Download Buku Aliran Pemilihan Gtk Tk Berprestasi Tahun 2019

Download Buku Pedoman Pelaksanaan Pemilihan GTK Taman Kanak Download Buku Pedoman Pemilihan GTK Taman Kanak-kanak Berprestasi Tahun 2019

Download Buku Pedoman Pelaksanaan Pemilihan GTK Taman Kanak-Kanak Berprestasi Tahun 2019


Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan menawarkan mengenai Buku Pedoman Pelaksanaan Pemilihan GTK Taman Kanak-Kanak Berprestasi Tahun 2019

Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Taman Kanak-Kanak (TK), yang mencakup kepala TK, guru TK, dan pengawas TK, mempunyai kiprah sangat strategis terhadap tumbuh-kembang anak usia dini (AUD) secara optimal.

Dalam menjalankan kiprah tersebut, mereka harus bisa bekerjasama secara sinergis untuk sanggup meningkatkan kualitas pendidikan di TK.

Pemilihan GTK Taman Kanak-kanak Berprestasi bertujuan untuk menentukan guru TK, kepala TK, dan pengawas Taman Kanak-kanak yang menguasai kompetensi, berkinerja dan berkarakter.

Pemilihan GTK Taman Kanak-kanak Berprestasi berfungsi sebagai penghargaan pemerintah sentra dan pemerintah kawasan atas prestasi, kinerja dan abjad guru, kepala dan pengawas Taman Kanak-kanak di tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional.

Penghargaan tersebut diharapkan sanggup lebih meningkatkan motivasi dan profesionalisme GTK Taman Kanak-kanak dalam upayanya meningkatkan mutu pendidikan nasional.

Agar pelaksanaan acara tersebut berjalan dengan baik, diharapkan “Pedoman Pemilihan GTK Taman Kanak-kanak Berprestasi Tahun 2019”, yang mengatur pelaksanaannya mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional.

Tujuan Buku Pedoman Pelaksanaan Pemilihan GTK Taman Kanak-kanak Berprestasi Tahun 2019 bertujuan untuk memberi contoh pelaksanaan Pemilihan GTK Taman Kanak-kanak Berprestasi Tahun 2019 di tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.

Sedangkan Tujuan Pemilihan GTK Taman Kanak-kanak Berprestasi Tahun 2019 bertujuan untuk:
  • memilih guru TK, kepala TK, pengawas Taman Kanak-kanak berprestasi pada tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional;
  • memberikan penghargaan kepada guru TK, kepala TK, pengawas Taman Kanak-kanak berprestasi pada tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional;
  • melakukan training guna meningkatkan kinerja dan profesionalisme guru TK, kepala TK, pengawas Taman Kanak-kanak berprestasi pada tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.

Prinsip Penyelenggaraan Pemilihan GTK Taman Kanak-kanak Berprestasi Tahun 2019 diselenggarakan menurut atas beberapa prinsip, yaitu:
1. Kelayakan
Guru, Kepala, dan Pengawas Taman Kanak-kanak yang layak mendapat penghargaan yakni mereka yang telah bekerja menjalankan kiprah dilandasi oleh pengabdian dan loyalitas dengan hasil kinerja yang optimal.

2. Keadilan
Guru, Kepala, dan Pengawas Taman Kanak-kanak yang layak mendapat penghargaan yakni mereka yang telah bekerja menjalankan kiprah bebas dari kepentingan individu, kelompok atau golongan, suku, agama, atau ras.

3. Integritas dan Akuntabilitas
Pemberian penghargaan menurut atas hasil evaluasi yang objektif, jujur dan sanggup dipertanggungjawabkan.

4. Transparansi
Penilaian dilakukan secara terbuka dan objektif oleh pihak berwenang yang ditunjuk oleh penyelenggara di tingkat kabupaten/kota, provinsi maupun nasional.

5. Motivasi dan Promosi
Pemberian penghargaan difokuskan pada aspek-aspek yang bekerjasama dengan peningkatan kinerja guru, kepala, dan pengawas TK, sehingga berdampak pada kualitas pengelolaan dan kinerja Taman Kanak-kanak secara efektif dan efisien.

