Download Materi Materi Pengaya Dan Remediasi Ppg Mapel Biologi Tahun 2019

Bahan Pengaya dan Remediasi PPG Mapel Biologi Download Materi Bahan Pengaya dan Remediasi PPG Mapel Biologi Tahun 2019

Download Materi Bahan Pengaya dan Remediasi PPG Mata Pelajaran Biologi Tahun 2019


Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan mengenai Materi Bahan Pengaya dan Remediasi PPG Mata Pelajaran Biologi Tahun 2019

Indonesia, sebagai sebuah negara kepulauan yang mempunyai wilayah geografis sangat luas dan beragam, mempunyai tantangan tersendiri terkait upaya peningkatan kualitas guru. Guru merupakan garda terdepan dalam sebuah sistem pendidikan. Betapapun canggih konsep pendidikan dirancang, tanpa diimbangi oleh guru yang kompeten, maka hanya akan menjadi tentang tanpa realisasi yang optimal.

Dengan kata lain kualitas guru merupakan kunci utama kualitas pendidikan. Sampai ketika ini masih banyak wilayah di Indonesia yang mempunyai keterbatasan akses. Wilayah menyerupai ini seringkali disebut sebagai tempat khusus. Keterbatasan ini berimbas pada proses peningkatan kualitas guru yang bertugas pada wilayah tersebut.

Minimnya jaringan komunikasi dan beratnya jarak tempuh mengakibatkan para guru tempat khusus (gurdasus) relatif sulit untuk mengikuti perkembangan pendidikan sebagai upaya meningkatkan profesionalitasnya. Persoalan ini menjadi semakin kasatmata tatkala fakta memperlihatkan bahwa banyak gurdasus tidak bisa melampaui passing grade yang dicanangkan dalam uji pengetahuan (UP) yang merupakan pecahan dari Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) sebagai prasyarat uji profesionalitasinya.

Hal ini bukanlah duduk masalah yang sederhana, sebab kelulusan dalam UP UKMPPG merupakan salah satu indikator guru dikatakan profesional. Oleh sebab itu, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah melaksanakan banyak sekali upaya untuk meningkatkan profesionalitas gurdasus. Salah satu langkah yang ditempuh pemerintah yakni melaksanakan pembuatan sumber berguru bagi gurdasus dalam bentuk “Bahan Pengayaan dan Remedi”.

Produk ini akan dicetak dalam bentuk buku dan dibagikan bagi semua gurdasus yang belum lulus UP UKMPPG. Melalui buku ini diharapkan guru sanggup berproses secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri maupun terbimbing untuk meningkatkan profesionalitasnya. Lebih jauh, melalui sumber berguru buku “Bahan Pengayaan dan Remedi” ini, guru diharapkan akan terpicu untuk terus berguru dalam perjuangan meningkatkan kemampuan dan profesionalitasnya.

Selanjutnya, buku ini pastinya mempunyai keterbatasan mengingat luasnya cakupan keilmuan yang seharusnya dimasukkan. Pendekatan training yang dikemas dalam buku ini berbasis pada kisi-kisi soal UP. Buku “Bahan Pengayaan dan Remedi” dilengkapi dengan dua jilid buku pendamping yang berisikan soal-soal latihan sebagai pengayaan tambahan.

Diharapkan, guru tidak hanya memakai satu sumber buku ini tetapi sanggup mengakses banyak sekali sumber-sumber pendukung lainnya. Dengan demikian diharapkan kompetensi guru akan meningkat yang pada jadinya akan berimbas pada peningkatan kualitas pendidikan sebagai pendukung laju proses pembangunan bangsa.

Indonesia yakni negara besar dengan luas wilayah 1.905 million km2, bandingkan dengan Jepang yang hanya 377,972 km2, Malaysia, 330,803 km2. tersebar di 17.503 pulau sesuai data dari Pusat Survei dan Pemetaan ABRI (Pussurta ABRI) (1987) dan 5.707 di antaranya telah mempunyai nama.

Sesuai Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, kiprah negara yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk mewujudkan itu dilarang tidak guru harus berada di sana, di setiap pulau Indonesia yang berpenghuni yang dikenal dengan tempat khusus. Pemerintah harus mengangkat guru-guru sebagai ujung tombak memberi keadilan kepada warga negara.

Sayang sekali untuk memenuhi misi tersebut tidak gampang menemukan orang-orang yang secara tulus nrimo mau mengabdi di garis depan tersebut sebab banyak sekali alasan. Jalan yang bisa ditempuh yakni mengangkat para “guru” yang kini sudah bertugas di tempat tersebut. Meskipun demikian, pengangkatan guru dilarang pula melanggar Undang-undang.

Guru yang diangkat harus memenuhi kriteria yang dipersyaratkan. Mereka harus telah berkualifi kasi sarjana dibutian dengan ijazah S1/D4, mempunyai kompetensi Pendidik Profesional ditandai dengan kepemilikan sertifi kat pendidik professional, sehat jasmani dan rohani, dan persyaratan lain yang harus dipenuhi sesuai undang-undang. Namun sayang hasil penilaian penyelenggaraan PPG PGDK 2018 dalam rangka sertifi kasi guru melalui PPG, angka tingkat kelulusan akseptor khususnya di UP PPG-PDGK relatif masih rendah (dibawah 35%).

Program PPG PGDK telah dilakukan melalui prosedur scaff olding yang cukup tetapi ternyata hasil yang diperoleh tetap belum memuaskan. Jumlah yang belum lulus masih sangat tinggi. Atas dasar itu masih perlu ada upaya lain yang harus dilakukan untuk membantu mereka, yaitu melalui acara remediasi.

Untuk melaksanakan acara remediasi, diharapkan materi bimbing remediasi dan pengayaan sebagai sebagai sumber berguru yang diharapkan sanggup memudahkan guru (peserta) dalam mengikuti PPG-PGDK. Bahan bimbing yang dikembangkan ini telah dikembangkan sedemikian rupa mengacu pada kisi-kisi Uji Pengetahuan (UP).

Lebih jauh lagi materi bimbing remediasi dan pengayaan yang dikembangkan ini mempunyai misi yang tidak hanya sekedar membantu para akseptor lulus ujian, tetapi membantu memberi mereka bekal akan betul-betul menjadi guru professional yang menguasai secara luas dan mendalam disiplin ilmu yang diajarkannya.

Tujuan Penulisan

Penulisan materi bimbing remediasi dan pengayaan ini bertujuan untuk membantu penyiapan guru tempat khusus (PGDK) dalam mempersiapkan diri menghadapi Uji Pengetahuan Pendidikan Profesi Guru (UP PPG). Bahan bimbing ini dikembangkan sebagai sumber berguru yang sanggup dipakai secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri maupun terbimbing.


Untuk mencapai tujuan tersebut, sumber berguru ini terdiri atas Capaian Pembelajaran dan indikator untuk kompetensi pedagogik dan profesional. Untuk setiap indikator dikembangkan minimal sebuah soal dalam bentuk pilihan ganda,dengan 5 (lima) pilihan jawaban, dilengkapi dengan KUNCI JAWABAN dan pembahasan serta ditambah dengan materi pengayaan yang terkait dengan soal atau materi pendukung capaian pembelajaran. Di samping itu terdapat pula sejumlah soal pemanis dengan impian Anda sanggup berlatih lebih intensif untuk sanggup menguasai secara luas dan mendalam konten pengetahuan yang mendukung pencapaian kompetensi Anda sebagai guru.

Cara Penggunaan dan Pemanfaatan Bahan Pengayaan dan Remedial

Bahan Remedial dan Pengayaan ini terdiri atas 4 bab. Bab I Pendahuluan berisi cara-cara Anda memakai materi bimbing ini. Bab II Berisi Kisi-kisi yang berisi indikator, rujukan soal, KUNCI JAWABAN, pembahasan, dan materi pengayaan terkait dengan soal tersebut. Bab III berisi soal-soal latihan pemanis yang relevan dengan capaian pembelajaran dan indikator untuk kompetensi pedagogik dan profesional.

Untuk memahami secara luas dan mendalam materi ini, lakukan acara sebagai berikut.
  1. Membaca secara menyeluruh dan cermat maksud dan tujuan pembuatan Bahan Remedial dan Pengayaan ini, yang termuat di dalam BAB I.
  2. Perhatikan secara cermat indikator/ kisi-kisi yang dijelaskan di dalam BAB II. Perhatikan setiap soal yang menjadi rujukan dari setiap indikator. Coba kerjakan, serta cocokkan hasilnya dengan KUNCI JAWABAN yang tersedia. Pelajari pembahasan yang tertera di setiap soal/ indikator.
  3. Tulislah hal-hal yang dianggap penting dalam buku catatan Anda dan diskusikan dengan sejawat, baik isi, penjelasan, dan peluang pengembangannya.
  4. Coba kerjakan soal-soal latihan yang ada di BAB III tanpa melihat KUNCI JAWABAN terlebih dahulu.
  5. Cocokan hasil pekerjaan Anda dengan KUNCI JAWABAN. Jika masih ada kesalahan, cek kembali pemahaman anda dengan pembahasan yang ada di BAB II Perluas pengetahuan anda dengan mencari soal maupun sumber materi relevan yang lain.




Download Bahan Pengaya dan Remediasi PPG Mapel Biologi
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan semoga mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran gosip Mengenai Materi Bahan Pengaya dan Remediasi PPG Mata Pelajaran Biologi Tahun 2019 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel