Unduh Juknis Proteksi Jadwal Pengembangan Ilmuan Cilik Tahun 2019
BlogNazmy - Dalam kesempatan kali ini Mas Nazmy ingin memperlihatkan isu mengenai Peraturan Dirjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat Kemendibud Nomor 28 Tahun 2019 perihal Petunjuk Teknis Bantuan Program Pengembangan Ilmuan Cilik Tahun 2019.
Peraturan Dirjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat Kemendibud Nomor 28 Tahun 2019 perihal Petunjuk Teknis Bantuan Program Pengembangan Ilmuan Cilik Tahun 2019
Perlu tetapkan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan perihal Petunjuk Teknis Bantuan Program Pengembangan Ilmuwan Cilik Tahun 2019;
Tujuan Pedoman Teknis Bantuan Program Pengembangan Ilmuan Cilik ialah sebagai berikut :
- Sebagai contoh bagi pemangku kepentingan (pemerintah, masyarakat, akseptor bantuan, dan banyak sekali pihak) guna mengetahui mekanisme dalam pengajuan, penyaluran, penggunaan, dan pertanggung tanggapan bantuan.
- Sebagai acuan bagi auditor dalam melaksanakan pengendalian dan pengawasan pelaksanaan aktivitas Pengembangan Ilmuwan Cilik tahun 2019.
Tujuan pengembangan ilmuwan cilik untuk anak usia dini untuk memupuk anak menjadi pembelajar aktif yang menyenangi belajar. Anak mencicipi bahwa mencar ilmu ialah tantangan yang menarik, anak ditantang untuk menganalisis, mempertanyakan, dan berhipotesis ditanamkan untuk ditekuni dan dipakai membangun pengalaman mendapat tanggapan dari tantangan tersebut.
Selanjutnya dalam Peraturan Dirjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat Kemendibud Nomor 28 Tahun 2019 dengan Manfaat Program Pengembangan Ilmuwan Cilik yang memberi manfaat besar bagi:
1. Anak:
- Mengenalkan dan memupuk rasa cinta kepada alam sekitar sehingga menyadari kebesaran dan keagungan Tuhan Yang Maha Esa.
- Menumbuhkan minat pada anak untuk mengenal, mempelajari, mencari tahu sesuatu dengan cara kerja sains yakni; mengamati, mencari tahu, melakukan, menemukan dan memberikan penemuannya sendiri serta bencana di lingkungan sekitarnya.
- Mengembangkan perilaku ingin tahu, tekun, teliti, sabar, terbuka, kritis, mawas diri, bertanggung jawab, bekerjasama, sanggup berdiri diatas kaki sendiri dan bekerja tuntas.
- Melatih keterampilan dalam memakai teknologi sederhana untuk memecahkan persoalan yang di temukan dalam kehidupan sehari-hari.
- Memberi stimulasi membangun perilaku anak bahagia mencar ilmu dan menjadi pembelajaran seumur hidup.
- Penerapan kurikulum PAUD dalam proses pembelajaran menjadi sangat beragam, tidak monoton, sehingga memudahkan anak terlibat aktif.
- Pendidik membiasakan memakai materi dan alat sederhana yang ada di lingkungan sekitar.
- Membantu pendidik PAUD dalam menciptakan aktivitas perencanaan pembelajaran (harian, mingguan, dan semester).
- Memudahkan orang renta untuk melaksanakan kegiatan yang sama dengan yang dilakukan di satuan pendidikan penyelenggara PAUD, sehingga terdapat keselasaran pengasuhan di rumah dan di satuan pendidikan.
- Meletakkan dasar yang kokoh cara mencar ilmu sempurna yang diharapkan anak untuk berhasil di jenjang pendidikan berikutnya.
Selanjutnya dalam Peraturan Dirjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat Kemendibud Nomor 28 dengan Pelaksanaan Program Pengembangan Ilmuwan Cilik ialah sebagai berikut :
- Program pengembangan ilmuwan cilik dilaksanakan oleh satuan pendidikan yang menyelenggarakan PAUD untuk anak usia 4 – 6 tahun dengan prioritas anak usia 5 – 6 tahun yang akan memasuki jenjang Sekolah Dasar.
- Mengembangkan kompetensi sesuai dengan kurikulum PAUD 2013.
- Menekankan pada pembelajaran aktif dengan memakai pendekatan saintifik. Kegiatan dipilih dalam bentuk tematik yang penentuannya diserahkan pada pendekatan pengelolaan pembelajaran yang diterapkan di masing forum penyelenggara pendidikan anak usia dini sesuai dengan minat anak dan lingkungan daerah tinggal.
- Mencakup pengenalan kegiatan antara lain: laboran ilmuwan cilik, petani ilmuwan cilik, pedagang ilmuwan cilik, nelayan ilmuwan cilik, chef ilmuwan cilik, peternak ilmuwan cilik, dan lainnya yang diubahsuaikan dengan minat anak dan kondisi lingkungan sempurna tinggal.
- Satuan pendidikan penyelenggara pendidikan anak usia dini sanggup menentukan dan tetapkan apakah akan memfokuskan pada kegiatan tertentu dalam satu periode, ataukah memadukan beberapa kegiatan dalam periode yang sama. Sebagai contoh Taman Kanak-kanak Arini pada semester I merencanakan menerapkan kegiatan bercocok tanam sayuran, memasak, praktek fisika sederhana. Sementara Taman Kanak-kanak Budi Luhur untuk semester I lebih memfokuskan pada kegiatan bercocok tanam. Keduanya sanggup saja diterapkan.
- Penerapan kegiatan tidak mengubah seni administrasi pembelajaran yang dipakai (sentra, area, ataupun kelompok).
Download Juknis Bantuan Program Pengembangan Ilmuan Cilik Tahun 2019
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan semoga mendapat file yang lengkap dan utuh.
Baca Juga : Juknis Bantuan Pemberian Makanan Sehat Tahun 2019
Semoga sebaran isu mengenai, Juknis Bantuan Program Pengembangan Ilmuan Cilik Tahun 2019 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!