6. Demokratis
Pemberian penghargaan menawarkan peluang yang sama kepada semua guru TK, kepala TK, dan pengawas Taman Kanak-kanak untuk berkompetisi secara bebas dalam mengimplementasikan profesionalitasnya melalui unjuk kreativitas, insiatif, prakarsa dan kepeloporan.

Peserta Pemilihan GTK Taman Kanak-kanak Berprestasi Tahun 2019 yakni guru TK, kepala TK, dan pengawas Taman Kanak-kanak yang memenuhi persyaratan:
A. Persyaratan Umum
  1. Guru TK, kepala TK, dan pengawas Taman Kanak-kanak yang pernah menjadi pemenang I, II atau III di tingkat nasional pada semua jenis lomba yang diselenggarakan oleh Direktorat PGTK PAUD dan Dikmas.
  2. Guru TK, kepala TK, dan pengawas Taman Kanak-kanak yang pernah menjadi finalis pada acara penghargaan Direktorat PGTK PAUD dan Dikmas tingkat nasional dalam dua tahun terakhir, dilarang mengikuti kembali pada kategori yang sejenis maupun kategori lainnya.
  3. Guru TK, kepala TK, dan pengawas Taman Kanak-kanak pemenang I tingkat provinsi tahun 2019 harus melampirkan surat keputusan penetapan pemenang yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang.
  4. Guru TK, kepala TK, dan pengawas Taman Kanak-kanak harus sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter.
  5. Guru TK, kepala TK, dan pengawas Taman Kanak-kanak wajib mempunyai kualifikasi akademik minimal S-1/D-IV dibuktikan dengan scan ijazah terakhir yang telah dilegalisasi oleh pejabat berwenang.
  6. Guru TK, kepala TK, dan pengawas Taman Kanak-kanak berusia maksimal 56 tahun.
  7. Guru TK, kepala TK, dan pengawas Taman Kanak-kanak tidak sedang dalam proses alih kiprah ke jabatan struktural atau jabatan lain.
  8. Guru TK, kepala TK, dan pengawas Taman Kanak-kanak tidak pernah mendapat eksekusi disiplin pegawai sedang/berat.

B. Persyaratan Khusus
  1. Peserta Pemilihan Guru Taman Kanak-kanak Berprestasi Tahun 2019 memenuhi ketentuan:
    • Guru Taman Kanak-kanak yang berstatus sebagai guru Taman Kanak-kanak aktif dengan masa kerja sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Pimpinan Lembaga/Unit Kerja bersangkutan.
    • Guru Taman Kanak-kanak yang diutamakan yakni mereka yang mempunyai akta pendidik dibuktikan dengan scan akta pendidik.
  2. Peserta Pemilihan Kepala Taman Kanak-kanak Berprestasi Tahun 2019 memenuhi ketentuan:
    • Kepala Taman Kanak-kanak harus berstatus sebagai Kepala Taman Kanak-kanak aktif dengan masa kerja sebagai Kepala Taman Kanak-kanak sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun, dibuktikan dengan Surat Keterangan dari pimpinan instansi yang berwenang;
    • Kepala Taman Kanak-kanak harus mempunyai akta pendidik yang dibuktikan dengan scan akta pendidik.
  3. Peserta Pemilihan Pengawas Taman Kanak-kanak Berprestasi
    • Pengawas Taman Kanak-kanak yang masih aktif dengan masa kerja sebagai sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari pimpinan instansi yang berwenang;
    • Pengawas Taman Kanak-kanak harus mempunyai akta pendidik yang dibuktikan dengan scan akta pendidik.




Download Buku Pedoman Pemilihan GTK Taman Kanak-kanak Berprestasi Tahun 2019
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan biar mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran info Mengenai Buku Pedoman Pelaksanaan Pemilihan GTK Taman Kanak-Kanak Berprestasi Tahun 2019 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel