Juknis Pendidikan Huruf Kerja Untuk Meningkatkan Kualitas Lulusan Smk

 Pendidikan Karakter Kerja Untuk Meningkatkan Kualitas Lulusan Sekolah Menengah kejuruan Juknis Pendidikan Karakter Kerja Untuk Meningkatkan Kualitas Lulusan SMK

Petunjuk Teknis (Juknis) Pendidikan Karakter Kerja Untuk Meningkatkan Kualitas Lulusan SMK


BlogNazmy - Dalam kesempatan kali ini Mas Nazmy ingin memperlihatkan isu mengenai Peunjuk Teknis (Juknis) yang telah diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah serta Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah kejuruan wacana Pendidikan Karakter Kerja Untuk Meningkatkan Kualitas Lulusan SMK.

Kebijakan yang relevan dan baik selalu ditopang oleh suatu kajian yang baik pula. Artinya selalu ada hubungan konkret antara suatu kajian yang berbasis penelitian akademik dengan kebijakan apa yang diambil. Tentu dalam konteks ini ialah yang ada kaitannya dengan pengembangan Sekolah Menengah kejuruan ke depannya.

Kajian NSPK ini bertujuan tidak lain untuk menjawab hal tersebut. Tuntutan pembaharuan kebijakvan ditengah arus dan gelombang modernisasi yang semakin dinamis sangat diharapkan terlebih perkembangan revolusi Industri sudah mencapai 4.0 yang berbasis cyber physical system ini.

Revolusi industri sangat mempunyai keterkaitan dengan Sekolah Menengah Kejuruan salah satunya pada aspek penggunaan peralatan praktik sebagai penunjang kompetensi siswa.

Inti dari praktik siswa ialah memperlihatkan kemampuan practical dalam penguasaan penggunaan peralatan praktik, semakin alat yang dimiliki relevan dengan perkembangan zaman semakin membantu pula penerima asuh dalam upgrading skill-nya.

Tidak hanya pada aspek tersebut, hal lain yang sangat urgent untuk dilakukan penelitian lebih lanjut untuk dijadikan basis pengambilan kebijakan ialah salah satunya terepresentasi dari tema kajian NSPK 2018 ini.

Bisa dibilang dari beberapa kajian yang disajikan sudah cukup komperhensif. Pada aspek pengembangan huruf penerima asuh Sekolah Menengah kejuruan sudah dikaji, desain pengembangan bengkel, kompetensi dan kurikulum menurut kompetensi masa 21, ditambah lagi dengan kajian potensi kewirausahaan berbasis cyberzone.

Penelitian yang mengkorelasikan pengembangan Sekolah Menengah kejuruan dengan daerah ekonomi khusus memperlihatkan warna terhadap khazanah yang ke depannya akan memperlihatkan bantuan penting pengambilan kebijakan oleh Direktorat.

Selain itu riset wacana employability skill dan pengembangan Sekolah Menengah kejuruan Pertanian di Indonesia melalui LARETA membantu untuk memetakan dan berkontribusi terhadap dinamika yang ada di SMK.

Pada jadinya peyusunan buku ini tidak lain ialah sebagai upaya untuk memperlihatkan jalan keluar sekaligus penyelesaian terhadap permasalahan dan tuntutan pengembangan Sekolah Menengah kejuruan di tengah arus deras perkembangan zaman yang selalu menuntut akan pembaharuan dari aneka macam macam aspek.

Kajian yang mewujud dalam buku ini memperlihatkan angin segar untuk dijadikan basis penentuan kebijakan Direktorat ke depan. Kami dari direktorat memperlihatkan apresiasi sebesar-besarnya kepada para kawan dalam penelitian ini UNY, UGM, UNS, UPI, UMJ dan UMY.

Semoga dengan diterbitkannya buku ini bisa membangkitkan semangat kepada aneka macam macam elemen Direktorat, Sekolah, Peserta didik, Kampus untuk terus berkontribusi dalam memperbaiki kualitas pendidikan kita khususnya pada pendidikan kejuruan.




Download Juknis Pendidikan Karakter Kerja Untuk Meningkatkan Kualitas Lulusan SMK
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan biar mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran isu ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel