Download Sk Pos Pelaksanaan Legalisasi Sekolah/Madrasah Tahun 2019

Surat Keputusan BANSM Tentang Penggunaan Prosedur Oprasional Sekolah  Download SK POS Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2019

Surat Keputusan BANSM Tentang Penggunaan Prosedur Oprasional Sekolah (POS) Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2019


BlogNazmy - Dalam kesempatan kali ini Mas Nazmy ingin memperlihatkan warta mengenai Surat Keputusan BANSM Nomor : 132/BAN-SM/SK/2019 perihal Penggunaan Prosedur Oprasional Sekolah (POS) Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2019.

Surat Keputusan BAN-SM Nomor 132/BAN-SM/SK/2019 menimbang bahwa dalam pelaksanaan pengakuan diharapkan panduan dan mekanisme yang menjamin pelaksanaan pengakuan yang terarah, terbuka, dan terukur untuk menjamin kualitas proses dan hasil-hasil akreditasi.

Dalam rangka memastikan proses dan hasil-hasil pengakuan yang bermutu diharapkan adanya Prosedur Operasional Standar (POS) sebagai panduan bagi pihak-pihak yang terkait dengan pelaksanaan akreditasi.

POS Akreditasi Sekolah/Madrasah 2019 ini merupakan salah satu aliran dan panduan resmi dalam pelaksanaan pengakuan untuk menjamin proses dan hasil pengakuan yang bermutu dan bermanfaat dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

POS Akreditasi 2019 ini diuraikan alur proses pengakuan sekolah/madrasah di tahun 2019. Meski secara umum alur tersebut tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya sebagaimana ditetapkan dalam POS Akreditasi 2018.

01. Download POS Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2019
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan semoga mendapat file yang lengkap dan utuh.

Prioritas Sekolah/Madrasah yang harus di Akreditasi

Urutan prioritas sekolah/madrasah yang harus diakreditasi pada tahun 2019 ini adalah:
  • Semua sekolah/madrasah yang belum terakreditasi
  • Semua sekolah/madrasah pada jenjang SMA/MA dan Sekolah Menengah kejuruan yang telah habis masa akreditasinya (termasuk yang habis pada tahun 2019)
  • sekolah/madrasah pada jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SLB yang telah habis masa berlaku akreditasinya 1 tahun atau lebih dengan diprioritaskan sekolah/madrasah yang lebih usang habis masa akreditasinya

Proses Akreditasi 2019

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa sudah terdapat 8 langkah dalam alur proses pengakuan sekolah/madrasah tahun 2019. Berikut ini delapan langkah alur proses pengakuan sekolah/madrasah tahun 2019:
  1. Sosialisasi dan Pengisian Data isian Akreditasi (DIA) Dalam Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah (Sispena)
  2. Penetapan Sekolah/Madrasah yang Akan Divisitasi dan Penugasan Asesor
  3. Visitasi ke Sekolah/Madrasah
  4. Validasi Proses dan Hasil Visitasi
  5. Verifikasi Hasil Validasi dan Penyusunan Rekomendasi
  6. Penetapan Hasil dan Rekomendasi Akreditasi
  7. Pengumuman Hasil Akreditasi
  8. Penerbitan Sertifikat Akreditasi dan Rekomendasi

Semoga sebaran warta ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel