Download Materi Materi Pengaya Dan Remediasi Ppg Mapel Bahasa Inggris Tahun 2019

Bahan Pengaya dan Remediasi PPG Bahasa Inggris Download Materi Bahan Pengaya dan Remediasi PPG Mapel Bahasa Inggris Tahun 2019

Download Materi Bahan Pengaya dan Remediasi PPG Mata Pelajaran Bahasa Inggris Tahun 2019


Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan menawarkan mengenai Materi Bahan Pengaya dan Remediasi PPG Mata Pelajaran Bahasa Inggris Tahun 2019

Indonesia, sebagai sebuah negara kepulauan yang mempunyai wilayah geografis sangat luas dan beragam, mempunyai tantangan tersendiri terkait upaya peningkatan kualitas guru. Guru merupakan garda terdepan dalam sebuah sistem pendidikan. Betapapun canggih konsep pendidikan dirancang, tanpa diimbangi oleh guru yang kompeten, maka hanya akan menjadi ihwal tanpa realisasi yang optimal. Dengan kata lain kualitas guru merupakan kunci utama kualitas pendidikan.

Sampai ketika ini masih banyak wilayah di Indonesia yang mempunyai keterbatasan akses. Wilayah menyerupai ini seringkali disebut sebagai kawasan khusus. Keterbatasan ini berimbas pada proses peningkatan kualitas guru yang bertugas pada wilayah tersebut. Minimnya jaringan komunikasi dan beratnya jarak tempuh mengakibatkan para guru kawasan khusus (gurdasus) relatif sulit untuk mengikuti perkembangan pendidikan sebagai upaya meningkatkan profesionalitasnya.

Persoalan ini menjadi semakin konkret tatkala fakta memperlihatkan bahwa banyak gurdasus tidak bisa melampaui passing grade yang dicanangkan dalam uji pengetahuan (UP) yang merupakan pecahan dari Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) sebagai prasyarat uji profesionalitasinya.

Hal ini bukanlah perkara yang sederhana, alasannya kelulusan dalam UP UKMPPG merupakan salah satu indikator guru dikatakan profesional. Oleh alasannya itu, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah melaksanakan aneka macam upaya untuk meningkatkan profesionalitas gurdasus.

Salah satu langkah yang ditempuh pemerintah ialah melaksanakan pembuatan sumber mencar ilmu bagi gurdasus dalam bentuk “Bahan Pengayaan dan Remedi”. Produk ini akan dicetak dalam bentuk buku dan dibagikan bagi semua gurdasus yang belum lulus UP UKMPPG. Melalui buku ini diperlukan guru sanggup berproses secara berdikari maupun terbimbing untuk meningkatkan profesionalitasnya.

Lebih jauh, melalui sumber mencar ilmu buku “Bahan Pengayaan dan Remedi” ini, guru diperlukan akan terpicu untuk terus mencar ilmu dalam perjuangan meningkatkan kemampuan dan profesionalitasnya.

Selanjutnya, buku ini pastinya mempunyai keterbatasan mengingat luasnya cakupan keilmuan yang seharusnya dimasukkan. Pendekatan training yang dikemas dalam buku ini berbasis pada kisi-kisi soal UP.

Buku “Bahan Pengayaan dan Remedi” dilengkapi dengan dua jilid buku pendamping yang berisikan soal-soal latihan sebagai pengayaan tambahan. Diharapkan, guru tidak hanya memakai satu sumber buku ini tetapi sanggup mengakses aneka macam sumber-sumber pendukung lainnya. Dengan demikian diperlukan kompetensi guru akan meningkat yang pada balasannya akan berimbas pada peningkatan kualitas pendidikan sebagai pendukung laju proses pembangunan bangsa.

Pengembangan pedoman ini didasari dari hasil penilaian penyelenggaraan PPG PGDK 2018 dalam rangka sertifi kasi guru melalui PPG, hasil penilaian memperlihatkan angka tingkat kelulusan penerima khususnya di UP PPG-PGDK relatif masih rendah (dibawah 35%). Untuk itu perlu adanya suatu perjuangan dalam membekali penerima PPG-PGDK dan meningkatkan tingkat kelulusan sesuai dengan keinginan yang telah ditargetkan pada aktivitas tersebut.

Usaha yang dimaksud perlu adanya materi bimbing remediasi dan pengayaan sebagai sumber mencar ilmu yang memudahkan guru (peserta) dalam mengikuti PPG-PGDK selanjutnya. Bahan pengayaan dan remediasi mata pelajaran Bahasa Inggris yang dikembangkan ini mengacu pada kisi-kisi Uji Pengetahuan (UP) yang telah dikembangkan oleh tim penyusun soal UP pusat. Selain itu, materi pengayaan dan remediasi yang dikembangkan ini meliputi soal-soal yang berasal dari soal UP tahun-tahun yang lalu, kunci dan pembahasannya.


Untuk mata pelajaran Bahasa Inggris soal materi kompetensi pedagogi juga dalam bahasa Inggris. Dengan dikembangkan materi bimbing ini, penerima PPG PGDK akan bisa merefl eksikan kemampuannya baik itu di kompetensi pedagogi maupun profesionalnya. Bahan bimbing ini juga dikembangkan dengan berfokus pada bagaimana cara penerima menjawab soal-soal UP PPG dengan memperhatikan pada pembahasannya. Namun, materi atau sumber lain juga diperlukan sanggup dipelajari oleh penerima PGDK untuk mendukung pemahaman pembahasan dalam materi bimbing ini.

Kesimpulannya, materi bimbing pengayaan dan remediasi mata pelajaran bahasa Inggris ini diperlukan bisa memudahkan guru (peserta) mata pelajaran bahasa Inggris yang mengikuti PPG PGDK untuk menghadapi atau menjawab soal-soal UP PPG.

Tujuan Penulisan

Penulisan materi pengayaan dan remediasi mata pelajaran bahasa Inggris ini bertujuan untuk membantu penyiapan penerima PPG-PGDK dalam mempersiapkan diri menghadapi Uji Pengetahuan (UP) PPG. Bahan bimbing ini dikembangkan sebagai media yang sanggup dipakai secara berdikari maupun terbimbing.

Cara Penggunaan dan Pemanfaatan Bahan Pengayaan dan Remedial

  1. Membaca secara menyeluruh dan cermat maksud dan tujuan pembuatan yang termuat di BAB 1.
  2. Perhatikan secara cermat indikator/ kisi-kisi yang terjelaskan di BAB II. Perhatikan setiap soal yang menjadi pola dari setiap indikator. Coba kerjakan, serta cocokkan hasilnya dengan kunci jawaban yang tersedia. Pelajari pembahasan yang tertera dari setiap soal/ indikator.
  3. Tulislah hal yang dianggap penting dalam buku catatan dan didiskusikan dengan sejawat, baik isi, klarifikasi dan peluang pengembangannya.
  4. Coba kerjakan soal latihan yang ada di BAB III tanpa melihat kunci jawaban.
  5. Cocokan hasil kerjaan dengan kunci jawaban. Jika masih ada kesalahan, cek kembali pemahaman anda dengan pembahasan yang ada di BAB II
  6. Perluas pengetahuan anda dengan mencari soal maupun sumber materi yang lain.




Download Bahan Pengaya dan Remediasi PPG Bahasa Inggris
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan semoga mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran isu Mengenai Materi Bahan Pengaya dan Remediasi PPG Mata Pelajaran Bahasa Inggris Tahun 2019 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel