lunak'.

Secara teori, alasannya ialah setiap versi gres Android menambahkan fitur baterai yang lebih cerdas, jumlah yang harus Anda mainkan secara manual harus turun. Di Android Marshmallow, peningkatan yang paling signifikan ialah Doze, yang intinya menempatkan ponsel Anda ke mode hibernasi dikala tidak bergerak. Untuk Android Nougat dan Doze 2.0, fitur itu kini bekerja dikala ponsel Anda bergerak juga, asalkan tidak digunakan.

Android Oreo menetapkan Batas Eksekusi Latar Belakang untuk memastikan bahwa aplikasi tidak akan menjadi gila dengan layanan latar belakang atau menjaga layanan pendengar tetap terbuka setiap saat.

Samsung (dan lainnya) mengatakan pilihan baterai dan RAM yang mempunyai banyak pilihan, sehingga fitur yang tersedia untuk Anda akan berbeda-beda. Orang lain menyarankan semoga mode Doze benar-benar membahayakan masa pakai baterai mereka, namun setidaknya perlu diuji coba untuk mengetahui apakah itu meningkatkan jarak tempuh Anda.

Menghentikan Aplikasi Berjalan di Latar Belakang Android Cara Praktis Dan Cepat Menghentikan Aplikasi Berjalan Di Latar Belakang Android

Task Killers dan Pengoptimalan RAM: Perdebatan Hebat

Dengan perangkat keras Android (sebagai OS) dan OEM yang membaik seiring berjalannya waktu, beberapa orang akan beropini bahwa penggunaan aplikasi task killers akan lebih berbahaya daripada yang baik dalam hal pemrosesan dan masa pakai baterai.

Sebagai salah satu persoalan yang ingin Anda perbaiki ialah aplikasi berjalan di latar belakang yang menghabiskan sumber daya Anda, menambahkan yang lain yang mempunyai tujuan untuk melaksanakan secara eksplisit hal itu (perlu memonitor layanan yang dipakai pada telepon Anda, oleh alasannya ialah itu selalu perlu dilakukan) nampaknya sedikit kontra-intuitif.

Task Killers yang berulang kali memaksa-menutup sebuah aplikasi di latar belakang berulang-ulang hampir niscaya akan menghabiskan lebih banyak baterai Anda alasannya ialah terus proses 'restart and kill'. Anda mungkin lebih baik tidak menginstal task killers di daerah pertama dan membiarkannya berjalan.

Meskipun demikian, beberapa orang bersumpah dengan mereka dan Anda mendapat kontrol yang lebih terang atas OS Anda bila Anda memakai perangkat root. Banyak task killers 'prosumer' memerlukan jalan masuk root untuk bekerja. Jika ini ialah jalur yang ingin Anda ambil, maka Anda harus mempertimbangkan untuk menilik Greenify sebagai aplikasi hibernasi otomatis yang berfungsi untuk perangkat root dan non root.

Menghentikan Aplikasi Berjalan di Latar Belakang Android Cara Praktis Dan Cepat Menghentikan Aplikasi Berjalan Di Latar Belakang Android

Perangkat yang non-root tidak akan mendapat hibernasi apl otomatis dan beberapa fitur lainnya, namun Anda tetap sanggup menambahkan widget ke homescreen Anda untuk hibernate mereka dalam satu klik. Ini juga mempunyai beberapa pilihan rapi yang memperluas perangkat Doze untuk Marshmallow yang tidak memerlukan jalan masuk root.

Apakah berdasarkan Anda task killers, pembersih dan pengoptimalan RAM membantu atau membahayakan masa pakai baterai Anda? Beri tahu kami di komentar di bawah ini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel