Download Juknis Pengelola Kb, Tpa Dan Sps Terbaru

 Pada kesempatan ini saya akan menawarkan mengenai  Download Juknis Pengelola KB, TPA dan SPS Terbaru

Petunjuk Teknis (Juknis) Pengelola Kelompok Belajar (KB)/Taman Penitipan Anak (TPA)/Satuan PAUD Sejenis (SPS) Tahun 2019


Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan menawarkan mengenai Petunjuk Teknis (Juknis) Pengelola Kelompok Belajar (KB)/Taman Penitipan Anak (TPA)/Satuan PAUD Sejenis (SPS) Tahun 2019

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Serta Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat

Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat memainkan peranan penting dalam perkembangan dan kemajuan Indonesia, terlebih lagi dalam menyongsong kebutuhan dan tuntutan masyarakat yang selalu berubah cepat. Sebagai ujung tombak, Guru dan Tenaga Kependidikan pada jenjang ini perlu terus berkembang dan menguasai pengetahuan dan teknologi terkini.

Untuk itu, penemuan dan pengembangan dalam pengajaran dan pelaksanaan kiprah guru dan tenaga kependidikan perlu senantiasa dilakukan. Pengembangan dan penemuan yang telah dilakukan Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (GTK PAUD dan Dikmas) perlu diapresiasi biar semakin banyak masyarakat yang sanggup mengetahuinya.

Direktorat Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Direktorat PGTK PAUD dan Dikmas) menyelenggarakan Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas secara rutin setiap tahunnya sebagai wadah apresiasi banyak sekali penemuan yang dilakukan oleh GTK PAUD dan Dikmas.

Berbagai lomba diselenggarakan untuk menjaring terobosan dan karya terbaik GTK PAUD dan Dikmas. Apresiasi dilakukan secara professional dan sistematis dengan tujuan menawarkan penghargaan kepada para GTK PAUD dan Dikmas atas prestasi mereka.

Proses seleksi dilakukan dari tingkat Kabupaten/Kota hingga Provinsi, dan seleksi simpulan pada tingkat nasional. Kegiatan Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2019 akan mencakup 17 (tujuh belas) kategori lomba berprestasi perorangan, 4 (Empat) kategori lomba berdedikasi perorangan untuk tempat khusus, dan 1 (satu) kategori lomba kelompok.

Sebagai materi pola penerima lomba dan pihak terkait lainnya, maka disusun petunjuk teknis evaluasi bagi setiap kategori lomba. Petunjuk Teknis Penilaian ini dipakai khusus sebagai pola pelaksanaan lomba untuk kategori Pengelola Kelompok Bermain/Taman Penitipan Anak/Satuan PAUD Sejenis (KB/TPA/SPS) dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, hingga tingkat Nasional.

Penggunaan Petunjuk Teknis ini diperlukan sanggup memastikan seluruh rangkaian penyelenggaraan seleksi Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2019 sanggup terealisasi secara obyektif, transparan, efektif dan efisien, serta sanggup menjadi ajang saling membelajarkan diantara seluruh pihak terkait. Selamat berlomba dan berprestasi.

Tujuan Petunjuk Teknis Pengelolaan KB, TPA dan SPS yakni sebagai berikut :
  1. Menjadi rambu-rambu bagi tim juri dan pihak terkait dalam melakukan Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi Kategori Pengelola KB/TPA/SPS tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional.
  2. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasidan Berdedikasi di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional.

Petunjuk teknis ini dipergunakan pada Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi untuk kategori Pengelola KB/TPA/SPS pada tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional.

Tema dan Topik pada Petunjuk Teknis Pengelolaan KB, TPA dan SPS
  • Tema: "Penguatan Karakter GTK PAUD dan Dikmas Melalui Karya Nyata"
  • Topik: “Strategi Optimalisasi Potensi Lingkungan Melalui Pengelolaan Kelompok Bermain (KB)/ Taman Penitipan Anak (TPA)/Satuan PAUD Sejenis (SPS) Dalam Rangka Membangun Karakter Peserta Didik”

Persyaratan Peserta
  1. Berasal dari satuan pendidikan PAUD dan Dikmas yang terdaftar dan mempunyai izin operasional dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau forum yang berwenang, kecuali penerima dari tempat khusus;
  2. Minimal berkualifikasi Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA)/sederajat, dibuktikan dengan foto copy ijazah terakhir yang telah dilegalisir;
  3. Memiliki pengalaman/masa kerja dan masih aktif minimal 2 (dua) tahun berturut-turut,dibuktikan dengan Surat Keterangan aktif dari Pimpinan Lembaga/Unit Kerja bersangkutan bekerja;
  4. Berasal dari Juara I Apresiasi Pengelola KB/TPA/SPS Berprestasi dan Berdedikasi tingkat Provinsi Tahun 2019, dibuktikan dengan surat keterangan dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi (atau sebutan lainnya).
  5. Jika pernah menjadi Peringkat I, II dan III pada acara Apresiasi atau sejenisnya Tingkat Nasional, dilarang mengikuti kembali pada kategori sejenis maupun kategori lainnya.
  6. Jika pernah menjadi finalis pada acara penghargaan GTK PAUD dan Dikmas dalam satu tahun terakhir, dilarang mengikuti kembali pada kategori yang sejenis maupun kategori lainnya.
  7. Mendapat kiprah mengikuti apresiasi GTK PAUD Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional, dibuktikan dengan kiprah dari Dinas Pendidikan Provinsi;
  8. Sehat jasmani dan rohani dan tidak dalam keadaan hamil, dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dokter (asli).
  9. Menyerahkan biodata peserta;
  10. Menyerahkan pas foto diri terakhir berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 1 (satu) lembar untuk ditempel pada lembar biodata, dan ukuran 3R sebanyak 1 (satu) lembar untuk lomba kelompok;
  11. Membuat pernyataan keaslian karya konkret bermaterai 6000;
  12. Membawa perlengkapan lomba sesuai dengan kategori yang diikuti.




Download Juknis Pengelola KB, TPA dan SPS
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan biar mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran informasi Mengenai Juknis Pengelola KB, TPA dan SPS ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel